Perusahaan Asuransi yang Beri Perlindungan atas Uang Kita

perusahaan asuransi uang

Dengan fungsinya sebagai alat transaksi sehari-hari dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan, uang menjadi sangat berharga.

Oleh karena itu, diperlukan perlindungan melalui asuransi uang untuk menjaga keamanannya atas risiko dicuri atau dirampok, baik ketika dipindahkan maupun berada di dalam tempat penyimpanan.

Asuransi uang memberikan kompensasi atau penggantian kepada tertanggung dalam hal uang yang dicuri apakah dari tempat usahanya, rumah sendiri, atau uang tersebut dibawa oleh tertanggung atau orang lain yang ditunjuknya atau ditugaskannya menuju atau dari bank.

Referensi Perusahaan yang Menawarkan Asuransi Uang

Perusahaan Asuransi AXA

Beberapa jenis asuransi uang yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi adalah cash in save, cash in transit, cash in cashier box, dan cash in ATM. Berikut enam perusahaan yang menawarkan asuransi uang.

1. Asuransi AXA Indonesia

Asuransi AXA Indonesia menawarkan asuransi uang yang memberikan penggantian atas hilangnya uang dalam keadaan berikut.

  • Kehilangan uang saat dalam perjalanan dari lokasi tertanggung menuju bank atau sebaliknya.
  • Pencurian uang di lokasi tertanggung yang tersimpan di lemari besi, laci, atau kabinet yang terkunci. 

Dalam hal itu, terdapat dua jenis asuransi uang yang ditawarkan, yaitu penggantian dalam perjalanan (cash in transit) dan penggantian pada lokasi milik tertanggung (cash in save).

2. Asuransi MSIG Indonesia

Asuransi uang yang ditawarkan Asuransi MSIG Indonesia memberikan penggantian kepada tertanggung dalam hal uang dicuri dari salah satu tempat usaha atau ketika sedang dibawa menuju atau dari bank. Terdapat dua jenis produk yang ditawarkan, yaitu:

  • Jaminan Pengiriman Uang (cash in transit) yang menjamin kerugian uang selama dibawa menuju e atau ditarik dari bank-bank.
  • Jaminan Penyimpanan Uang dalam brankas atau lemari besi (cash in safe) yang memberikan penggantian kepada tertanggung terhadap kehilangan uang dari brankas atau lemari besi yang terkunci dengan baik di lokasi tertanggung jika diawali dengan perusakan paksa dalam memasuki lokasi tersebut.

3. Zurich Indonesia

Perusahaan yang berkantor pusat di Zurich (Swiss) ini menawarkan produk asuransi uang yang memberikan ganti rugi kepada tertanggung apabila uang, ruang besi, atau kotak penyimpanan uang atau barang pribadi direktur atau karyawan yang diasuransikan rusak atau musnah karena dampak perampokan atau risiko lainnya yang tidak dikecualikan dalam polis.

Polis asuransi uang dari Asuransi Zurich Indonesia terdiri atas empat bagian jaminan sebagai berikut.

  • Kehilangan atau kerusakan uang selama dalam pengiriman oleh tertanggung atau perwakilan resminya dari tempat tertanggung ke tempat pelanggan atau ke bank dan sebaliknya disebabkan oleh risiko yang tidak dikecualikan dalam polis.
  • Kehilangan atau kerusakan uang selama berada di tempat tertanggung, baik saat jam kerja maupun di luar jam kerja disebabkan oleh pencurian atau percobaan pencurian.
  • Musnah atau rusaknya mesin pencetak materai, lemari besi, ruang besi, atau kotak pengaman yang disebabkan oleh pencurian.
  • Musnah atau rusaknya barang pribadi milik direktur atau karyawan tertanggung yang disebabkan oleh perampokan.

4. Asuransi Kresna Mitra (Kresna Insurance)

Asuransi uang dari Asuransi Kresna Mitra memberikan ganti rugi kepada tertanggung terhadap hilangnya uang dari segala penyebab, kecuali secara khusus telah dikecualikan dan/atau sejalan dengan prosedur pencegahan seperti ditentukan dalam polis asuransi.

Produk Asuransi Uang Dalam Perjalanan dari Kresna Mitra dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik kita, termasuk perlindungan:

  • Uang untuk gaji dan upah sejak meninggalkan bank sampai dibayarkan kepada karyawan.
  • Uang lainnya dalam perjalanan sejak meninggalkan bank sampai diterima di tempat nasabah.
  • Uang dalam perjalanan menuju bank sejak meninggalkan lokasi kita sampai dibayarkan di bank.
  • Uang yang disimpan di tempat pribadi, yaitu di ruang penyimpan yang terkunci aman.
  • Uang di tempat tinggal atau kantor kita yang berada di dalam laci atau lemari terkunci.
  • Uang di tangan penagih dari saat penagihan sampai dikirim langsung ke bank, atau dikirim ke bank melalui rumah/kantor kita.

5. Asuransi Wahana Tata

Asuransi Wahana Tata dinilai menawarkan jenis pertanggungan yang lebih lengkap dibandingkan dengan perusahaan lainnya, yaitu selama dalam pengiriman (cash in transit), selama penyimpanan (cash in safe dan cash in ATM), serta saat di tangan teller (cash in cashier box).

Saat ini terdapat 70 jaringan Asuransi Wahana Tata yang lokasinya tersebar di berbagai kota besar sehingga memungkinkan perusahaan untuk lebih cepat menjangkau dan melayani nasabah dalam penanganan klaim hingga penutupan asuransi.

6. Asuransi Sinar Mas

Asuransi uang dari Asuransi Sinar Mas memberikan perlindungan atas ganti rugi uang yang dimiliki oleh perusahaan atas risiko kebongkaran atau perampokan pada saat berada dalam brankas, ATM, teller, kasir, maupun pada saat berada dalam perjalanan dari atau menuju bank atau nasabah atau pihak lain sesuai polis asuransi.

Jenis jaminan yang diberikan ada tiga, yaitu cash in safe, cash in transit, dan fidelity guarantee. Fidelity guarantee memberikan ganti rugi atas ketidakjujuran atau ketidakmampuan atau kegagalan karyawan di dalam instansi tertanggung dalam melaksanakan tugasnya berupa kerugian keuangan atau kehilangan stok.

Perhatikan Hal-Hal Ini sebelum Membeli Asuransi Uang

referensi perusahaan asuransi terbaik

Sebelum kita memutuskan untuk membeli asuransi uang dari suatu perusahaan, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut demi mendapatkan layanan terbaik.

  • Surat penawaran perusahaan.
  • Agen yang bersertifikat.
  • Surat Permintaan Penutupan Asuransi.
  • Meminta perubahan jika terdapat kesalahan data dalam polis yang diberikan. 

Kewajiban bagi Nasabah Asuransi Uang

Sebagai nasabah, kita memiliki kewajiban yang harus dipenuhi demi mendapatkan perlindungan secara maksimal. Kewajiban tersebut antara lain:

  • Mempelajari dengan baik proposal penawaran yang diajukan oleh agen/broker.
  • Memastikan kesehatan keuangan dari perusahaan Asuransi yang akan menjamin risiko. Minimal cari tahu dari rasio solvabilitas perusahaan.
  • Menanyakan kartu keagenan dari agen yang menawarkan jika melalui agen.
  • Mengisi Surat Permohonan Penutupan Asuransi dengan data yang sebenar-benarnya secara lengkap dan ditandatangani oleh calon tertanggung sendiri.

Untuk mencari tahu perusahaan yang menyediakan produk asuransi uang dan produk asuransi lainnya sesuai kebutuhan kita, Lifepal menjadi pilihan tepat. Jangan menunggu lama-lama, kunjungi Lifepal sekarang juga!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →