5 Rekomendasi Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan Selamanya

kartu kredit bebas iuran tahunan

Sudah tahu kan, ada program kartu kredit bebas iuran tahunan selamanya? Program kartu kredit bebas iuran tahunan ini diadakan bank buat menarik masyarakat agar menggunakan kartu kreditnya. 

Tapi, gak semua kartu kredit bebas iuran tahunan. Pasalnya, fitur ini biasanya gak diberikan cuma-cuma alias ada syaratnya. Di antaranya pemakaian kartu kredit sebesar 30 persen dari limitnya.

Syarat ini bisa berlainan antara satu bank dan bank lain. Jadi kita harus perhatikan benar syarat itu agar bisa memperoleh fasilitas bebas iuran tahunan selamanya. Tapi kalau gak ada syaratnya, itu lebih bagus.

Apa itu kartu kredit bebas iuran tahunan dan bagaimana cara mendapatkannya

“Enak banget bisa punya kartu kredit gak pakai iuran tahunan.” Seperti apa sih sebetulnya kartu kredit ini?

Kartu kredit bebas iuran tahunan adalah kartu kredit yang membebaskan pemegang kartu dari biaya tahunan dalam jangka waktu tertentu. Jadi, kalau kamu punya kartu kredit seperti ini ya kamu gak perlu bayar iuran tahunan untuk jangka waktu tertentu.

Syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap bank juga berbeda untuk kartu kredit jenis ini. Ada yang mengharuskan kamu bertransaksi sampai batas tertentu, ada juga yang memang menerbitkan kartu kredit tanpa ada iuran tahunan seumur hidup.

Nah, kalau kamu mau punya kartu kredit ini kamu bisa mengajukan kartu kredit tambahan, biasanya pihak bank juga membebaskan iuran tahunan selamanya untuk kartu tambahan ini. Tapi, kamu harus pastikan dulu pada pihak bank ya!

Bank pada umumnya gak akan mudah mengeluarkan kartu kredit jenis ini. Ada beberapa syarat lain yang harus kamu penuhi, seperti usia maksimum pemegang kartu utama adalah 60 tahun, dan usia minimumnya 21 tahun, usia minimum pemegang kartu tambahan adalah 17 tahun dan minimum penghasilan per bulan adalah Rp5 juta.

Kamu juga harus menyiapkan berbagai dokumen, seperti fotokopi KTP/KITAS, slip gaji (untuk karyawan dan profesional), fotokopi rekening tabungan dua bulan terakhir (untuk wirausaha), fotokopi surat izin profesi (untuk profesional), NPWP, dan fotokopi akta pendirian (untuk wirausaha).

Berikut ini adalah daftar kartu kredit bebas iuran tahunan selamanya dan bank penerbitnya. Ingat bahwa daftar ini diambil pada awal Agustus 2015 dan bisa kedaluwarsa di kemudian hari tergantung pada kebijakan bank terkait:

1. CIMB Niaga Gold dan Platinum MasterCard

Bank CIMB Niaga sedikitnya punya dua jenis kartu kredit yang punya program bebas iuran tahunan seumur hidup. Yakni CIMB Niaga Gold MasterCard dan Platinum MasterCard.

Salah satu syarat mendapatkan CIMB Niaga Gold MasterCard ialah berpenghasilan minimum Rp5 juta per bulan. Sedangkan Platinum MasterCard mensyaratkan pendapatan Rp20 juta per bulan.

Jangan keliru dengan Visa Card, ya. Kalau CIMB Niaga Gold dan Platinum VisaCard, bebas iuran tahunan hanya berlaku dua tahun pertama.

2. BCA Everyday Card

Kartu ini menawarkan bebas iuran tahunan satu tahun pertama dengan pengajuan hingga 30 Desember 2020.

Keuntungan lainnya dari BCA Everyday Card adalah program cicilan dengan bunga rendah,  BCA Autopay untuk limit kartu Rp3 juta, dapat BCA Reward Point, bisa ambil tunai hingga 40 persen dari limit kartu kredit, perlindungan BCA Credit Life dengan premi 0,4 peren dari total tagihan, layanan asuransi kecelakaan dengan nilai Rp200 juta (kartu Silver), Rp600 juta (kartu Gold) dan Rp1 miliar (kartu Visa Platinum).

Selain itu, pemilik kartu juga bisa aktivasi PIN secara online dan tagihan dikirimkan melalui e-mail jadi gak perlu khawatir surat tagihannya terselip.

3. PermataReward Card

PermataReward Card punya fitur bebas iuran tahunan seumur hidup untuk kartu kredit jenis Classic, Gold, dan Platinum. Tapi, syaratnya, kita harus menukarkan poin reward dengan jumlah tertentu.

Yang paling kecil, yaitu Classic dengan jumlah poin reward 3.750. Kemudian Gold 8.750 poin, sedangkan Platinum 12.500 poin. Kalau gak mencapai jumlah itu, iuran tahunan gak jadi bebas.

Kartu ini cocok dipakai buat kita-kita yang gemar berburu poin reward. Selain dapat poin, kita juga bisa bebas iuran tahunan.

4. Citi Ready Credit

Citibank punya Citi Ready Credit yang menawarkan layanan bebas iuran tahunan selamanya. Citi Ready Credit bisa dibilang perpaduan antara kartu kredit dan kredit tanpa agunan.

Fasilitasnya cukup komplet dan minim syarat, termasuk untuk mendapatkan fasilitas bebas iuran tahunan seumur hidup. Syarat mendapatkan kartu ini di antaranya berpenghasilan minimal Rp60 juta per tahun

 5. BRI Touch Visa

Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki BRI Touch Visa yang gak membebankan iuran tahunan seumur hidup. Syarat mendapatkan fasilitas itu pun cukup gampang, yaitu kartu kredit harus aktif alias rutin digunakan dan dibayar tiap bulan.

Syarat mendapatkan kartu ini pun relatif ringan, salah satunya punya pendapatan minimal Rp36 juta per tahun. Seperti kartu kredit lain, BRI Touch Visa juga menawarkan banyak manfaat.

Trik agar kartu kredit bebas iuran tahunan selamanya

Kalau sudah punya kartu kredit, apa bisa dibuat bebas iuran tahunan selamanya? Tentu saja bisa, ikuti saja trik berikut:

1. Mengajukan permohonan

Kamu bisa mengajukan permohonan penghapusan iuran tahunan tanpa syarat pada bank penerbit kartu. Tapi namanya juga permohonan, kamu juga harus siap kalau ternyata bank menolak permohonan kamu.

Soalnya bank passti akan mempertimbangkan dengan melihat riwayat penggunaan kartu kredit selama setahun terakhir. Kalau gak ada masalah dan kamu selalu rajin bayar cicilan tepat waktu, biasanya permohonan kamu segera disetujui.

2. Minta “challenge” pada bank

Nah, cara ini bisa juga kamu lakukan. Yaitu dengan meminta semacam tantangan pada bank. Biasanya pihak bank akan memberikan tantangan dengan bermacam pilihan.

Misalnya, kamu harus belanja dulu sampai batas jumlah tertentu dan dalam waktu tertentu.  Kalau kamu bisa memenuhi tantangan tersebut dengan baik, baru kamu bisa dapat gratis iuran tahunan selamanya.

3. Buka rekening di bank penerbit kartu

Ada baiknya juga membuka rekening dulu di bank peerbit kartu kreditmu. Pasalnya, bank juga gak akan mudah memberikan kartu bebas iuran tahunan ini kepada semua pemegang kartu. Biasanya banka hanya memprioritaskan pada orang yang punya rekening saja.

4. Bayar tagihan tepat waktu

Hal yang selalu diperhatikan bank adalah kedisiplinan kamu membayar tagihan tepat waktu. Ini akan menjadi pertimbangan serius pihak bank untuk bisa memberikan kamu akses bebas iuran tahunan.

Itulah sederet daftar kartu kredit bebas iuran tahunan selamanya. Selain kartu kredit di atas, mungkin ada juga kartu kredit lain yang menawarkan layanan ini. Semoga informasi tadi bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)