Perbedaan Giro dan Tabungan, Cari Tahu Detailnya di Sini

Telah Ditinjau: Lifepal Lifepal
buku cek bank

Perbedaan giro dan tabungan bisa kita pahami dengan baik dengan mengetahui pengertian dari kedua produk perbankan tersebut terlebih dahulu.

Rekening tabungan dan rekening giro adalah dua produk standar yang dimiliki oleh hampir seluruh perusahaan bank di Indonesia. Sekilas, rekening giro memang terlihat sama dengan jenis rekening tabungan, yaitu sama-sama simpanan di bank. Kedua produk ini juga memiliki bentuk yang hampir serupa dan bisa diakses oleh perorangan maupun perusahaan.

Gak hanya itu, bank juga menentukan jumlah saldo minimal dan biaya administrasi bulanan pada masing-masing rekening ini. Baik pada rekening tabungan maupun giro, bank juga akan memberikan bunga kepada nasabah. Bunga ini dihitung berdasarkan nilai rata-rata saldo yang terdapat dalam rekening tersebut selama sebulan.

Meski memiliki banyak persamaan, rekening tabungan dan rekening giro memiliki fungsi yang berbeda, terutama di dalam penggunaannya dalam berbagai transaksi nontunai yang dilakukan nasabah di luar bank. Nah untuk lebih lengkapnya, simak yuk penjelasan mengenai rekening tabungan dan rekening giro berikut ini. 

Pengertian giro

Rekening giro, sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 1 butir 6 UU No. 10 Tentang Perbankan, adalah produk perbankan yang berupa simpanan dari nasabah perorangan maupun badan usaha, dan dapat ditarik kapan saja dengan menggunakan cek atau bilyet giro. 

Sekadar informasi, penggunaan cek berbentuk perintah tertulis nasabah kepada bank untuk menarik dana sejumlah tertentu atas nama pemilik rekening giro. Sementara pengertian giro bisa dipahami dalam bentuk surat perintah untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening seseorang kepada rekening lain yang ditunjuk surat tersebut.

Rekening giro lebih tepat untuk nasabah yang memiliki sejumlah aktivitas keuangan yang tinggi dengan jumlah besar. Bahkan, gak ada batasan jumlah transaksi yang diberikan bank kepada nasabah pemilik rekening giro. Nasabah bebas melakukan transaksi keuangan dalam jumlah besar selagi dana yang dimiliki masih mencukupi.

Gak hanya itu, setiap bulannya nasabah akan mendapatkan rekening koran yang dikirimkan oleh pihak bank ke rumah atau ke kantor secara rutin. Jadi, kamu gak perlu datang ke bank untuk mencetak rekening koran seperti tabungan konvensional.

Berbeda dengan tabungan yang mengharuskan nasabahnya untuk mengunjungi kantor cabang bank terdekat jika ingin melihat detail transaksi dengan mencetak buku tabungan. Sebab, bank gak memberikan laporan secara langsung meskipun pengecekan dapat diakses melalui fasilitas internet/mobile banking dan mesin ATM.

Selanjutnya untuk memahami perbedaan giro dan tabungan, berikut penjelasan tentang rekening tabungan.

Pengertian tabungan

Saat ini sepertinya hampir semua orang memiliki rekening tabungan di bank. Kepemilikan yang mudah dan bisa digunakan untuk berbagai layanan transaksi keuangan, menjadikan tabungan sebagai kebutuhan. 

Lantas apa sih pengertian tabungan itu sendiri?

Menurut Undang-Undang No 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi gak bisa ditarik dengan cek, bilyet giro, dan /atau alat lainnya yang disamakan dengan itu.

Selain itu, tabungan ditujukan kepada nasabah dengan nilai transaksi yang gak terlalu besar. Umumnya bank akan memberikan buku tabungan yang berisi informasi seluruh transaksi dilengkapi dengan kartu ATM lengkap dengan nomor pribadi (PIN) sehingga bisa ditarik kapan saja. Dalam perkembangannya saat ini, terdapat beberapa jenis tabungan yang gak lagi menggunakan buku tabungan melainkan internet/mobile banking.  

Karakteristik lain dari tabungan adalah adanya setoran awal minimal pada saat pembukaan rekening baru. Nominal besarannya ditentukan oleh masing-masing bank. 

Khusus untuk produk tabungan Simpanan Pelajar (SimPel), sebagaimana dikutip dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), setoran awal minimal adalah sebesar Rp5 ribu untuk SimPel konvensional dan Rp1 ribu untuk SimPel iB syariah.

Dalam fungsinya, tabungan bisa dijadikan sarana menyisihkan kekayaan atau pendapatan seseorang, sekaligus bisa menunjang berbagai transaksi bisnis dan keuangan.

Keduanya serupa, tetapi ini dia perbedaan giro dan tabungan

contoh buku tabungan

Meskipun ditujukan untuk nasabah perorangan dan perusahaan, tapi kebanyakan rekening giro dipergunakan oleh perusahaan. 

Alasannya adalah karena dapat melakukan transaksi keuangan dengan nilai yang cukup tinggi setiap hari. Hal itu tentu berbeda dengan rekening tabungan biasa, di mana terdapat limit transaksi per harinya.

Rekening tabungan akan sangat tepat bagi nasabah yang gak banyak melakukan berbagai transaksi dalam jumlah besar. Sementara rekening giro lebih tepat bagi nasabah yang memiliki sejumlah aktivitas keuangan yang tinggi dengan jumlah yang besar. 

Prosedur yang cukup berbeda dalam bertransaksi dan jumlah transaksi yang digunakan membuat manfaat giro lebih tepat jika digunakan oleh perusahaan. Sebaliknya, rekening tabungan lebih tepat guna jika dimanfaatkan oleh perseorangan.  

Dengan manfaat yang berbeda, kenyamanan yang ditawarkan pun juga berbeda. Terlepas dari adanya perbedaan giro dan tabungan tadi, kedua rekening ini akan memberikan manfaat dan juga kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan tersendiri, tentunya jika digunakan dengan pemahaman yang tepat, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →