Solusi Terhindar dari Penipuan Asuransi Kesehatan Keluarga

penipuan asuransi keluarga

Penipuan asuransi kesehatan keluarga adalah hal yang cukup dikhawatirkan oleh sebagai orang. Padahal asuransi kesehatan keluarga menjadi kebutuhan yang cukup penting. Dengan produk asuransi kesehatan keluarga, maka kamu bisa melindungi seluruh anggota keluarga dengan maksimal 5 orang sekaligus hanya dalam satu polis saja.

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang enggan untuk memiliki asuransi kesehatan keluarga. Selain merasa belum menjadi prioritas penganggaran rumah tangga, mereka juga khawatir menjadi korban penipuan asuransi kesehatan keluarga yang isunya sudah sering terdengar. 

Padahal, jika dipahami secara benar ada banyak manfaat dari produk ini. Terutama untuk menghindari kekhawatiran dari mahalnya biaya perawatan atau pengobatan di rumah sakit maupun klinik dan lain sejenisnya untuk tertanggung keluarga.  

Nah untuk menghindari diri dari menjadi korban penipuan asuransi kesehatan keluarga, Lifepal punya beberapa tips terhindar dari penipuan asuransi kesehatan keluarga

Pahami cara kerja asuransi kesehatan untuk keluarga

Banyak orang yang tidak mau membeli produk asuransi karena tidak memahami cara kerjanya. Sebenarnya cara kerja polis asuransi kesehatan untuk keluarga ini cukup sederhana. Meski hanya menggunakan satu polis, besaran premi untuk tiap anggota keluarga berbeda-beda.

Misalnya, besaran premi untuk ayah dan ibu biasanya akan lebih tinggi dibandingkan anak-anak. Ketentuan terkait polis adalah sebagai berikut.

  • Maksimum anggota adalah lima orang (ayah, ibu, dan tiga orang anak). Lebih dari lima orang akan dikenakan biaya premi tambahan.
  • Polis asuransi akan berakhir begitu anggota keluarga tertua mencapai usia pertanggungan maksimum asuransi.
  • Polis asuransi tidak menanggung batas usia anak yang ditentukan dalam polis asuransi.

Kenali batas usia masuknya

Usia nasabah akan sangat mempengaruhi besaran premi asuransi kesehatan keluarga. Biar kamu tidak merasa tertipu, informasi terkait batas usia masuk ini menjadi hal penting untuk diketahui.

Sebenarnya, batas usia masuk ini akan berbeda tergantung jenis produk dan kebijakan perusahaan asuransi. Kemudian, dari batas usia ini, perusahaan asuransi akan menawarkan masa perlindungan tertanggung yang dapat diperpanjang hingga usia 70-85 tahun untuk peserta utama dan pasangan, dan perpanjangan hingga 23 tahun untuk tertanggung anak.

Sebagai gambaran, berikut ini informasi seputar batas usia masuk bagi tertanggung utama dan anggota keluarga lainnya: 

  • Batas usia masuk tertanggung utama yaitu 21 tahun hingga 65 tahun. 
  • Bagi tertanggung pasangan atau anggota keluarga lainnya maka batas usianya adalah 18 tahun hingga 60 tahun.
  • Sementara usia tertanggung anak antara 15 hari hingga 18 tahun atau 23 tahun untuk pelajar.   

Pastikan limit dan biaya rumah sakit sebanding 

Sebagai nasabah yang bijak, sebaiknya kita tidak hanya berfokus pada premi murah saja. Tetapi sebaiknya mencari yang limitnya sebanding dengan biaya rumah sakit saat ini. Misalnya, jika biaya rawat inap berkisar Rp500 ribu semalam, maka cari polis yang memberikan pertanggungan rawat inap di atas nominal tersebut.

Dengan memastikannya, kamu akan terhindar dari perasaan merasa tertipu dengan asuransi kesehatan keluarga. 

Namun tentu jangan lupa untuk menyesuaikan produk asuransi yang kamu mau pilih dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu agar preminya nanti tidak membebani pengeluaran rutin.

Jangan terburu-buru membeli polis  

Segala sesuatu yang diputuskan tanpa pertimbangan bisa jadi berujung pada penyesalan. Hal ini berlaku juga dalam memilih produk asuransi kesehatan untuk keluarga. Ketika kamu mendapatkan penawaran dari agen asuransi, sebaiknya kamu tidak langsung menerimanya.

Usahakan untuk mencari tahu terkait produk yang ditawarkan misalnya merupakan produk asuransi murni ataupun unit link. Hal ini bertujuan agar terhindar menjadi korban penipuan asuransi kesehatan keluarga.   

Pastikan Coordination of Benefit (CoB)

Agar terhindar penipuan asuransi kesehatan keluarga pastikan juga apakah CoB dengan BPJS Kesehatan atau tidak. Coordination of Benefit (CoB) adalah manfaat di mana jika BPJS Kesehatan tidak dapat mencakup semua biaya perawatan, maka tertanggung bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi kesehatan swasta.

Sehingga ketika kamu membeli produk asuransi yang sudah CoB dengan BPJS Kesehatan maka akan mendapatkan manfaat lebih optimal.Hingga saat ada 11 perusahaan asuransi swasta yang memberikan manfaat CoB dengan BPJS Kesehatan, yaitu  Avrist, Arthagraha General Insurance, Astra Buana, Mega, CAR, Takaful Keluarga, Bina Dana Arta, Sinarmas MSIG, Generali Indonesia, Tugu Pratama, dan Multi Artha Guna (MAG).

Pastikan mekanisme pembayaran premi yang jelas

Agar tidak terkena penipuan asuransi kesehatan keluarga pastikan juga mekanisme pembayarannya jelas. Umumnya, pembayaran premi asuransi kesehatan cashless, unit link, maupun murni akan ditujukan ke rekening perusahaan asuransi menggunakan nomor polis. Tapi ketika kamu mendapati membeli polis dan proses transaksi dilakukan dengan rekening pribadi, patut untuk dicurigai.

Cek kredibel perusahaan asuransi

Ada berbagai pilihan perusahaan yang menawarkan produk asuransi kesehatan untuk keluarga. Agar kamu terhindar dari penipuan pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK. Namun ketika kamu mendapati perusahaan belum terdaftar atau diawasi OJK, sebaiknya hindari membeli produk yang ditawarkan.

Meskipun menjanjikan limit besar, premi murah dan klaim mudah. Sebab sangat berisiko, ketika ada masalah OJK tidak akan bertanggung jawab. Itu artinya, premi yang kamu setorkan akan hilang begitu saja.

Pilih asuransi dengan manfaat fleksibel penambahan anggota keluarga

Tips agar kamu tidak terhindar dari penipuan asuransi kesehatan keluarga sekaligus mendapatkan manfaat terbaik, pastikan juga terdapat manfaat fleksibel penambahan anggota keluarga. Hal ini bertujuan jika anggota keluarga paling senior atau tertanggung meninggal maka anggota keluarga lainnya dapat melanjutkan polis dan mendaptkan manfaat yang sama.

Bandingkan produk-produk asuransi terbaik  

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu berbagai produk asuransi kesehatan keluarga yang satu dengan lainnya. Setiap produk asuransi pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika tidak ingin terbebani dengan pembayaran premi, proses klaim, hingga besaran biaya yang tidak sesuai yang diharapkan, kamu bisa mencari informasi asuransi dari berbagai perusahaan.

Gali informasi sebanyak mungkin

Sebelum membeli produk asuransi kesehatan keluarga dari berbagai brand, carilah informasi sebanyak mungkin. Kamu bisa mulai dengan mencari informasi tentang laporan keuangan perusahaan, sistem pelayanan yang diberikan, dan lain-lain.

Cara termudah mendapatkan seluruh informasi mengenai produk asuransi terbaik adalah dengan membuka situs pembanding asuransi kesehatan melalui Lifepal. 

Dengan mencari tahu di Lifepal, kamu bisa mendapatkan informasi dan ulasan lengkap mengenai berbagai produk asuransi terbaik sebagai bekal kamu agar tidak terjerat aksi agen asuransi penipu. 

Pertanyaan seputar pentingnya manfaat asuransi