Pengin Sukses Jadi Beauty Vlogger dan Hasilkan Banyak Uang, Pahami Tips Ini

Kamu gemar bermain dengan make up dan merias wajah? Sayang banget kalau bakat tersebut hanya berakhir untuk diri kamu sendiri. Coba jajal peruntungan menjadi beauty vlogger di medsos, bisa di Instagram atau Youtube. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan uang berdasarkan dari hobi tersebut.

Tapi, sebelum kamu terjun menjadi beauty vlogger, ada baiknya mempersiapkan segala kebutuhan untuk mempercantik kontenmu kelak. Jangan asal-asalan, meski kamu newbie dan belum punya banyak pengikut, profesionalitas harus tetap dijunjung tinggi.

Kalau namamu sudah dikenal luas sebagai beauty vlogger, banyak keuntungan yang bakal kamu raih. Kamu bisa datang secara gratis ke event-event peluncuran make up, bisa bertemu dengan beauty vlogger lain yang mungkin saja menjadi panutanmu selama ini. Kepengin kan seperti itu?

Sebelum sampai sejauh itu, apa aja sih yang bisa bikin kamu sukses menjadi beauty vlogger kelak? Simak trik berikut ini yuk.

1. Punya ciri khas

Tonjolkan keunikan diri agar menjadi beauty vlogger yang sukses dengan banyak pengikut (Ilustrasi).

Hal terpenting sebelum terjun ke dunia bisnis, baik menjadi selebgram, beauty vlogger, atau jualan online, pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menemukan ciri khas. Apa yang membuat kamu berbeda dan terlihat unik dibanding vlogger lain, kekuatan apa yang menjadi daya tarik dan sebagainya.

Tonjolkan hal ini kepada dunia, padukan dengan cara kamu merias wajah, bicara luwes di depan kamera, berikan informasi tanpa canggung. Dengan begitu, kamu sudah bisa menarik perhatian pengikutmu. Apalagi jika kamu konsisten menampilkan keunikan tersebut di setiap postingan, penggemarmu bakal selalu nungguin tuh.

2. Tentukan konten

Tentukan konten agar channelmu semakin diikuti banyak orang (Ilustrasi).

Menjadi beauty vlogger gak cuma sekedar kasih tips memakai lip tint atau memberikan informasi harga bb cushion murah berkualitas. Kamu harus pilih dari sekian banyak konten untuk memperkuat ciri khas yang dimiliki.

Tapi kalau kamu rasa menampilkan semua konten itu penting silahkan lakukan, asal jam tayang diatur agar jarak dengan video sebelumnya dan yang akan tayang tidak terlampau berdekatan.

Ada baiknya juga kamu tanya ke pengikutmu apa yang ingin mereka lihat. Dengan begitu selain menciptakan interaksi diantara kalian, kamu juga memiliki referensi apa yang akan tayang selanjutnya.

Jika belum terlalu banyak memiliki pengikut, kamu bisa atur sendiri, apakah hari ini akan mereview lipstik, bb cushion, atau facemask. Dan keesokan harinya bagaimana cara mengaplikasikan skincare dalam kehidupan sehari-hari atau yang lain. Usahakan dalam satu hari jangan ada konten yang sama.

3. Target audience

Setelah menentukan konten yang akan kamu bahas, saatnya kamu menentukan target audiencenya (Ilustrasi).

Setelah menentukan konten yang akan kamu bahas, saatnya kamu menentukan target audiencenya. Apakah remaja, atau dewasa. Dengan begitu kamu akan semakin luwes dalam memberikan informasi, dan kontenmu sesuai dengan yang dibutuhkan mereka.

Beauty vlogger zaman sekarang biasanya menarik penonton dari kalangan remaja. Alasannya karena rasa ingin tahu mereka di dunia kecantikan lebih besar dibandingkan dewasa. Jangan lupa gunakan bahasa yang sopan saat di depan kamera agar pengikutmu tetap setia ya.

4. Siapkan peralatan yang memadai

Untuk menjadi seorang beauty vlogger, kamu diharuskan memiliki peralatan yang mendukung (Ilustrasi).

Untuk menjadi seorang beauty vlogger, kamu diharuskan memiliki peralatan yang mendukung. Kamera, pencahayaan, alat make up. Jika dirasa belum sanggup membeli kamera beresolusi canggih, gunakan smartphone yang memiliki kualitas tak kalah canggih dari kamera tersebut. Saat ini sudah banyak smartphone murah dengan kualitas kamera yang sangat mumpuni kok.

Setelah merekam video tersebut, jangan lupa edit dan percantik tampilannya sebelum kamu posting di akun sosial media. Perhatikan juga kualitas videonya, bagaimana pencahayaan, apakah suaranya terdengar jelas. Jangan posting sebelum kamu yakin video tersebut sudah layak dikonsumsi khalayak luas.

Perhatikan juga durasi pemutaran video. Usahakan tidak lebih dari 15 menit agar penonton tidak cepat bosan dan beralih. Kalau untuk Instagram, kamu bisa gunakan aplikasi editing video agar tayangan menjadi cepat karena durasi yang disediakan tidak lebih dari 1 menit.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

5. Posting secara konsisten

Posting secara teratur konten kamu di media sosial (Ilustrasi).

Kamu harus konsisten jika ingin menghasilkan uang dari beauty vlogger. Jangan semangat di awal-awal saja. Pertahankan semangat awal kamu membuat konten hingga hari-hari selanjutnya ya. Jika di awal terasa berat, terus fokus demi menjadi seorang beauty vlogger sukses.

Tentukan berapa kali sehari kamu memposting video tersebut. Bisa juga tentukan di hari apa saja kamu akan memposting video tutorial make up atau review skincare. Dengan begitu, pengikutmu gak bakalan marah-marah menunggu postinganmu selesai di edit. Misalnya senin kamu akan posting rekomendasi lipstik murah, selasa cara menggunakan masker yang tepat, rabu kamu bakal mereview cushion, dan seterusnya.

Dengan teratur seperti ini pengikutmu akan banyak dengan sendirinya. Tetapi pastikan sebelum kamu membuka akun, materi-materi tersebut sudah disiapkan jauh-jauh hari agar ketika waktunya tiba, kamu hanya tinggal mengunggahnya saja.

Nah, itu tadi trik yang wajib kamu pahami sebelum mendapatkan penghasilan menjadi beauty vlogger. Dengan niat, semangat dan pantang menyerah, kamu pasti bisa mewujudkan mimpi tersebut. Gak cuma uang yang bakal kamu dapat, tapi namamu juga akan terkenal di sosial media sebagai beauty vlogger profesional.

Selamat mencoba ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →