8 Pertanyaan Wawancara Kerja yang Sering Muncul dan Cara Jawabnya

pertanyaan wawancara kerja

pertanyaan wawancara kerja

Pertanyaan wawancara kerja di Indonesia biasanya memiliki karakteristik yang sama. Untuk tahapan-tahapan awal, biasanya mereka ingin mengenal kandidat dengan pertanyaan-pertanyaan umum. 

Barulah saat wawancara maju ke tahap selanjutnya, misal wawancara dengan user atau BOD, otomatis pertanyaan bakal lebih teknis terkait pekerjaan. 

Nah kali ini, kita bakal membocorkan delapan pertanyaan wawancara kerja yang paling umum ditanyakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Berikut ulasannya seperti dikutip dari Michael Page

1. Ceritakan tentang dirimu 

Pertanyaan Wawancara Kerja
Memperkenalkan diri saat proses interview kerja (Shutterstock).

Saat pertama-tama sesi dimulai, pertanyaan wawancara kerja yang muncul duluan biasanya pertanyaan mengenai dirimu. Beberapa kandidat mungkin bakal menjawab pertanyaan ini dengan panjang layaknya sedang curhat, padahal kamu hanya perlu menjawab singkat. 

Jawablah dengan singkat, jelas, dan seperlunya, yang penting jawabanmu mencakup tentang nama, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja selama ini. 

Pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui seberapa cocoknya kamu dengan perusahaan dan lowongan yang sedang dibutuhkan. 

2. Kenapa kamu pengin bekerja di perusahaan ini? 

Pertanyaan Wawancara Kerja
Proses Recruitment (Shutterstock).

Selanjutnya, pewawancara biasanya menanyakan apa alasan kamu pindah kerja dan melamar di perusahaan ini. Pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui, seberapa besar minat kamu dengan perusahaan. 

Jadi cara menjawabnya adalah dengan memberikan penjelasan singkat mengenai perusahaan. Berikan contoh-contoh singkat kira-kira bagian mana dari perusahaan yang membuatmu tertarik, entah itu dari brandnya, keberlangsungan ke depannya, dan lain-lain. 

3. Apa kelebihan dari dirimu? 

Pertanyaan Wawancara Kerja
Interview kerja (Shutterstock).

Pertanyaan wawancara kerja tentang kelebihan diri ini bisa mencakup banyak hal. Bisa mencakup tentang skill yang kamu punya, sikap kepemimpinan, atau kontribusimu untuk tim. 

Pewawancara tentu bermaksud untuk mencari tahu apakah kamu cocok untuk mengisi posisi yang tengah lowong. 

Cara menjawabnya, cukup ceritakan keahlian dan kelebihanmu selama bekerja di kantor sebelumnya atau di organisasi. Perlu diingat juga untuk tidak menjawab dengan jawaban yang terkesan sombong. 

4. Apa kelemahanmu? 

Pertanyaan Wawancara Kerja
Interview kerja (Shutterstock).

Setelah pertanyaan tentang kelebihan, tentu perusahaan juga pengin tahu kelemahan yang ada di dalam diri kamu itu apa saja sih. Jawab pertanyaan ini dengan jujur, kelemahan yang berhubungan dengan skill kerja silakan disebutkan. 

Jangan sekali-kali menjawab, tidak memiliki kelemahan. Perusahaan tidak akan tahu apakah kamu cocok atau tidak kalau gak jawab pertanyaan ini. Daripada mereka bertaruh untuk masa depan perusahaan, lebih baik mereka mencoretmu dari seleksi selanjutnya.

5. Apa pencapaian atau prestasi yang sudah kamu raih?

Pertanyaan Wawancara Kerja
Recruitment (Shutterstock).

Pertanyaan wawancara kerja yang satu ini pasti muncul, gak mungkin enggak. Ada baiknya, kamu mempersiapkan jawabannya jauh-jauh hari sebelum sesi wawancara dimulai. 

Saat pertanyaan ini muncul, jawablah dengan jujur sesuai fakta. Bukan cuma prestasi saja, tapi pencapaian kamu dalam menangani suatu permasalahan juga perlu untuk diceritakan. 

6. Apa yang disukai dan gak disukai dari pekerjaan sebelumnya? 

Pertanyaan Wawancara Kerja
Proses wawancara kerja (Shutterstock).

Kalau kamu orang yang berpengalaman, pertanyaan ini pasti bakal muncul. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kamu bakal menyenangi tugas dan tanggung jawab yang nantinya bakal diberikan atau tidak sekaligus  mengetahui apakah budaya perusahaan cocok denganmu.

Ceritakan sejujurnya, tapi usahakan lebih banyak menceritakan tentang apa yang kamu sukai. Berikan penjelasan singkat juga bagaimana hal-hal yang kamu sukai itu berkontribusi terhadap perkembangan kariermu. 

7. Apa targetmu di masa yang akan datang? 

Pertanyaan Wawancara Kerja
Proses wawancara kerja (Shutterstock).

Biasanya perusahaan bakal bertanya, apa yang ingin kamu capai di dalam lima tahun ke depan, hingga apa cita-citamu. Maksud dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana ambisimu di masa yang akan datang. 

Jawablah secara rasional, misalnya ingin terus belajar, naik jabatan, dan memiliki peran yang besar untuk perusahaan. 

8. Apa ada pertanyaan untuk saya? 

Pertanyaan Wawancara Kerja
Proses recruitment (Shutterstock).

Di akhir sesi wawancara, biasanya di pewawancara bakal menanyakan apakah kamu punya pertanyaan untuknya atau tidak. Kesalahan yang paling banyak dilakukan para kandidat adalah menjawab tidak memiliki pertanyaan. 

Padahal, pertanyaan ini adalah kesempatan yang baik bagi kamu untuk menunjukkan keseriusanmu terhadap pekerjaan itu. Tanyakan saja mengenai seluk beluk perusahaan, bagaimana ritme kerja, budayanya, dan lain-lain. 

Itulah delapan pertanyaan wawancara kerja yang paling umum ditanyakan para perusahaan. Semoga bisa memberikan referensi buat kamu yang tengah mencari-cari pekerjaan. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis