Seluk-Beluk Perusahaan Tambang di Indonesia

Mengurus bisnis impor

Sebuah negara akan disebut kaya apabila memiliki sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia dan infrastruktur yang kuat dan saling mendukung. Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya karena disebut memiliki SDA yang melimpah. 

Ini terlihat dari beragamnya komoditas yang dihasilkan di Indonesia dan langsung dari alam. Salah satunya terlihat dari sektor pertambangan. 

Industri pertambangan telah menyumbang hingga 10 persen terhadap pertumbuhan ekonomi dalam negeri atau PDB. Industri pertambangan telah melahirkan perusahaan tambang yang mengelola hasil tambang dari perut bumi Indonesia. 

Perusahaan Tambang di Indonesia

tujuan struktur modal

Penambangan adalah aktivitas ekonomi yang secara spesifik menciptakan kekayaan dengan cara ekstraksi sumber daya. Ekstraksi berasal dari sumber daya tidak terbarui di darat dan laut. 

Ada empat jenis perusahaan tambang di Indonesia. Keempatnya berbeda dalam pengelolaan komoditasnya. Berikut empat jenis perusahaan tambang di Indonesia. 

1. Perusahaan batubara

Di Indonesia, perusahaan batubara merupakan perusahaan pertambangan terbesar. Selain karena menghasilkan komoditas yang bermanfaat bagi orang banyak, yakni listrik, solar dan energi. Hasil komoditas batubara di Indonesia tidak hanya dinikmati pasar dalam negeri, tapi luar negeri juga. 

2. Perusahaan minyak dan gas bumi 

Salah satu sumber energi yang paling dibutuhkan di Indonesia adalah minyak dan gas bumi. Minyak dan gas bumi diolah menjadi produk siap pakai untuk kebutuhan hidup sehari-hari. 

Seperti untuk keperluan rumah tangga, industri, pembangkit listrik, hingga bahan bakar kendaraan. Pada bidang industri, hasil minyak dan gas bumi yang dimanfaatkan berupa bahan bakar diesel untuk mesin diesel serta alat pemanas, minyak tanah untuk traktor, dan minyak pelumas untuk berbagai mesin.Sementara untuk pembangkit energi digunakan untuk bahan bakar pesawat. 

3. Perusahaan mineral 

Barang tambang mineral terbagi menjadi dua, yakni bahan tambang mineral logam dan bahan tambang mineral nonlogam. Hasil dari tambang mineral juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya perkakas rumah tangga, bahan bangunan rumah, barang elektronik hingga perhiasan. 

4. Perusahaan batu-batuan 

Dikenal sebagai negara dengan kekayaan alam yang beragam, Indonesia juga dikaruniai berbagai macam batu-batuan. Jenis batu-batuan digunakan untuk membangun sejumlah gedung, infrastruktur yang menunjang aktivitas kegiatan masyarakat Indonesia saat ini. 

Bahkan jenis batu-batuan di Indonesia yang beragam ini juga menjadi salah satu perhiasan yang kerap dikenakan masyarakat. 

Proses pengerjaan penambangan 

gaji supervisor PLN

Sebelum dilakukan proses penambangan, ada sejumlah tahapan yang dilalui. Proses penambangan selalu berubah-ubah atau bergantung pada teknologi sehingga disebut penambangan yang modern. 

Penambangan modern saat ini telah terbantu dengan teknologi sehingga lebih memudahkan dalam proses penggalian. Berikut tahap-tahapan atau proses penambangan. 

1. Pencarian calon bijih 

Tahap pertama ini adalah bagian dari proses fisik mencari mineral, fosil, logam mulia, atau mineral lain. Tahapan pencarian calon bijih dimulai dari melintasi daerah, mencari tanda-tanda mineralisasi hingga mendulang tempat yang memang dirasa menjadi sumber calon bijih. 

2. Analisis potensi keuntungan dari tambang yang diusulkan 

Ini adalah tahap dari rencana perusahaan tambang untuk memutuskan berinvestasi pada lahan tambang yang akan digali. Analisis investasi tambang merupakan suatu langkah sistematis yang dilakukan untuk mengevaluasi potensi keuntungan pada suatu proyek penambangan.

3. Ekstraksi bahan yang diinginkan 

Tahap ini adalah eksekusi untuk dilakukan penggalian dari bahan yang diinginkan. Kegiatan ini akan banyak menghasilkan hal yang ekonomis maupun tidak ekonomis. Termasuk di dalamnya akan ada limbah yang merupakan hasil dari proses penambangan. 

4. Reklamasi akhir tanah setelah tambang ditutup 

Setelah SDA dieksploitasi, selanjutnya pengusaha atau pemilik perusahaan tambang harus bertanggung jawab akan dampak lingkungan yang terjadi dari kegiatan penambangan. Mereka bertanggung jawab dalam mengembalikan lingkungan yang telah dieksploitasi pada kondisi seperti semula. 

Istilah-istilah yang Digunakan dalam Industri Penambangan 

Wanita mengajari asuransi

Proses penambangan dapat dilakukan di lokasi beragam, mencakup daratan dan lautan. Tidak mengherankan dalam penanganan penambangan pun dilakukan dengan berbagai macam teknik. 

Keragaman jenis komoditas pertambangan ini juga membawa pengaruh atas istilah-istilah yang digunakan dalam penambangan. Berikut istilah umum yang sering digunakan dalam industri penambangan. 

1. Open cast mining  

Open cast mining adalah penambangan yang dilakukan di atas permukaan bumi. Kegiatan penambangan ini dimulai dengan penggalian tanah dan batu-batuan yang menutup mineral. Kegiatan penambangan terbuka biasanya menggunakan alat berat untuk menggali tanah dan batuan yang dicari, selanjutnya menggunakan mesin pengeruk untuk mengambil mineralnya. 

2. Open cut mining 

Metode penambangan yang dilakukan menggali mineral deposit yang ada pada suatu batuan. Teknik penambangan permukaan untuk mengekstraksi batuan atau mineral dari bumi. Model penambangan ini seperti terowongan bumi. Biasanya para penambang yang hendak mengumpulkan informasi biji di bawah tanah akan membuat tambang terbuka. 

3. Sea bed mining

Pertambangan jenis ini dilakukan dengan cara mengekstraksi sumber daya dari dasar laut. Karena berbeda dengan daratan, maka metode yang digunakan dalam mengeksplorasi adalah dengan cara remote control

Bahan mineral yang akan diambil dari dasar laut akan dipompa melalui pipa ke permukaan ke kapal yang dibangun khusus. Metode ini diawasi ketat oleh tim independen dari  pemerintah, sebab dampak lingkungan yang diciptakan dari penambangan cara ini cukup serius. 

4. Processing

Di semua tambang logam dan batu bara akan ada selalu fasilitas pemrosesan untuk meningkatkan atau memurnikan mineral menjadi produk yang dapat dijual. Dalam sebuah pertambangan akan selalu ada pabrik pengolahan yang berfungsi untuk menghancurkan, menggiling, mengolah dan memulihkan biji atau emas. 

5. Rehabilitation 

Setelah eksploitasi pertambangan selesai dilakukan pengusaha tambang, kewajiban selanjutnya yang harus dipenuhi dan dituntaskan adalah melakukan rehabilitasi. Rehabilitasi yang dilakukan biasanya dengan melakukan penghijauan kembali tempat yang telah dieksploitasi. 

6. Bonds

Salah satu syarat mendirikan perusahaan tambang memiliki obligasi yang digunakan sewaktu-waktu sebagai asuransi, ketika perusahaan tersebut bangkrut atau gagal. 

7. Underground mining

Biasanya memiliki kedalaman antara 5-10 ha. Ada banyak teknik untuk melakukan penambangan ke bawah tanah dengan cara aman. 

Tantangan Perusahaan Tambang di Indonesia 

Kompetisi bisnis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perusahaan tambang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa. Meski kontribusinya tinggi, namun perusahaan tambang juga membawa persoalan baru bagi negara, utamanya berasal dari lingkungan. 

Sering kali perusahaan tambang hanya mengeksplorasi komoditasnya tanpa memperhatikan kondisi lingkungan. 

Inilah yang kemudian membuat perusahaan tambang di masa depan justru merugikan ekonomi bangsa karena negara ini harus menanggung kerusakan lingkungan atas aktivitas pertambangan yang tidak terkontrol. 

Berikut sejumlah tantangan perusahaan tambang di Indonesia. 

  • Syarat divestasi yang harus dipenuhi investor asing yang hendak melakukan bisnis tambang di Indonesia. Pada pemerintahan Joko Widodo, porsi divestasi milik pemerintah lewat BUMD atau BUMN semakin besar. 
  • Kurangnya koordinasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. 
  • Konflik operasi pertambangan yang terkendala dengan area atau lahan hijau milik masyarakat. 
  • Hubungan masyarakat dan ketenagakerjaan terutama pekerja dan buruh. 
  • Korupsi, kolusi, dan nepotisme. Sudah bukan rahasia umum kalau perusahaan tambang dipenuhi dengan tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme demi mendapatkan sebuah surat izin usaha

6 Perusahaan Tambang di Indonesia Berpredikat

perusahaan minyak

Indonesian Mining Association (IMA) merilis daftar perusahaan pertambangan tanah air yang memiliki kontribusi besar terhadap penerimaan negara bukan pajak (PNBP). 

Daftar ini menandakan, perusahaan tambang ini dinilai memiliki kontribusi besar bagi masyarakat dan bangsa. Berikut daftar perusahaan tambang di Indonesia versi IMA yang dikutip dari Detik.com. 

1. Kategori perusahaan dengan pembayar PNBP terbaik

  • Mineral: PT Agincourt Resource, PT J Resources, PT Aneka Tambang, Tbk.
  • Batubara: PT Kideco Jaya Agung, PT Bukit Asam, Tbk,  PT Kaltim Prima Coal.

2. Kategori perusahaan dengan pembayar PNBP terbesar

  • Mineral: PT Freeport Indonesia dengan nilai Rp 4,2 triliun, PT Amman Mineral Nusa Tenggara dengan nilai Rp 412,18 miliar dan PT Aneka Tambang, Tbk dengan nilai Rp 390,89 miliar.
  • Batubara: PT Kaltim Prima Coal dengan nilai Rp 6,5 triliun, PT Adaro Indonesia dengan bilai Rp 5,0 triliun, PT Kideco Jaya Agung dengan nilai Rp 3,3 triliun.

3. Perusahaan dengan pengelolaan lingkungan terbaik

  • Mineral: PT Vale Indonesia, PT Nusa Halmahera Minerals, PT Meares Soputan Mining
  • Batubara: PT Kaltim Prima Coal, PT Adaro Indonesia, PT Bukit Asam, Tbk

Demikian informasi soal perusahaan tambang. Semoga dapat memperluas wawasan dan informasi kita terkait bisnis di Indonesia.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →