7 Pengusaha Muslim Indonesia yang Sukses dengan Bisnisnya

Pengusaha Muslim

Sepak terjang pengusaha muslim dalam kancah bisnis di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Siapa sajakah pengusaha muslim yang telah sukses dalam berbisnis? Simak selengkapnya berikut ini.

Pengusaha Muslim yang Sukses di Indonesia

Pengusaha Muslim yang Sukses di Indonesia

Mulai dari AA Gym, Yusuf Mansur, hingga Dian Pelangi, inilah deretan pengusaha muslim yang sukses di Indonesia.

1. AA Gym

Tidak banyak yang tahu bahwa ustadz Abdullah Gymnastiar atau yang biasa disebut dengan AA Gym bukan hanya seorang penceramah saja, tapi juga seorang pebisnis. Siapa sangka, kini AA Gym telah memiliki banyak usaha di bawah PT MQ Corporation.

Sebagian dari 20 unit usaha yang dikelolanya sesuai dengan bidangnya masing-masing, di antaranya:

  • PT Mutiara Qolbun Salim (MQS) (distribusi kaset dan buku).
  • MQ Tours & Travel, MQ Media, MQ TV, MQ FM (radio).
  • MQ Cafe.
  • MQ Consumer Goods (supermarket).
  • Sakarya Buana Manajemen Qolbu (EMQ).

2. Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi dikenal sebagai bintang film atau pesinetron. Namun ternyata, Oki juga kini ikut terjun ke dalam dunia bisnis, yaitu bisnis fashion muslimah.

Selain bisnis fashion muslim, Oki yang juga membuka bisnis event organizer yang menawarkan paket pernikahan. Kemudian, Oki bersama adiknya, Ria Ricis, juga merambah ke bisnis di bidang kuliner. 

Oki membuat kue Surabaya Patata. Oki membuka bisnis kue tersebut di kota Surabaya karena menurutnya Surabaya memiliki daya tarik yang kuat untuk wisatawan lokal maupun asing.

3. Yusuf Mansur

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan penceramah yang satu ini. Selain kondang dengan ceramahnya, ustadz Yusuf Mansur sendiri memiliki usaha bisnis yang telah sukses di Indonesia.

Selain memiliki pesantren Daarul Quran yang tersebar di hampir seluruh Indonesia, Yusuf Mansur juga menjadi komisaris PT Veritra Sentosa Internasional yang memiliki produk teknologi pembayaran bernama Paytren.

Paytren adalah sebuah program bisnis pembayaran milik Yusuf Mansur yang merupakan aplikasi transaksi atau pembayaran berbasis aplikasi pada ponsel berbasis Android maupun iOS.

Paytren berfungsi memudahkan kita dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran, mulai dari pengisian pulsa, pembayaran tagihan PLN, PDAM, BPJS, telkom, TV prabayar, tiket pesawat dan kereta api, belanja di marketplace, dan lain sebagainya.

4. Felix Siauw

Selain AA Gym dan Yusuf Mansur, kita juga pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Felix Siauw. Selain dikenal sebagai ulamanya para remaja, mualaf keturunan Tionghoa ini pun seorang pebisnis yang sukses.

Bersama sang istri, ustadz Felix Siauw membuka bisnis di bidang fashion muslim, yaitu Hijab Alila yang menjual hijab-hijab syari untuk para muslimah.

Selain itu, Felix Siauw juga membuka Al Fatih Center yang merupakan distributor buku, 1 God Clothing yang menjual T-shirt bergambarkan dakwah, serta Al Fatih Studio yang menawarkan desain visual dan dakwah kreatif. Tidak hanya, Felix Siauw juga mendirikan travel umroh yang diberi nama Satu Tours.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sebelumnya, Felix Siauw juga merupakan seorang penulis buku-buku dakwah untuk remaja seperti Putusin Aja, Yuk Berhijab, dan Habits. Ada pula buku-buku tentang sejarah Islam yang ditulisnya, seperti Beyond the Inspiration, Khilafah, dan Muhammad Al Fatih 1453.

5. Dian Pelangi

Dian Pelangi atau Dian Wahyu Utami merupakan salah satu pengusaha muslim yang sukses di Indonesia. Dian merupakan seorang desainer dan pemilik beberapa gerai toko busana muslim perempuan ‘Dian Pelangi’.

Awal mula kesuksesannya adalah saat Dian diminta untuk mengurus toko busana muslim milik ibunya di Jakarta. Kesempatan ini pun tidak disia-siakannya. Dian yang baru lulus dari sekolah mode Esmod justru memiliki peluang lebih besar untuk berkreasi dengan usaha ibunya.

Setelah merasa mendapat banyak ilmu baik dari pendidikan formal maupun dari sang ibu, Dian pun akhirnya memutuskan untuk membuka butik sendiri. Dian lebih senang berkreasi dengan warna-warna yang cerah yang menggambarkan anak muda. Oleh sebab itu, butik atau toko busana muslimnya diberi nama ‘Dian Pelangi’.

6. Medina Zein

Pengusaha muslim selanjutnya yaitu, Medina Zein. Medina sukses berkat beberapa unit usaha atau bisnis yang dimilikinya, yaitu Jannah Corporation.

Jannah Corporation merupakan bisnis yang bergerak di bidang kuliner, terutama kue kekinian. Pernah melihat artis-artis ibu kota membuka toko kue kekinian, seperti kue Napoleon Irwansyah di Medan dan Snow Cake Zaskia Sungkar di Surabaya? Kalau iya, bisnis kuliner tersebut merupakan bisnis yang berada di bawah naungan Jannah Corporation.

Selain kue, Medina juga memiliki bisnis skincare yang dimulainya sejak tahun 2011. Tidak hanya dengan bidang kuliner dan skincare, Medina juga kemudian mendirikan tour dan travel yang melayani perjalanan umroh, yaitu MedinaZein Tour & Travel.

7. Diajeng Lestari

Terakhir yaitu Diajeng Lestari. Diajeng merupakan pengusaha startup busana muslim yang telah sukses di Indonesia, yaitu Hijup. Diajeng sendiri adalah istri dari Achmad Zaky yang tidak lain adalah pendiri Bukalapak.

Latar belakang Diajeng mendirikan Hijup berawal dari sulitnya mencari pakaian muslim trendi dan unik yang disertai sistem penjualan yang baik. Hal ini berdampak kepada masih banyaknya orang yang kebingungan untuk membelinya.

Nah, berdasarkan permasalahan tersebut, Diajeng pun mulai membangun startup busana muslim bernama Hijup. Kini, kita bisa melihat ratusan merek busana muslim dari para desainer ternama di situs Hijup.com.

Itulah tujuh pengusaha muslim yang telah sukses di Indonesia. Kita pun bisa memulai usaha seperti mereka. Namun, pertahankanlah semangat dan konsistensi dalam menciptakan produk-produk yang terbaik dan terkini, ya.

Di samping itu, jangan lupa juga untuk senantiasa memproteksi diri kita dengan asuransi. Tujuannya agar keuangan kita terproteksi andai dihadapkan dengan tagihan berobat yang mahal. Hal ini dikarenakan adanya asuransi kesehatan yang akan mengurus tagihan kita.

Jadi penasaran kenapa bisa begitu, ya? Kunjungi saja Lifepal untuk mendapatkan informasi lengkap terkait produk-produk asuransi terbaik sekaligus berkonsultasi dengan tim kami. Yuk, kunjungi Lifepal sekarang juga!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →