Murah dan Terjamin! 8 Antivirus Komputer Ini Harganya Cuma Rp 150 Ribu

antivirus terbaik

Setiap orang yang menggunakan komputer Windows, pasti pengin memberikan antivirus terbaik untuk perangkatnya. Karena dengan antivirus itulah, performa komputer bakal tetap terjaga, meski digunakan secara intens. 

Gak cuma tubuh manusia saja, komputer juga punya penyakit yang namanya virus. Virus ini bisa disebar melalui perangkat-perangkat komputer, seperti USB, CD, harddisk, dan lewat internet. 

Nama-nama virusnya pun beragam, tapi yang paling berbahaya dan ditakuti adalah Virus Trojan. Trojan, disebarkan via internet, lewat situs atau email, dengan tujuan untuk mencuri data-data si pengguna komputer. 

Makanya, perlindungan terampuh untuk virus itu adalah software antivirus. Sistem kerja antivirus adalah menangkal virus masuk, dan membersihkannya di perangkat komputer. 

Merek antivirus pun beragam, ada yang buatan lokal sampai yang buatan luar negeri. Berikut ini kita kasih rekomendasi antivirus terbaik 2019 yang marak digunakan di Indonesia. 

Baca juga: Bisa Untuk Beli Rumah dan Mobil Mewah, Ini 7 Barang Sehari-hari Termahal di Dunia

1. Antivirus terbaik dan ringan, antivirus Smadav

antivirus terbaik
Smadav salah satu antivirus yang bisa kamu gunakan di komputermu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Antivirus terbaik yang bisa kamu jadikan pelindung komputer adalah Smadav. Siapa sangka kalau antivirus yang satu ini ternyata buatan lokal alias karya anak bangsa. Pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2006 silam. 

Hingga kini masih banyak yang menjadikan Smadav sebagai antivirus andalan mereka, padahal banyak produk buatan luar yang menggempur pasar teknologi Tanah Air. 

Keunggulannya Smadav mampu membersihkan berbagai macam virus hingga yang berbahaya, mulai dari virus lokal sampai virus dari luar negeri. Selain itu, untuk menjalankan software ini juga tidak memakan memori RAM yang besar, gak bikin komputer lemot! 

Kamu bisa merasakan manfaatnya hanya dengan mengunduh yang gratisannya, tapi layanannya tentu terbatas. Terbatas maksudnya, gak semua jenis virus bisa dibersihkan. 

Kalau mau beli yang pro harganya sekitar Rp 90 ribu-Rp 150 ribuan. Harga tersebut hanya berlaku untuk satu perangkat komputer dan berlaku selama satu tahun.  

Baca juga: Lebih Hemat! Begini Cara Menggunakan WhatsApp Web di Perangkat Komputer

2. Antivirus Avira 

antivirus terbaik
Avira salah satu pilihan antivirus di komputermu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dari antivirus lokal, kita beralih ke antivirus buatan Jerman, Avira. Avira juga cukup banyak digunakan para user asal Indonesia, karena ada beberapa kelebihannya. Salah satunya adalah tampilannya yang praktis dan mudah dikendalikan. 

Buat yang pengin menjajal kecanggihannya, kamu bisa download antivirus Avira gratisan. Meski gratis, mereka bakal memberikan update setiap harinya, tapi dengan layanan terbatas tentunya. 

Sementara yang versi pro bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 150 ribuan per tahun. 

Baca juga: Mau Belanja Gadget dan Komputer Lebih Hemat? Cek 5 Situs Ini Aja

3. Kaspersky, antivirus berbayar terbaik 

Antivirus terbaik
Kaspersky salah satu pilihan terbaik buat komputermu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Antivirus terbaik dan berbayar selanjutnya adalah Kaspersky. Antivirus ini memiliki tampilan yang juga sangat mudah untuk digunakan. Kaspersky memiliki dua macam jenis antivirus, yaitu adalah Kaspersky Antivirus dan Kaspersky Internet Security. 

Kaspersky Antivirus, hanya menangkal komputer dari virus-virus perangkat komputer lainnya. Contohnya, ketika kamu mencolokkan flashdisk atau harddisk yang telah terinfeksi virus, virus tersebut gak bakal masuk ke komputer. 

Sementara Kaspersky Internet Security akan melindungi komputer dari virus-virus yang disebar melalui internet. Jadi kamu bisa tenang berselancar ke mana saja tanpa khawatir. 

Kekurangan dari Kaspersky adalah, terlalu memakan memori RAM yang cukup besar. Sehingga dalam proses scanning bakal bikin komputer sedikit lemot. 

Harganya sekitar Rp 125 ribuan per tahun untuk satu perangkat saja. 

4. Avast 

antivirus terbaik
Avast salah satu antivirus bisa jadi pilihanmu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu mau tahu apa antivirus terbaik dan tertua? Ya Avast jawabannya. Avast didirikan di Ceko sejak tahun 1988! Fokus dari perusahaan ini memang menyediakan software pengaman perangkat komputer dari berbagai virus. 

Avast termasuk salah satu antivirus yang paling banyak digunakan, apalagi yang gratisannya. Download antivirus Avast yang gratisan saja, kamu sudah bisa merasakan manfaatnya. Tapi tentu, layanannya tidak secanggih yang pro. 

Keunggulan Avast, proses instalasinya tidak memakan waktu terlalu lama seperti antivirus lainnya. Kemudian, Avast juga terbilang sebagai antivirus yang ringan, bisa diinstal di perangkat komputer yang sudah berumur. 

Kelemahannya, Avast masih awam dengan virus-virus lokal Indonesia. Ini tentunya mempengaruhi kecepatan mereka dalam mendeteksi virus tersebut. 

Kalau dilihat di situs resminya, untuk menggunakan layanan Avast Pro selama satu tahun, kamu bisa tebus dengan harga Rp 300 ribu. 

5. Norton 

antivirus terbaik
Norton salah satu antivirus yang bisa kamu pilih buat komputermu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Norton bisa dibilang sebagai antivirus paling protektif. Software satu ini gak cuma bisa membersihkan virus, tetapi juga mencegahnya masuk, khususnya lewat situs-situs internet. 

Apabila ada situs yang terindikasi penyebar virus, kamu gak bakal bisa membukanya. Norton dengan cepat dan otomatis langsung memblokir situs tersebut. 

Nah kalau kekurangannya, di beberapa perangkat komputer, Norton sangat lambat dijalankan, harus sabar-sabar menunggu pas baru buka software ini.

Harga per tahunnya, sekitar US$ 19 atau Rp 260 ribuan untuk satu perangkat komputer. 

6. ESET 

antivirus terbaik
ESET salah satu antivirus terbaik buat komputermu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Antivirus yang didirikan di Slovakia pada tahun 1992 ini memiliki beragam unggulan. Pertama, bisa mendeteksi malware secara cepat, bisa memblokir situs-situs yang berpotensi menyebarkan virus, hingga penggunaan memori yang cukup kecil. 

Dengan kelebihan itu, software ini sangat ringan untuk dijalankan, cocok untuk kamu pengguna komputer yang memiliki kapasitas RAM terbatas. 

Di Tokopedia, harga antivirus ESET rata-rata Rp 130 ribuan untuk satu perangkat saja. 

7. Antivirus terbaik Windows 10, BitDefender

antivirus terbaik
Bitfender salah satu antivirus yang bisa kamu pilih, (Ilustrasi/Shutterstock).

BitDefender merupakan antivirus terbaik di dunia. Jumlah penggunanya saja sudah lebih dari 500 juta di seluruh dunia! 

Faktor antivirus ini menjadi andalan mungkin karena tampilannya yang ringkas sehingga mudah mudah dijalankan, dan proses scanning yang super cepat. Tahapan instalasinya juga terbilang simpel gak berbelit-belit macam software lainnya. 

Tapi sayangnya, BitDefender ini cuma bisa dijalankan di Windows 10 saja. Selain itu, pembuatan akunnya juga harus online

Kalau kamu pengin menggunakan BitDefender, harga per tahunnya sekitar Rp 150 ribuan. Dan itu sudah bisa digunakan untuk 5 perangkat lho! 

8. AVG

antivirus terbaik
AVG salah satu antivirus yang baik buat kamu gunakan di komputermu, (Ilustrasi/Shutterstock).

AVG memiliki performa yang hampir sama dengan Avast. Sama-sama ringan dalam hal penggunaan RAM, dan juga mampu mendeteksi virus dengan sangat cepat, kecuali dengan virus-virus lokal. 

Namun kalau dibandingkan dengan Avast, tentu AVG masih jauh di bawah. AVG memiliki besaran file instalasi yang lebih besar, kemudian fitur-fiturnya juga gak terlalu banyak seperti Avast. 

Untuk membuat akun AVG, kamu gak perlu menyerahkan data diri seperti halnya BitDefender. Sehingga dalam hal ini, keamanan data pribadimu lebih terjaga. 

AVG bisa diunduh secara gratis di website resminya. Tapi, kamu juga bisa beli yang pro dengan harga sekitaran Rp 500 ribuan. Kemahalan? Cari saja di Tokopedia, Bukalapak dan e-commerce lainnya, biasanya harganya jauh lebih murah, bisa dapat cuma Rp 150 ribuan saja untuk satu perangkat per tahun.

Itulah delapan antivirus terbaik di tahun 2019 ini. Supaya lebih maksimal, jangan unduh yang gratisan, tapi beli yang paket untuk satu tahunan. Karena yang berbayar fitur-fiturnya lebih canggih dan lengkap. 

Gak ada salahnya kok, mengeluarkan uang ratusan ribu untuk satu tahun. Karena tanpa antivirus terbaik, komputermu berpotensi untuk mengalami kerusakan, dan biaya servisnya bisa-bisa lebih mahal dari harga antivirus. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →