Ini Lokasi dan Jadwal Perpanjang SIM Keliling di Jakarta Serta Biayanya di Tahun 2019

Perpanjang SIM keliling online (Instagram/@simonlineid)

Perpanjang SIM keliling menjadi pilihan banyak orang yang enggan datang jauh-jauh ke Satpas SIM DKI Jakarta di kawasan Kalideres.

Itu dilakukan agar masyarakat dapat dengan mudah memperpanjang SIM. Jadi, kamu dapat mendatangi lokasi SIM keliling yang berada di wilayah tempat tinggalmu.

Ya, Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan salah satu kelengkapan yang wajib dimiliki dan dibawa setiap pengendara kendaraan bermotor.

Menurut situs resmi Korlantas Polri, SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan Polri kepada seseorang yang memenuhi persyaratan mengendarai kendaraan.

Yaitu, sehat jasmani dan rohani serta memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengendarai kendaraan bermotor.

Karena itu, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di wajib memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 77 ayat (1).

Namun, SIM memiliki masa berlaku, yaitu selama lima tahun. Karena itu, sebelum masa berlaku habis, maka harus dilakukan perpanjangan. Kalau terlambat, maka kamu diharuskan untuk membuat SIM baru lagi.

Melalui akun Facebook-nya, Humas Polri menghimbau “Berlaku mulai 1 Januari 2016, perpanjangan SIM dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku.”

Karena itu, daripada kamu harus membuat SIM baru karena terlambat perpanjang SIM, lebih baik ketahui jadwal dan lokasi perpanjang SIM keliling di kawasan DKI Jakarta serta biaya yang harus kamu persiapkan di tahun 2019. Simak di sini, yuk:

Jadwal dan lokasi perpanjang SIM keliling

Berikut, jadwal dan lokasi perpanjang SIM keliling di DKI Jakarta seperti yang dikutip dari situs resmi Korlantas Polri:

  • Jakarta Pusat: Kantor Pos & Giro Lapangan Banteng

  • Jakarta Selatan: Depan Taman Makam Pahlawan Kalibata

  • Jakarta Barat: LTC Glodok (Minggu I, II)

  • Jakarta Timur: Astra Honda Dewi Sartika

  • Jakarta Utara: PosPol Jembatan III.

Untuk waktunya, dibuka di hari Senin hingga Jumat dari pukul 08.00-14.00 WIB. Sementara itu, hari Sabtu tetap memberikan layanan mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Untuk layanan perpanjang SIM keliling, hanya untuk SIM A (mobil) dan SIM C (sepeda motor). Tidak berlaku untuk perpanjang SIM B, SIM D dan SIM internasional.

Baca juga: 5 Langkah Perpanjang SIM Online, Gak Pakai Ribet

Persyaratan perpanjang SIM Keliling

Menurut situs Korlantas Polri, berikut adalah persyaratan dokumen yang harus kamu persiapkan saat ingin melakukan perpanjang SIM Keliling:

  • Identitas diri KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku yang asli serta fotocopy-nya.

  • Membawa SIM yang lama.

  • Mengisi formulir aplikasi perpanjang SIM.

  • Membawa surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter.

  • Surat keterangan lulus ujian terampil simulator.

  • Masa aktif SIM tidak boleh melewati masa tiga bulan expired.

Baca juga: Penting Banget! Duplikat STNK, Surat Kendaraan Lain dan Cara Urus Surat Kendaraan Hilang

Biaya perpanjang SIM Keliling 2019

Jika sudah mengetahui jadwal dan lokasi perpanjang SIM keliling serta sudah mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan. Langkah selanjutnya, mempersiapkan uang untuk pembayaran biaya perpanjang SIM keliling di tahun 2019.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia seperti yang dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Berikut, biaya perpanjang SIM di tahun 2019:

  • SIM A sebesar Rp 80 ribu

  • SIM B I sebesar Rp 80 ribu

  • SIM B II sebesar Rp 80 ribu

  • SIM C I sebesar Rp 75 ribu

  • SIM C II sebesar Rp 75 ribu

  • SIM D sebesar Rp 30 ribu

  • SIM D II sebesar Rp 30 ribu

  • SIM internasional sebesar Rp 225 ribu

Biaya tersebut masih sama seperti tahun sebelumnya karena belum ada peraturan baru. Selain itu, ada juga biaya lainnya, yaitu biaya asuransi kecelakaan sebesar Rp 30 ribu. Namun, biaya tersebut tidak diwajibkan.

Itu dia jadwal, lokasi, persyaratan serta biaya perpanjang SIM keliling tahun 2019 di kawasan DKI Jakarta. Namun, seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, kini kamu sudah bisa perpanjang SIM lewat online. Jadi, kamu gak perlu tuh ribet ngantri apalagi pakai jasa calo.

Eitss.. Meski kamu melakukan perpanjangan lewat online, bukan berarti kamu gak datang ke kantor Satpas atau SIM Keliling lho.

Pasalnya, kamu tetap harus datang ke salah satu tempat tersebut untuk melengkapi dokumen persyaratan yang diminta beserta Bukti Registrasi SIM Online Polri.

Jadi, setelah dilakukan diverifikasi oleh pihak kepolisian, seperti pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan, kamu hanya perlu menunggu SIM-mu jadi deh. Tenang aja, cetak SIM umumnya gak membutuhkan waktu lama kok. Jadi, bisa menghemat waktumu kan? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →