Bangun Hotel dan Traveling ke Afrika, Game Monopoli Ajarkan Ilmu Finansial buat Kamu

permainan monopoli

Masih ingat cara bermain permainan monopoli? Ya game yang satu ini memang begitu populer nih bagi kamu generasi 80-an dan 90-an. Nah permainan monopoli ternyata mengajarkan ilmu finansial nih bagi yang memperhatikannya seksama. 

Board game yang sudah berusia lebih dari 100 tahun ini diperkenalkan oleh perusahaan Hasbro. Game seru ini menyimpan banyak ilmu finansial bermanfaat lho yang gak kamu sadari. 

Kepopuleran game ini memang gak pernah luntur. Seiring perkembangan zaman kemasan permainan monopoli ini pun semakin menarik perhatian banyak orang. 

Sebelum munculnya game-game konsol dan handphone hari ini, anak milenial era 80-an dan 90-an banyak menghabiskan waktunya untuk bermain bersama permainan papan seperti ular tangga, Four Horses dan monopoli tentunya.

Selain seru, board game ini juga memberikan ruang para pemainnya untuk berinteraksi satu dengan yang lain agar suasana semakin meriah. Kamu pasti pernah merasakannya, kan?

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja nih daftar pelajaran finansial yang diajarkan oleh permainan monopoli berikut, melansir dari Investopedia.

Baca juga: 5 Judul Video Game dengan Biaya Produksi Termahal, Mencapai Rp 13,4 T!

1. Permainan monopoli ajarkan gimana jadi kaya raya dan kamu harus sabar!

permainan monopoli
Monopoli ajarkan banyak berfinansial yang baik, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di awal permainan monopoli kamu gak bisa langsung membeli aset sebelum memutari papan sebanyak satu kali dan itu berlaku untuk semua pemain. Setelah memenuhi syarat pun kamu gak bisa langsung membeli semua properti yang didiami sebab memiliki keterbatasan dana.

Untuk bisa menguasai tanah dan bangunan di beberapa blok kamu harus mendapatkan ‘gaji’. Setiap putaran, tentunya hal itu disertai dengan risiko masuk penjara dan pergi ke tanah milik kompetitor.

Perlu kira-kira waktu yang lama sekitar 15 menit lebih untuk bisa menyelesaikan permainan ini. Sistem ini dibuat supaya para pemain bisa bersabar dalam mengumpulkan harta dan mengasah kemampuan finansialnya supaya gak jatuh miskin.

Baca juga: Agar Makin Makmur di 2020, Begini Lho Cara Kelola Keuangan yang Mudah

2. Wajib berinvestasi

permainan monopoli
Dalam permainan ini, pemain diajarkan buat investasi lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain mendapatkan uang dari setiap putaran yang kamu lakukan, cara lain bisa memenangkan permainan monopoli dan menghasilkan banyak uang adalah dengan berinvestasi. Salah satu aset yang paling manjur menghasilkan uang di game ini adalah membeli tanah, rumah hingga membangun hotel.

Dengan semakin mahalnya bangunan yang dimiliki, pastinya uang yang masuk ke rekening pribadi semakin berlimpah bila ada musuh yang mampir ke rumah. Tapi jangan asal bangun hotel aja nih, kamu juga perlu memperhatikan strategi blok perumahan mana aja yang sering dikunjungi oleh musuh agar cuan ngalir terus.

Coba bayangin kalau uang yang kamu dapatkan dari ‘gaji’ hanya digunakan untuk ditabung aja. Bisa dipastikan kamu bakal jatuh miskin dan hampir mustahil untuk bisa memenangkan permainan. 

Baca juga: Mau Kaya Raya? Ini 7 Cara Cerdas Kelola Keuangan Ala Miliarder

3. Kamu harus memiliki uang kas

permainan monopoli
Punya uang kas memang wajib nih, nah itu salah satu pelajaran finansial yang ada di game monopoli, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pelajaran finansial ketiga dari permainan monopoli ialah seberapa kaya diri kamu, wajib tuh yang namanya pegang atau memiliki uang kas di tangan. Sebab jika gak kamu harus menggadaikan atau bahkan menjual aset properti yang diinginkan.

Ini dikarenakan hotel yang sudah dibangun belum tentu dikunjungi oleh musuh setiap waktu. Pasti ada aja momen dimana kompetitor hanya melewati tanpa mengunjungi aset kita.

Jadi buat kamu memiliki harta melimpah ada baiknya untuk mencairkan wujudnya ke alat transaksi yang mudah untuk dipergunakan.

4. Aset termahal bukan selalu yang terbaik

permainan monopoli
Serap ilmu di poin keempat ini ya sobat MoneySmart, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam permainan monopoli harga setiap tanah memiliki tingkatannya sendiri-sendiri, semakin jauh harga tanahnya pun mahal. Meskipun bisa menghasilkan uang yang sangat banyak, namun tanah yang sudah dijadikan hotel gak serta merta membuat kamu kaya.

Justru hal tersebut bisa membuat kamu kesulitan keuangan. Alangkah baiknya kamu mendistribusikan uang untuk membangun aset tersebut ke tanah lainnya agar bisa menghasilkan lebih banyak sumber pendapatan.

Begitupun di dunia nyata, kamu boleh aja menjadi seorang yang ambisius untuk mendirikan usaha. Tapi kamu juga harus mengerti risiko apa yang bakal dihadapi bila hanya fokus ke satu sumber pendapatan.

5. Ketahui mana kebutuhan dan keinginan

permainan monopoli
Kamu mesti ketahui kalau dalam game monopoli ini ajarkan mana keinginan dan kebutuhan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pelajaran finansial terakhir yang bisa kamu ambil manfaatnya dari permainan monopoli adalah mengetahui mana kebutuhan dan mana keinginan. Dalam game ini umumnya satu blok tanah terdiri dari 3 pasang kota. 

Untuk meningkatkan denda kepada pengunjung yang datang kamu bisa menambahkannya dengan melengkapi blok tersebut.

Namun kadang kita suka gelap mata membeli sebuah tanah dari musuh hanya karena pengin melengkapi blok tersebut  berapapun harganya. Apalagi kalau uang yang kita miliki sedang menumpuk.

Sebaiknya uang tersebut ditabung sebagai dana jaga-jaga bila suatu saat kita harus mengeluarkan biaya gak terduga.

Nah itulah 5 pelajaran finansial yang bisa kamu ambil dari permainan monopoli. Jadi kamu gak Cuma bermain aja nih, tapi ada manfaat lain yang bisa diserap untuk kehidupan sehari-hari. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →