Phillip Sekuritas dan Cara Daftarnya [Plus Fee Transaksi]

phillip sekuritas

Sebagai salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia, Phillip Sekuritas Indonesia tergolong cukup aktif. 

Sekuritas berkode KK ini mencatatkan 724 ribu transaksi baik di pasar reguler maupun non reguler, dengan nilai volume sebesar 7.374 lot dengan nilai Rp 4,28 triliun pada April 2019.

Profil Phillip Sekuritas

Perusahaan sekuritas ini sejatinya adalah perusahaan asing. Mereka berada di bawah naungan PhillipCapital Group yang berbasis di Singapura, namun bisa sukses di berbagai negara.

PhillipCapital yang didirikan tahun 1975 silam adalah sebuah lembaga keuangan besar yang menawarkan berbagai layanan, untuk pelanggan ritel, korporasi, maupun institusi.

Kehadiran PhillipCapital Group di Indonesia berawal dari berdirinya perusahaan sekuritas PT Santana Jaya Sejati. Singkat cerita, perusahaan ini berganti nama jadi PT Phillindo Santana Perkasa.

Saham mayoritas dari PT Phillindo Santana Perkasa kemudian dibeli Phillip Brokerage Pte Ltd pada tahun 1994. 

Pada 2003, PT Phillindo Santana Perkasa resmi berganti nama menjadi PT Phillip Securities Indonesia. 

Alhasil, mereka terus berinovasi hingga kini, dan menjadi salah satu perusahaan sekuritas pilihan para investor saham di Indonesia. 

Nah, melihat rekam jejak Phillip Sekuritas Indonesia ini, apakah kamu jadi tertarik untuk membuka akun saham di perusahaan ini?

 Sebelum memutuskan untuk berinvestasi lewat perusahaan ini, ketahui dulu yuk apa plus minus dari Phillip dan bagaimana caranya untuk membuka rekening di sini.

Kelebihan Phillip Sekuritas

Beda sekuritas, beda juga kelebihannya. Apa saja sih yang menjadi keunggulan Phillip Sekuritas ketimbang rival-rivalnya?

1. Aplikasi trading aman

Aplikasi trading dari Phillip Sekuritas terbilang aman. Mereka menggunakan fitur finger print untuk login ke akun milik investor atau trader.

Selain itu, mereka juga punya fitur Smart SAFE yang tujuannya adalah menyimpan pending order saham selama 30 hari. 

Sementara itu fitur Smart Plan bisa berguna buat nabung saham secara berkala. Khusus untuk aplikasi tradingnya kita akan bahas di poin selanjutnya ya.

2. Pilihan rekening dana nasabah ada lima

Pilihan akun di Phillip Sekuritas ada dua. Yang pertama adalah akun reguler dan yang kedua adalah akun syariah. Nah, khusus untuk akun syariah, rekening dana nasabah atau RDN-nya adalah bank syariah.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Buat kamu yang belum tahu apa itu RDN. RDN adalah rekening atas nama nasabah yang dibuka perantara perdagangan efek (perusahaan sekuritas) pada bank yang yang telah melakukan perjanjian kerja sama dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). 

Intinya, uang yang kamu deposit tidak akan dipegang Phillip Sekuritas, tetapi ditempatkan di bank. Menurut undang-undang yang berlaku, RDN memang wajib dimiliki pelaku transaksi di pasar modal.

Khusus untuk Phillip Sekuritas, pilihan banknya banyak lho. Berikut ini daftarnya.

  • Bank Central Asia (BCA)
  • BCA Syariah (khusus akun syariah)
  • Bank Mandiri
  • Bank Permata
  • Bank Sinarmas

3. Ada fitur mahasiswa

Nah, ini salah satu kelebihannya Phillip Sekuritas. Khusus buat mahasiswa yang mau nabung saham, deposit awalnya bisa Rp 100 ribu lho. Lebih murah, bukan? Pakai uang jajan juga bisa. Namun, untuk nasabah atau investor reguler, deposit fee yang disyaratkan adalah Rp 500 ribu. 

4. Bisa beli reksadana juga

Aplikasi trading milik sekuritas ini juga bisa dimanfaatkan untuk beli reksadana secara online lho. Untuk membeli reksadana, klik saja menu PROFUNDS. Ada kurang lebih 128 reksadana yang bisa kamu beli lewat PROFUNDS.

5. Pelayanannya oke

Sekuritas ini terbilang cukup baik dalam hal merespons para nasabah atau investornya. Kamu bahkan bisa menggunakan fitur chat di website-nya. Sementara itu, customer care-nya juga cukup tanggap. 

6. Sering mengadakan edukasi

Phillip Sekuritas ternyata cukup aktif dalam mengadakan edukasi dalam bentuk webinar. Edukasi ini biasanya dilakukan tiga kali seminggu pukul 08.00 pagi selama 30 menit.

Cara daftar Phillip Sekuritas

Lantas gimana sih caranya untuk membuka akun di Phillip Sekuritas? Caranya gampang. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

1. Akses ke halaman poems.co.id/home/openaccount

Setelah masuk ke dalam situs POEMS, pilih opsi open account dan pilih tipe akun (reguler atau syariah.

2. Isi formulir pendaftarannya

Pastikan bahwa data-data yang kamu masukkan ke dalam formulir adalah data yang valid. 

3. Tunggu email balasan dari Phillip Sekuritas

Setelah registrasi dilakukan, segera cek email dari Phillip Sekuritas. Philip akan mengirimkan file berupa formulir yang sudah kamu isi dalam format PDF. Segera unduh formulir dalam bentuk pdf yang sudah diisi online dan cetak.

4. Siapkan dokumen di bawah ini

Siapkan fotokopi KTP, NPWP, halaman depan buku tabungan, dan kartu mahasiswa (untuk akun mahasiswa). 

Jangan lupa, sertakan juga formulir yang sudah kamu cetak dan kumpulkan jadi satu di dalam map.

Setelah itu, kirim dokumen-dokumen tersebut ke kantor pusat Phillip Sekuritas di ANZ Tower, Lantai 23B, Jl Jend. Sudirman Kav 33A Jakarta.

5. Phillip Sekuritas akan melakukan konfirmasi pembuatan rekening

Usai data diterima, dalam waktu dekat kamu bakal dihubungi pihak sekuritas untuk konfirmasi pembuatan rekening efek dan RDN. Setelah selesai, username dan password akan langsung dikirimkan ke email. 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Setoran awal Phillip Sekuritas 

Untuk bisa bertransaksi jual beli saham, nasabah diharuskan untuk menyerahkan setoran awal ke rekening saham yang telah mereka buat. Setoran awal ini nantinya bisa langsung digunakan untuk membeli saham. 

Setoran awal yang diminta Phillip terbilang terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp100 ribu untuk nasabah mahasiswa dan Rp500 ribu untuk nasabah umum. 

Biaya transaksi dan fee Phillip Sekuritas

Nah, berapa sih fee Phillip Sekuritas Indonesia ini untuk transaksi? Sayangnya khusus untuk transaksi, jumlahnya memang agak mahal ketimbang sekuritas lain.

1. Fee Phillip Sekuritas untuk jual beli saham

Untuk fee belinya adalah 0,20 persen dan fee jualnya 0,30 persen dari total transaksi. Jumlah ini dinilai lebih mahal daripada IndoPremier

2. Fee Phillip Sekuritas untuk transfer saham

Jika kamu berniat memindahkan saham milikmu yang ada di Phillip ke sekuritas lain, kamu bakal dikenakan biaya juga. Padahal, sekuritas lain umumnya gak memberikan charge lho.

Biayanya adalah Rp 22 ribu per emiten saham berapa pun jumlah lotnya. Jadi, misalkan di portofolio kamu ternyata ada ada lima emiten, biaya yang dikeluarkan adalah Rp 22 ribu x 5 = Rp 110 ribu.

3. Fee Phillip Sekuritas untuk data feed

Untuk kebutuhan akses data feed (data real time), Phillip Sekuritas Indonesia juga bakal membebankannya ke investor.

Besaran biayanya adalah Rp 25 ribu per bulan. Namun, jika dalam sebulan gak kamu aktifkan, biayanya gak bakal dipotong.

Bila kamu adalah investor dan bukan seorang trader, gak perlu mengaktifkan data feed. Toh, juga kamu gak bakalan standby di depan monitor setiap saat, bukan? 

Namun, data feed ini bisa aja gratis lho. Syaratnya adalah jika total fee transaksi kita di sekuritas ini Rp 25 ribu atau lebih dalam sebulan.

Itu berarti transaksi saham dalam sebulan harus gede dulu, paling gak Rp 25 juta ke atas baru deh data feed-nya gratis.

Aplikasi trading Phillip Sekuritas

Phillip Sekuritas punya dua aplikasi trading. Pertama, POEMS yang digunakan di smartphone serta web dan kedua adalah Protrader untuk desktop.

1. POEMS: aplikasi trading Phillip Sekuritas untuk mobile dan web based

Sama seperti aplikasi trading di sekuritas lain, Phillip’s Online Electronic Mart System (POEMS) juga menyediakan demo account yang bisa kamu gunakan untuk simulasi trading. Uangnya tentu pakai uang bohongan ya, bukan beneran.

Untuk web based, POEMS bisa digunakan untuk platform Windows ataupun Mac.

Salah satu fitur dari POEMS adalah SMARTSafe yang bisa membantu meminimalkan kerugian para investor. Mereka juga menyediakan fitur stock screener, charts, dan lain sebagainya.

Oh ya, khusus untuk aplikasi POEMS di ponsel, mereka sudah dilengkapi teknologi SSL 128-bit encryption. 

2. POEMS Desktop atau Protrader: aplikasi trading Phillip Sekuritas untuk desktop

Salah satu keunggulan Protrader adalah penampakan aplikasinya yang sangat komprehensif. Wajar saja, ini adalah aplikasi untuk desktop. 

Fiturnya tentu harus mumpuni banget agar penggunanya bisa memonitor harga saham dengan baik. Di sini kamu juga bisa memanfaatkan fitur free trial untuk simulasi trading saham.

Daftar perusahaan sekuritas terbaik lainnya di Indonesia

Selain Phillip Sekuritas, Lifepal telah melakukan beragam ulasan tentang perusahaan sekuritas terbaik lainnya yang ada di Indonesia. Berikut ini beberapa daftarnya: 

Pertanyaan seputar Phillip Sekuritas

Berikut ini sejumlah pertanyaan yang harus kamu ketahui tentang Phillip, mulai dari profil perusahaan, hingga tata cara pendaftarannya. 

Phillip Sekuritas adalah perusahaan sekuritas yang telah berdiri lebih dari 20 tahun di Indonesia.

Perusahaan yang bergerak di bidang broker saham ini merupakan bagian dari PhillipCapital Group, sebuah perusahaan jasa keuangan yang telah memiliki jaringan di 16 negara.

Pembukaan rekening efek bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resminya poems.co.id/home/openaccount. Setelah masuk, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan dengan data diri kamu.

Setelah diisi, pihak Phillip akan mengirimkan email balasan dan kamu diminta untuk mengirimkan dokumen-dokumen pendaftaran ke kantor pusat mereka di ANZ Tower, Jakarta.

Phillip membebankan biaya transaksi atau fee ke nasabahnya sebesar 0,20 persen untuk kegiatan pembelian dan 0,30 persen untuk kegiatan penjualan saham.

Buat kamu yang ingin menghubungi mereka perihal buka akun atau mengajukan pertanyaan lainnya, gak perlu jauh-jauh harus ke kantornya. Hubungi saja mereka di:

  • Instagram: @talktophillip
  • Twitter: @talktophillip
  • Facebook: @talktophillip
  • YouTube: Phillip Sekuritas Indonesia
  • Website: www.phillip.co.id || www.poems.co.id || www.poems.web.id

Itulah hal-hal yang mesti kamu ketahui soal Phillip Sekuritas. Namun, jika kamu ingin memaksimalkan keuntunganmu dari investasi, gak ada salahnya juga untuk menjadi nasabah asuransi jiwa unit link. 

Asuransi jiwa unit link mampu memberikan manfaat ganda bagi nasabahnya, yaitu manfaat proteksi jiwa dan manfaat investasi. Makin optimal kan keuntungan yang kamu dapatkan? 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →