Ini Deretan Saham Perusahaan yang Didirikan Oleh Pengusaha Asal Jawa Barat

Perusahaan-Orang-Jawa-Barat-Ini-Sukses-Melantai-di-Bursa-Saham-Shutterstock.

Setelah membahas saham para pengusaha Surabaya, Solo, dan Sumatera Utara, kini kita bakal kepoin perusahaan-perusahaannya pengusaha Jawa Barat. Provinsi yang satu ini luas banget lho.

Bukan cuma wilayahnya yang luas, orang-orang asal Priangan juga banyak yang sukses. Dan tentunya, berhasil mendirikan sebuah perusahaan besar yang sahamnya bisa kamu koleksi.

Penasaran dengan saham-saham para crazy rich Jabar ini? Yuk mari kita bahas di bawah sini. 

1. PT Medco Energi Internasional, Tbk (MEDC)

Jawa Barat
Arifin Panigoro

Kamu tentu tahu dong, perusahaan minyak ini didirikan oleh seorang konglomerat kelahiran Bandung yang sering dapat penghargaan karena rajin bayar pajak. Siapa lagi kalau bukan Arifin Panigoro.

Di tahun 1979-1980 terjadi peristiwa oil boom yang menyebabkan minyak bumi menjadi komoditas primadona di kegiatan ekspor. Di saat itulah Arifin mendirikan Medco. Saat ini, perusahaan Medco dipimpin oleh adiknya, Hilmi. Meski demikian, keluarga Panigoro juga masih menguasai perusahaan yang didirikan Arifin.

50,23 persen saham MEDC dipegang oleh PT Medco Daya Abadi Lestari. Sementara itu 21,47 persennya dipegang Diamond Bridge Pte, ltd. Jatahnya publik adalah 27,7 persen.

2. Matahari Putra Prima, Tbk (MPPA)

Jawa Barat
Mendiang Hari Darmawan

Walaupun perusahaan ini sudah menjadi bagian dari Lippo Group, tapi kamu harus tahu dong siapa tokoh pendiri perusahaan ini. 

Adalah mendiang Hari Darmawan, seorang yang memulai usaha dengan membeli Toserba Mickey Mouse milik mertuanya sendiri. Setelah sukses dengan Mickey Mouse, dia membeli toko bernama De Zion di Pasar Baru yang menjadi cikal bakal Matahari Department Store.

PT Multipolar, Tbk menguasai 32,99 persen saham MPPA. Sementara itu publik mendapat jatah 16,87 persen.

3. Astra International, Tbk (ASII)

Jawa Barat
William Soeryadjaja

Tahu gak kalau perusahaan raksasa yang menguasai pasar otomotif di Indonesia ini didirikan oleh seorang warga Jawa Barat. Adalah William Soeryadjaja, pria keturunan Tionghoa yang lahir di Majalengka dan akhirnya pindah ke Bandung.

Di tahun 1957, dia mendirikan Astra bersama Tjia Kian Tie, dan temannya, Lim Peng Hong. Alhasil kini, perusahaan itu pun melahirkan banyak anak usaha yang sanggup mendominasi pasar. 

50,11 persen saham ASII dipegang oleh Jardine Cycle & Carriage ltd (JCCL Group), sementara itu 49,89 persen diperuntukan ke publik. Asal kamu tahu, salah satu anggota Dewan Direksi JCCL Group itu juga ada urang Bandungnya lho, dia adalah Dr Marty Natalegawa, mantan Menlu RI. 

4. PT United Tractors, Tbk (UNTR)

Jawa Barat
William Soeryadjaja

Bukan cuma ASII, William Soeryadjaja juga mendirikan UNTR. Perusahaan yang didirikan tahun 1972 ini, adalah distributor peralatan berat terbesar dan terkemuka di Indonesia.

Baik ASII maupun UNTR kerap dikoleksi oleh asing lho. Fundamental perusahaan ini juga sangat bagus. 

Intinya, PT Astra International Tbk, menguasai 59,5 persen saham UNTR. Publik diberi jatah 40,5 persen.

5. PT Adira Dinamika Multifinance,Tbk (ADMF)

Jawa Barat
Theodore Permadi Rachmat

Pendiri perusahaan ini adalah keponakan dari William Soeryadjaja yang tentunya sama-sama berasal dari Majalengka, Jawa Barat.

Dia juga pernah membesarkan ASII dan setelah sukses, dia mendirikan Triputra Group, siapa lagi kalau bukan Theodore Permadi Rachmat (TP Rachmat) yang menduduki posisi sembilan, orang terkaya di Indonesia.

Salah satu anak usaha pertama Triputra adalah PT Adira Finance, sebuah perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor dan asuransi. Nama Adira sejatinya adalah singkatan dari ayahnya, Adi Rafael Rachmat.

Komposisi kepemilikan saham ADMF adalah, 92,07 persen dipegang PT Bank Danamon Indonesia, Tbk, dan 7,93 persen oleh publik. 

Itulah lima perusahaan besar yang didirikan orang warga domisili Jawa Barat. Tertarik borong saham yang mana nih? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →