14 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

perusahaan asuransi jiwa terbaik

Seberapa perlunya kita memiliki asuransi jiwa? Dan bila perlu, asuransi jiwa terbaik di Indonesia ada apa saja, ya? Dua pertanyaan ini mungkin memenuhi kepala saat sedang menimbang-nimbang pilihan.

Di lain sisi, sekilas mungkin kita pernah berprasangka baik bahwa selalu ada jalan dalam menghadapi risiko-risiko terbesar di kehidupan, seperti keluarga yang meninggal atau mengalami musibah kecelakaan atau kesehatan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Namun, kita pun wajib menyadari bahwa perencanaan yang baik dapat memudahkan kehidupan.

Pengertian Asuransi Jiwa

Sebelumnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian asuransi jiwa agar dapat membedakan dengan produk asuransi yang lain. Asuransi jiwa adalah produk perlindungan dalam bentuk pengalihan risiko finansial atas meninggal atau hidupnya pemegang polis yang dipertanggungkan.

Setidaknya, ada dua fungsi atau tujuan utama dari proteksi asuransi jiwa, yakni ada lembaga yang mau menerima risiko-risiko yang kita hadapi, seperti keluarga yang meninggal. Serta dapat menghidupi sekian orang dari anggota keluarga atau ahli waris karena dampak dari terjadinya risiko tersebut.

Agar tidak keliru, perhatikan ciri-ciri asuransi jiwa terbaik dari sisi uang pertanggungan yang besar, premi yang cenderung terjangkau, apakah asuransi jiwa telah satu paket dengan asuransi kesehatan keluarga, dan mengetahui apa saja perusahaan asuransi yang kredibel.

Yang pasti, jangan lupakan juga bahwa terdapat beberapa jenis asuransi jiwa. Di antaranya adalah asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, dwiguna, maupun unit link. Masing-masing jenis asuransi tersebut memiliki tujuan masing-masing.

Buat kamu yang mau tahu asuransi jiwa mana yang cocok buat kamu, yuk gunakan kalkulator kuis jenis asuransi jiwa berikut ini.

14 Perusahaan Asuransi Jiwa yang Ada di Indonesia

prudential

Apa saja asuransi jiwa terbaik di Indonesia yang telah dipercaya dan kredibel? Berdasarkan TOP Brand Award 2019, ada lima asuransi jiwa terbaik di Indonesia berdasarkan hasil survei, yaitu:

  • Prudential Life Assurance
  • AXA Mandiri
  • Allianz Life Indonesia
  • Manulife Indonesia
  • AIA Financial

Untuk mendapatkan pertimbangan yang lebih lengkap lagi, Lifepal telah merangkum total 14 perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia, yaitu:

1. Prudential Life Assurance

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) adalah perusahaan asuransi yang berasal dari Inggris yang telah berdiri sejak 30 Mei 1848 di Inggris, sementara di Indonesia sendiri, Prudential telah hadir sejak tahun 1995.

Untuk asuransi jiwa Prudential, ada berbagai polis yang bisa digunakan, misalnya, PRUlink Generasi Baru yang merupakan produk asuransi jiwa terkait investasi individu dengan berbagai manfaat, yang salah satunya adalah perencanaan warisan.

Terkait kebutuhan proteksi anak sejak dalam kandungan untuk perlindungan kesehatan, finansial, dan pendidikan, bisa gunakan PRUmy Child atau PRUsafe Guard yang merupakan produk asuransi jiwa individu atas risiko penyakit khusus, kecelakaan di tempat kerja, dan meninggal di transportasi publik dengan masa pertanggungan 15 tahun.

Selain itu, Prudential masih memiliki beragam polis asuransi jiwa lainnya dengan plan tertentu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah asuransi.

2. AXA Mandiri

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) adalah perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan National Mutual International Pty. Limited (AXA) yang berdiri sejak tahun 1991.

Dengan menguasai 16 persen dan telemarketing dengan menguasai 24 persen pangsa pasar berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada tahun 2018, AXA Mandiri mampu mempertahankan posisinya sebagai perusahaan yang bergerak di jalur distribusi bancassurance.

Ada beberapa polis asuransi jiwa terbaik dari AXA Mandiri yang bisa dipilih, seperti Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera atau Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah yang memberikan manfaat perlindungan jiwa, investasi, dan loyalty bonus. 

Selain itu masih ada Asuransi Mandiri Secure Plan yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia. Ada juga Asuransi Mandiri Protection yang memberikan manfaat santunan duka, santunan cacat permanen dan cacat sementara. Serta berbagai polis asuransi jiwa lain dari AXA Mandiri yang memiliki manfaat dan ketentuan yang berbeda.

3. Allianz Life Indonesia

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Asuransi Allianz) adalah salah satu perusahaan global yang telah ada sejak tahun  1890 di Jerman yang kini menjadi salah satu perusahaan dengan kondisi finansial yang sangat kuat di dunia.

Allianz memberikan dua pilihan produk berupa asuransi jiwa konvensional maupun asuransi jiwa syariah. Keduanya menawarkan manfaat perlindungan nilai hidup sesuai dengan uang pertanggungan tertera dalam ketentuan polis serta manfaat investasi lewat produk unit link.

4. Manulife Indonesia

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia adalah bagian dari Manulife Financial Corporation, grup penyedia layanan keuangan asal Kanada. Hingga kini, Grup Manulife telah beroperasi di Asia, Kanada, dan Amerika Serikat. Manulife Indonesia menawarkan produk asuransi jiwa untuk individu, keluarga atau bahkan perusahaan.

Misalnya, produk individu dari Manulife yang bernama ProLiving Absolute yang memberikan proteksi jiwa hingga usia 99 tahun untuk risiko cacat tetap total dan meninggal dunia. Atau, produk kumpulannya yang bernama Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan Kumpulan (Group Life and Health) yang merupakan asuransi untuk karyawan meliputi asuransi gigi, asuransi jiwa berjangka, asuransi melahirkan, perawatan rumah sakit dan bedah, hingga kacamata.

5. AIA Financial

Hampir satu abad AIA Financial berdiri di Asia dan telah beroperasi di 18 kawasan Asia Pasifik. Di antara produk asuransi jiwa terbaik dari AIA Financial adalah AIA Critical Protection yang merupakan produk asuransi jiwa seumur hidup yang memberikan perlindungan dari penyakit kritis, meninggal, dan meninggal akibat kecelakaan.

Asuransi jiwa dari AIA Financial juga bisa didapatkan dalam produk kumpulan bernama Family First Protection yang tepat untuk kebutuhan keluarga karena memberikan perlindungan dari orang yang tertanggung meninggal dan memberikan manfaat investasi.

6. Asuransi Mandiri Inhealth

Asuransi Mandiri Inhealth berdiri di bawah naungan PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia. Perusahaan ini merupakan perusahaan asuransi komersial yang bekerja sama langsung dengan BPJS Kesehatan.

Produk-produk asuransi jiwa terbaik dari Mandiri Inhealth memang cenderung pada kebutuhan yang dikhususkan kepada kumpulan/karyawan/grup. Misalnya, produk Mandiri Inhealth Endowment yang merupakan produk asuransi jiwa yang dapat dibeli oleh perusahaan untuk melindungi karyawannya. Akan tetapi, uang pertanggungan yang diberikan tidak harus karena kematian, namun juga bisa digunakan ketika karyawan masih hidup atau masa pertanggungan berakhir.

7. Asuransi Equity Life

Equity Life Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri asuransi jiwa individu dan kumpulan sejak 1987. Ada banyak produk asuransi yang bisa dipilih di Equity Life, seperti asuransi jiwa, kesehatan, dan dana pensiun dengan kebutuhan-kebutuhan yang begitu spesifik.

Misalnya, produk Smart Hospital Plan yang merupakan santunan harian maksimal hingga 365 hari dalam setahun untuk rawat inap di rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan. Atau, Family Income Care yang merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan asuransi jiwa berjangka dan asuransi kecelakaan. Serta masih banyak lagi produk dari Equity Life yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

8. Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas merupakan sebuah brand yang besar karena bidang bisnisnya meliputi berbagai sektor sentra ekonomi di Indonesia. Terdapat enam pilar bisnis yang ada di bawah naungan Sinar Mas, yakni Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang dan Realestat, Telekomunikasi, serta Energi dan Infrastruktur.

Terkait asuransi jiwanya, Asuransi Sinar Mas memiliki asuransi jiwa bernama Asuransi Sinarmas MSIG Life yang memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Terdapat Ekasejahtera yang memberikan proteksi jiwa dan tabungan, SMiLe Multi Invest yang merupakan produk investasi singkat yang disertai proteksi jiwa, dan berbagai macam produk asuransi jiwa lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

9. Cigna

Didirikan sejak 1990, Asuransi Cigna Indonesia merupakan anak perusahaan Cigna Corporation, salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat, yang kini telah beroperasi secara internasional di 30 negara.

Bagi yang telah memiliki keluarga, ada beberapa pilihan asuransi seperti Cigna Family EaziLife yang merupakan asuransi jiwa untuk perlindungan dari risiko finansial akibat meninggal dunia dan penyakit kritis.

Selain itu ada Cigna Second Life yang merupakan asuransi jiwa pertama khusus lansia di Indonesia yang memiliki rentang usia 55-80 tahun tanpa pemeriksaan kesehatan. Serta ada berbagai produk asuransi dari Cigna yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

10. FWD

PT FWD Life Indonesia atau FWD LIfe adalah perusahaan asuransi jiwa yang merupakan bagian dari FWD Group. Produk mereka meliputi asuransi berjangka individu & kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan, asuransi kesehatan kumpulan, dan asuransi investasi..

Untuk asuransi jiwa dari FWD, ada beberapa produk seperti FWD Family Team yang merupakan produk asuransi tambahan jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia, Bebas Rencana (Term Life) yang merupakan produk asuransi jiwa dengan manfaat mendapatkan uang pertanggungan Rp1 miliar akibat kecelakaan di tahun pertama dan tahun kedua, serta berbagai jenis produk asuransi jiwa lainnya dari FWD.

11. Asuransi BRI Life

Asuransi BRI Life adalah salah satu perusahaan asuransi yang didirikan dengan izin usaha yang diperoleh Menteri Keuangan berdasarkan SK Menteri Keuangan RI tanggal 10 Oktober 1988. Pada awalnya, BRI Life memang hanya fokus ke program pensiun bagi karyawan dengan nama DPLK BRI, kemudian merambah ke industri asuransi jiwa.

BRI Life merupakan salah satu perusahaan asuransi yang produk-produknya dikenal terjangkau, saja salah satunya adalah yang bernama Lentera yang merupakan akronim dari Lengkap Ekonomis Nyaman Sejahtera yang merupakan perlindungan asuransi jiwa yang melindungi penyakit kritis.

Produk ini memang ditujukan kepada generasi milenial dengan pembayaran premi yang ringan, mulai dari Rp100 ribu per bulan.

12. BNI Life

PT BNI Life Insurance atau BNI Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang didirikan sejak tahun 1996. Saat ini BNI Life hadir melalui empat saluran distribusi yaitu agensi, bancassurance, employee benefits, dan syariah yang bertujuan melayani seluruh lapisan masyarakat.

Salah satu produk asuransi jiwa dari BNI Life yang dikenal sebagai produk asuransi jiwa murah adalah BLife Plan Multi Pro yang memberikan manfaat perlindungan sekaligus investasi. Preminya yang  ringan, mulai dari Rp 100 ribu, memberi nasabah manfaat asuransi jiwa senilai 100 persen dari uang pertanggungan plus nilai investasi pada harga unit yang berlaku jika nasabah meninggal dunia oleh sebab apa pun.

13. Asuransi Sun Life Financial

Asuransi Sun Life Financial menawarkan jasa pengelolaan kekayaan dan aset individu maupun korporasi, serta beragam produk asuransi juga.

Salah satu produk asuransi jiwa terbaik dari Sun Life Financial adalah Asuransi Prime Shield (Nobu), manfaat yang diberikan produk ini sangat menguntungkan mulai dari santunan kematian, tambahan santunan kematian karena kecelakaan, santunan rawat inap dan intensif di rumah sakit serta santunan penyakit kritis atau cacat total tetap dengan premi mulai dari Rp Rp8.000-an per hari.

14. Asuransi Jagadiri

Asuransi Jagadiri adalah perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan yang ada di bawah naungan PT Central Asia Financial (CAF). Produk asuransinya memang beragam, dengan rata-rata pembayaran premi yang terjangkau.

Misalnya, asuransi Jaga Jiwa dengan premi mulai dari Rp23.000 saja sudah menjangkau manfaat santunan meninggal dunia bukan karena kecelakaan dan kecelakaan, hingga manfaat santunan tunai lainnya.

Itulah 14 asuransi jiwa terbaik di Indonesia yang dapat menjadi pertimbangan kita sebelum memutuskan membeli asuransi jiwa. Riset dapat dimulai dengan membandingkan satu produk dengan produk lainnya untuk mendapatkan jasa asuransi jiwa yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ekonomi saat ini.

Untuk mendapatkan ulasan-ulasan yang lebih lengkap terkait perusahaan asuransi terbaik lainnya di Indonesia beserta produk-produk unggulan mereka, jangan ragu untuk mendapatkannya hanya di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →