Pengusaha Muda Sukses yang Baru 25 Tahun Ini Sudah Jadi Miliarder, Uangnya Dari Mana?

image (instagram @medinazein)

Lahir di tahun 1992, Medina Zein nyatanya mampu menjadi pengusaha muda sukses. Omzet bisnis, wanita yang rajin mempublikasi gaya berbusananya di Instagram ini, mencapai 4,5 miliar.

Di media sosial, Medina Zein pun kerap memamerkan foto ootd (outfit of the day) dengan beragam tas branded. Medina Zein kerap tampil dengan tas Hermes, Dior dan merek ternama lainnya.

Masih muda namun sudah jadi miliarder, apa sih rahasia seorang Medina Zein?

Patut diacungkan jempol, Medina ternyata gak menggantungkan pemasukannya pada satu sumber. Beragam bisnis dirambah oleh Medina. Berikut kerajaan bisnis yang dibangun oleh ipar Sarah Azhari ini.

[Baca: Kisah Inspiratif 5 Pengusaha Muda Usia 20 Tahun yang Bisa Kamu Tiru]

1. Bisnis kue artis

Ternyata dalam satu manajemen (Brilio)
Ternyata dalam satu manajemen (Brilio)

Bisnis paling fenomenal di tahun 2017 bisa dibilang jatuh pada bisnis kue artis. Para artis berlomba-lomba membuka toko kue yang produknya ternyata mirip satu sama lain.

Terungkap sudah siapa di balik bisnis kue kekinian artis tersebut. Medina Zein mengelola manajemen Jannah Corporation yang menaungi sebagian besar kue artis.

Bisnis kue artis tersebut diawali oleh kue Napoleon Irwansyah di Medan dan Surabaya Snow Cake-nya Zaskia Sungkar di Surabaya. Berbisnis dengan Zaskia Sungkar membawa Medina kepada artis-artis lain.

Sebagai informasi, harga kue artis ini dibanderol rata-rata sekitar Rp 50 ribuan. Pengin tahu berapa omzet bisnis kue seperti kue artis ini? DuitPintar pernah membahasnya artikel “Yuk Ikutan Merasakan Manisnya Bisnis Kue yang Bikin Artis-artis Pada Heboh”.

Jannah Corporation kini mengelola beragam merek kue artis yang di-branding sebagai kue khas daerah kota-kota besar Indonesia. Medina menggaet artis-artis buat jadi brand-ambassador kue-kue kekinian tersebut.

Cukup menarik jika mengulik bisnis kue artis Medina ini. Medina menggunakan kekuatan networking dengan para artis sebagai pendongkrak popularitas kue tersebut.

Kamu juga bisa tiru cara Medina ini. Jika kamu kenal dekat dengan orang-orang yang cukup populer, kenapa gak coba buat bisnis bareng?

Ide cukup bagus buat mendongkrak produk atau jasa yang kamu miliki. Kamu cukup bekerja di belakang layar aja. Biarkan teman kamu yang menjadi penarik perhatian.

[Baca: 5 Ide Promosi Bisnis Online yang Tepat Sasaran]

2. Bisnis skincare

pengusaha muda sukses - 1
Dari online shop skincare, kini jadi klinik kecantikan (Facebook)

Bermula di tahun 2011, bisnis skincare Medina ini dimulai dengan hanya menggandeng tiga karyawan. Penjualannya pun masih hanya berkonsep online shop.

Medina yang dulunya sekolah kebidanan banting setir mengikuti kursus pendek belajar mengenai estetika.

Buat promo produk skincare tersebut, Medina gak segan-segan menggelontorkan dana hingga Rp 400 juta buat promosi di Instagram. Promo aja segitu banyak, ya, apalagi omzetnya.

Omzet penjualan online skincare Medina tersebut digadang-gadang lebih dari 3 miliar per bulan.

Oh ya, melalui keuntungan penjualan skincare, Medina mendirikan MD Clinic di Bandung. Klinik kecantikan tersebut menyediakan paket perawatan kulit yang dibantu oleh dokter-dokter berpengalaman.

Buat beberapa bisnis, promosi emang penting. Dengan gak pelit-pelit mengeluarkan dana buat promosi, makin banyak orang kenal produk kamu. Tentu aja pastikan pula produk kamu emang bagus, ya.

Selanjutnya, keuntungan yang udah didapatkan sebaiknya gak kamu pakai buat kebutuhan konsumtif. Justru keuntungan tersebut “diputar” kembali jadi modal.

Medina ketika memperoleh keuntungan dari bisnis skincare-nya, sedikit demi sedikit, dia kumpulkan buat modal klinik.

3. Bisnis Hijab

pengusaha muda sukses - 2
Bikin butik juga (Hipwee)

Medina sendiri juga dikenal sebagai selebgram dan sering memamerkan foto ootd hijab (outfit of the day). Memanfaatkan background tersebut, tahun 2014 Medina pun merambah bisnis hijab dengan mendirikan Medinaa Hijab.

Medina Zein Boutique udah ada di Bandung dan Jakarta. Produk fashion Medina Zein ini mengusung model syar’i. Medina Zein lebih ‘bermain’ motif dan warna.

Buat kamu yang ingin berbinis, gak ada salahnya buat melebarkan sayap ke jenis produk lain yang masih berkaitan. Kecantikan dan busana tentu masih berkaitan, bukan?

4. Bisnis travel

pengusaha muda sukses - 3
Endorse artis ternama (Bintang)

 

Nah, ini dia bisnis Medina yang cukup berbeda dari bisnis-bisnis lainnya. Berada di bawah naungan PT Medina Global Travelindo, bisnis travel milik Medina ini bahkan udah mampu merangkul artis-artis ternama.

Awalnya Medina mendirikan Medina Zein Tour & Travel ini karena sering memberangkatkan karyawannya umrah. Nah, dari situlah timbul ide buat bikin travel agent sendiri. Medina merasa bakal lebih hemat dan lebih praktis aja.

Paket umrah dengan MZ Tour & Travel dibanderol mulai dari Rp 29 juta.

Gak tanggung-tanggung, ternyata bisnis travel tersebut mampu memberangkatkan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina beserta kru mereka.

Dari sini bisa kamu lihat bahwa gak salah buat coba bisnis yang berbeda dari bisnis yang biasa kamu jalankan. Kadang kala kamu perlu buat melebarkan sayap ke bidang lain.

[Baca: Cara Meraup Untung Besar Berbisnis Travel dengan Modal Nol]

Strategi bisnis Medina Zein ini emang patut diacungkan jempol. Kedekatannya dengan orang-orang terkenal dia manfaatkan buat cari duit. Bukan memanfaatkan dalam konotasi negatif, lho.

Keberanian Medina Zein buat ikuti passion-nya pun layak dapat apresiasi. Nah, gimana menurut kamu?