Sebenarnya Apa Saja Peran Asuransi? Yuk, Simak Paparan Ini

Bertanya

Mungkin Anda pernah bertanya tentang apa sih peran asuransi bagi diri sendiri dan juga dalam skala lebih besar?

Dalam skala kecil yaitu diri sendiri, Anda mungkin sudah paham beberapa hal penting terkait hal tersebut. Mulai dari pengelolaan uang untuk masa tua, mengatasi risiko, dan jaminan kesehatan.

Nah, di artikel ini, kita akan bahas apa saja peran asuransi dalam berbagai skala. Mulai dari negara, perekonomian termasuk perusahaan, dan bagi diri sendiri. Berikut penjelasannya!

Sekadar informasi, asuransi cukup beragam, termasuk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, hingga asuransi umum seperti asuransi mobil dan asuransi perjalanan.

1. Peran asuransi bagi individu atau masyarakat

Peran asuransi bagi individu atau masyarakat mungkin sudah tidak asing bagi Anda. Bisa dibilang, peran asuransi bagi diri sendiri dan masyarakat langsung terasa manfaatnya.

Berikut beberapa di antaranya:

  • Mengalihkan risiko finansial akibat beberapa kejadian tertentu sebagai proteksi diri sendiri dan keluarga.
  • Terbiasa untuk mengelola uang karena Anda harus menyisihkan dana tertentu untuk persiapan masa depan.
  • Dalam masyarakat, asuransi merupakan subsidi silang antara satu individu dengan individu lain. Sebab, uang premi yang disetorkan bisa digunakan untuk perawatan individu lain.

2. Peran asuransi bagi perusahaan atau dunia usaha

Peran asuransi bagi perusahaan atau dunia usaha pun sangat bermanfaat. Tidak hanya bagi karyawan yang diasuransikan, tetapi juga pada jalannya perusahaan tersebut.

Berikut beberapa uraian singkat mengenai manfaat asuransi dan perannya bagi dunia usaha:

  • Meningkatkan produktivitas dan loyalitas karyawan pada perusahaan. Sebab, karyawan merasa diperhatikan oleh perusahaan. Kemudian, karyawan dapat segera kembali produktif karena mendapatkan perawatan kesehatan maksimal.
  • Perusahaan sendiri juga sebenarnya jauh lebih menghemat dan efisien. Ini karena perusahaan tidak perlu memegang tanggung jawab pengelolaan dana kesehatan karyawannya sendiri. Tak hanya itu, premi yang disetorkan akan dapat dikelola secara silang dengan perusahaan lain oleh pihak perusahaan asuransi.

3. Peran asuransi bagi negara dan perekonomian

Sementara itu, dalam skala yang lebih besar, peran asuransi bagi negara memang tidak terasa secara langsung. Akan tetapi, masyarakat suatu negara yang aktif berasuransi ternyata memberi tatanan negara yang lebih baik.

Berikut detail peran asuransi bagi negara secara keseluruhan:

  • Asuransi dapat jadi sumber modal bagi pembangunan. Sebab, dana yang disetorkan pada perusahaan asuransi ataupun pemerintah akan dikelola dalam instrumen tertentu.
  • Asuransi juga jadi sumber penghasilan dan pajak negara. Dengan begitu, dana tersebut bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan negara.
  • Asuransi bagi negara juga bisa menekan jumlah pengangguran dan bahkan menghindarkan keterbelakangan bangsa. Sebab, masyarakat telah terbiasa untuk mengelola uang mereka demi menghindari risiko finansial tertentu.

Dari paparan di atas, Anda sudah bisa melihat betapa pentingnya peran asuransi dari skala kecil hingga skala luas. Bahkan, negara bisa menjadi lebih tertata bila masyarakat mau menyisihkan sebagian kecil penghasilan untuk asuransi.

Kenyataannya, Indonesia masih berada di peringkat cukup rendah soal literasi asuransi dan bahkan penggunanya. Sebagai informasi saja, penetrasi di Indonesia hanya di sekitar enam sampai tujuh persen saja.

Bahkan, menurut data OJK pada tahun 2018 lalu menunjukkan dari 100 orang Indonesia hanya sekitar 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga keuangan asuransi. Sementara itu, dari angka tersebut, hanya 12 orang yang telah menggunakan jasa asuransi.

Duh! Angka tersebut sangat sedikit sekali dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 260 jutaan, bukan?

Nah, karena Anda sudah paham apa peran asuransi bagi diri sendiri dan skala terbesar negara, sekarang sudah tidak anti lagi pada perusahaan asuransi, bukan? Yuk, mulai sekarang tambah semakin banyak pemahaman Anda mengenai asuransi!

Cara paling jitu adalah dengan rajin membaca informasi yang akurat mengenai asuransi. Salah satu sumber yang bisa andalkan adalah Lifepal. Lifepal sendiri selain menyediakan beragam produk asuransi, juga secara rutin mengedukasi masyarakat mengenai apa itu asuransi.

Yuk, pelajari lebih dalam tentang asuransi!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →