Pelajari Manfaat Asuransi Rawat Jalan untuk Cegah Penipuan

penipuan asuransi rawat jalan

Asuransi rawat jalan yang ada di Indonesia terbagi dua, yaitu asuransi rawat jalan sebagai manfaat dasar (murni) dan asuransi rawat jalan sebagai manfaat tambahan (rider).

  • Pengertian asuransi rawat jalan murni adalah asuransi rawat jalan yang bisa dibeli tanpa harus memiliki produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau asuransi jiwa unit link.
  • Asuransi rawat jalan rider adalah asuransi rawat jalan sebagai manfaat tambahan. Untuk memanfaatkan produk ini, tertanggung harus membeli polis dasar asuransi kesehatan yang manfaat utamanya rawat inap.

Mirip dengan manfaat asuransi kesehatan, jaminan biaya medis dari asuransi rawat jalan dikhususkan pada pertanggungan yang sifatnya bukan rawat inap. 

Dengan kata lain, kamu bisa manfaatkan untuk menanggung biaya konsultasi dengan dokter, cek kesehatan umum, menebus resep obat dari dokter, serta perawatan di instalasi gawat darurat.

Namun tentu tiap perusahaan asuransi yang menawarkan jaminan biaya rawat jalan memiliki ketentuan jenis pertanggungan yang berbeda-beda sesuai polis asuransi mereka.

Sebagai bekal kamu yang mau membeli asuransi rawat jalan, ada beberapa aspek penting yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu agar terhindar dari aksi penipuan dari oknum agen asuransi. Mulai dari harga premi, besaran plafon, metode klaim, dan lain sebagainya.

Tips memilih asuransi rawat jalan yang tepat dari Lifepal

Nah bagi kamu yang tertarik untuk memiliki jaminan biaya kesehatan dari asuransi rawat jalan, berikut ini adalah tujuh hal yang wajib diketahui agar kamu bisa memaksimalkan manfaatnya dan tidak terjadi kesalahpahaman juga dengan isi kesepakatan di dalam polis asuransi.

1. Tersedia metode klaim cashless dan reimbursement

Untuk klaim cashless tentu saja lebih praktis, Meski begitu, pilihan rumah sakit yang menerima klaim reimbursement lebih banyak ketimbang cashless. AXA Mandiri, Cigna , Allianz, Manulife, Avrist, Lippo Insurance, Sequis, BNI Life, dan AIA yang disebutkan pada kolom rekomendasi sebelumnya menyediakan kedua pilihan klaim tersebut.

2. Besaran premi berimbang dengan plafon asuransi

Biaya rawat jalan di Indonesia tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih asuransi rawat jalan dengan harga premi yang berimbang dengan plafon asuransi. 

Misalnya, uang pertanggungan Rp1 juta sekilas terkesan banyak, namun jika dibandingkan dengan biaya perawatan operasi gigi bungsu saat ini bisa memakan biaya Rp2 hingga Rp4 juta. Artinya, manfaat pertanggungan Rp1 juta sangatlah kecil.

3. Pertanggungan biaya rawat jalan sebagai manfaat utama

Setiap calon nasabah tentu menginginkan premi asuransi rawat jalan yang murah, bukan? Karena itu, sebaiknya cari polis asuransi yang menanggung biaya perawatan jalan sebagai manfaat dasar. 

Seperti polis SmartCare Executive AXA Mandiri, Cigna Premium Health Protection, Allianz Smartmed Premier, dan Manulife MiUltimate HealthCare.

Sebagai informasi, manfaat rawat jalan sebagai manfaat tambahan atau rider cenderung jauh lebih mahal, jadi lebih baik dihindari jika bukan prioritas utamamu.

4. Waktu pendaftaran

Perusahaan asuransi lebih menyukai pendaftaran nasabah baru saat usianya masih muda dan dalam kondisi kesehatan yang prima sehingga risiko untuk terserang infeksi penyakit lebih rendah.

Namun sebaliknya bagi calon nasabah yang berusia lebih tua dan pernah/sedang sakit, perusahaan asuransi pada umumnya akan membebankan biaya premi yang lebih mahal atau bahkan menolak pendaftaran nasabah karena rentan terhadap serangan penyakit lainnya.

5. Sesuaikan manfaat

Beberapa perusahaan menawarkan produk asuransi dengan fitur-fitur unggulan dan bersaing. Namun banyaknya tawaran asuransi dengan fitur berbeda ini bisa membingungkan calon nasabah yang baru dengan dunia asuransi. 

Untuk itu ada baiknya sebelum menentukan produk asuransi rawat jalan yang mau dibeli, bandingkan dulu dengan beberapa produk asuransi sejenis dari perusahaan yang lain agar nantinya kamu tidak merasa mengalami penipuan.

Calon nasabah bisa mempelajari manfaat mana yang sekiranya paling dibutuhkan, misalnya:

  • Apa saja manfaat yang ditawarkan? Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau ekspektasi?
  • Apakah termasuk pertanggungan untuk anggota keluarga atau diri sendiri saja?
  • Apa bersifat murni asuransi atau ada tambahan manfaat investasi sebagaimana akan berpengaruh kepada premi yang harus dibayarkan secara periodik.

Dalam asuransi rawat jalan pada umumnya, ada beberapa manfaat dasar yang diperoleh, antara lain:

  • Pemeriksaan dokter umum atau spesialis, berlaku untuk perawatan kesehatan sebelum dan sesudah menjalani pengobatan rawat inap.
  • Biaya obat-obatan dengan menyertakan resep dari dokter.
  • Perawatan gigi, mulai dari pemeriksaan, pembersihan, tambal, hingga pencabutan gigi.
  • Perawatan mata, mulai dari pemeriksaan hingga pembuatan kacamata.
  • Kehamilan, persalinan, dan nifas, mulai dari pemeriksaan rutin dan perawatan setelahnya.
  • Fisioterapi, berlaku untuk pemulihan yang disebabkan oleh risiko kecelakaan.

6. Kemudahan mitra kesehatan

Tidak semua polis asuransi dapat digunakan di rumah sakit atau instalasi kesehatan mana saja. Beberapa polis asuransi membatasi manfaat asuransi hanya pada rumah sakit tertentu. Oleh karena itu pilihlah asuransi yang memiliki banyak rekanan rumah sakit atau klinik, serta utamakan yang lokasinya mudah kita akses.

7. Perhatikan persyaratan pengajuan klaim biaya rawat jalan

Perhatikan tentang syarat-syarat pengajuan klaim untuk manfaat asuransi rawat jalan yang mau dibeli.

Poin ini cukup penting untuk memastikan jenis penanganan/pertanggungan apa saja yang akan ditanggung oleh asuransi dan mana yang nanti akan kita tanggung sendiri. 

Pastikan kamu sudah mendapatkan penjelasan secara mendetail dari agen/broker asuransi agar tidak terjadi penolakan klaim.

8. Mendukung layanan cob atau double claim

Pemerintah menawarkan asuransi sosial seperti BPJS, Jamkesda, dan lain-lain. Jika kamu berencana memanfaatkan asuransi swasta sebagai cadangan atau BPJS sebagai cadangan, perhatikan apakah asuransi swasta pilihanmu dilengkapi dengan layanan coordination of benefits atau umumnya disebut dengan double claim

9. Layanan klaim cashless atau reimbursement

Sebagian polis asuransi menawarkan metode klaim cashless yang memungkinkan nasabahnya bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan hanya dengan memberikan kartu atau nomor asuransi swasta pribadi.

Berbeda dengan sistem klaim reimbursement yang mengharuskan nasabah untuk membayar tagihan sendiri terlebih dahulu, lalu kemudian mengajukan klaim ganti rugi sepenuhnya kepada asuransi. 

Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, namun sangat disarankan untuk mengutamakan metode klaim cashless karena sisi kepraktisan dan kemudahan untuk langsung dapat layanan kesehatan.

10. Mengakhiri kontrak asuransi

Jasa pengelolaan keuangan dari asuransi adalah solusi jangka panjang, terutama untuk produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. 

Namun tidak menutup kemungkinan pula bahwa terkadang bisa saja di tengah kurun waktu perjanjian, nasabah ingin mengakhiri kontrak dengan perusahaan asuransi.

Penyebabnya bisa berupa kekecewaan karena tidak mendapatkan pelayanan atau manfaat yang maksimal atau ingin mengganti dengan asuransi dari perusahaan lain. 

Maka dari itu sebelum kamu menandatangani kontrak pada polis asuransi, pelajari terlebih dahulu bagaimana prosedur pembatalan kontrak yang diterapkan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Umumnya tidak ada perusahaan asuransi rawat jalan ternama yang berniat mempersulit nasabahnya dalam cara apa pun, hanya saja nasabah tetap wajib mempelajari cara-caranya agar tidak terjadi kesalahpahaman yang memicu dugaan penipuan.

Supaya kamu tidak salah beli dan untuk mencegah dirimu mengalami penipuan asuransi rawat jalan, lebih baik beli asuransi di Lifepal aja. Lifepal adalah marketplace berlisensi resmi dan calon nasabah tidak perlu cemas akan ada penipu atau penipuan dalam bertransaksi.

Pertanyaan seputar manfaat memiliki asuransi

Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.
Perusahaan asuransi yang baik bagi tiap-tiap nasabah tentu saja berbeda-beda. Misal, untuk yang berusia lanjut, tentu asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung hingga usia 100 tahun. Namun, untuk yang memiliki riwayat penyakit kritis dalam keluarga, maka asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung risiko penyakit kritis sekaligus. Sama halnya dalam memilih asuransi jiwa dan asuransi mobil. Kembali lagi harus disesuaikan dengan profil nasabah. Jadi, jangan hanya berfokus pada premi murah saja.
Dapatkan Promo