5 Perusahaan Pelayaran Terbesar di Dunia yang Meraup Cuan Hingga Ratusan Triliun Rupiah

Pertumbuhan volume pengiriman barang melalui jalur laut membuat perusahaan pelayaran di dunia hari ini meraup keuntungan yang angkanya sangat fantastis. Setidaknya ada 5 korporasi yang menguasai industri yang satu ini. Siapa aja mereka?

Setiap tahunnya pasar pengiriman logistik melalui jalur laut terus mengalami peningkatan. Berbagai industri di dunia seperti otomotif, manufaktur hingga bahan pangan memanfaatkan jasa yang satu ini untuk mengirimnya ke luar negeri.

Salah satu alasan paling dasar kenapa perusahaan dunia menggunakan jasa perusahaan shipping adalah ongkosnya yang jauh lebih murah dibandingkan harus menggunakan armada pesawat terbang ataupun kendaraan darat.

Karena faktor tersebut, gak aneh banyak perusahaan besar yang menguasai pasar domestik, regional maupun internasional.

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja nih daftar 5 perusahaan pelayaran terbesar di dunia, melansir dari Marine Insight.

5. Perusahaan pelayaran Hapag-Lloyd – Rp 178 triliun

Perusahaan pelayaran
Perusahaan Hapag-Lloyd (Shutterstock).

Korporasi pertama yang masuk dalam daftar adalah Hapag-Lloyd yang berdiri pada tahun 1970 atas merger yang dilakukan oleh perusahaan Hamburg-American Line and the North German company Lloyd.

Hari ini tercatat Hapag-Lloyd memiliki total sekitar 231 kapal kontainer yang tersebar di seluruh dunia. Keuntungan yang diraihnya sendiri menyentuh 11,5 miliar Euro atau Rp 178 triliunan.

4. Perusahaan COSCO – Rp 239 triliun

Perusahaan pelayaran
China Ocean Shipping Company atau yang dikenal dengan COSCO (Shutterstock).

Keempat ada China Ocean Shipping Company atau yang dikenal dengan COSCO. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1961 di Shanghai.

Untuk menjalankan operasional di seluruh dunia COSCO menyiapkan kapal sebanyak 461 unit yang berada di 40 negara berbeda. Total keuntungan yan didapatkan oleh mereka bisa mencapai 120 miliar Yuan atau setara Rp 239 triliun

3. Perusahaan pelayaran CMA-CGM – Rp 324 triliun

Perusahaan pelayaran
CMA dan CGM adalah perusahaan asal Prancis (Shutterstock).

Compagnie Maritime d’Affrètement (CMA) dan Compagnie Générale Maritime (CGM) adalah perusahaan asal Perancis yang pertama beroperasi pada tahun 1978.

Dengan jumlah armada kapal sebanyak 505 unit, perusahaan ini memiliki 120 rute yang tersebar di 420 pelabuhan yang melewati 150 negara di dunia. Pantes aja jumlah cuan yang diraih oleh CMA-CMG mencapai US$ 23 miliar atau setara Rp 324 triliunan.

2. Mediterranean Shipping Company – Rp 394 triliun

Perusahaan pelayaran
Mediterranean Shipping Company (Shutterstock).

Selanjutnya ada Mediterranean Shipping Company (MSC) yang bermarkas di negara Swiss. Pertama kali didirikan tahun 1970, kni MSC udah memiliki total 524 kapal pengangkut barang yang beroperasi di 155 negara di dunia.

Total keuntungan yang berhasil diraih oleh Mediterranean Shipping Company mencapai US$ 28 miliar atau setara Rp 394 triliunan.

1. Maersk Line – Rp 550 triliun

Perusahaan pelayaran
Maersk Line (Shutterstock).

Perusahaan shipping terbesar di dunia dipegang oleh Maersk Line yang pastinya kamu sering liat di jalanan. Pertama kali didirikan pada tahun 1904, Maersk merupakan korporasi dunia yang berasal dari negara Denmark.

Kini total armadanya mencapai 711 unit dan melayari jasa pengiriman logistik di lebih dari 130 negara dan memiliki sekitar 76 ribu pegawai. Total cuan yang masuk ke kas perusahaan mencapai US$ 39 miliar atau setara Rp 550 triliun.

Nah itulah 5 perusahaan pelayaran atau shipping terbesar di dunia. Dari kelima nama tersebut mana nih yang familiar kamu ketahui? (Editor: Winda Destiana Putri).