Perusahaan Asuransi di Indonesia yang Tepercaya

konsultasi asuransi

Perusahaan asuransi di Indonesia mencatat perkembangan yang cukup bagus. Terlihat dari catatan laba yang mereka terima hingga jumlah nasabah yang mereka raih. Hal ini juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sendiri sudah mulai sadar pentingnya asuransi.

Meski perusahaan asuransi di Indonesia mengalami pasang-surut, namun secara keseluruhan, perkembangan asuransi di Indonesia semakin baik. Yuk, perkembangan dan daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia berikut ini.

Perkembangan Perusahaan Asuransi di Indonesia

Perusahaan Asuransi di Indonesia memiliki komposisi yang cukup berimbang berdasarkan kebutuhan pasar. Menurut data OJK (Otoritas Jasa Keuangan) tahun 2015, ada sekitar 76 perusahaan asuransi umum, 50 perusahaan asuransi jiwa, enam perusahaan reasuransi, tiga perusahaan asuransi wajib, dan dua perusahaan asuransi sosial.

Sayangnya, pertumbuhan industri asuransi Indonesia mengalami pasang surut yang dipengaruhi oleh berbagai sebab. Di antaranya, iklim investasi yang mengalami pasang-surut di Indonesia. Kemudian, terdapat pula faktor eksternal seperti perubahan kebijakan ekonomi dunia yang berimbas pada Indonesia.

Salah satu contoh pasang surut tersebut terjadi antara tahun 2017 dan 2018. Pada tahun 2017, industri asuransi jiwa mengalami peningkatan laba mencapai Rp541,23 miliar. Sayangnya, prestasi tersebut tidak bisa dipertahankan pada tahun 2018 di mana Indonesia memang sedang terkena imbas krisis ekonomi dunia. Saat itu, laba industri asuransi jiwa turun drastis hingga 50,49% menjadi Rp240,89 miliar

Berbeda dengan asuransi jiwa, industri asuransi umum malah mencatatkan pertumbuhan yang cukup baik. OJK melaporkan bahwa nilai pertumbuhannya mencapai 4,15% dari tahun 2017 mencapai premi Rp5,79 triliun menjadi Rp6,03 triliun pada Januari 2019.

Melihat perkembangan yang bagus ini, Anda pun tak perlu ragu memercayakan dana yang Anda miliki untuk dikelola oleh perusahaan asuransi. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh proteksi dan bila memungkinkan juga mendapatkan keuntungan.

Di bawah ini merupakan beberapa perusahaan asuransi jiwa dan asuransi umum di Indonesia yang tepercaya dan populer. Plus, diawasi pula oleh perpanjangan tangan pemerintah, yaitu OJK.

Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa

Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia yang Menawarkan Asuransi Jiwa

1. PT Prudential Life Assurance

Perusahaan yang berasal dari Inggris ini cukup berpengalaman selama lebih dari 100 tahun dalam industri asuransi jiwa. Hingga 2016 saja, tercatat sudah memiliki 2,4 juta nasabah, 260 ribu agen asuransi berlisensi, dan 393 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari laporan keuangan tahun 2017, PT Prudential Life Assurance termasuk salah satu perusahaan asuransi dengan aset paling besar di Indonesia. Asetnya diperkirakan sebesar Rp71,7 triliun.

2. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1985 ini memiliki kurang lebih sekitar 26 ribu karyawan di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia termasuk pemain besar dalam dunia asuransi. Asetnya mencapai  Rp45,63 triliun pada tahun 2017 lalu. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp33,3 triliun.

3. PT AIA Financial

PT AIA Financial memiliki sejarah yang cukup panjang. Perusahaan ini termasuk dalam AIA Group yang menjadi salah satu perusahaan finansial terbesar di Hong Kong. Aset PT AIA Financial di Indonesia diperkirakan sebesar Rp44,9 triliun pada tahun 2017.   

4. PT Asuransi Allianz Life Indonesia

Soal merek, Allianz Life memang lebih populer di kalangan masyarakat karena perusahaan asuransi ini menjadi salah satu sponsor klub sepak bola dunia. Klub tersebut di antaranya, FC Bayern Munchen dari Jerman dan FC Barcelona asal Spanyol.

Kiprahnya di Indonesia mencatatkan aset sebesar Rp33,3 triliun di tahun 2017. Meskipun masih di bawah perusahaan lainnya, nama Allianz lebih familier di kalangan masyarakat umum.

5. PT AXA Mandiri Financial Services

Perusahaan gabungan antara AXA Financial dan Bank Mandiri ini mencatatkan aset pada tahun 2017 sebesar Rp29,9 triliun. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2004 ini menjadi bagian dari AXA Group.

6. PT Asuransi Simas Jiwa

Perusahan yang menjadi bagian dari Sinar Mas ini berdiri pada tahun 1995. Sinar Mas termasuk salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia. Sedangkan PT Asuransi Simas Jiwa lebih berfokus pada lini bisnis asuransi jiwa. Perusahaan ini memiliki aset senilai Rp24,8 triliun.

Daftar Perusahaan Asuransi Umum

Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia yang Menawarkan Asuransi Umum

1. PT Asuransi Sinar Mas

Berbeda dengan Asuransi Simas Jiwa, PT Asuransi Sinar Mas didirikan lebih awal, tepatnya pada tahun 1985. Semula bernama PT Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta, kemudian pada tahun 1991 berubah nama menjadi PT Asuransi Sinar Mas.

Hingga tahun 2018, Asuransi Sinar Mas membukukan premi bruto hingga Rp7,4 triliun. Secara statistik, produk asuransi yang paling dominan dari Sinar Mas adalah asuransi kebakaran dengan premi Rp2,63 triliun atau sekitar 35 persen dari total premi yang didapatkan dari produk lainnya.

2. PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero)

Perusahaan ini mampu menduduki puncak asuransi umum di Indonesia. Asetnya dikategorikan di atas Rp3 triliun bersama Asuransi Sinar Mas dan Asuransi Astra. Perolehan premi perusahaan ini naik cukup signifikan pada tahun 2018, yaitu mencapai Rp4,8 triliun.  

3. PT Asuransi Astra

Asuransi Astra baru saja dinobatkan oleh Majalah Gatra dengan ThinknovateComm sebagai pemenang Best Financial Performance Insurance (General Insurance) tahun 2019. Perusahaan ini lebih didominasi produk asuransi kendaraan dan asuransi komersial. Selebihnya merupakan produk asuransi kesehatan.

Beberapa perusahaan Asuransi di Indonesia yang sudah disebutkan merupakan asuransi yang sudah berpengalaman dengan nilai aset yang tinggi dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan mereka memiliki posisi dan sumber daya yang cukup kuat.

Hal tersebut bisa dijadikan pertimbangan ketika Anda ingin mendapatkan perbandingan produk asuransi dari perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Memahami rekam jejak perusahaan amat penting untuk menentukan produk asuransi yang Anda butuhkan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →