10 Perusahaan Besar yang Menjadi Kebanggaan Indonesia

perusahaan besar dan terkenal di indonesia

Perusahaan besar di Indonesia berasal dari berbagai bidang, terdiri atas perusahaan milik Negara maupun perusahaan swasta.

Perusahaan terkenal semacam ini banyak menjadi incaran para tenaga kerja Indonesia karena kredibilitas dan potensi penghasilan yang dapat diperoleh.

Selain itu, kinerja perusahaan besar ini juga tidak diragukan sehingga berhasil menggaet kepercayaan pelanggan dan perusahaan partner bertahun-tahun.

Nah, ini dia 10 perusahaan besar dan terkenal di Indonesia yang telah membuktikan kinerja dan kredibilitasnya selama bertahun-tahun.

1. Pertamina

Pertamina merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terdepan yang membukukan penjualan dan laba bersih dengan angka yang sangat tinggi tiap tahun.

Angka penjualan Pertamina setiap tahun dapat mencapai ratusan triliun, dengan laba bersih yang tidak kecil.

Sepanjang tahun 2018, Pertamina mencatat angka penjualan Rp826,30 triliun dengan laba Rp35.99 triliun.

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Sebagai salah satu bank yang memiliki cabang terbanyak di seluruh Indonesia, tidak heran jika BRI merupakan salah satu perusahaan BUMN terbesar di bidang jasa keuangan.

BRI yang kini sudah menjadi perusahaan terbuka, mencatat nilai penjualan berupa penyaluran kredit BRI pada tahun 2018 tercatat sebesar Rp808,9 triliun.

Sementara itu, laba yang dibukukan mencapai Rp32,4 triliun. Tidak hanya di kancah nasional, prestasi BRI membawanya tercatat sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia versi Forbes.

3. Bank Central Asia (BCA)

Keberadaan BCA sebagai salah satu perusahaan bank terkenal dan terbesar di Indonesia sudah tidak diragukan lagi.

BCA merupakan salah satu penyedia jasa keuangan dengan berbagai produk yang penuh inovasi. Tidak mengherankan, banyak nasabah yang loyal selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2018, penyaluran kredit yang dapat dicapai BCA sekitar Rp678,8 triliun. Sementara, laba yang berhasil dicetak sebanyak Rp25,9 triliun.

Seperti halnya BRI, BCA juga termasuk dalam perusahaan terbesar di dunia versi Forbes.

4. Bank Negara Indonesia (BNI)

Tidak jauh berbeda dengan BRI, BNI merupakan salah satu perusahaan BUMN bidang jasa keuangan yang menjadi perusahaan terbuka.

Penyaluran kredit yang berhasil dibukukan BNI selama tahun 2018 sebesar Rp512,51 triliun dengan laba bersih sebesar Rp15 triliun. BNI berhasil masuk sebagai perusahaan terbesar di dunia versi Forbes

5. Astra Internasional

Meski diketahui berkecimpung di dunia otomotif, namun sebenarnya Astra Internasional memiliki berbagai ruang lingkup kegiatan, termasuk perindustrian, perdagangan umum, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan hingga jasa konsultasi.

Sepanjang tahun 2018, Astra Internasional berhasil mencatat angka penjualan sebanyak Rp239, 21 triliun dan laba bersih sebanyak Rp21,67 triliun.

6. Bank Tabungan Negara (BTN)

Sebagai salah satu perusahaan BUMN di bidang jasa keuangan, BTN berhasil menunjukkan kinerja yang baik selama bertahun-tahun.

BTN yang sudah terdaftar menjadi perseroan terbatas ini sukses dalam bisnis perumahan melalui fasilitas kredit perumahan rakyat (KPR).

Pada tahun 2018, BTN membukukan penyaluran kredit hingga Rp220,07 triliun. Lalu, laba bersih yang berhasil diperoleh mencapai Rp3,2 triliun.

7. Bank Danamon

Sejak awal pendirian tahun 1956 hingga saat ini, Bank Danamon telah mengalami berbagai perubahan. Hingga akhir 2017, Bank Danamon tercatat memiliki lebih dari 1700 cabang yang terdiri dari berbagai unit.

Unit ini termasuk kantor cabang konvensional, unit usaha syariah, dan unit Danamon Simpan Pinjam yang menjadi salah satu produk unggulan Bank Danamon.

Sepanjang tahun 2018, penyaluran kredit Bank Danamon sebesar Rp178,2 triliun. Kenaikan laba juga tampak pada tahun 2018 sebesar Rp3,9 triliun atau naik sekitar 7 persen dibandingkan tahun 2017.

8. Telkom Indonesia

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom Indonesia merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi yang terbesar di Indonesia.

Perusahaan BUMN ini telah melepas kepemilikan saham sekitar 49,17 persen ke publik, namun pemerintah Indonesia tetap memiliki nilai saham mayoritas lebih dari 52,09 persen.

Pada tahun 2018, Telkom Indonesia berhasil mencapai penjualan sebesar Rp130,78 triliun dengan laba yang cukup tinggi, yaitu sebesar Rp18,56 triliun.

Salah satu prestasi yang membanggakan adalah keberhasilan Telkom Indonesia sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia versi Forbes.

9. PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (Sampoerna)

Sampoerna termasuk salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Dua produk utama dari perusahaan ini yang tidak asing lagi bagi konsumen Indonesia adalah Dji Sam Soe dan A Mild.

Saat ini kepemilikan saham mayoritas Sampoerna atas nama perusahaan rokok asal Amerika Serikat, Phillip Morris International.

Sepanjang tahun 2018, Sampoerna mencapai angka penjualan Rp106,74 triliun dengan laba bersih sebesar Rp13,63 triliun.

10. Gudang Garam

Gudang Garam adalah salah satu perusahaan rokok terkenal sekaligus tertua di Indonesia yang didirikan pada 26 Juni 1958. Dua produk utama Gudang Garam adalah rokok Gudang Garam dan Surya.

Perusahaan yang memiliki pusat pembuatan rokok di Kediri, Jawa Timur ini, berhasil membukukan penjualan sebesar Rp95,71 triliun dan laba bersih Rp7,79 triliun.

Gudang Garam juga berhasil membuktikan diri  dengan masuk sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia dari Forbes.

Perusahaan besar di Indonesia di atas memiliki nilai penjualan dan laba yang luar biasa sehingga wajar jika posisinya diakui tidak hanya secara nasional, namun juga di kancah internasional. Berminat bergabung di salah satu perusahaan tersebut?

Nah kalau kamu punya minat lain untuk mencari penghasilan bulanan tambahan, Lifepal punya penawaran buat kamu.

Kamu bisa dapatkan penghasilan tambahan dengan bergabung bersama Mitra Lifepal dalam memasarkan produk asuransi dari berbagai perusahaan.

Gak tanggung-tanggung, di sini kamu berpeluang dapat Rp30 juta! Yuk cari tahu selengkapnya di Mitra Lifepal.

Jangan ragu untuk mengonsultasikan kendalamu terkait pengelolaan keuangan dan bisnis dengan pakar finansial kami di Tanya Lifepal.

FAQ seputar perusahaan besar di Indonesia

Rata-rata tercatat sebagai perusahaan terbesar di dunia versi Forbes, berikut 10 perusahaan terkenal di Indonesia.

  1. Pertamina
  2. Astra Internasional
  3. Telkom Indonesia
  4. Gudang Garam
  5. PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (Sampoerna)
  6. Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia)
  7. Bank BCA (Bank Central Asia)
  8. Bank BNI (Bank Negara Indonesia)
  9. Bank BTN (Bank Tabungan Negara)
  10. Bank Danamon
Pada tahun 2018, Pertamina mencatat angka penjualan Rp826,30 triliun. Dari penjualan tersebut, perusahaan BUMN ini meraih laba Rp35.99 triliun.
Ada 5 perusahaan bank pemerintah dan swasta di Indonesia yang tergolong sebagai perusahaan terkenal di dalam negeri dan bahkan di luar negeri juta, yaitu:

  1. Bank BRI
  2. Bank BCA
  3. Bank BNI
  4. Bank BTN
  5. Bank Danamon
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →