Hilangkan Jerawat Hingga Memutihkan Kulit, Begini Cara dan Bujet Membuat Skincare Sendiri!

Perawatan-wajah-blog

Setiap orang tentu memiliki pos pengeluaran khusus untuk perawatan wajah, mulai dari pembersih wajah, masker, krim pagi dan malam, serta rangkaian skincare routine lainnya.

Bahkan, seseorang rela merogoh kocek besar hingga jutaan rupiah demi mendapatkan kulit kinclong seperti wanita Korea.

Pengeluaran tersebut belum termasuk perawatan dokter. Misalnya, saat kulit lagi berjerawat, kamu harus keluar uang ekstra untuk pergi ke dokter dan membeli berbagai obatnya.

Tapi, gak mungkin juga kalau wajah lagi jerawatan lalu didiamkan begitu saja. Kalau begitu sih, bisa-bisa jerawat makin banyak dan justru bikin pengeluaran semakin membeludak. Siap-siap aja 30 persen penghasilanmu dialihkan ke pos pengeluaran perawatan wajah.

Kalau gak pintar-pintar mengatur keuangan, bisa-bisa kamu kelimpungan sendiri karena uang udah habis untuk mempercantik wajah.

Yang lebih parahnya lagi, kalau skincare atau obat dokter itu biasanya adiktif atau ketergantungan. Jadi, kalau kamu berhenti menggunakannya, bakal menimbulkan masalah wajah seperti jerawat dan lainnya.

Itulah mengapa banyak orang tak bisa lepas membeli keperluan perawatan wajah. Yang bikin pusing kalau tiba-tiba ada kebutuhan mendadak, sedangkan skincare harus tetap dibeli. 

Ujung-ujungnya kamu menggunakan uang di pos yang lain. Kalau seperti itu terus sih yang ada manajemen keuangan kamu bakal amburadul.

Karena itu, gak ada salahnya kok kalau kamu membuat skincare sendiri atau melakukan perawatan wajah secara alami. Selain gak bikin ketergantungan, kamu juga bisa saving bujet.

Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk membuatnya. Tenang, karena bisa kamu kerjakan saat akhir pekan.

Berikut, rangkaian membuat skincare sendiri serta bujet yang harus kamu keluarkan. Yuk, simak di sini:

Melembapkan kulit

Perawatan wajah
Perawatan wajah

Mereka pemilik kulit kering tentu akan lebih fokus menjalani perawatan untuk melembapkan kulit wajahnya. Pasalnya, mereka kerapkali mengalami kulit wajah krek atau berkerak yang sangat tidak enak dipandang.

Gak perlu ribet-ribet beli banyak skincare. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan buah pepaya yang dijadikan sebagai masker.

Pepaya mengandung vitamin A, C dan E yang dapat membantu meregenerasi kulit serta bisa dijadikan sebagai antioksidan yang mampu membuat kulitmu menjadi lembap.

Caranya:

  • Potong beberapa buah pepaya yang diletakkan ke dalam wadah seperti mangkuk.
  • Haluskan pepaya menggunakan sendok secara perlahan.
  • Setelah lembut, tempelkan ke wajahmu sebagai masker.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk halus dengan cara ditepok-tepok.
  • Lakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kamu hanya perlu menyiapkan bujet gak sampai Rp 50 ribu untuk membeli buah pepaya. Gak cuma digunakan untuk skincare, tapi juga bisa dikonsumsi agar tubuh sehat.

Baca juga: Disebut Buruk Rupa, Andika Kangen Band Permak Wajah Sampai Rp 20 Juta

Menghilangkan komedo

Perawatan wajah
Perawatan wajah

Komedo tak hanya mengganggu penampilan, tapi juga membuat pori-pori terlihat lebih besar. 

Gak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan komedo. Salah satunya, membuat skincare dari air jeruk lemon, gula dan madu.

Caranya:

  • Siapkan air lemon sebanyak 1 sendok makan yang dituang di dalam wadah.
  • Campurkan air lemon dengan 1 sendok makan gula pasir dan madu.
  • Kocok secara perlahan hingga bahan tercampur rata.
  • Aplikasi ke area yang memiliki komedo dengan cara dipijat menggunakan gerakan melingkar.
  • Lakukan selama 5-7 menit dan bilas dengan air dingin.
  • Lakukan secara rutin 1-2 kali dalam satu minggu.

Kamu bisa membeli satu buah lemon yang banyak dijual di supermarket dengan kisaran harga Rp 5.000 hingga Rp 10 ribu. Untuk gula pasir, beli ¼ yang harganya gak sampai Rp 5.000. 

Sedangkan madu, kamu bisa beli yang sachet yang harganya pun gak sampai Rp 5.000. Murah meriah kan?

Memutihkan wajah

Perawatan wajah
Perawatan wajah

Tak bisa dipungkiri, wanita Indonesia menginginkan kulit wajah yang bersih dan juga putih. Gak heran kalau produk perawatan wajah memutihkan kulit sangat laris manis di pasaran.

Kamu bisa membuat skincare sendiri untuk membuat wajahmu seputih porselen yaitu dengan menggunakan bengkoang. 

Pasalnya, bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang memang berfungsi untuk memutihkan wajah dan bahkan membuat wajah bersinar.

Cara membuatnya juga mudah banget kok, yaitu:

  • Parut bengkoang hingga lembut.
  • Peras parutan bengkoang tersebut hingga keluar sarinya.
  • Gunakan sari tersebut sebagai masker.
  • Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.
  • Lakukan 1 minggu sekali agar dapat hasil yang maksimal.

Gak pakai mahal, kamu sudah bisa membawa pulang bengkong seberat 1 kilogram dengan hanya mengeluarkan uang Rp 10 ribu hingga Rp 150 ribu.

Mengatasi jerawat dan bekas jerawat

Perawatan wajah
Perawatan wajah

Siapapun pasti bete jika wajahnya ada jerawat. Apalagi kalau sampai meninggalkan bekas. Duh, bisa-bisa kepercayaan diri turun drastis!

Daripada kamu keluar banyak uang buat beli jerawat yang belum tentu cocok dan bikin jerawat makin meradang, lebih baik membuat skincare menghilangkan jerawat dan bekas jerawat sendiri.

Selain aman karena berasal dari bahan alami.  Bujet yang kamu keluarkan juga gak besar kok, yaitu menggunakan cuka sari apel.

Begini cara membuatnya:

  • Campurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 3 sendok makan air biasa. Buat yang kulitnya sensitif, kamu bisa menambahkan air lebih banyak.
  • Aduk secara perlahan hingga merata.
  • Sebelum diaplikasikan ke wajah, pastikan kamu sudah membersihkan wajahmu.
  • Oleskan campuran terebut ke dalam kapas yang tidak berserah dan ditempel di seluruh wajah.
  • Diamkan selama 5-20 detik dan bilas. Jangan terlalu lama didiamkan karena bisa memicu terjadi peradangan.
  • Keringkan wajah menggunakan handuk halus dengan cara menepuk-nepuk secara lembut.

Untuk cuka sari apel, harganya dibanderol dengan kisaran mulai dari Rp 50 ribu yang banyak dijual di supermarket atau situs jual beli.

Itulah cara membuat skincare sendiri serta uang yang harus kamu persiapkan. Muka mulus dan kinclong tanpa bikin kantong jebol. Siapa yang gak tertarik? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →