Seram dan Bikin Ngelus Dada! Ini 6 Catatan Sejarah Paling Merugikan di Dunia

peristiwa sejarah

Gak semua peristiwa sejarah dunia selalu berakhir dengan baik. Banyak deretan peristiwa kelam yang justru menimbulkan kerugian luar biasa besar secara finansial dalam satu negara. Mungkin kamu sendiri bakal ngelus dada nih saat mengetahui peristiwa sejarah paling kelam dan menyeramkan.

Pada kesempatan kali ini, kita bakal membahas hal-hal terkait “kesalahan termahal di dunia.” 

Kerugian yang disebabkan oleh kesalahan yang berdampak sebagian besar ke finansial. Namun beberapa di antaranya juga menyebabkan kerugian lain yang bisa mengancam nyawa banyak orang. Ingin tahu apa peristiwa sejarah apa yang dimaksud? Yuk, simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Seharga Rp 2 Triliun, Begini Rumah Mewah dan Termahal di Amerika Serikat

1. Alaska

peristiwa sejarah
Alaska yang dibeli oleh Amerika Serikat merupakan salah satu peristiwa penting dan sangat merugikan, (wikipedia.org).

Kamu familiar dengan negara bagian di Amerika Serikat ini? Wilayah ini merupakan negara bagian terbesar dan paling kaya akan sumber daya alamnya

Asal kamu tahu, dulu Semenanjung Alaska merupakan bagian dari wilayah Rusia. Di tahun 1867 silam, Amerika Serikat membeli Alaska dengan harga US$ 7,2 juta yang saat itu nilainya mungkin setara dengan US$ 50,7 miliar alias Rp 706 triliun. 

Negeri Beruang Merah memandang Alaska seperti wilayah gak  berpenghuni dan gak berguna. Namun akhirnya, Rusia menyadari bahwa tanah tersebut kaya akan minyak dan emas, mereka menyesal seada-adanya.

Baca juga: 4 Perusahaan Consumer Goods Milik Crazy Rich Indonesia yang Sahamnya Bisa Dibeli

2. Ronald Wayne jual saham Apple 

peristiwa sejarah
Ronald Wayne menjual saham Apple dan kemudian saham perusahaan tersebut melejit, (Wikipedia).

Pria ini merupakan pendiri Apple Computer dan gak lain adalah rekan dari mendiang Steve Jobs dan Steve Wozniak. Dia juga merupakan salah satu pendiri Atari.

Kesalahan terbesar yang dilakukan Ronald Wayne memang tercatat dalam peristiwa sejarah dunia. Dirinya menjual 10 persen saham Apple dengan harga yang kelewat murah yaitu US$ 800.  

Alhasil, Wayne menyesal lantaran saham perusahaan ini langsung melejit. Saat ini saja, satu lembarnya dibanderol US$ 206 lho! Kalau saja dia masih memegang saham Apple, dia sudah jadi miliuner. Ya bayangin saja dirinya menguasai 10 persen dari total saham perusahaan ini.

Peristiwa ini tentunya bisa dijadikan pelajaran berharga buat kamu yang lagi getol-getolnya investasi saham. 

Baca juga: Ada yang Timbulkan Kerugian Rp 14 Triliun! Ini 7 Perampokan Terbesar Sepanjang Sejarah

3. Bursa Efek Jepang diguncang sistem error

peristiwa sejarah
Bursa Efek Jepang diguncang sistem error, (Wikipedia).

Kejadian ini juga ngenes sekali dan kesalahannya disebabkan karena kelalaian manusia. Di tahun 2005, seorang pialang di Mizuho Securities harus menanggung kerugian setara dengan US$ 225 juta atau kurang lebih Rp 2,2 triliun.

Hal itu disebabkan karena, pialang tersebut salah memasukkan order yakni untuk 1 lembar saham J-Com senilai 610.000 yen. Namun, ia justru menginput “610.000 lembar saham J-Com seharga 1 Yen!” 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kesalahan penjualan saham yang luar biasa besar ini jelas mendapat sorotan dari masyarakat di dunia. Ya iyalah, peristiwa obral saham jelas menyedot perhatian para pelaku pasar. Saat perusahaan sekuritas tersebut menyadarinya, ketika 550 ribu saham J-Com telah terjual.

Perusahaan yang bersangkutan langsung melakukan buyback agar saham mereka aman. Kerugian sebesar Rp 2,2 triliun yang harus ditanggung Mizuho Securities ternyata nyaris setara dengan laba bersih Mizuho selama setahun hingga Maret 2005. 

Peristiwa sejarah ini langsung diselidiki oleh Perdana Menteri Jepang saat itu, Junichiro Koizumi. 

4. Musibah Challenger 1986

peristiwa sejarah
Musibah Challenger 1986 salah stau peristiwa paling mengenaskan dan kelam, (Wikipedia).

Pesawat ulang-alik Challenger diluncurkan pada 28 Januari 1986 di depan khalayak. Dan saat itu merupakan pertama kalinya Amerika Serikat melibatkan guru-guru sekolah dalam peluncuran pesawat ini. 

73 detik setelah pesawat itu diluncurkan, Challenger langsung meledak di Samudra Atlantik. Tujuh astronot tewas dalam insiden ini.

Kabarnya, penyebab dari meledaknya pesawat ini disebabkan karena segel O-ring yang rusak akibat cuaca dingin saat peluncuran dilakukan. Kabarnya, kerugian finansial yang dialami mencapai US$ 1,7 miliar.

5. Kebocoran kilang minyak British Petroleum (BP)

peristiwa sejarah
Kebocoran kilang minyak di Meksiko ini bikin kerugian banyak, (Wikipedia).

Tepat pada tahun 2010 perusahaan British Petroleum (BP) merugi US$ 4,9 miliar atau setara dengan Rp 44,1 triliun. Hal itu disebabkan kilang minyak yang mereka miliki berada di Teluk Meksiko bocor. Tentu saja hal ini jadi peristiwa sejarah yang paling mengenaskan di dunia.

BP harus membayar denda, membiayai penanggulangan kebocoran, dan memberikan ganti rugi kepada kalangan usaha yang terkena dampak kebocoran.

Peristiwa ini juga membuat BP harus menangguhkan dividen selama sembilan bulan. Bayangin aja, kayak apa marahnya para pemegang saham di perusahaan minyak ini.

Selain merugikan perusahaan, peristiwa ini juga menyebabkan masalah baru bagi lingkungan. Bayangin saja, habitat binatang di laut terancam rusak dengan adanya kebocoran minyak ini.

6. Chernobyl

peristiwa sejarah
Chernobyl salah satu cerita paling kelam dan menyeramkan di dunia, (Wikipedia).

Kamu sudah nonton serial televisi Chernobyl? Peristiwa sejarah ini bukan cuma merugikan secara finansial, tapi juga sangat mengerikan. 

Chernobyl merupakan tragedi bencana nuklir yang paling mengerikan di dunia. Peristiwa sejarah ini terjadi pada tahun 1986 di Ukraina. Saat itu masih menjadi bagian dari Uni Soviet. 

Reaktor nuklir nomor empat di PLTN Chernobyl meledak lantaran penggunaan material murahan yang gak memenuhi standar. Alhasil, ribuan orang tewas dan wilayah sekitar PLTN tersebut dan dipenuhi debu-debu yang mengandung partikel nuklir!

Karena debu terus menerus bermunculan, zona evakuasi diperbesar dari 10 menjadi 30 km. 68.000 penduduk di wilayah 30 km dari zona lagi harus dievakuasi. 

Saat ini, TKP meledaknya reaktor nuklir itu menjadi tempat wisata. Namun kerugian material yang harus ditanggung saat itu mencapai Rp 3,5 triliun. Efek jangka panjangnya juga masih diselidiki karena bahaya dari reaktor ini memang masih mengancam.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Itulah enam peristiwa sejarah mengerikan yang dinyatakan sebagai kerugian terbesar di dunia. Semoga di masa depan nanti, gak ada tragedi-tragedi mengerikan seperti yang di sebutkan di atas ya. Dan semoga nanti kamu juga gak mengalami apa yang dilakukan oleh Ronald Wayne. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →