Penting Ketahui Manfaat dan Fungsi Dana Pensiun Lembaga Keuangan

dana pensiun lembaga keuangan

Siapa sih yang gak ingin menikmati masa pensiun dengan nyaman dan tenang? Oleh karena itu pentingnya memiliki dana pensiun di hari tua. Bagi yang telah memasuki masa pensiun ada baiknya nih menyiapkan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DLPK).

Hari tua yang nyaman dan tentram tentunya sudah mengantongi dana pensiun. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DLPK) akan sangat membantumu di masa-masa pensiun. Lalu apa sih yang dimaksud dengan DPLK dan apa saja manfaatnya? Yuk kita pelajari di sini. 

Cara menghitung dana pensiun

Gimana sih cara menghitung dana pensiun biar tahu berapa yang harus disiapkan? Rumusnya mudah kok, saat memasuki masa pensiun, asumsikan uang pensiunmu ditempatkan di risk-free asset berupa deposito dengan suku bunga 6 persen per tahun.

Dengan asumsi keuntungan 6 persen dari suku bunga, artinya kamu membutuhkan 200 x pengeluaran per bulan untuk menikmati masa pensiun dengan tenang. Setelah itu, hitunglah berapa investasi yang kamu perlukan buat mencapai target 200 x pengeluaran per bulan itu. Kalau malas untuk menghitungnya, ikut DPLK saja. Anti ribet dan kamu tinggal menikmati hasilnya kelak. 

Dana Pensiun Lembaga Keuangan adalah…

Pertama-tama, kamu harus tahu dulu apa itu dana pensiun. Dana pensiun adalah manfaat dari program pensiun berupa uang bagi pesertanya yang rutin diberikan setiap bulan. 

Jadi saat kamu bekerja di sebuah perusahaan sampai masa pensiun, kamu berhak dapat dana pensiun ini. Dana pensiun juga diatur dalam undang-undang lho. 

Ada beberapa jenis dana pensiun yang dibagi berdasarkan program dan pengelola. Nih penjelasan lengkapnya.

Berdasarkan Program Dana Pensiun

Dana Pensiun Manfaat Pasti

Program pensiun ini manfaatnya ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun. Besar manfaat pensiun ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun dengan rumus tertentu. 

Iuran yang kamu harus kamu bayarkan merupakan hasil estimasi kebutuhan biaya untuk merealisasikan manfaat pensiun berdasarkan perhitungan aktuaria.

Dana Pensiun Iuran Pasti

Kalau yang satu ini adalah program yang iurannya ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun. Seluruh iuran dan hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masing-masing peserta sebagai Manfaat Pensiun. 

Manfaat pensiun yang kamu dapatkan adalah berupa akumulasi iuran beserta hasil pengembangannya. Besar iuran ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun, ini disepakati di awal dan relatif lebih stabil.

Berdasarkan Penyelenggara Dana Pensiun

Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)

Dana Pensiun yang dibentuk oleh orang atau badan yang mempekerjakan karyawan, selaku Pendiri, untuk menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti atau Program Pensiun Iuran Pasti, bagi kepentingan sebagian atau seluruh karyawannya sebagai Peserta, dan yang menimbulkan kewajiban terhadap Pemberi Kerja. Ini diatur dalam UU No. 11 tahun 1992 Bab 1 pasal 1 (ayat 2).

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Sesuai UU Nomor 11 tahun 1992 pasal 1 (ayat 4) Dana Pensiun Lembaga Keuangan adalah Dana Pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun Pemberi Kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan.

Jadi, DPLK ini beda dengan JHT milik BPJS Ketenagakerjaan dan DPPK milik perusahaan tempatmu bekerja karena sifatnya sukarela. Paham kan?

Pentingnya Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Kalau sudah memiliki JHT dari BPJS Ketenagakerjaan dan DPPK, buat apa lagi sih punya DPLK? Jangan salah ya, kebutuhan di masa pensiun itu gak sedikit lho. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Padahal kamu sudah tidak bekerja, artinya pemasukan juga tentu bakal berkurang. Berdasarkan riset yang ada, tingkat penghasilan pensiun (TTP) seseorang di masa pensiun adalah 70-80 persen dari gaji terakhir. 

Artinya, kamu harus punya 70-80 persen dari gaji terakhir agar bisa menikmati masa pensiun. Kalau kurang dari itu, pensiun tenang kayanya jadi agak sulit deh.

Padahal program wajib dari JHT dari BPJS Ketenagakerjaan biasanya cuma bisa memenuhi 30 persen kebutuhan hidup layak di masa pensiun. Masih kurang banyak banget! Nah, kekurangan inilah yang idealnya dipenuhi lewat DPLK.

Sebenarnya sih kekurangan itu bisa kamu mengakali dengan tabungan, investasi, atau reksa dana. Namun kalau dipikir-pikir agak ribet dan gak praktis. 

Tabungan kalau diambil sedikit sedikit lama-lama bakal habis, begitupun reksa dana. Kalau investasi? Gak semua orang bisa menyisihkan uang buat investasi, belum lagi ada risiko yang mungkin kamu tanggung. Alternatif yang paling aman sih emang DPLK.

Manfaat Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Biar kamu makin yakin buat punya DPLK, kamu perlu tahu manfaatnya yang segudang itu. Nih simak ya manfaatnya.

Manfaat DPLK untuk karyawan

  1. Bisa tenang saat pensiun karena punya pendapatan tetap, hidup pun jadi lebih terjamin
  2.  Bisa mengurangi pajak penghasilan (PPh21)
  3. Iuran buat bayar DPLK bisa dibagi dengan perusahaan tempatmu bekerja, jadi tidak sepenuhnya kamu yang bayar
  4. Hasil investasi dari DPLK dibebaskan dari pajak sampai manfaat program ini dibayarkan ke kamu
  5. Terpisah dari kekayaan perusahaan penyelenggara DPLK karena iurannya langsung dibukukan atas namamu

Manfaat program ini gak cuma dirasakan karyawan, perusahaan juga bakal dapat untung. Ini dia manfaat DPLK untuk perusahaan.

  1. Memenuhi kewajiban Pemberi Kerja kepada karyawannya, sesuai UU 13 tahun 2003
  2. Perusahaan gak perlu repot-repot mengelola investasi untuk dana pensiun karyawannya, semua sudah diurus lembaga penyelenggara DPLK. Tinggal terima beres!
  3. Bisa mengurangi pajak penghasilan badan (PPh 25)
  4. Iurannya fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kondisi perusahaan, jadi gak akan memberatkan cash flow perusahaan
  5. Menjadi nilai tambah perusahaan serta sebagai penghargaan terhadap loyalitas dan kinerja karyawan. Kalau sebuah perusahaan ikut program DPLK, karyawan akan makin senang dong bekerja di situ karena masa pensiunnya pasti terjamin.

Cara daftar Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Buat daftar jadi peserta DPLK mudah banget kok karena bisa dilakukan oleh perusahaan atau kamu sendiri sebagai individu. Iuran yang harus kamu bayarkan per bulan juga fleksibel, bahkan ada juga yang besaran minimalnya cuma Rp50 ribu. 

Ini sih biaya kamu buat sekali nongkrong ngopi. Bayangkan kalau kamu mau menyisihkan sedikit aja biaya nongkrong kamu, masa pensiun bisa lebih terjamin lho!

Buat jadi peserta DPLK, ada beberapa persyaratan umum yang kamu penuhi, di antaranya:

  1. Minimal berusia 18 tahun atau telah menikah
  2. Bagi peserta individu, minimal setoran Rp100.000,- per penyetoran
  3. Melampirkan fotokopi identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor atas nama peserta
  4. Bisa diikuti oleh individu dan kelompok, meliputi pekerja formal maupun informal serta professional
  5. DPLK terbuka buat mengelola program pensiun Perusahaan/Instansi/Yayasan/Lembaga

Kalau kamu ikut DPLK sebagai individu, iurannya tentu harus kamu bayarkan sendiri. Namun, kalau kelompok, iurannya bisa dibayarkan perusahaan atau gabungan antara karyawan dan perusahaan. 

Fleksibel banget kok. Kamu tinggal cek aja ke situs masing-masing lembaga keuangan yang menyediakan program DPLK ini untuk keterangan lebih lanjut. Misalnya AXA Mandiri, BNI, BRI, dan lain-lain.

Produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Produk DPLK berupa Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP). Artinya, iuran yang kamu bayarkan sudah ditetapkan di awal. 

Iuran yang kamu bayarkan itu nantinya kembangkan lewat investasi dan hasilnya akan dibukukan dibukukan pada rekening masing-masing peserta sebagai manfaat pensiun. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Alokasi investasi ini kamu pilih sendiri, bukan pilihan dari DPLK. Jenis investasi yang bisa dipilih adalah pasar uang, pendapatan tetap, dan saham pasar uang (kombinasi).

Manfaat pensiun dalam PPIP berasal dari beberapa hal. Yaitu akumulasi pembayaran iuran, hasil pengembangan atau investasi sesuai pilihan produk yang kamu pilih, dan juga hasil pengalihan dana atas nama peserta dari Dana Pensiun lain.

Cara kerja Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Biar kamu makin paham, kamu perlu menyimak penjelasan cara kerja DPLK ini.

  1. Perusahaan tempat kamu bekerja akan mengikutsertakan karyawan ke dalam salah satu DPLK.
  2. Perusahaan akan memotong gaji karyawan setiap bulan (autodebet) berdasarkan jumlah tertentu yang sudah disepakati untuk dibayarkan sebagai iuran pensiun ke DPLK.
  3. DPLK mengelola dan menginvestasikan iuran tersebut ke instrumen yang sudah dipilih perusahaan.
  4. Saat pensiun, karyawan menerima pembayaran dari DPLK dalam dua pilihan yaitu lump-sum (dibayar sekaligus) atau bertahap seumur hidup (anuitas).
  5. Jika karyawan mengundurkan diri, uang pensiun ini bisa kamu ambil atau dipindahkan ke DPLK lain.

Ini kalau kamu ikut DPLK kelompok dari perusahaan, kalau ikut sebagai individu tentu lebih mudah karena kamu sendiri yang mengatur kebutuhanmu.

Cara menarik manfaat pensiun Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Ada beberapa jenis manfaat dana pensiun yang harus kamu tahu, yaitu:

  1. Manfaat Pensiun Normal, dibayarkan kepada Peserta apabila pensiun pada Usia Pensiun Normal.
  2. Manfaat Pensiun Dipercepat, dibayarkan kepada Peserta apabila pensiun pada usia sekurang-kurangnya 10 tahun sebelum Usia Pensiun Normal.
  3. Manfaat Pensiun Ditunda, merupakan hak peserta yang berhenti bekerja dari perusahaan Pemberi Kerja atau tidak mempunyai penghasilan lagi dan tidak bisa menyetor iuran kepada DPLK. Pembayarannya akan ditunda sampai dengan peserta mencapai usia pensiun normal atau atas permintaan peserta yang dibayarkan secepat-cepatnya apabila peserta telah mencapai usia pensiun dipercepat.
  4. Manfaat Pensiun Cacat, dibayarkan kepada Peserta apabila pensiun karena cacat.

Manfaat pensiun akan dibayarkan oleh DPLK dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Manfaat pensiun <500 juta akan dibayarkan langsung tanpa pembelian anuitas
  2. Manfaat pensiun >500 juta akan dibelikan anuitas di perusahaan Asuransi jiwa & manfaatnya akan diterima setiap bulan oleh peserta dan ahli waris.
  3. Jika jumlah dana peserta yang berhenti bekerja kurang dari atau sama dengan 100 juta, maka manfaat pensiun dapat dibayarkan sekaligus pada saat peserta berhenti bekerja.

Manfaat pensiun ini juga bisa dibayarkan sekaligus kalau peserta sakit parah dan kesulitan keuangan (dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dan keterangan dokter), warga Indonesia yang pindah kewarganegaraan, atau WNA yang berakhir masa kerjanya dan ingin pulang ke negara asal.

Bagaimana caranya dapat manfaat pensiun dari DPLK? Ini yang harus kamu lakukan untuk mendapat manfaat pensiun normal dan pensiun dipercepat (peserta individu):

  1. Sudah mencapai usia pensiun
  2. Mengisi aplikasi pembayaran Manfaat Pensiun.
  3. Melampirkan e-Card DPLK, fotokopi KTP, NPWP, KK dan buku tabungan sesuai dengan auto debet iuran bulanan.
  4. Bawa formulir dan dokumen tersebut ke kantor cabang bank atau pusat DPLK tempat kamu mendaftar.

Cara tarik iuran Dana Pensiun Lembaga Keuangan sebelum pensiun

Bagaimana kalau kamu butuh dana secara mendesak? Iuran yang kamu bayarkan pada DPLK bisa diambil sebelum masa pensiun kok tapi ada ketentuannya. Kamu bisa menarik iuran sebesar 50 persen dari akumulasi iuran setelah mencapai masa kepesertaan tiga bulan sebanyak dua kali dalam setahun.

Setelah itu, kamu bisa menarik dana lagi enam bulan setelah penarikan sebelumnya. Penarikan ini akan dikenakan biaya 2 persen dan pajak progresif.

Pertama, kamu harus mengisi aplikasi penarikan iuran. Setelah itu, lampirkan e-Card DPLK, fotokopi KTP, NPWP, dan buku tabungan sesuai dengan autodebet iuran bulanan. Lalu sampaikanlah dokumen tersebut ke kantor pusat DPLK.

Cukup jelas kan penjelasan tentang Dana Pensiun Lembaga Keuangan ini? DPLK memang punya banyak manfaat terutama bagi kamu yang pengen menikmati masa tua dengan bahagia. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera daftar DPLK! Oh iya satu lagi kamu juga perlu lho memiliki asuransi pribadi. 

Lewat Lifepal kamu bisa mendapatkan informasi seputar asuransi dan produk serta penawaran menariknya melalui situs resmi Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →