Persaingan Semakin Ketat, Ini 7 Tips Menghadapi Dunia Bisnis di 2020

Dalam persaingan bisnis di 2020, kamu mesti perhatikan beberapa hal ini

Setiap tahun persaingan bisnis akan semakin meningkat, perkembangan teknologi dan juga keterbukaan informasi mau gak mau mesti diterima oleh pebisnis. Era digital menuntut pebisnis untuk lebih sigap mengembangkan usahanya dan perhatikan 7 hal menghadapi persaingan bisnis di 2020. 

Kompetitif begitu “track” yang mesti dilalui oleh pebisnis saat ini demi menghasilkan cuan melimpah. Perlu diketahui, setelah memutuskan untuk terjun dalam bisnis atau dunia usaha diperlukan strategi bisnis yang tepat dan matang.

Hal tersebut dilakukan agar apa yang sudah dibangun dapat berjalan dengan lancar dan mampu menciptakan inovasi dalam berbisnis. Ketika konsisten dan mampu menciptakan konsistensi dalam berbisnis, memenuhi sebuah target akan mudah didapatkan oleh pebisnis. 

Nah, dalam menghadapi persaingan ini perlu ada kiat bisnis yang diperhatikan agar mampu tetap kompetitif dan memiliki daya saing. Yuk kita intip aja di artikel berikut siapa tahu deretan tips ini bisa dijadikan “Teman Andalanmu” dalam berbisnis.

1. Analisis dan pelajari kompetitor

Analisa dan pelajari apa yang dilakukan oleh kompetitor
Analisa dan pelajari apa yang dilakukan oleh kompetitor, (Shutterstock).

Hal utama menghadapi persaingan bisnis pada tahun 2020 ini adalah melakukan analisis bisnis yang sedang dijalani. Caranya dengan melihat performa bisnis sepanjang tahun 2019 lalu, maka akan terlihat apa yang kurang dan perlu dilakukan evaluasi agar bisa meningkatkan potensi bisnis di tahun ini.

Kemudian, analisis dari sisi penjualan apakah sepanjang tahun 2019 lalu berjalan sesuai target atau malah tidak mencapai target yang ditetapkan. Bila mencapai target yang dicapai maka perlu peningkatan akselerasi target baru pada tahun 2020. 

Jika tidak mencapai target tahun 2019 maka perlu dilakukan evaluasi menyeluruh agar bisnis yang berjalan sesuai dengan strategi dan target pasarnya.

Jika ingin mudah dalam hal analisis, bisa dilakukan dengan tempo waktu per kuartal, atau bulanan, agar bisa dilakukan lebih mudah dan cepat.

2. Utamakan kualitas dan kepuasan

Dalam menjaga kualitas sangat perlu juga ketimbang memikirkan untung semata
Dalam menjaga kualitas sangat perlu juga ketimbang memikirkan untung semata, (Shutterstock).

Tak sedikit dari pebisnis yang lebih mengutamakan keuntungan daripada kualitas produk dan jasa yang diberikan kepada konsumen. Namun demikian hal ini tidak boleh terjadi, jika saat awal merintis bisnis target pendapatan yang ditetapkan tercapai dan sesuai keinginan. 

Akan tetapi dalam jangka panjang hal tersebut akan mengancam kelangsungan bisnis tersebut. Sebab saat ini konsumen semakin pintar dalam menggunakan uangnya untuk berbelanja, dan tidak jarang lebih mengutamakan kualitas daripada harga murah tetapi kualitas yang diberikan sangat rendah.

Tak hanya itu, dengan mengutamakan kualitas juga akan berdampak pada kepuasan konsumen. Jika hal tersebut diterapkan dalam bisnis, dengan ini akan membuat konsumen datang kembali, hingga berimbas pada promosi dari mulut ke mulut atau Word of mouth.

3. Jaga hubungan dengan konsumen

Menjaga hubungan baik dengan konsumen itu penting lho
Menjaga hubungan baik dengan konsumen itu penting lho, (Shutterstock).

Jika telah melewati tahap kepuasan pelanggan, hal yang harus diutamakan adalah menjaga hubungan bisnis dengan konsumennya. Tak sedikit jika konsumen akan beralih karena tidak adanya program benefit bagi konsumen loyal.

Berbagai cara menjaga hubungan dengan konsumen dilakukan melalui program bisnis seperti

membership serta memberikan beberapa bonus tambahan untuk konsumen loyal. Gak cuma itu lho kamu juga bisa memberikan potongan harga juga bisa diberikan, layanan premium, hingga mengundang dalam peluncuran produk atau cabang bisnis.

Selain itu, program tambahan berupa potongan diskon atau cashback pada saat hari ulang tahun konsumen, kemudian bisa juga dengan program pengumpulan poin. Manfaatkan cara untuk mengumpulkan poin saat ini banyak digunakan oleh waralaba minimarket, kedai kopi, hingga supermarket. 

Poin yang sudah didapatkan oleh konsumen nantinya bisa ditukarkan dengan produk hadiah ataupun potongan harga hingga 50 persen lho. 

4. Inovasi dan ikuti tren

Mengikuti tren dan bikin inovasi perlu lho dalam berbisnis
Mengikuti tren dan bikin inovasi perlu lho dalam berbisnis, (Shutterstock).

Dalam berbisnis selain promosi, hal yang paling penting dilakukan adalah inovasi, tentu masih ingat jatuhnya Nokia ketika dilibas produk smartphone Blackberry, kemudian runtuhnya bisnis Blackberry. Ketika muncul smartphone berbasis android, beberapa kasus tersebut merupakan kelengahan dalam melakukan inovasi dan melihat tren yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

Tapi yang perlu diingat inovasi bukan hanya sekedar meningkatkan kualitas atau mengeluarkan produk yang belum pernah ada sebelumnya. Inovasi juga bisa dilakukan dalam hal strategi promosi, konten media sosial, hingga memperbaharui budaya atau culture perusahaan yang berdampak pada produktivitas dan soliditas tim.

5. Kolaborasi bisnis

Melakukan kolaborasi dengan influencer juga bisa lho dalam berbisnis
Melakukan kolaborasi dengan influencer juga bisa lho dalam berbisnis, (Shutterstock).

Mengapa saat ini kolaborasi dalam berbisnis menjadi sangat penting? Sebab dengan kolaborasi akan memberikan peningkatan potensi bisnis, tak hanya itu dalam berbisnis juga tidak bisa melakukan segalanya sendirian. Dalam bisnis diperlukan pihak-pihak lain agar membantu bisnis berkembang lebih jauh baik internal dan eksternal.

Seperti contoh kedai kopi atau usaha kuliner membutuhkan kerjasama atau kolaborasi dengan perusahaan penyedia layanan mobile payment agar memberikan pilihan metode pembayaran bagi konsumen. Gak hanya itu dengan mobile payment juga bisa melihat tren transaksi maupun fluktuasi bisnis yang terjadi.

Dengan kolaborasi juga akan memberikan perluasan dan pembangunan jaringan yang lebih luas dan saling mendukung bisnis kedua belah pihak.

6. Ikut komunitas bisnis

Mengikuti sebuah komunitas bisnis juga perlu lho buat menunjang usaha
Mengikuti sebuah komunitas bisnis juga perlu lho buat menunjang usaha, (Shutterstock).

Komunitas saat ini sangat beragam, mulai dari komunitas hobi, olahraga, hingga bisnis. Tak kalah pentingnya dari promosi bisnis, dengan ikut bergabung dengan komunitas juga akan memberikan dampak positif bagi perusahaan.

Dengan komunitas juga bisa menjadi ajang untuk belajar hal baru terkait tentang bisnis dan saling sharing mengenai persoalan bisnis dan bisa ditemukan solusinya. Sebab belajar tak melulu di kampus, universitas maupun seminar dan workshop, dengan mengikuti komunitas tentu hal itu bisa didapatkan tentunya berdiskusi bersama rekan bisnis lainnya.

7. Penerapan digital marketing

Pahami digital marketing juga perlu bagi kamu
Pahami digital marketing juga perlu bagi menunjang bisnis yang sedang dijalani, (Shutterstock).

Saat perkembangan teknologi saat ini peran digital marketing tentu tidak boleh dipandang sebelah mata. Penerapan dan pemanfaatan digital marketing sudah harus dilakukan jika ingin bisnis yang dijalani terus bertumbuh.

Dengan digital marketing akan memberikan pada perluasan akses pasar, jangkauan konsumen, hingga menjadi daya tarik tersendiri. Dalam hal ini, digital marketing juga terbagi menjadi dua bagian yakni organik maupun yang berbayar.

Untuk digital marketing yang organik bisa dilakukan cara membuat blog atau website bisnis dengan mengoptimalkan email marketing, Search Engine Optimization (SEO), hingga konten interaktif melalui platform sosial media Facebook, Instagram, dan Twitter.

Sedangkan untuk digital marketing berbayar bisa dilakukan dengan cara iklan berbayar melalui Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, hingga membayar reviewer di YouTube ataupun sosial media lainnya.

Nah itu dia deretan tips dan trik gimana caranya kamu bisa menghadapi persaingan bisnis di 2020. Semoga bermanfaat ya bagi kelangsungan bisnis mu di tahun ini dan semakin berkembang di tahun mendatang serta seterusnya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis