10 Tips Persiapan Pernikahan dengan Bujet Rp25 Juta

Persiapan Pernikahan

Menikah adalah momen sakral yang dilakukan sekali dalam seumur hidup. Tidak heran jika setiap pasangan yang akan menikah mengharapkan momen pernikahan yang sempurna. Maka dari itu, dibutuhkan persiapan pernikahan yang matang.

Ada dua hal yang wajib ada dalam persiapan pernikahan ini, persiapan pernikahan secara mental, fisik, dan tentu saja, biaya. 

Tidak jarang banyak pasangan yang menghabiskan kocek yang besar untuk mewujudkan momen pernikahan yang sempurna.

Tapi bagaimana jika bujet untuk pernikahan terbatas, atau malah sengaja dibatasi, demi mempersiapkan biaya setelah menikah? 

Tenang, masih ada cara untuk mewujudkan pernikahan sempurna meski jika hanya punya bujet Rp25 juta mustahil mewujudkan pernikahan yang indah dan berkesan. 

Nyatanya, kalau kamu (termasuk pasangan kita) pandai mengelola, bisa kok punya pesta pernikahan berkesan meski dengan bujet yang pas-pasan. 

Tahapan persiapan pernikahan

Tapi sebelum mulai menghitung kebutuhan pernikahan sesuai bujet, perlu nih, melakukan persiapan pernikahan yang lain.

Persiapan yang sebetulnya sangat penting, tapi sering kali terlewatkan karena sibuknya mempersiapkan pernak-pernik pernikahan. Apa saja? Cek yuk, daftarnya di bawah ini. 

#1 Kesiapan mental

Pernah mendengar nasihat, “Not just prepare your wedding, but your marriage also”? Ya, menikah tidak hanya berhenti pada pesta pernikahan saja, tetapi masih ada kehidupan yang sangat panjang setelahnya. 

Karena itu jika memang sudah yakin “She/ He is the one”, jangan lupa bicarakan juga masalah rencana rumah tangga nantinya.

Misalnya bagaimana akan mengatur keuangan, apa harapan masing-masing dalam pernikahan ini, hendak tinggal dimana setelah menikah, bahkan jumlah anak pun, tidak ada salahnya untuk dibicarakan dan didapati kata sepakat. 

Percayalah, jika tahap pertama ini selesai, tahap-tahap berikutnya pasti akan lebih mudah dijalani. 

#2 Restu keluarga

Budaya kita di Indonesia, menikah tidak hanya menyatukan dua pribadi yang berbeda, tapi juga dua keluarga besar. Karena itu, setelah yakin akan membangun rumah tangga bersama, segera sampaikan niat tersebut pada orang tua. 

Suka atau tidak suka, persiapan pernikahan kamu berdua tetap akan melibatkan orang tua dan keluarga besar juga, bukan? 

#3 Medical check up

Tes kesehatan bagi pasangan yang hendak menikah sebetulnya penting, baik untuk calon pengantin atau calon anak kelak. Tes kesehatan untuk persiapan pernikahan biasanya terdiri atas beberapa hal berikut.

  1. Golongan darah dan rhesus. 
  2. TORCH.
  3. Tingkat gula darah.
  4. USG Ginekologi.
  5. Penyakit menular seksual.

Tes kesehatan atau medical check up sebaiknya dilakukan enam bulan sebelum menikah. Dengan demikian, jika ada masalah kesehatan akan dapat segera dilakukan penanganan medis.

Biaya medical check up nyatanya bervariasi tergantung rumah sakit/klinik dan apa saja jenis prosedur yang dipilih.

Nah kamu bisa meminimalkan pengeluaranmu dengan memanfaatkan pertanggungan dari asuransi, terutama asuransi kesehatan.

Namun khusus mengenai biaya prosedur medis ini, kamu membutuhkan rujukan dari dokter yang menyatakan bahwa kamu mengidap penyakit tertentu dan membutuhkan bantuan medical check up sebagai langkah mendukung hasil diagnosis dan/atau penunjang pengobatan.

Jadi buat kamu yang ingin menjalani medical check up untuk mencari tahu kondisi kesehatanmu secara umum atas inisiatif sendiri, asuransi kesehatan swasta dan BPJS Kesehatan tidak menanggungnya.

Kalau kamu tertarik untuk mencari tahu apa saja manfaat asuransi yang kamu bisa dapatkan untuk kamu dan pasangan, konsultasikan saja di Tanya Lifepal.

#4 Ikut bimbingan pranikah

Mulai tahun 2020 ini, berdasarkan UU RI Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan, setiap calon pengantin diwajibkan untuk mengikuti bimbingan pranikah. 

Lama bimbingan pranikah ini adalah dua hari dan waktunya akan ditentukan setelah calon pengantin mendaftarkan pernikahannya ke kantor agama setempat. 

#5 Memanfaatkan jasa wedding organizer

Nah, sekarang waktunya untuk mulai menyusun rencana pesta pernikahan seperti yang diinginkan. Jangan lupa, capai dulu kesepakatan dengan calon pasangan berapa bujet yang hendak digunakan. 

Menyewa jasa wedding organizer tentu lebih mudah, mengingat mereka punya daftar nama katering, tempat nikah yang okay, dekorator yang bagus, dan seterusnya. 

Tapi jika bujet terbatas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menyusun rencana pernikahan sendiri. Dalam hal ini, kamu bisa mulai dari menentukan tema resepsi pernikahan, jumlah tamu undangan, kualitas katering, dan seterusnya. 

Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi wedding planner yang saat ini banyak tersedia secara online. 

Nah, setelah paham tahapannya, sekarang giliran membahas lokasi. Lifepal sudah persiapkan kisaran pengeluaran untuk pernikahanmu jika ingin menggelarnya di rumah dan di gedung. Yuk, kita lanjutkan di bawah ini.

Persiapan pernikahan di rumah

persiapan pernikahan

Untuk dapat menyukseskan pernikahan dengan bujet Rp25 juta, kamu dapat memilih lokasi pernikahan yang murah atau bahkan tidak mengeluarkan biaya, misalnya memutuskan menikah di rumah.

Selain menghemat anggaran dan tidak perlu memikirkan durasi pesta, pernikahan di rumah pun memungkinkan kamu memiliki pesta yang hangat dengan nuansa kekeluargaan.

Nah, berikut ini hal-hal yang perlu kamu persiapkan saat memutuskan menggelar pesta pernikahan di rumah.

1. Persiapkan tenda dan panggung pernikahan

Persiapan pernikahan pertama yang harus disiapkan adalah tenda dan panggung pernikahan.

Jika kamu memiliki bujet yang besar, tentu kamu dapat memilih tenda dengan desain yang paling mahal dan megah, namun jika bujet terbatas maka persempitlah daftar vendor tenda kita dan carilah yang paling cocok dengan bujet.

Berikut ini adalah beberapa contoh vendor sewa tenda pernikahan di Jakarta dan sekitarnya yang dapat dijadikan pilihan.

Nama Vendor Kisaran Harga Sewa
Cahaya Tenda, Tangerang  

cahayatenda.com

Rp35 ribu/m2 (minimal order 100 m2)
Dewi’s Wedding, Bekasi  

dewiswedding.com

Rp50 ribu/m2 (minimal order 36 m2)
Intanali, Bekasi  

intanali.com

Rp35 ribu/m2 (minimal order 50 m2)
Selaras Tenda, Bintaro  

selarastenda.com

Rp40 ribu/m2 (minimal order 50 m2)

2. Atur dekorasi pernikahan sendiri

Daripada harus mengeluarkan bujet yang besar untuk biaya vendor dekorasi pernikahan. Lebih baik jika kamu mengatur sendiri dekorasi pernikahan beserta properti yang ingin digunakan nantinya.

Mempersiapkan dekorasi pernikahan sendiri justru jauh lebih hemat dibanding menggunakan jasa dekorasi.

Misalnya, biaya jasa dekorasi pernikahan Rp10 juta termasuk kursi, meja, karpet, dan bunga, hal ini bisa kamu siasati dengan menyiapkan barang-barang tersebut sendiri atau meminjam tetangga dan teman. Biaya meminjam pada teman bisa saja 70 persen lebih murah, yaitu Rp3 juta.

Nah, dengan cara ini tentu persiapan pernikahan kamu akan jauh lebih hemat dan berkesan.

3. Pilih sewa gaun pengantin

Untuk mendapatkan pernikahan yang berkesan tidaklah harus dengan membeli gaun pengantin yang mahal dengan harga ratusan juta.

Daripada harus membuang banyak uang untuk gaun yang hanya dipakai sekali saja, lebih baik untuk menyewa saja.

Saat ini sudah banyak kok penyedia jasa sewa baju pengantin yang indah dengan harga murah. Misalnya saja beberapa vendor sewa gaun pengantin berikut ini.

Nama Vendor Kisaran Harga Sewa
Belsbee, Tebet  

belsbee.com

Rp500 ribu
Crystal Glam, Pantai Indah Kapuk  

instagram.com/crystalglamjakarta

Rp200 ribu
The Dresscodes, Kedoya Utara  

thedresscodes.com

Rp299 ribu
Am Bridal, Cibubur  

am-bridal.com

Rp250 ribu

Dengan kisaran harga tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan gaun pengantin dengan model yang indah.

Apabila pernikahan kamu memerlukan seragam untuk pagar ayu dan keluarga, maka kamu bisa mencari paket gaun pernikahan yang berkisar antara Rp3 juta sampai Rp5 juta.

4. Tentukan jumlah undangan

Selektif memilih siapa saja yang akan diundang penting untuk dilakukan karena hal ini akan berpengaruh kepada biaya yang dikeluarkan.

Semakin banyak tamu yang diundang, tentu kita membutuhkan lokasi yang lebih besar dan jumlah makanan yang banyak. Kamu tentu tidak mau bukan para undangan merasa tidak nyaman, bukan?

Nah, dalam menentukan siapa saja yang akan diundang ada baiknya untuk mendiskusikan bersama pasangan dan orang tua.

Meski begitu, perlu diingat pula untuk membatasi jumlah undangan hingga kurang lebih 300 orang dan sudah termasuk kedua mempelai.

5. Pilih kartu undangan yang lebih murah

Saat akan menentukan surat undangan pernikahan, sebaiknya kamu telah putuskan siapa saja yang akan diberikan undangan, misalnya kolega-kolega penting saja.

Sedangkan untuk keluarga dan teman, ada baiknya untuk mengundang secara langsung baik itu dengan bertemu, menelepon, maupun berkirim pesan melalui ponsel.

Pilihlah undangan dengan harga terjangkau seperti yang ditawarkan beberapa vendor undangan berikut ini.

Nama Vendor Kisaran Harga Satuan
Undangan Bekasi  

undanganbekasi.com

Rp1.500
Sola Fide  

pesanundangan.com

Rp3.000
Mediaplus  

mediaplus.asia

Rp3.000

6. Berikan souvenir sebagai penghargaan kepada tamu

Tidak lengkap rasanya apabila sudah mengundang tapi tidak menyiapkan souvenir. Souvenir yang istimewa dan berkesan tentu akan membuat tiap tamu undangan merasa senang dan dihargai.

Kamu dapat memilih berbagai souvenir pernikahan yang berkesan, bermanfaat dan ramah di kantong.

Misalnya, gunting kuku, kipas, gelas, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah vendor souvenir pernikahan yang dapat kamu jadikan alternatif.

Nama Vendor Kisaran Harga Satuan
Syahna Aksesoris  

syahnaaksesoris.com

Rp5.000
Grage Souvenir  

grage-souvenir.com

Rp3.000
Ario Souvenir  

ariosouvenir.com

Rp400

7. Memasak hidangan sendiri

Persiapan pernikahan selanjutnya adalah katering. Seperti halnya gedung pernikahan, biaya katering merupakan bagian pernikahan yang membutuhkan bujet yang besar.

Untuk meminimalkan biaya katering, kamu dapat menyiapkan hidangan-hidangan tersebut sendiri.

Dalam menyiapkan hidangan pernikahan sendiri, mintalah bantuan dari keluarga, teman, bahkan tetangga.

Namun, jangan lupa untuk memberikan imbalan atas bantuan mereka, ya. Dengan memasak dan membeli bahan makanan sendiri, maka kamu bisa menghemat biaya hingga 30 persen, lho.

Misalnya, total tamu undangan adalah 300 orang dan sudah termasuk pasangan mempelai.

Sedangkan biaya makanan buffet katering adalah Rp25 ribu per orang. Maka total biaya menjadi Rp7,5 juta atau 30 persen dari total bujet awal senilai Rp25 juta.

Berarti kamu sudah bisa menghemat 30 persen dari pemotongan katering. Surplus 30 persen ini bisa dikelola bersama keluarga dalam menentukan makanan yang lebih murah.

8. Menyusun acara yang menarik

Meski di rumah, namun kamu tetap bisa membuat acara yang berkesan. Susunlah acara dengan hal-hal yang menyenangkan dengan melibatkan anggota keluarga dan teman-teman.

Misalnya, bernyanyi dengan iringan musik dan sound system milik pribadi atau membuat permainan-permainan yang menghibur.

9. Menggunakan jasa dokumentasi dari teman

Untuk dokumentasi pernikahan, sebenarnya tidak perlu menyewa jasa fotografer yang mahal. Kamu cukup menggunakan kamera pribadi atau meminjam dari teman.

Kemudian mintalah mereka yang mahir membidik foto untuk mengabadikan momen pernikahan.

10. Siapkan biaya tidak terduga pernikahan

Meskipun kamu telah merencanakan semua persiapan pernikahan secara matang, namun tidak ada salahnya untuk menyiapkan biaya tidak terduga agar keuangan tetap aman sampai pernikahan berlangsung.

Lebih baik siapkan kurang lebih Rp4 juta sebagai biaya tidak terduga pernikahan.

Persiapan pernikahan di gedung

persiapan gedung pernikahan

Walau menggelar pernikahan di gedung, bujet pernikahan masih bisa diminimalkan, kok. Namun, tentu harus melalui perencanaan yang matang dan selektif dalam memilih.

Misalnya, menikah di gedung milik pemerintah yang relatif memberikan harga sewa lebih murah.

Berikut ini adalah beberapa harga gedung pemerintahan di Jakarta yang dapat disewa dengan harga murah.

Nama Gedung Perkiraan Harga Sewa
Sudirman Makodam Jaya  

(Cililitan, Jakarta Timur)

Rp7 juta hingga Rp9 juta
Graha Pondok Pinang  

(Ciputat Raya, Jakarta Selatan)

Rp5 juta hingga Rp6 juta
Gedung Departemen Pertanian  

Ragunan, Jakarta Selatan

Rp6 juta hingga Rp8 juta
Balai Makarti Muktitama Depnakertrans  

Kalibata, Jakarta Selatan

Rp5 juta

Meskipun bujet hanya Rp25 juta, jangan jadikan penghalang untuk bisa mewujudkan pernikahan yang ideal. Ikuti perencanaan di atas dan selektif dalam memilih vendor pernikahan, maka pernikahan yang berkesan tidak akan menjadi angan-angan saja.

FAQ seputar persiapan pernikahan

Apa itu bimbingan pranikah?

Bimbingan pranikah adalah bagian dari persiapan pernikahan yang mengharuskan calon pasangan untuk mendapatkan bimbingan konseling penghulu.

Tujuannya adalah menjelaskan prosedur prosesi pernikahan yang akan dijalani. Aktivitas ini dilakukan dalam dua hari dan waktunya akan ditentukan setelah calon pengantin mendaftarkan pernikahannya ke kantor agama setempat.

Apa saja tahapan dalam persiapan pernikahan?

Ada lima tahapan yang perlu dipenuhi sebagai bagian dari persiapan pernikahan, yaitu:

  1. Kesiapan mental pribadi dan pasangan untuk menjalani kehidupan rumah tangga bersama.
  2. Mendapatkan restu dari kedua keluarga.
  3. Tes kesehatan atau medical check up yang sebaiknya dilakukan enam bulan sebelum menikah.
  4. Mengikuti bimbingan pranikah selama dua hari.
  5. Menentukan untuk memakai jasa wedding organizer atau menyiapkan sendiri. 

Lebih baik dengan jasa wedding organizer atau kelola sendiri?

Menyewa jasa wedding organizer akan menjadikan semua lebih mudah karena mereka punya seluruh daftar keperluan pernikahan. Calon mempelai dan keluarga tidak perlu ikut mengurus.

Tapi jika bujet terbatas, maka lebih baik kamu menyusun rencana pernikahan sendiri. Dengan begini, kamu pun bisa menentukan tema resepsi pernikahan, jumlah tamu undangan, kualitas katering, dan lain-lain sesuai keinginan dan kebutuhan.

Apa saja persiapan pernikahan di rumah?

Jika kamu ingin menggelar pernikahan di rumah, beberapa poin ini butuh persiapan.

  1. Tenda dan panggung pernikahan
  2. Atur dekorasi pernikahan sendiri
  3. Sewa gaun pengantin dan seragam keluarga
  4. Tentukan jumlah undangan dan bujetnya
  5. Berikan souvenir sebagai penghargaan kepada tamu
  6. Memasak hidangan sendiri
  7. Menyusun acara yang menarik
  8. Jasa dokumentasi
  9. Biaya tidak terduga untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak

Apa saja persiapan pernikahan di gedung sewaan?

Poin-poin yang perlu disiapkan jika menikah di gedung sewaan hampir sama dengan pernikahan di rumah, namun biasanya pihak manajemen gedung sudah menyediakan semua kebutuhan.

Kamu bisa memilih paket dan bujet yang ditawarkan oleh manajemen gedung tergantung kepada fasilitas yang disediakan, jumlah tamu, urutan acara, souvenir pernikahan, dan lain-lain.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →