Pengin Usaha Penginapan Murah? Ketahui Modal, Keuntungan dan Langkah Memulainya!

penginapan

Sekarang ini banyak muncul penginapan murah di Indonesia seiring menjamurnya tempat wisata di beberapa daerah. Hal ini tentunya menimbulkan potensi keuntungan yang terpendam bagi para pelaku usaha di industri pariwisata.

Bukan cuma saham dan emas, investasi properti sekarang ini bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi kamu guna menyimpan harta kekayaan. Kalau umumnya orang memilih rumah untuk disewakan atau dikontrakkan, maka ada opsi lain yang bisa kamu pilih yakni menjadikannya tempat penginapan.

Bagi orang yang udah memiliki pengalaman di bidang perhotelan mungkin bukan hal yang sulit melaksanakannya, tetapi buat kamu yang belum pernah gak usah khawatir karena bisa menyimak artikel ini sampai selesai.

Langsung aja yuk kita simak ulasan lengkap memulai bisnis penginapan rumah berikut ini.

Hitungan modal membuat penginapan murah

Untuk memulai bisnis yang satu ini kamu perlu mempersiapkan beberapa modal dengan rincian sebagai berikut.

Nama barang Kuantitas Harga total
Kasur 7 (@ Rp 1.000.000) Rp 7.000.000
Bantal dan guling 20 (@ Rp 20.000) Rp 400.000
TV 24 inch 7 (@ 1.000.000) Rp 7.000.000
Vacuum Cleaner 1 Rp 1.000.000
Internet WiFi 1 Rp 500.000
AC 1/4PK 7 (Rp 1.500.000) Rp 10.500.000
Bed cover 10 (@ Rp 100.000) Rp 1.000.000
Selimut 10 (@ Rp 100.000) Rp 750.000
Listrik 3500 watt Rp 1.500.000
Air 1 Rp 500.000
Karyawan 3 (@ Rp 3.000.000) Rp 9.000.000
Jumlah Rp 39.150.000

Hitung-hitungan modal total tersebut dengan asumsi rumah kamu memiliki 7 ruangan yang bisa ditempati dan berbagai perlengkapan untuk penunjang usaha. Sementara itu, untuk biaya operasional bulanannya sendiri mencapai Rp 11.500.000 yang terdiri dari karyawan, air, listrik dan internet.

Berapa keuntungannya?

Jika kamu mematok harga kamar per malamnya sebesar Rp 200 ribu, maka keuntungan maksimal yang bisa kamu dapatkan selama sebulan adalah:

Rp 200.000 x 7 kamar x 30 hari = Rp 42 juta  

Namun, angka tersebut di atas akan didapat dengan syarat seluruh kamar penuh selama sebulan.

Jika udah dipotong dengan biaya operasional bulanannya, maka perhitungan keuntungannya sebagai berikut:

Rp 42.000.000 (Pemasukan) – Rp 11.500.000 (biaya operasional) = Rp 30.500.000 per bulan.

Angka itu tentunya hanya hitung-hitungan kasarnya aja, realitanya bisa aja berubah tergantung kebutuhan dan jumlah pengunjung.

Selanjutnya setelah mengetahui jumlah modal dan perkiraan keuntungan kamu bisa mengikuti tips berikut ini agar usaha penginapan yang kamu lakukan berjalan lancar.

1. Pastikan hunian yang kamu miliki cukup luas

wanita di depan penginapan
Apakah bangunanmu cukup memadai?

Langkah pertama yang harus kamu pastikan adalah luas bangunan yang kamu miliki cukup untuk menampung banyak pelanggan. Siapkan sedikitnya 7 kamar untuk para pelanggan yang pengin beristirahat di penginapan murah kamu.

Lalu, jangan lupa untuk membaginya menjadi beberapa kelas mulai dari yang termurah hingga yang termahal untuk menyesuaikan pilihan customer.

2. Lakukan renovasi jika dibutuhkan

ruang yang sedang direnovasi
Pertimbangkan untuk melakukan renovasi?

Selanjutnya, jika udah memastikan tempat tinggalmu memiliki ruangan yang cukup, lakukanlah renovasi. Langkah ini sebetulnya optional, tergantung kebutuhan, apabila kondisi seluruh sisi rumah masih layak maka gak perlu dilakukan.

Namun jika ada, tentunya kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk merenovasinya sebelum menjadi penginapan murah. 

3. Belanja perlengkapan dan kebutuhan penginapan murah

ranjang di dalam kamar
Belanja perlengkapan untuk penginapan.

Ketiga kamu harus mempersiapkan segala perlengkapan penginapan murah mulai dari AC, TV, Wifi, kasur, bantal, guling hingga vacuum cleaner. Itu adalah perlengkapan dasar yang perlu dipenuhi sebagai standar paling dasar untuk mendirikan tempat penginapan sederhana.

Kalau pengin lebih advanced lagi kamu juga bisa menyiapkan handuk, sabun dan shampo sebagai kebutuhan tambahan lainnya yang bisa memanjakan pelanggan.

4. Siapkan SDM yang mumpuni

pegawai penginapan
Cari pegawai yang sudah berpengalaman atau belum?

Dari sekian banyak langkah yang harus kamu lakukan, mungkin mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni. Pelatihan adalah cara yang paling dasar untuk bisa mencari SDM yang baik.

Jika kamu pengin prosesnya lebih cepat, bisa merekrut tenaga ahli yang udah memiliki pengalaman dengan risiko upah yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan mempekerjakan yang pemula dan harus memberikan pelatihan terlebih dahulu.

Salah satu kendala jika kamu baru mulai merintis bisnis ini adalah belum adanya budaya kerja yang paten sehingga metode kerjanya masih mencari-cari yang paling sesuai dengan apa yang dibutuhkan. 

5. Mengurus izin bisnis penginapan murah

orang melakukan hitung-hitungan
Urus izin untuk penginapanmu.

Kelima, kamu juga perlu mengurus syarat dan perizinan yang dibutuhkan untuk membangun usaha penginapan rumah. Umumnya izin ini harus kamu urus ke tingkat kota setempat untuk mendapat izin usaha.

Selain itu, kamu punya kewajiban untuk membayar pajak usaha apabila bisnis yang kamu miliki berjalan dengan baik dan menghasilkan cuan. 

6. Iklankan di media sosial dan aplikasi

orang memegang ponsel
Iklankan melalui internet.

Hal terakhir yang harus kamu lakukan agar penginapan murah yang kamu rintis sukses adalah dengan mengiklankannya di media sosial dan aplikasi penginapan. Sekarang ini udah banyak startup Tanah Air yang bergerak di bidang turis untuk menawarkan tempat tinggal kepada pelancong dari luar daerah.

7. Strategi marketing yang jitu

aplikasi-aplikasi travel di tablet
Manfaatkan platform perjalanan untuk mempromosikan penginapanmu.

Menyambung perihal di atas tentang cara mendatangkan pelanggan selama 30 hari penuh serta poin sebelumnya, kamu bisa mendaftar ke salah satu aplikasi penginapan murah seperti Airy Rooms yang belakangan popularitasnya meningkat. Hal ini pastinya akan meningkatkan okupansi pelanggan hotel kamu.Langkahnya mudah lho:

  1. Buka situs Airy
  2. Klik bagian daftar mitra Airy
  3. Pahami syarat dan ketentuan yang berlaku
  4. Klik daftar properti
  5. Isi formulir
  6. Cek email verifikasi
  7. Masuk ke akun
  8. Masukan foto, katalog dan harga yang ditentukan
  9. Selesai

Jangan cuma satu aja, sebisa mungkin kamu mengiklankan di banyak platform serupa lainnya seperti AirBNB, OYO, RedDoorz supaya makin banyak konsumen yang melihat. Untuk caranya sendiri gak berbeda jauh dengan Airy, hanya aja kamu perlu memahami syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap platform.

Nah itulah 6 langkah yang harus kamu lakukan jika pengin mendirikan usaha penginapan murah saat ini. Selain hal di atas, kamu juga perlu memiliki tekad dan konsistensi dalam mendirikan usaha. Semoga sukses! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →