Cara Daftar PermataNet buat Aktivasi Permata Internet Banking

PermataNet, layanan Permata internet banking

Hampir semua bank di Indonesia sekarang memiliki layanan perbankan yang dapat diakses secara online. Tidak terkecuali Bank Permata yang memiliki PermataNet. PermataNet adalah fasilitas internet banking dari Bank Permata atau Permata internet banking

Dengan PermataNet, kita bisa melakukan lebih dari 120 transaksi di antaranya memeriksa informasi saldo rekening, pembayaran tagihan bulanan, mengisi ulang pulsa, mengirim uang antar bank anggota jaringan ALTO, ATM Bersama dan ATM Prima tanpa perlu ke kantor cabang dan sebagainya.

PermataNet juga memungkinkan penggunanya untuk mengirim uang secara berkala di jadwal yang diinginkan dengan menggunakan fitur transfer scheduler

Cara daftar PermataNet

Sebelum melakukan daftar layanan Permata internet banking, nasabah diminta terlebih dahulu memenuhi syarat-syarat yang diminta.

Syarat-syarat aktivasi PermataNet

  • Terdaftar sebgai nasabah Bank Permata.
  • Kartu ATM Permata.
  • Punya Telephone Identification Number dari Bank Permata.

Langkah-langkah daftar PermataNet

Berikut ini urutan langkah untuk daftar Permata internet banking.

  • Buka alamat new.permatanet.com/permatanet/retail/logon, kemudian klik link “Register di sini”.
  • Pilih layanan PermataNet dengan mencentang box di sebelah kiri
  • Verifikasi rekening dengan cara memasukkan nomor rekening, PIN ATM, dan kode keamanan (captcha). PIN hanya dapat dimasukkan melalui dynamic virtual keyboard dan jika salah memasukan PIN lebih dari tiga kali, maka kita tidak dapat melanjutkan registrasi PermataNet. Kita dapat menghubungi PermataTel di nomor 1500111 untuk membuka (unlock) registrasi.
  • Menentukan nomor handphone dengan cara memilih nomor ponsel yang akan digunakan sebagai token (SMS Token/Mobile Token). Jika nomor ponsel tidak terdapat di PermataNet maka lakukan perubahan data melalui cabang PermataBank atau menghubungi PermataTel di nomor 1500111.
  • Menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Menerima SMS dari PermataBank yang berisi kode registrasi, masukkan kode registrasi ke layar PermataNet.
  • Membuat nama (user ID) dan sandi (password), masukkan surel (email), dan pilih tipe token untuk otentikasi: SMS Token atau Mobile Token. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih tipe ponsel.
  • Konfirmasi bagi kita yang telah melakukan registrasi dengan menggunakan SMS Token atau Mobile Token.
  • Kita akan menerima SMS dari PermataBank bahwa layanan PermataNet telah aktif. Setelah itu, kita bisa login di https://new.permatanet.com.
  • Apabila kita menggunakan Mobile Token maka kita akan menerima SMS dari PermataBank yang berisi tautan (link) URL dan kemudian kita diminta untuk membuka atau klik link untuk mengunduh aplikasi Mobile Token.
  • Setelah itu, proses mengunduh Mobile Token dimulai. Setelah proses download berhasil, muncul icon Mobile Token di ponsel nasabah.
  • Untuk membuka aplikasi Mobile Token, klik icon Mobile Token pada ponsel. Pada saat aplikasi terbuka secara otomatis akan mengirimkan SMS permintaan kunci aktivasi (activation key).  Setelah itu akan muncul konfirmasi telah sukses registrasi
  • Tidak lama setelah itu, kita akan menerima SMS dari 3399 yang berisi 6 digit activation key. Kita bisa membuka kembali aplikasi Mobile Token di ponsel lalu memasukkan enam digit kunci aktivasi yang didapat dari SMS, selanjutnya kita bisa menekan activate.

Sebagai langkah terakhir untuk proses menggunakan Mobile Token, kita diminta untuk membuat PIN Mobile Token 6 digit dan klik tombol activate.

PIN Mobile Token digunakan untuk membuka aplikasi Mobile Token. Setelah itu, muncul konfirmasi bahwa proses aktivasi Mobile Token telah berhasil dilakukan.

Biaya layanan PermataNet

Biaya atas layanan Permata internet banking ini diterapkan untuk SMS token. Besaran biaya bervariasi berdasarkan operator seluler yang digunakan. Berikut biaya SMS token yang dikirim Bank Permata berdasarkan operator seluler:

Operator Biaya (dalam rupiah per SMS)
Kartu Halo 600
Simpati/AS 660
Matrix 500
Mentari/IM3 550
XL Prabayar/XL Xplor 650
Axis Prabayar 550
3 Pascabayar 500
3 Prabayar 550
Telkom Flexi Classy 250
Telkom Flexi Trendy 200
Smartfren Pascabayar 500
Smartfren Prabayar 550

Limit transaksi PermataNet

Transaksi melalui Permata internet banking memiliki batas harian. Berikut ini batas-batasnya (dalam rupiah).

Transaksi Kartu Prioritas Kartu Preferred/Kartu PermataMe Kartu 

Personal

Permata Bintang/Simpel Minimal Per Transaksi Maksimal Per Transaksi
Transfer ke rekening sendiri di Permata Tidak terbatas sesuai saldo pada rekening 10.000 Tidak Terbatas
Transfer ke rekening lain di Permata 250 juta 200 juta 150 juta 2 juta 10 ribu 250 juta
Transfer ke rekening sendiri/rekening lain di Permata dengan mata uang berbeda 75 juta 50 juta 50 juta 2 juta 10 ribu 20 juta
Transfer ke bank lain via RTGS 250 juta 200 juta 150 juta 2 juta LLG 1, RTGS> 100 juta Sesuai limit transaksi
Transfer ke bank lain via online 100 juta 75 juta 50 juta 2 juta 10 ribu 25 juta
Pembayaran 100 juta 75 juta 60 juta 10 juta Sesuai limit transaksi

Fitur layanan yang ditawarkan PermataNet

Permata internet banking memiliki sejumlah fitur layanan. Fitur itu dapat digunakan untuk mendapatkan informasi, transfer dana, isi ulang pulsa, informasi kartu kredit Permata dan e-statement. Berikut ini fitur layanan PermataNet.

1. Informasi

Dalam fitur ini, kita bisa mendapatkan informasi sebagai berikut.

  • Saldo Rekening
  • Mutasi rekening sampai dengan 90 hari
  • terakhir
  • Kartu Kredit PermataBank
  • Informasi lainnya, seperti Listrik & air, Telkom, Kartu pasca bayar, Informasi kurs, Informasi suku bunga tabungan.

2. Isi ulang pulsa

Dalam fitur ini, kita bisa mengisi pulsa seperti:

  • Pulsa handphone prabayar (tersedia voucher untuk produk simPATI, Kartu As, Mentari, IM3, XL, 3, SmartFren).
  • Pulsa Internet (Biznet Max 3, Biznet MetroNet, IM2 IPay).
  • Saldo Go-Jek (GoPay).

3. Kartu kredit

Dalam fitur ini, kita bisa mendapatkan Informasi seputar kartu kredit PermataBank, seperti:

  • Riwayat transaksi kartu kredit PermataBank.
  • Transaksi tagihan terakhir.
  • Transaksi yang akan ditagihkan.
  • Cicilan kartu kredit PermataBank.

4. e-Statement

Pada dasarnya, e-statement adalah catatan transaksi perbankan kita selama sebulan terakhir. Kita bisa mengakses informasi ini kapan saja melalui PermataNet. Dalam hal ini, kita bisa mengakses:

  • Registrasi e-statement.
  • Mengunnduh e-statement.

5. Melakukan pembayaran

Dalam fitur ini, kita bisa melunasi sejumlah pembayaran, seperti tagihan:

  • Listrik dan air.
  • Telkom.
  • Kartu kredit.
  • Kartu pascabayar.
  • Asuransi.
  • Cicilan pinjaman.
  • Sekuritas.
  • Internet.
  • Tiket.
  • Televisi. 
  • Pendidikan.
  • Pembayaran zakat.

Nah, semoga dengan penjelasan ini, kita bisa lebih mengenal kemudahan, fitur layanan, biaya sampai limit transaksi di Bank Permata, ya!

Selesai melunasi tagihan bulanan kita, jangan lupa sisihkan sebagian penghasilan bersih kita untuk ditabung. Lebih baik lagi, sisihkan lebih banyak sebagai dana membeli asuransi kesehatan, nih. Kenapa harus beli asuransi kesehatan?

Dengan pertanggungan dari asuransi kesehatan, kita tidak perlu khawatir dengan tagihan pembayaran jika kita terpaksa harus menginap di rumah sakit untuk menjalani perawatan. Hal ini dikarenakan pihak asuransi yang akan menanggung biaya tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan referensi produk asuransi yang terbaik untuk kita dan keluarga, konsultasi saja cuma di lifepal.co.id!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →