Jadi Pengusaha, Eks Buruh Pabrik Klaten Ini Lipat Gandakan Laba Lewat Fintech

pengusaha kerajinan anyaman

Sri Wahyuni, seorang pengusaha kerajinan anyaman tali di Prambanan, Klaten, Jawa Tengah berhasil meningkatkan pendapatannya dengan melakukan perluasan usaha dengan bantuan fintech P2P lending. 

Di tahun 2014, perempuan ini mengajukan pinjaman dana ke sebuah fintech P2P lending yang menyediakan pendanaan bisnis ultra mikro. Alhasil dia pun sukses!

Ingin tahu perjuangan Sri Wahyuni menjalani bisnis kerajinan anyaman ini? Yuk simak di bawah sini.

Baca juga: Tawarkan Dana Cepat, Ini Daftar Fintech yang Statusnya Berizin dan Terdaftar di OJK

1. Dulu bekas buruh pabrik

pengusaha kerajinan anyaman
Sri Wahyuni sebelumnya bekerja di pabrik. (Lifepal.co.id/Aulia Akbar)

Sebelum terjun total di dunia usaha, Sri adalah seorang pekerja pabrik tembakau yang akhirnya menerima promosi jabatan menjadi seorang admin. Keputusannya terjun menjadi wirausaha disebabkan karena ingin membantu suaminya. 

Usaha yang digeluti suaminya sejatinya memang sudah cukup berkembang, namun karena tragedi bom Bali, permintaan atas usahanya menurun. 

Sri pun harus pergi ke Pulau Dewata lagi untuk mengenalkan kembali produk ke toko-toko di sana hingga akhirnya uang sakunya habis. Lantas, dia memutuskan untuk pulang kampung ke Klaten.

Baca juga: Kantongi Izin OJK, Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang ke Amartha

2. Pinjam dana dari Rp 2 juta

pengusaha kerajinan anyaman tali
Mengembangkan usaha dengan pinjaman awal Rp 2 juta. (Lifepal.co.id/Aulia Akbar)

Proses peminjaman dana yang dilakukan oleh pengusaha kerajinan anyaman tali ini gak langsung banyak melainkan sedikit-sedikit. Akan tetapi, dari pinjaman dana itu dia bisa melakukan pengembangan usaha dengan baik.

Dari Rp 2 juta, lama kelamaan plafon pinjamannya naik. Karena usahanya makin lancar, plafonnya pun dinaikkan jadi Rp 4 juta.

Baca juga: Investasi di Amartha Tawarkan Untung 15 Persen per Tahun Sekaligus Bisa Beramal

3. Dagangannya banyak!

pengusaha kerajinan anyaman
Mencoba membuat kerajinan lainnya. (Lifepal.co.id/Aulia Akbar)

Lewat pinjaman modal usaha di fintech P2P lending Amartha, Sri Wahyuni sukses mengembangkan berbagai produk kerajinan. Dia pun saat ini sedang membuat kerajinan lampu lho. Namun produk ini belum dijual.

“Ada tali pramuka, rel gorden, dan kerajinan makrame. Kalau tali pramuka dijualnya di toko-toko pramuka terdekat, tapi kalau rel gorden itu di Pasar Beringharjo,” ujar Sri saat dikunjungi media di roadshow Amartha Villagetour. 

Dengan banyaknya dagangan, tentu saja dia berhasil meningkatkan pendapatannya. 

4. Omzetnya Rp 3 juta seminggu!

“Aku itu kalau jualan di Beringharjo, dulunya itu (omzetnya) paling Rp 1,5 juta seminggu, itu udah banyak lho ya. Tapi karena dapat pinjaman uang, produksinya bisa meningkat dan satu pekan itu bisa pendapatannya bisa Rp 3 juta,” lanjutnya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Omzet Rp 3 juta itu adalah produk berupa rel gorden. Sri juga sudah memiliki langganan tetap di pasar.

Lantas bagaimana dengan kerajinan tali pramuka? Untuk sepekan, dari produk itu saja penghasilan Sri bisa mencapai Rp 300 ribuan. 

So, dalam sebulan Sri bisa saja menerima penghasilan sebesar Rp 13 jutaan! Lumayan lho, jika dibandingkan dengan UMP di Yogyakarta sendiri yang masih berkisar antara Rp 1,5 hingga Rp 1,8 jutaan. 

5. Kerja berdua suami

Dalam menjalankan usahanya, pengusaha kerajinan anyaman tali ternyata sempat punya karyawan lho. Namun saat ini, dia terpaksa mengerjakan semuanya bersama sang suami.

Hal itu disebabkan karena kondisi keuangannya memang lagi cukup berat dikarenakan dia harus menyekolahkan dua anaknya. 

Ketika pesanan lagi banyak, maka dia bisa meminta bantuan dari pengrajin setempat. Hal ini memang dinilai lebih efektif ketimbang mempekerjakan dan menggaji karyawan. 

Itulah kisah singkat Sri Wahyuni, yang sukses melipatgandakan penghasilan lewat bantuan pendanaan P2P lending. Kalau Sri saja bisa sukses, kamu tentu juga bisa dong. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →