Pesta Kembang Api Paling Meriah di Dunia, Rela Bakar ‘Duit’ hingga Rp 279 Miliar!

Pesta kembang api sudah menjadi tradisi bagi kebanyakan negara yang merayakan pergantian malam tahun baru. Bahkan ada lho yang rela menghabiskan uang hingga ratusan miliar rupiah dalam semalam buat mengadakan pesta kembang api. 

Melihat warna-warni kembang api yang menghiasi langit pesta pergantian tahun baru memang sudah sering banget terjadi di seluruh belahan dunia. Hal ini dilakukan memang buat menyambut datangnya tahun yang baru dan harapan baru tentunya. 

Dengan adanya pesta tahun baru apalagi ditambah dengan meriahnya kembang api, menambah kesan hangat dan kebersamaan bagi kebanyakan orang. Maka gak heran nih kalau kebanyakan dari mereka sudah menyediakan bujet khusus demi merayakan tahun baru dengan gelar pesta kembang api. 

Mulai dari yang sederhana hingga rela ‘bakar’ duit hingga ratusan miliar rupiah ada lho. Sebagian juga ada yang menganggap kalau pengadaan kembang api secara berlebihan di nilai pemborosan. Lepas dari pro kontra ternyata masih banyak lho orang yang rela buat membeli kembang api demi kesenangan menyambut pergantian tahun.  

Nah daripada berpanjang lebar lagi mending kita simak langsung aja nih 5 pesta kembang api dengan biaya termahal di dunia, melansir dari Tech Guide Me.

Baca juga: Pesta Pernikahan Termahal di Dunia, Salah Satunya Ada yang “Tukang” Baja

5. Pesta kembang api di Boston, Amerika Serikat – Rp 35 miliar

Pesta kembang api
Pesta kembang api di Boston, Amerika Serikat – Rp 35 miliar, (staticflickr.com).

Kota Boston di Amerika Serikat duduk di urutan kelima dengan total biaya sekitar US$ 2,5 juta atau setara Rp 35 miliaran. Uang sebanyak itu dikeluarkan pada 4 Juli 2013 silam bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat.

Penonton yang datang langsung di lokasi maupun melihat lewat layar televisi dapat menyaksikan indahnya warna warni kembang api selama 20 menit. Perayaan sekaligus menjadi salah satu kembang api termahal di Negeri Paman Sam.

Baca juga: Tahun Baruan Romantis di Jakarta? Ini 5 Restoran yang Bisa Kamu Tuju

4. Dubai, Uni Emirat Arab – Rp 83 miliar

pesta kembang api
Dubai yang dikenal dengan segala kemewahannya gak luput dari mewahnya pergelaran kembang api, (guinnessworldrecords.com)

Urutan keempat datang dari kota yang identik dengan segala sesuatu serba mewah yakni Dubai di Uni Emirat Arab. Di tahun 2014 yang lalu Guiness World Record memberikan gelar pergelaran kembang api terbesar sepanjang sejarah dari sisi skala luas dengan biaya mencapai US$ 6 juta atau setara Rp 83 miliar.

Terdapat sekitar 1.300-an kembang api yang meledak setiap detiknya pada perayaan tersebut. Para penonton yang menyaksikan dibuat berdecak kagum melihat atraksi spektakuler kembang api selama kurang lebih 6 menit.

Bayangkan aja lho, mereka rela menghabiskan uang puluhan miliar rupiah demi menggelar ‘tarian’ kembang api di langit hanya 6 menit saja. Padahal dengan uang segitu kita di Indonesia bisa banget membeli rumah di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. 

Baca juga: Penting! Ini 3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Habiskan Malam Tahun Baru di Ancol

3.  Sydney, Australia – Rp 88 miliar

pesta kembang api
Opera House menjadi tempat diadakannya pagelaran kembang api, (yimg.com).

Selanjutnya Australia yang mengadakan atraksi kembang api termewah dan mahal tepatnya di kota Sydney. Rata-rata per tahunnya kota ini menghabiskan dana sekitar US$ 6,3 juta atau setara Rp 88 miliaran untuk mengadakan pesta kembang api di malam tahun baru. 

Beberapa spot favorit yang dipersiapkan untuk acara tersebut adalah Opera House dan Harbour Bridge. Kedua lokasi tersebut dipilih karena terbilang cukup ikonik bagi Negeri Kanguru ini. 

2. Kuwait City, Kuwait – Rp 209 miliar

pesta kembang api
Di Kuwait City, Kuwait, pemerintah setempat rela habiskan uang Rp 209 miliar, (dailymail.co.uk).

Duduk di urutan kedua masih datang dari kawasan Timur Tengah tepatnya di kota Kuwait City, Kuwait. Peristiwa bersejarah yang dirayakan oleh pemerintah setempat  tepatnya pada 10 November 2012 silam, Golden Jubilee.

Golden Jubilee merupakan hari di mana negara Kuwait merayakan ratifikasi konstitusi serta pembentukan parlemen. Dana sekitar US$ 15 juta dianggarkan untuk menyiapkan sekitar 77 ribu lebih kembang api. 

1. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab – Rp 279 miliar

pesta kembang api
Di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pemerintah setempat rela lho habiskan uang Rp 279 miliar, (techguideme.com).

Gelar pesta kembang api termahal di dunia  jatuh kepada Abu Dhabi, Uni Emirat Arab di mana uang yang harus dikeluarkan mencapai US$ 20 juta atau setara dengan Rp 279 miliar per malamnya.

Pihak panitia menyiapkan uang sebanyak itu demi merayakan Hari Nasional Uni Emirat Arab yang jatuh tanggal 2 Desember 2009. Kembang api menyala selama kurang lebih 55 menit lamanya untuk menghibur para wisatawan asing maupun penduduk lokal. 

Pesta tersebut sekaligus memegang rekor sebagai salah satu perayaan kembang api termahal sepanjang sejarah dunia. Kece banget ya! Nah  itu dia deretan 5 pesta kembang api termahal di dunia yan menghabiskan biaya mencapai Rp 279 miliar. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)