Asuransi Pensiun Terbaik 2020 dan Tips Memilihnya

Manfaat Asuransi Jiwa Sebagai Jaminan Hari Tua

Asuransi pensiun adalah jaminan finansial yang diberikan ketika nasabah memasuki usia pensiun. Rentang usia pensiun diatur dalam UU No. 11 tahun 1992 yang menyatakan bahwa usia pensiun normal berkisar 55 hingga 60 tahun. Sementara asuransi untuk nasabah pensiun ini tujuannya dapat dimanfaatkan sebagai tabungan jangka panjang yang akhirnya nanti bisa digunakan setelah melewati masa kerja. 

  • Santunan meninggal dunia yang diberikan kepada ahli waris
  • Manfaat asuransi jiwa dan investasi sekaligus
  • Jaminan pensiun diberikan berkala setiap bulan seperti gaji

Apakah Asuransi Pensiun Penting? 

Menurut data survei harian Kompas, dari 60 juta pekerja formal Indonesia, hanya dua persen yang terlindungi oleh program pensiun. Artinya terdapat gap 98 persen yang tidak memiliki jaminan pensiun. Dari data tadi dapat disimpulkan kalau masih banyak masyarakat yang belum paham pentingnya memiliki asuransi pensiun. Lantas, sebenarnya penting gak sih?

Dibutuhkan dana 70% dari gaji untuk dapat mempertahankan gaya hidup selama masa pensiun setiap bulannya. 

– Survei harian Kompas

Kalau kamu ingin menikmati masa tua tanpa perlu menurunkan gaya hidup saat ini, jawabannya tentu saja penting banget. Karena dengan adanya asuransi pensiun, kamu bisa menjaga kondisi keuangan tetap stabil, sehingga tetap mampu menanggung kebutuhan keluarga meski sudah tidak bekerja lagi. 

Selain itu, peningkatan biaya hidup atau inflasi juga perli dipertimbangkan. Menurut data dari Bank Indonesia, kenaikan inflasi Consumer Price Index (CPI) di Indonesia berada pada angka rata-rata enam persen (2011 – 2014). Karena itu, jika hanya bergantung pada uang tabungan, pada akhirnya dana yang terkumpul akan termakan inflasi. Itu pentingnya punya asuransi pensiun yang memiliki manfaat unit link. 

Manfaat Asuransi Dana Pensiun?

Sekarang kamu sudah tau pentingnya memiliki asuransi pensiun. Lalu, apa saja manfaat dari asuransi pensiun yang bisa didapatkan? Berikut ini di antaranya:

1. Terlindungi dari kesulitan finansial

Perlu dipahami bahwa risiko kesulitan finansial bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. Misalnya, saja ketika memasuki usia pensiun atau tidak lagi aktif bekerja, biaya uang sekolah anak justru naik mengikuti inflasi tahunan. Nah, tanpa adanya ketersediaan solusi dari asuransi pensiun, kemu tentu akan menghadapi kesulitan finansial. 

2. Santunan risiko cacat dan meninggal dunia

Memasuki usia pensiun, risiko sakit hingga meninggal dunia tentu lebih tinggi ketimbang usia produktif. Karena itu penting banget bagi kita memiliki asuransi pensiun yang dapat memberikan santunan meninggal dunia dan cacat tetap total. 

Tujuannya gak lain adalah untuk menjamin biaya hidup keluarga yang ditinggalkan. Sebagai pelengkap kamu juga bisa mendaftarkan diri dalam asuransi kesehatan untuk orang tua

3. Investasi terbaik untuk bekal di hari tua

Dalam memilih asuransi pensiun, sebaiknya pilih yang ada manfaat investasi di dalamnya. Misal, asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat tabungan jangka panjang yang ideal. Namun, biasanya premi asuransi unit link lebih mahal ketimbang asuransi murni. Atau pilihan lainnya kamu bisa ambil asuransi pensiun dan investasi terpisah. Sehingga kedua manfaatnya bisa kamu dapatkan dengan maksimal. 

Cara Menghitung Dana Pensiun

Sebelum memilih asuransi pensiun yang tepat, kamu perlu tahu terlebih dahulu berapa dana pensiun yang dibutuhkan. Ini dikarenakan setiap orang memiliki besaran kebutuhan dana pensiun yang berbeda-beda. Tergantung profil dan gaya hidup nasabah. Cara menghitungnya pun sekarang mudah, karena bisa menggunakan kalkulator dana pensiun Lifepal!

Rekomendasi Produk Asuransi Pensiun

Setelah mengetahui apa saja manfaat jenis asuransi ini untuk masa depan yang lebih baik, apa saja produk asuransi yang tepat untuk kamu? Berikut rekomendasi asuransi dana pensiun yang bisa Anda pertimbangkan demi perlindungan finansial Anda di hari tua!

1. AIA Prolink Assurance

Produk asuransi dari AIA Financial Indonesia ini merupakan salah satu produk jaminan hari tua yang sangat cocok karena memberikan perlindungan khusus berupa memilih rencana investasi disesuaikan berdasarkan latar belakang risiko calon nasabah. 

Selain itu, produk asuransi ini juga ditujukan kepada nasabah yang mulai berusia 30 tahun hingga 70 tahun dengan perlindungan asuransi jiwa dan tabungan hingga berusia 99 tahun. Jenis asuransi ini juga memiliki keunggulan untuk menabung dalam mata uang Rupiah (IDR) atau Dollar Amerika Serikat (USD).

Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan manfaat berupa bonus loyalti dari premi asuransi hingga 75 persen pada pembayaran premi ke-10 hingga ke-12.

2. Manulife MiGolden Retirement

Manulife Indonesia memiliki produk asuransi pensiun bernama MiGolden Retirement yang memberikan manfaat asuransi dana pensiun yang sangat lengkap.

Selain fleksibel dengan pembebasan memilih jenis pembayaran dan menentukan pilihan dana investasi, asuransi pensiun ini memudahkan calon nasabah untuk penghematan pajak dan pensiun berkualitas. Produk asuransi ini juga melindungi empat macam hal yang sangat menguntungkan, yaitu manfaat masa pensiun normal, masa pensiun dipercepat, masa pensiun cacat dan meninggal dunia.

3. BPJS Jaminan Pensiun

Untuk BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Pensiun (JP) bersifat sebagai program wajib pemerintah. Jenis asuransi untuk usia pensiunan ini juga diberikan kepada jaminan pensiun duda atau janda hingga meninggal dunia atau menikah lagi.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir untuk anak karena BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki jaminan pensiun untuk dua orang anak yang sudah didaftarkan hingga mencapai usia 23 tahun. Biasanya untuk mendapatkan manfaat BPJS Ketenagakerjaan jaminan pensiun didaftarkan melalui perusahaan yang bersangkutan. Pastikan kamu sudah terdaftar dan mendapatkan manfaatnya.

Pertanyaan Lainnya Terkait Asuransi Pensiun

Meski diperuntukkan untuk perlindungan finansial di masa tua, namun kamu disarankan untuk memiliki asuransi pensiun sedini mungkin. Khususnya ketika memasuki usia kerja. Jika bekerja pada perusahaan, umumnya kamu akan langsung didaftarkan secara wajib dalam program dana pensiun BPJS Ketenagakerjaan karena sifatnya wajib. Namun, jika ingin manfaat yang lebih lengkap kamu bisa lengkapi dengan asuransi swasta.
Jawabannya tergantung. Jika memiliki anggaran lebih sebaiknya dilengkapi dengan asuransi swasta sehingga manfaat yang bisa kamu dapatkan di hari tua juga bisa lebih maksimal. Atau pilihan lainnya juga bisa lengkapi dengan instrumen investasi.

Itulah sekilas informasi mengenai asuransi dana pensiun yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Segera rencanakan tabungan jangka panjang Anda dari sekarang sebelum terlambat demi kebutuhan finansial yang lebih baik dan tentunya lebih siaga.

Jika masih bingung memilih produk asuransi yang tepat untuk diri sendiri dan keluarga, jangan ragu untuk mengunjungi dan berkonsultasi di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →