Negara-negara Mana yang Pertama dan Terakhir Merayakan Tahun Baru 2020?

tahun baru 2020

Seluruh masyarakat di dunia kini tengah menantikan penuh suka cita menyambut pergantian tahun baru 2020. Indonesia, khususnya warga Jakarta dalam hitungan jam bakal menyambut datangnya tahun 2020, lantas negara mana yang pertama dan terakhir merayakannya? 

Kamu salah satu orang yang rutin gak menggelar perayaan tahun baru? Ya mungkin berkumpul dengan keluarga, teman kantor, sahabat atau sang kekasih? Setiap tahunnya semua orang pasti bakal menyambut dengan gembira datangnya pergantian tahun. 

Segala macam persiapan pesta tahun baru pasti sudah dipersiapkan sebelumnya. Misalnya menyiapkan hidangan makan malam, rundown acara, kostum bahkan kado bagi yang melakukan tukar kado di malam pergantian tahun baru. 

Kalau kamu sudah membaca berita-berita di media massa, pasti semua headline diisi dengan segala persiapan tahun baru 2020. Mulai yang biasa menghabiskannya di Puncak, Bali hingga Bunderan HI sudah terlihat nih segala persiapannya.

Bagi kamu yang hanya menghabiskannya di Jakarta dengan mengunjungi Monumen Nasional atau Bunderan HI hingga Ancol, panggung musik dengan sederetan sajian musik artis Ibu Kota pasti ada. Nah setiap negara pasti mempunyai cara tersendiri buat menyambut pergantian tahun

Baca juga: Pesta Kembang Api Paling Meriah di Dunia, Rela Bakar ‘Duit’ hingga Rp 279 Miliar!

Ini deretan negara yang merayakan pertama dan terakhir menyambut tahun baru 2020 

tahun baru 2020
Negara-negara berikut yang bakal merayakan pertama kali dan terakhir menyambut pergantian tahun baru, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seperti dikutip dari Okezone.com, Selasa, (31/12), negara-negara pulau kecil di Pasifik Selatan, Kiribati, Tonga, dan Samoa bakal menjadi negara pertama yang mengalami pergantian tahun berdasarkan waktu Indonesia Bagian Barat (WIB). Ketiga negara tersebut bakal merayakan tahun baru 2020 pada 31 Desember sekitar pukul 17.00 WIB. 

Selanjutnya Selandia Baru sekitar pukul 18.00 WIB dan sebagian wilayah Negeri Kanguru, Australia, warganya bazal menyambutnya pada pukul 20.00 WIB. Buat negara-negara ini seperti Jepang dan Korea Selatan bakal memasuki tahun baru pada pukul 22.00 WIB. 

Nah sementara buat China, Filipina, Malaysia, Singapura dan Hongkong menyambut tahun baru sekitar pukul 23.00 WIB. Buat masyarakat yang berada di Eropa dan Amerika Latin akan memasuki tahun baru pada keesokan harinya. 

Negara seperti Jerman, Perancis, Italia warganya bakal memasuki tahun baru pada 1 Januari pukul 06.00 WIB. Disusul Inggris, Irlandia, dan Portugal akan merayakan pergantian tahun baru sekitar pukul 07.00 WIB. 

Kamu yang pernah menyambangi negara-negara saat pergantian tahun pasti sudah mengukurnya. Negara seperti Argentina, Venezuela, Brasil bakal menyambut tahun baru 2020 sekitar pukul 09.00-10.00 WIB. 

Buat sebagian besar wilayah Kanada dan Amerika Serikat akan memasuki tahun baru sekitar pukul 11.00 dan pukul 12.00 WIB. Bagi warga di Pulau Howland dan Pulau Baker milik AS menjadi wilayah terakhir di dunia yang menyambut 2020 yakni sekitar pukul 19.00 WIB.

Nah itu dia deretan negara-negara yang pertama dan terakhir dalam merayakan tahun baru 2020. Nah bagi kamu berencana traveling ke negara-negara tersebut di tahun depan, ide bagus nih buat menabung sejak dini. Bakal menjadi pengalaman berbeda dengan menikmati pergantian tahun baru di negara orang! Yuk rajin menabung di 2020. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →