Daftar Perusahaan Multinasional di Indonesia [Plus Dunia]

perusahaan multinasional

Pada era perdagangan bebas seperti saat ini, barang dan jasa dapat diperdagangkan di banyak negara secara cepat. Tidak heran, banyak perusahaan multinasional hadir di sebuah negara dalam memproduksi sebuah barang atau melayani jasa.

Di Indonesia sendiri, jumlah perusahaan multinasional terbilang banyak, baik dari sektor industri konsumen hingga jasa.

Mereka membangun pabrik dan kantor perwakilan jasa untuk melayani kebutuhan dan kepentingan masyarakat Indonesia.

Untuk mengenal lebih jauh tentang perusahaan ini, mari simak informasi yang Lifepal rangkum tentang perusahaan multinasional.

Sejarah munculnya perusahaan multinasional

Sejarah munculnya perusahaan multinasional berawal di jaman Yunani Kuno. Pada saat itu, sebuah aktivitas perdagangan atau memproduksi sebuah barang ditentukan dari tempat operasionalnya.

Yunani kuno saat itu telah menetapkan perbatasan antara negara dan kota. Bahkan kekaisaran Roma menetapkan sejumlah daerah administrasi baru yang dinilai berkembang.

Batas-batas politik tersebut secara otomatis menandakan adanya perbedaan distribusi disposisi budaya dan etnis. Pada saat sebuah perusahaan atau usaha beroperasi di daerah tersebut, secara otomatis mereka terpapar komunitas dalam budaya tersebut.

Selanjutnya perdagangan tersebut terus berkembang dan berinteraksi lintas batas. Bahkan dalam rangka memenuhi produksinya, sejumlah daerah atau negara dijadikan penyanggah.

Maka, perusahaan multinasional kuno tidak lagi mengandalkan satu daerah di Yunani untuk memenuhi kebutuhan produksi mereka, melainkan mengandalkan sejumlah negara lain.

Selanjutnya di Asia, perdagangan bebas dirintis oleh pedagang Tiongkok dan pedagang Gujarat. Mereka berlayar untuk berdagang sambil mencari komoditas pertanian yang dapat diperdagangkan langsung dari negara asal mereka atau negara lain.

Berinteraksi dengan warga lokal setempat dengan masuk lewat penyebaran agama, menikah dengan warga lokal, kemudian menyerap budaya-budaya setempat, lama-kelamaan pedagang tersebut mulai membangun usaha mereka sendiri.

Dengan pengalaman dan kemampuan mereka berdagang, para pedagang kemudian memproduksi barang sendiri dan menjualnya ke berbagai negara.

Pengertian perusahaan multinasional

Perusahaan multinasional atau dikenal dengan multinational corporation (MNC) adalah perusahaan dengan fasilitas dan aset yang tidak hanya berada di satu negara, tapi berada di negara lain.

Biasanya perusahaan multinasional memiliki kantor atau pabrik cabang di berbagai negara.

Perusahaan multinasional akan terhubung langsung dengan kantor pusat mereka. Kantor pusat tersebut disebut sebagai manajemen global yang mengawasi perusahaan-perusahaannya yang tersebar di sejumlah negara.

Beroperasi di satu negara, perusahaan multinasional tidak hanya memenuhi kebutuhan di negara tersebut, tapi juga memenuhi kebutuhan negara lain yang mana artinya perusahaan tersebut melakukan ekspor perdagangan pula.

Ciri-ciri perusahaan multinasional

Sebagai perusahaan yang melayani banyak kebutuhan di sejumlah negara, sangat mudah untuk membedakannya dengan perusahaan lokal.

Hal ini ditandai dengan sejumlah perbedaan fisik maupun perbedaan internal dalam pengelolaannya.

Berikut ciri perusahaan multinasional yang tidak ditemukan di perusahaan lokal.

  • Memiliki kantor pusat yang bertugas untuk berkoordinasi terkait aktivitas dan pengelolaannya.
  • Dikenal sebagai organisasi perusahaan internasional.
  • Sebagian pegawai di perusahaan tersebut berkewarganegaraan asing.
  • Kerap bertransaksi dengan nilai besar.
  • Memiliki pengacara dan akuntan global yang mengawasi operasional perusahaan secara internasional
  • Bisnis yang dilakukan bersifat lintas batas dan mengembangkan kemitraan serta afiliasi dengan perusahaan lain atau pemerintahan lokal.
  • Teknologi yang dimiliki biasanya lebih maju dibandingkan dengan perusahaan lain.

Keunggulan yang dimiliki perusahaan multinasional

Sebagai perusahaan yang operasionalnya tersebar di banyak negara, tidak semua perusahaan multinasional adalah perusahaan terbuka atau go public.

Banyak juga perusahaan multinasional yang memilih untuk tidak menjadi perusahaan go public.

Saat melakukan investasi baru di negara baru, perusahaan multinasional akan mengandalkan pusat untuk mendanai kegiatan investasi mereka.

Lain halnya apabila perusahaan tersebut sahamnya diperdagangkan di bursa efek, pendanaan untuk investasi berasal dari penawaran saham atau menerbitkan surat utang.

Berikut sejumlah fitur yang dimiliki perusahaan multinasional yang tidak dimiliki perusahaan lokal.

1. Perputaran bisnis yang cepat dengan aset besar

Karena perusahaan berada di sejumlah negara, maka perputaran bisnisnya terbilang cepat dan padat. Maka, bisa dikatakan omzet perusahaan terbilang besar. Begitu juga aset perusahaan yang dimiliki terbilang besar.

2. Kontrol 

Perusahaan multinasional dikomandani satu kontrol yang berasal dari kantor pusat. Operasionalnya pasti dilaporkan ke kantor pusat untuk mengetahui bisnis yang dilakukan di negara tersebut.

3. Teknologi terbaru 

Perusahaan multinasional yang memiliki keuangan dan bujet investasi yang kuat, tidak sulit melakukan investasi dalam hal teknologi. Teknologi akan menjadi salah satu fokus perusahaan multinasional dalam upaya menunjang efisiensi produksi barang atau jasa.

4. Manajemen profesional 

Perusahaan akan dijalankan oleh SDM yang kuat dan profesional. Manajemen yang profesional akan dipilih untuk membangun tim kerja yang mumpuni.

5. Pemasaran agresif

Perusahaan multinasional akan menawarkan produk dan jasa mereka secara agresif. Penawaran mereka mencakup pemasaran yang dilakukan secara lokal dan internasional.

Tipe perusahaan multinasional

Ada perbedaan yang mencolok antara perusahaan multinasional dengan perusahaan lokal. Ini terlihat dari skala transaksinya.

Misalnya, perusahaan internasional memproduksi sebuah barang atau jasa di dua negara, sedangkan perusahaan lokal hanya memproduksi barang untuk target pasar di dalam negeri saja.

Ada empat kategori perusahaan multinasional, antara lain:

  • Perusahaan terdesentralisasi dengan kehadiran yang kuat di negara asalnya.
  • Perusahaan global dan tersentralisasi yang mendapatkan keuntungan biaya di mana sumber daya murah tersedia.
  • Perusahaan global yang dibangun berdasarkan R&D perusahaan induk.
  • Perusahaan transnasional yang menggunakan ketiga kategori tersebut.

Perusahaan multinasional di Indonesia 

Di Indonesia, sejumlah perusahaan multinasional juga hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri. Perusahaan multinasional di Indonesia banyak yang berasal dari sektor jasa maupun juga konsumen.

Berikut sejumlah perusahaan multinasional di Indonesia yang telah dikenal banyak orang di Indonesia.

  • Adidas
  • Asus
  • Google
  • Honda
  • KFC
  • McDonald’s
  • Nestle
  • Nike
  • Samsung
  • HSBC

1. Adidas

Merek dagang asal Jerman yang memproduksi barang olahraga. Produk yang dijual antara lain: sepatu, pakaian olahraga, dan alat olahraga.

2. Asus

Perusahaan yang berbasis di Taiwan, fokus memproduksi perangkat komputer.

3. Google

Perusahaan teknologi yang menyediakan fitur mesin pencari online yang berasal dari Amerika Serikat.

4. Honda

Perusahaan otomotif asal Jepang yang memproduksi sepeda motor, mobil, kapal dan sejumlah mesin industri.

5. KFC

Merek dagang waralaba makanan asal Amerika Serikat. Di Indonesia, restoran KFC cukup populer dengan sajian ayam goreng sebagai menu andalannya.

6. McDonald’s

Merek dagang waralaba makanan asal Amerika Serikat. Restoran McDonald’s sangat ramai pada jam-jam makan siang tiba. Burger menjadi salah satu menu andalannya.

7. Nestle

Perusahaan yang bergerak di industri makanan dan minuman. Perusahaan asal Swiss ini memproduksi makanan bayi, susu, minuman kopi instan, hingga camilan berbahan dasar cokelat.

8. Nike

Perusahaan dagang olahraga asal Amerika Serikat. Produk yang dijual adalah peralatan olahraga, seperti sepatu dan pakaian olahraga.

9. Samsung

Perusahaan elektronik yang memproduksi sejumlah barang elektronik kebutuhan rumah tangga, seperti ponsel, TV, mesin cuci, AC, dan produk elektronik kebutuhan rumah tangga lainnya.

10. HSBC

Bank asal Hong Kong yang melayani jasa keuangan dan perbankan di Indonesia.

Perusahaan multinasional Dunia

Selain itu, banyak juga perusahaan multinasional dunia yang produknya gak kalah populer, mulai dari perusahaan teknologi hingga transportasi.

Inilah beberapa perusahaan multinasional yang merajai pasar dunia.

  • Apple Inc.
  • The Walt Disney Company
  • Unilever
  • Microsoft
  • Philips
  • Boehringer Ingelheim
  • Toyota
  • Volkswagen

1. Apple Inc.

Berpusat di Cupertino, California, perusahaan multinasional ini mengembangkan dan menjual barang elektronik, perangkat lunak komputer, dan layanan daring. Produknya berupa iPhone, iPad, iOS, iTunes, dan lain-lain sudah jadi barang umum di seluruh dunia.

2. The Walt Disney Company

Perusahaan di bidang hiburan dan media terbesar di dunia yang memiliki puluhan unit usaha, mulai dari The Walt Disney Studios hingga Walt Disney Parks and Resorts.

3. Unilever

Perusahaan yang menghasilkan barang konsumsi ini telah beroperasi di lebih dari 190 negara.

4. Microsoft

Perusahaan multinasional Amerika Serikat ini mengembangkan dan menjual berbagai produk ataupun jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan Bill Gates dan Paul Allen.

5. Philips

Perusahaan asal Belanda ini merupakan satu produsen elektronik konsumen terbesar di dunia. Produknya yang terkenal berupa bola lampu dan berbagai alat elektronik rumah tangga lainnya.

6. Boehringer Ingelheim

Perusahaan farmasi Jerman yang didirikan pada 1885 dan tercatat sebagai salah satu dari 20 perusahaan farmasi terkemuka di dunia.

7. Toyota

Pabrikan mobil yang berasal dari Jepang dan tercatat sebagai penghasil mobil terbesar di dunia. Selain memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan finansial dan membuat robot.

8. Volkswagen

Perusahaan otomotif yang berkantor pusat di Jerman ini mendesain, memproduksi, dan mendistribusikan kendaraan penumpang maupun komersial, sepeda motor, mesin, sekaligus jasa pelayanan keuangan, pembiayaan, dan manajemen armada.

Plus minus keberadaan perusahaan multinasional di Indonesia

Masuknya perusahaan multinasional di Indonesia bisa membuka banyak peluang lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Namun, ada pula kekurangan yang perlu di pertimbangkan. Inilah plus minus perusahaan multinasional yang perlu kamu ketahui.

Nilai plus keberadaan perusahaan multinasional di Indonesia

1. Menambah devisa negara

Perusahaan multinasional akan menanamkan modal di perusahaan lokal yang memproduksi produk mereka. Sehingga kuantitas produk bisa digenjot untuk memenuhi kebutuhan pasar. Ini tentu akan menambah devisa negara.

2. Mengurangi devisa impor di sektor industri

Adanya perusahaan multinasional yang memproduksi berbagai kebutuhan harian masyarakat akan mengurangi beban impor negara. Sebab semua kebutuhan produk sudah bisa dipenuhi di dalam negeri.

3. Modernisasi industri

Dengan menggandeng perusahaan lokal, perusahaan multinasional akan menerapkan standar produksi skala dunia. Dengan begitu, perusahaan lokal akan dilatih tentang manajemen industri modern dan mendapat kesempatan untuk meningkatkan alat produksinya.

Nilai minus keberadaan perusahaan multinasional di Indonesia

1. Jam kerja kurang layak

Meskipun menyerap banyak tenaga kerja, seringkali perusahaan nasional menerapkan jam kerja yang kurang layak. Gaji yang diberikan memang cukup besar namun tuntutan kerja juga tinggi. Bahkan rata-rata pekerja lebih dari 8 jam per hari.

2. Matinya perusahaan lokal

Perusahaan multinasional yang memproduksi berbagai produk sehari-hari bisa mematikan pangsa pasar perusahaan lokal.

Apalagi jika mereka tidak bisa menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang kian pesat. Manajemen industri dan distribusi perusahaan lokal harus terus ditingkatkan agar mampu bersaing di tingkat nasional.

Demikian informasi soal perusahaan multinasional. Semoga bisa memperkaya pengetahuan dan informasi kita terkait bisnis dan usaha.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →