Perusahaan Sekuritas Terbaik di Berbagai Kategori [2020]

perusahaan sekuritas terbaik

Predikat sebagai perusahaan sekuritas terbaik tidak hanya ditentukan dari lamanya aktif di dunia investasi, namun masih banyak poin-poin lain yang dijadikan pertimbangan.

Pada dasarnya, perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang mendapat izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terdaftar anggota bursa di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk melakukan kegiatan usaha sebagai perantara pedagang efek atau penjamin emisi efek.

Informasi mengenai perusahaan sekuritas terbaik banyak dicari. Pasalnya, saat ini mulai banyak muncul perusahaan sekuritas seiring semakin bertambah masyarakat yang memulai investasi melalui pasar modal. 

Perusahaan sekuritas sering dianggap sama dengan manajer investasi. Padahal manajer investasi adalah perusahaan yang mendapat izin usaha dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha berupa pengelolaan portofolio reksadana yang merupakan kumpulan dana dari masyarakat.

Sesuai penjelasan di atas, berarti tugas perusahaan sekuritas dan manajer investasi berbeda. Perusahaan sekuritas bertugas sebagai perantara pedagang efek, yaitu jembatan antara investor dan pasar modal dalam transaksi jual-beli saham dan obligasi.

Sedangkan, tugas manajer investasi sesuai pengertiannya adalah mengelola portofolio reksadana. Manajer investasi-lah yang melakukan transaksi jual-beli sesuai amanat dari investor reksadana.

Buat kamu yang memang mau serius berinvestasi di pasar modal, saham misalnya, maka harus pintar-pintar memiliki perusahaan sekuritas terbaik. Ibaratnya, perusahaan sekuritas adalah mitra bagi investor. 

Apa itu perusahaan sekuritas?

Kita bahas sebentar soal pasar modal ya, guys! Seperti dikutip dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pasar modal itu ‘tempat’ mempertemukan pihak yang membutuhkan dana (jangka panjang) dengan pihak yang membutuhkan sarana investasi pada produk keuangan. 

Nah, produk investasi di pasar modal sendiri di antaranya saham, obligasi, sukuk, dan reksa dana. Untuk bisa berinvestasi saham maupun obligasi di pasar modal, kamu harus memanfaatkan jasa perantara perusahaan efek. 

Setelah itu, kita lanjut soal perusahaan efek ya! 

Perusahaan efek itu pihak yang telah mendapatkan izin dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek (Broker-Dealer), Penjamin Emisi Efek (Underwriter), dan Manajer Investasi. 

Suatu Perusahaan Efek dapat melakukan salah satu kegiatan usaha namun dapat juga melakukan ketiganya bersamaan. Hal tersebut tergantung dari kemampuan permodalan dan kesiapan sumberdaya perusahaan tersebut.

Perusahaan efek di Indonesia dibagi menjadi dua jenis, yaitu Perusahaan Sekuritas dan Manajer Investasi. 

Perusahaan Sekuritas sendiri adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK untuk dapat melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, atau kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pengawas Pasar Modal.

Kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas, yaitu:

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

1. Perantara pedagang efek (Broker-Dealer)

  1. Melakukan kegiatan jual beli Efek (surat berharga) untuk kepentingan sendiri atau pihak lain.
  2. Jual-beli Efek seperti saham dan obligasi dapat dilakukan di Bursa Efek atau melalui transaksi di luar bursa (transaksi Cver-the-Counter/OTC).

2. Penjamin emisi efek (Underwriter)

  1. Membantu calon Emiten (perusahaan terbuka) dalam melaksanakan Penawaran Umum Saham (Initial Public Offering/IPO), dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa Efek yang tidak terjual.
  2. Istilah Penawaran Umum Saham juga dikenal masyarakat dengan nama go public.

Jika kamu ingin beli saham, maka kamu harus membuka rekening saham melalui perusahaan sekuritas yang telah memiliki izin sebagai Perantara Pedagang Efek dari OJK.

Beda halnya dengan manajer investasi. Manajer investasi adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha Manajer Investasi. 

Saat ini, Manajer Investasi lebih dikenal sebagai perusahaan yang mengelola portofolio reksa dana yang merupakan kumpulan dana dari masyarakat.

Manajer Investasi melakukan kegiatan usaha, yaitu:

  1. Pengelolaan portofolio efek nasabah tertentu berdasarkan perjanjian pengelolaan dana yang bersifat bilateral dan individual yang disusun sesuai peraturan Pengawas Pasar Modal.
  2. Pengelolaan portofolio investasi kolektif untuk kepentingan sekelompok nasabah melalui wadah produk-produk yang diatur dalam peraturan Pengawas Pasar Modal.
  3. Kegiatan lainnya yang sesuai dengan ketentuan Pengawas Pasar Modal.

Sesuai penjelasan di atas, berarti tugas perusahaan sekuritas dan manajer investasi berbeda. 

Perusahaan sekuritas bertugas sebagai perantara pedagang efek, yaitu jembatan antara investor dan pasar modal dalam transaksi jual-beli saham dan obligasi.

Sedangkan tugas manajer investasi sesuai pengertiannya adalah mengelola portofolio reksa dana. Manajer investasi-lah yang melakukan transaksi jual-beli sesuai amanat dari investor reksa dana.

Pilihan perusahaan sekuritas terbaik

Urusan memilih perusahaan sekuritas terbaik dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya, penghargaan yang pernah diraih dari BEI atau pihak atau perusahaan lain yang memberikan anugerah penghargaan atas performa terbaik. Supaya lebih mudah, simak beberapa kriteria berikut untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik.

Demi melancarkan rencana investasi di pasar modal, maka kamu perlu mencari partner yang terbaik. Dalam hal ini, partner yang perlu kamu gandeng adalah perusahaan sekuritas, sesuai dengan tugas dan fungsi yang dijelaskan di atas. 

Perusahaan sekuritas ini biasanya dibagi ke dalam dua kategori, yakni sekuritas lokal dan sekuritas asing. Pergerakan sekuritas asing ini lebih banyak diikuti pelaku pasar karena biasanya transaksi yang dilakukan cukup besar. Pergerakannya juga berpotensi ikut menggerakkan harga saham tertentu.. 

Tapi yang perlu kamu perhatikan, fee trading alias jual belinya sering kali lebih tinggi dari rata-rata sekuritas lokal, di rentang 0,25 persen untuk transaksi beli sampai 0,35 persen untuk transaksi jual. Sekuritas lokal lebih rendah, yakni di rentang 0,15 persen sampai 0,25 persen. 

Apa saja sekuritas terbaik yang bisa jadi partner investasimu? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Indo Premier Sekuritas

Sekuritas berkode PD ini perusahaan lokal Indonesia. Indo Premier sempat dinobatkan sebagai Indonesia’s Best Domestic Bond House dalam acara The Asset Asian Awards. Pada 2015 lalu, sekuritas ini juga dinobatkan sebagai perusahaan sekuritas terbaik. 

Pada April 2020 lalu, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, frekuensi perdagangan mencapai 1,038 kali transaksi senilai Rp14,04 triliun dengan volume 13,273 lot saham selama bulan April.

2. Mirae Asset Sekuritas

Sekuritas berkode YP ini tergolong sekuritas asing. Sepanjang April lalu YP mencatatkan 1,87 juta transaksi baik jual maupun beli baik di pasar reguler maupun non reguler. Nilai volume sebesar 24.140 lot dengan nilai Rp13,72 triliun.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) terakhir menurut catatan BEI senilai Rp1,08 triliun.

3. BNI Sekuritas

Sekuritas ini merupakan perusahaan lokal yang berada di bawah Bank Negara Indonesia (BNI), salah satu BUMN perbankan nasional. Artinya, sahamnya pun dimiliki pemerintah. 

Sepanjang April 2020, sekuritas berkode NI ini mencatatkan 515 ribu transaksi baik di pasar reguler maupun non reguler. Nilai volumenya sebesar 10.230 lot senilai Rp 11,49 triliun.

Sementara nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) terakhir menurut catatan BEI senilai Rp 254 miliar.

4. Mandiri Sekuritas

Sama dengan BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas juga lokal. Mandiri sekuritas pernah memegang titel sekuritas terbaik yang pernah mendapatkan penghargaan Broker Terbaik di Bursa Efek Indonesia (BEI). Mandiri Sekuritas juga memiliki rekor transaksi saham sebesar Rp205 triliun.

Tahun 2018 lalu, Mandiri Sekuritas pernah mendapat empat penghargaan sekaligus dalam Finance Asia Country Awards for Achievement. Penghargaan tersebut di antaranya adalah Best Debt Capital Markets House, Best Investment Bank, Best Broker, dan Best Equity Capital Markets House. 

Dari BEI, Mandiri Sekuritas juga memperoleh predikat sebagai anggota bursa terbaik dalam kategori pertumbuhan investor.

5. NH Korindo Sekuritas Indonesia

Majalah ekonomi Investor pernah menobatkan PT NH Korindo Sekuritas yang didukung oleh diversifikasi bisnis sejak 2018 dan pengawasan NH Financial Group sebagai salah satu 10 sekuritas top Indonesia. Pada Mei 2019, NH Korea menyuntikkan modal tambahan senilai USD 27 miliar dan mengharapkan peringkat NHKS naik di posisi ketiga pada 2019.

Ada program menarik juga yang ditawarkan perusahaan sekuritas yang satu ini. Tepat setahun yang lalu, sekuritas saham satu ini menggelar sayembara member get member (program referral).

Jadi, jika kamu sudah menjadi nasabah NH Korindo, dan ingin menjadi bagian tim marketing mereka secara tidak langsung. Broker saham ini memberikan tawaran terbaik. Yaitu, komisi sebesar 1 persen dari deposit awal.

6. Henan Putihrai Sekuritas

Sekuritas yang satu ini pernah dinobatkan sebagai sekuritas terbaik tahun 2019, Kategori Asset di atas Rp250 miliar sampai Rp500 miliar oleh majalah Investor. 

Tahun 2017 lalu, sekuritas berkode HP ini menawarkan produk zakat saham pertama di Indonesia. 

7. Samuel Sekuritas

PT SSI didirikan pada tahun 1992, di Jakarta oleh mantan eksekutif senior dari Citibank NA. Sebagai perusahaan penyedia jasa perantara pedagang efek (broker) dan penjamin emisi efek (underwriter), pelayanan yang diberikan SSI cukup luas. Mereka pun menyediakan jasa pengelolaan aset investasi bagi para kliennya.

Pemegang saham dari Samuel Sekuritas adalah PT Samuel International dengan kepemilikan saham 75 persen, dan PT Tumbuh Bersama Indonesia dengan kepemilikan saham 25 persen.

Perlu kamu ketahui, SSI merupakan salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia yang pertama kali menyediakan fasilitas perdagangan saham secara online melalui jaringan internet dan perangkat seluler.

Perusahaan sekuritas berkode IF ini sejatinya memiliki kinerja yang sangat positif. SSI sukses mencetak laba Rp206,9 miliar atau naik 11 persen dari tahun 2017. 

8. Panin Sekuritas

Tahun 2018 lalu, Panin Sekuritas mendapatkan awards sebagai Anggota Bursa Terbaik Kategori Kinerja Keuangan dalam Penghargaan IDX Appreciation 2018. 

Capaian lainnya, Tempo Media Group mendapuk Panin sekuritas untuk mendapatkan penghargaan berupa SPEx2 (Strategy into Performance Execution Excellence) pada 2018, dengan tema khusus yakni Navigating Digital Shift dalam industri sekuritas.

Lalu, pada tahun 2019, perusahaan berkode GR ini memperoleh Penghargaan Penjamin Emisi Efek dan Perantara Perdagangan Efek dengan aset di atas Rp2 triliun, oleh Infobank. 

9. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia 

Perusahaan sekuritas yang ini berasal dari luar negeri. Pada April lalu, sekuritas berkode YU ini mencatatkan 499 ribu transaksi baik jual maupun beli baik di pasar reguler maupun non reguler. Nilai volume sebesar 9.211 lot senilai Rp13,73 triliun.

Nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) terakhir menurut catatan otoritas bursa senilai Rp475 miliar.

10. Trimegah Sekuritas 

Yang ini termasuk perusahaan sekuritas lokal. Merupakan salah satu perusahaan sekuritas lokal terbaik dengan banyak penghargaan. 

Di antaranya adalah Best Listed Company 2017 di sektor Sekuritas dan Reksadana yang diselenggarakan oleh Majalah Investor. Trimegah juga sempat terpilih sebagai 50 Best of The Best Companies dari Forbes Indonesia

Pilihan perusahaan sekuritas terbaik

Urusan memilih perusahaan sekuritas terbaik dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah penghargaan yang pernah diraih dari BEI atau pihak atau perusahaan lain yang memberikan anugerah penghargaan atas performa terbaik.

Supaya lebih mudah, simak beberapa kriteria berikut untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik.

1. Apresiasi melalui penghargaan

Penghargaan tahunan yang diberikan BEI merupakan apresiasi kepada perusahaan tercatat di bursa (emiten saham), anggota bursa atau perusahaan sekuritas, perusahaan sekuritas penjamin emisi efek (underwriter), dan manajer investasi.

Penghargaan yang dilakukan pada acara CEO Networking 2018 ini digelar oleh OJK, BEI, Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI), serta Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Tahun lalu, perusahaan sekuritas pelat merah adalah Mandiri Sekuritas yang memborong dua penghargaan.

Mandiri Sekuritas meraih predikat sebagai Anggota Bursa Terbaik kategori Pertumbuhan Investor, Penjamin Emisi Terbaik kategori Aktivitas Penjaminan dan Penjaminan Saham. Sementara Mandiri Manajemen Investasi menerima penghargaan sebagai Manajer Investasi Terbaik.

Beberapa penghargaan lainnya meliputi:

  • Anggota Bursa dengan Kinerja Keuangan Terbaik – Panin Sekuritas.
  • Anggota Bursa dengan Aktivitas Transaksi Terbaik – Mirae Asset Sekuritas Indonesia.
  • Penjamin Emisi Terbaik kategori Nilai Penjamin Obligasi – Indo Premier Sekuritas.

2. Perusahaan sekuritas terbaik berdasarkan tiga kriteria

Bagi pemula di dunia pasar modal tentu perlu bimbingan dari para ahli. Nah, pembimbing di pasar modal ini adalah broker atau pialang yang akan memberikan referensi saham hingga transaksi yang harus dilakukan apakah jual atau beli.

Agar tidak bingung, mari kita simak perusahaan sekuritas terbaik dilihat dari tiga kriteria yang meliputi biaya (fee) trading murah, minimal deposit paling ringan, dan penghargaan dari lembaga pemeringkat.

1. Biaya trading murah

FYI, fee trading terbagi menjadi dua, yaitu biaya saat membeli saham dan biaya saat menjual saham. Artinya, apa pun transaksi kita di pasar modal akan dikenakan biaya. Rata-rata perusahaan sekuritas mengenakan fee trading pembelian antara 0,1 hingga 0,3 persen dan untuk penjualan 0,2 hingga 0,4 persen.

Berikut daftar perusahaan sekuritas yang menawarkan fee termurah di tahun 2020:

Perusahaan sekuritas Beli  Jual
Mandiri Sekuritas Online Trading 0,18 0,28
BNI Sekuritas 0,15 0,25
Mirae Asset Sekuritas Indonesia 0,15 0,25
IPOT 0,19 0,29
Phillip Sekuritas Indonesia 0,20 0,30
MNC Sekuritas 0,19 0,29

2. Deposit paling ringan

Rata-rata perusahaan sekuritas mewajibkan deposit dana investasi antara Rp1-Rp3 juta. Nominal deposit ini tentu tergantung pada kebijakan dari masing-masing perusahaan. Berikut daftar perusahaan sekuritas yang menawarkan deposit paling ringan.

Perusahaan sekuritas Deposit minimal
IPOT atau Indo Premier, Phintaro, Trimegah, dan MNC Sekuritas Rp100 ribu
Sinarmas Online Rp500 ribu
BNI Sekuritas dan Phillip Sekuritas Rp1 juta
Mandiri Sekuritas Rp2 juta
Mirae Asset Sekuritas Indonesia Rp3 juta
CIMB Niaga Rp5 juta

3. Raih penghargaan dari lembaga pemeringkat

Sebenarnya sudah banyak perusahaan sekuritas yang menjadi anggota bursa yang meraih penghargaan. Namun, yang terbaru dan masih hot ada enam perusahaan, yaitu:

Perusahaan sekuritas Penghargaan 
Mandiri Sekuritas
  • Transaksi Saham Terbesar (2019) Rp205 triliun
  • Broker Terbaik Pasar Modal Indonesia 2019
  • Dari Finance Asia Country Awards 2018: Best Debt Capital Markets House, Best Investment Bank, Best Broker, Best Equity Capital Market House
Panin Sekuritas
  • Warta Ekonomi: Living Legend Companies Award (2019), Indonesia Most Innovative Business Award (2018) kategori Terbaik dalam Inovasi Perusahaan Sekuritas, Most Powerful Company (2017), Perusahaan Sekuritas Terbaik (2017), dan TOP Emiten Business News Indonesia (2017)
  • Anggota Bursa Terbaik kategori Kinerja Keuangan dari IDX Appreciation 2018
  • SPEx2 kategori Navigating Digital Shift Industri Sekuritas dari Tempo Media Group 2018
MNC Sekuritas
  • Anggota Bursa Mitra Galeri Investasi BEI Terbaik (2018) kategori Pengembangan dan Inovasi Kegiatan
  • Innovation in Customer Service Management, Planning & Practice kategori Financial Services Industries dari Asia-Pacific Stevie Awards (2017)
  • Company of the Year kategori Business Services kategori Karyawan di atas 2.500 orang dari Stevie Awards for Women in Business (2018)
Trimegah Sekuritas
  • Best Listed Company kategori Sekuritas dan Reksadana (2017) dari Majalah Investor
  • Warta Ekonomi: Best Listed Company kategori Sekuritas dan Reksadana (2017), Indonesia Most Admired Company (2017), dan Most Innovative Business Award
Indo Premier Sekuritas
  • IDR-Bond Bookrunner/Underwriter (2015) dari Bloomberg
  • Berita Satu: Best Securities Company, Most Active IDR Bond Lead Underwriter, No.1 Favorite dan Best Online Trading
  • Indonesia’s Best Domestic Bond House dari The Asset Asian Awards (2015)
  • Bond House dari Alpha Southeast Asia-Hong Kong (2015)
  • Best Domestic Bond Debt House dari ASIAMONEY (2015)
  • Penjamin Emisi Terbaik dari BEI (2015)
Phillip Sekuritas Online Trading Terbaik, Special Awards kategori Best Social Activation pada 2015

Tips memilih perusahaan sekuritas terbaik

Memilih perusahaan sekuritas sama seperti memilih partner bisnis. Jangan sampai salah karena kita bisa rugi nantinya. 

Poin pertama yang harus diseleksi tentu legalitas perusahaan sekuritas tersebut, maksudnya apakah sudah berizin dari OJK dan apakah sudah menjadi anggota bursa di BEI.

Selain itu, kita juga bisa mempertimbangkan kategori pilihan perusahaan sekuritas terbaik dari berbagai kategori di atas. 

Berikut beberapa tips yang bisa menjadi acuan dalam memilih perusahaan sekuritas terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

  • Perhatikan setoran awal yang diberlakukan. Ini menjadi pertimbangan kedua jika kita tidak memiliki banyak modal untuk investasi pertama di pasar modal. Pilihan bisa dicek pada artikel di atas.
  • Pilih yang biaya transaksi kecil alias fee trading murah. Tentunya kita tidak mau ada potongan terlalu besar untuk biaya transaksi di pasar modal, bukan?
  • Memiliki analis yang kompeten. Analis memang bukan panutan, tetapi analisisnya bisa jadi pertimbangan kita untuk bertransaksi. Misalnya saat ada kenaikan BI Rate, sektor apa saja yang sahamnya sebaiknya dijual dan yang dibeli.
  • Memiliki fasilitas transaksi online. Fasilitas ini memudahkan kita melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja asal ada jangkauan internet dan tentunya saat pasar modal masih buka, yaitu di hari kerja dari jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.
  • Simpel dalam membuka rekening. Kemudahan membuka rekening menjadi pertimbangan yang sangat layak untuk dipikirkan. Salah satunya adalah memiliki fitur membuka rekening secara online.
  • Fasilitas margin trading yang mirip seperti pinjaman, tapi khusus buat investor. Ini bermanfaat sekali saat kita ingin mengoptimalkan nilai transaksi, tetapi dana kurang.
  • Memberikan data real time secara gratis. Tentunya hampir semua investor mendambakan fitur ini, bukan?
  • Last but not least! Tidak memiliki riwayat atau catatan buruk. Misalnya pernah masuk daftar hitam, mendapat suspend (penghentian transaksi) sementara, dan lain-lain. Karena perusahaan sekuritas seperti ini kemungkinan pernah melakukan kesalahan fatal, misalnya menerapkan goreng saham.

Sedikit tips dalam berinvestasi di pasar modal, menanam modal di sektor saham dinilai sebagai investasi high risk high return, yaitu menawarkan keuntungan besar dengan risiko yang tinggi juga. Kebalikan dari itu adalah reksadana sebagai investasi low risk low return

Nah, hal-hal semacam ini tentu harus dikonsultasikan dengan manajer investasi yang kita pilih nantinya, ya.

Semoga pembahasan mengenai perusahaan sekuritas terbaik ini bisa menjadi acuan dan membantu kita memilih partner bisnis yang kompeten. Jangan lupa tetap waspada dalam berinvestasi agar terhindar dari risiko rugi. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →