Kredit di Bank atau Multifinance? Ini Plus Minusnya!

Berbagai jenis kredit telah beredar di Indonesia bertujuan guna membantu kebutuhan dan impian Anda, mulai dari kredit kendaraan bermotor, kredit modal kerja, hingga kredit rumah. Tak hanya itu, jasa peminjaman dana pun datang dari bank maupun instansi multifinance yang merupakan lembaga non perbankan. Lantas, Anda pilih pengajuan kredit yang mana?

Tak usah khawatir, Anda tidak sendiri. Banyak orang yang juga bingung memilih ke mana mesti mengajukan pinjaman. Yang jelas, para kreditur tersebut memang memiliki ketentuan masing-masing. Dari proses analisa, penentuan nilai kredit yang akan diberikan, tingkat suku bunga yang harus dibayar, hingga sistem penagihan utang.

[Baca: Intip Cara Bank Menentukan Harga Rumah]

Kredit di Bank memiliki nilai plus dan minus, sebagaimana jika meminjam di multifinance. Kali ini, DuitPintar.com pun akan mengulas perbedaannya sebagai perbandingan untuk Anda.

1. Pengajuan kredit melalui perbankan 

Jenis kredit yang dikeluarkan, antara lain :

– Kredit Tanpa Agunan atau (KTA),

– Kredit Pemilikan Rumah (KPR),

– Kredit Usaha Rakyat (KUR),

– kredit disertai jaminan berupa kendaraan bermotor atau sertifikat kepemilikan properti,

– dan lain sebagainya.

Nilai plus :

  • Tingkat suku bunga yang rendah, sehingga tidak terlalu membebankan Anda.
  • Keamanan terjamin dan terpercaya, yang artinya Anda tidak perlu ragu jika mengajukan kredit pada pihak perbankan, khususnya nama-nama bank yang telah memiliki reputasi besar di Indonesia.
  • Setiap langkah telah sesuai dengan adanya surat perjanjian, jika pada suatu hari ada perubahan pun pastinya akan di informasikan segera kepada Anda.

Nilai minus :

  • Prosesnya cukup lama, memakan waktu berkisar antara 7 sampai dengan 14 hari kerja, tergantung kepada hasil analisa/survey, serta kelengkapan dokumen dari calon debitur.
  • Prosedur yang harus ditempuh seringkali rumit dan tidak mudah, calon debitur diwajibkan mengikuti setiap langkah yang telah menjadi ketentuan dari dari masing-masing perbankan.

2. Pengajuan kredit melalui lembaga pembiayaan (non perbankan)

Jenis kredit yang telah beredar di masyarakat, antara lain:

– Kredit elektronik (perangkat telepon genggam, laptop, dan lain-lain),

– kredit peralatan rumah tangga, kredit kendaraan bermotor,

– kredit berupa dana tunai cepat cair dengan jaminan surat kepemilikan kendaraan bermotor,

– dan masih banyak lagi.

Nilai plus :

  • Proses cepat, sehingga jika Anda dalam keadaan mendesak sekalipun, tidak perlu menunggu terlalu lama, contohnya pencairan dana kredit dengan jaminan surat kepemilikan kendaraan bermotor, saat ini marak di berbagai tempat. Hanya dalam waktu kurang dari 1 jam, Anda dapat mengantongi dana disesuaikan dengan jaminan yang Anda miliki. Dengan prosedur seperti ini, tidaklah rumit dan menjadi salah satu nilai plus bagi para debitur.

Nilai minus :

  • Tingkat suku bunga yang tinggi, sehingga Anda harus benar-benar cermat dalam memilih, agar tidak terlalu membebankan Anda dikemudian hari.
  • Jika Anda mengajukan kredit berupa barang, dan terjadi penyitaan, maka tidak mudah untuk mendapatkan kembali.
  • Apalagi dengan suku bunga yang tinggi, ditambah biaya denda, serta administrasi. Hal ini yang semestinya harus Anda cermati sejak awal.
  • Dalam hal ini keamanan dan tingkat kepercayaan pun mesti diwaspadai, misalnya terjadi kerusakan pada barang, pemindahan lokasi kantornya,serta informasi seringkali tidak tanggap langsung kepada debiturnya.

Dari hasil ulasan tersebut dapat kita tarik kesimpulan, bahwa masing-masing jasa penyedia kredit memiliki nilai plus dan minus. Jika Anda tidak ingin membayar bunga yang tinggi, pilihan yang tepat adalah melaui perbankan.

Namun bila Anda ingin proses yang cepat dengan bunga yang relatif tinggi, Anda dapat memilih untuk mengajukan kredit pada lembaga pembiayaan non perbankan atau multifinance.

Pengajuan kredit pada dasarnya merupakan hal yang bersifat pribadi. Jadi, semuanya memang berbalik kepada Anda, untuk menentukan mana yang sesuai dan paling tepat bagi Anda.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →