Perlu Dilirik Nih! 10 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

jenis pekerjaan

Dalam dunia profesional, terdapat banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang angkatan kerja. Namun dari sekian banyak profesi yang ada di Indonesia sekarang ini, terdapat sedikitnya 10 pekerjaan yang menawarkan gaji tertinggi.

Siapa sih yang gak mau digaji dengan upah ratusan juta atau bahkan sampai miliaran rupiah di dunia ini? Semuanya pasti memimpikan hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya mulai dari makan, transportasi, bayar utang hingga membayar tagihan asuransi.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, kamu harus bekerja lebih keras agar mempunyai jenjang karier yang lebih baik kedepannya dan tentunya upah yang berlipat ganda dari yang didapatkan hari ini.

Melansir dari Michael Page, langsung aja nih kita simak daftar 10 jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia tahun 2020 berikut ini:

10. Direktur Legal

Jenis profesi pertama yang masuk dalam daftar adalah Direktur Legal yang berkutik di sektor hukum. Keahlian dan kemampuan mengenai dunia hukum yang gak banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia menjadi salah satu alasan kenapa posisi yang satu ini bisa dibayar begitu mahal.

Selain itu, yang namanya permasalahan hukum pasti ada aja setiap tahunnya. Gak seperti pekerjaan lainnya yang kadang kebanjiran orderan, kadang sepi.

Rata-rata gaji Direktur Legal di Indonesia berkisar di angka Rp 110 juta per bulannya atau sekitar Rp 1,3 miliaran per tahunnya.

9. Kepala bagian Human Resources (HR)

Selanjutnya ada bagian kepala HR yang memimpin dari sisi Sumber Daya Manusia sebuah perusahaan besar. Posisi ini memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab seperti mengatur proses rekrutmen untuk perusahaan, membina hubungan karyawan antar divisi serta menjaga produktivitas pegawai dengan serangkaian acara menarik.

Gak mudah emang menjadi kepala HR, apalagi kalau yang diurusi sebuah perusahaan dengan jumlah karyawan lebih dari 1000 orang.

Oleh karena itu, rata-rata gaji kepala HR di Indonesia berada di angka Rp 150 juta per bulan atau setara Rp 1,8 milaran per tahunnya.

8. Kepala bagian Audit Internal

Jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi kedelapan adalah kepada bagian Audit Internal. Karier yang seperti ini sangat dibutuhkan untuk perusahaan-perusahaan besar yang perlu memeriksa kondisi keuangan hingga aset secara menyeluruh. Dan untuk melakukannya perlu sosok yang berpengalaman dan kompeten.

Rata-rata gaji seorang kepala bagian Audit Internal di Tanah Air berada di kisaran Rp 150 juta hingga Rp 180 juta per bulannya atau sekitar Rp 1,8 miliaran.

7. Direktur Proyek

Menjalankan sebuah proyek adalah hal yang tidak mudah. Apalagi kalau proyeknya tergolong besar dan vital dalam operasional bisnis perusahaan. Untuk menekan risiko kerugian atau kegagalan, maka sebuah korporasi rela membayar pekerja direktur Proyek dengan nominal yang besar.

Nominalnya gak main-main, mereka berani membayar seorang direktur Proyek mencapai angka Rp 180 juta per bulannya atau sekitar Rp 2 miliaran lebih setahun. Tertarik untuk mencobanya?

6. Jenis pekerjaan Direktur Sales

Keenam ada direktur Sales. Udah jadi rahasia umum kalau bagian Sales atau penjualan menjadi jantung dari sebuah korporasi. Jika divisi ini bisa mencapai target setiap periodenya, besar kemungkinan para pegawainya akan mendapatkan gaji atau jabatan yang lebih baik.

Sebaliknya, jika para karyawan di bagian sales gagal dalam mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan, maka tentunya akan sulit untuk mendapatkan upah tambahan serta jenjang karier yang baik.

Direktur Sales di Indonesia rata-rata mendapatkan gaji per bulannya sekitar Rp 200 juta atau setara 2,4 miliaran per tahun.

5. Kepala bagian Finansial

Selain bagian HR, salah satu divisi yang pasti ada dalam sebuah perusahaan atau korporasi adalah bagian finansial. Perannya yang krusial dalam mengatur keuangan perusahaan menjadi alasan utamanya.

Kalau kamu udah menjadi kepala bagian finansial, tentunya juga akan mendapatkan upah serta tunjangan yang lumayan menarik lho!

Rata-rata gaji kepala bagian Finansial di Tanah Air memiliki gaji sekitar Rp 200 juta per bulannya atau setara Rp 2,4 miliaran per tahun.

4. Direktur Risiko

Direktur Risiko sebuah korporasi juga masuk dalam daftar jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia tahun 2020. Tugas dan tanggung jawab seorang direktur Risiko antara lain adalah menganalisis berbagai macam kemungkinan yang terjadi atas aktivitas bisnis yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Ini bertujuan agar pihak direksi bisa menentukan langkah dalam mengatur strategi pemasaran ataupun penjualan tanpa mengalami risiko yang besar.

Direktur Risiko di Indonesia mempunyai rata-rata gaji per bulannya sekitar Rp 250 juta atau setara Rp 3 miliar per tahun.

3. Kepala bagian Digital Marketing

Ketiga adala kepala bagian Digital Marketing. Bagi kamu yang belum tahu, Digital Marketing mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memasarkan sebuah produk atau brand melalui sarana digital seperti internet dan televisi.

Bujet perusahaan yang terbatas untuk divisi ini membuat sosok seorang kepala bagian Digital Marketing jadi penting keberadaannya. Makanya gak aneh kalau bisa masuk dalam daftar 10 profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia.

Rata-rata gaji seorang kepala Digital Marketing sebesar Rp 100 juta hingga Rp 200 jutaan lebih per bulannya.

2. Direktur Marketing

Duduk di posisi kedua ada Direktur Marketing. Direktur divisi ini mengepalai berbagai macam sub-divisi seperti Digital Marketing yang udah disebutkan sebelumnya.

Direktur marketing yang handal tentunya yang bisa memasarkan sebuah merek atau produk secara efisien dan efektif. Untuk melakukannya, tentu perlu pengalaman yang lama dalam dunia marketing.

Gaji rata-rata seorang direktur Marketing berada di angka Rp 350 juta per bulan atau setara Rp 4 milaran lebih per tahun.

1. CEO, COO dan CFO

Jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia diraih oleh sosok yang duduk di jabatan Chief. Chief sendiri adalah kepala tertinggi dari setiap divisi karyawan dalam sebuah perusahaan.

Chief Executive Officer (CEO) menjadi jabatan yang paling penting dalam perusahaan karena memiliki wewenang untuk melaksanakan sebuah kebijakan internal. Diikuti dengan Chief of Operations Officer (COO) dan Chief of Finance Officer yang masing-masing mengepalai bagian operasional dan finansial.

Gaji rata-rata seorang Chief di perusahaan besar mencapai Rp 500 juta per bulannya atau setara Rp 6 milaran per tahun.

Nah itulah daftar 10 jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia tahun 2020 menurut Michael Page. Urutan serta angka di atas mungkin aja berbeda di suatu perusahaan dan perusahaan lainnya tergantung situasi, waktu, industri yang dijalankan dan skala korporasinya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →