5 Asuransi Jiwa Murah dan Jenisnya [Plus Tips Premi Murah]

Asuransi jiwa murah

Lagi cari asuransi jiwa murah nih, ada gak ya? Memiliki asuransi jiwa sudah menjadi satu langkah wajib bagi kita yang menginginkan proteksi terhadap seluruh keluarga. Apalagi kini jumlah premi yang tinggi bukan lagi menjadi alasan bagi kita untuk menunda-nunda memiliki asuransi.

Ada banyak perusahaan yang menawarkan bermacam-macam produk asuransi jiwa murah yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Berikut ini informasi seputar asuransi jiwa yang perlu kamu ketahui agar mendapatkan pilihan terbaik.

Jenis-jenis asuransi jiwa di Indonesia

Asuransi jiwa terdiri dari beberapa jenis. Khusus di Indonesia, terdapat empat jenis asuransi jiwa yang bisa kamu beli sesuai dengan kebutuhan, yaitu:

  • Asuransi jiwa berjangka (term life)
  • Asuransi jiwa seumur hidup (whole life)
  • Asuransi jiwa unit link
  • Asuransi jiwa dwiguna

1. Asuransi jiwa berjangka (term life)

Secara produk, asuransi jiwa berjangka merupakan bentuk dasar dari sebuah asuransi jiwa. Perlindungan yang diberikan bisa kamu atur sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan. 

Mulai dari 5 sampai 30 tahun, para ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan saat nasabah telah meninggal dunia. Asuransi jiwa berjangka yang bagus adalah yang menawarkan pertanggungan luas dengan premi kompetitif.

Selain uang pertanggungan, asuransi jiwa berjangka untuk memiliki tambahan pertanggungan yang sangat bermanfaat. Mulai dari  santunan cacat tetap, pembebasan premi, hingga pertanggungan kredit. Untuk mendapatkannya, kita perlu membeli asuransi tambahan (rider) dengan tambahan biaya premi.

2. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life)

Kebalikan dari berjangka, jenis asuransi jiwa seumur hidup menawarkan perlindungan maksimal sepanjang usia sang nasabah. Tentu saja dengan batas usia tertinggi hingga 100 tahun.

Umumnya, polis ini menjanjikan pengembalian premi pada masa akhir asuransi. Jadi, meskipun usia kita melewati 100 tahun, premi tidak akan hangus semua.

Menariknya, asuransi jiwa seumur hidup biasanya didampingkan dengan Dana Pensiun. Sehingga, kamu bisa mempersiapkan masa tua dengan baik. 

3. Asuransi jiwa unit link

Mau berinvestasi lewat asuransi? Nah, asuransi jiwa unit link bisa jadi jenis asuransi yang menarik buat kamu. Sebab premi yang dibayarkan ke perusahaan asuransi tidak semuanya dipakai untuk membayar biaya asuransi, tetapi diinvestasikan sebagian.

Dalam artian, semua investasi yang kamu bayarkan lewat premi bisa diubah menjadi saham, deposito, atau obligasi. Tentu saja, asuransi ini merupakan investasi dengan jangka panjang.

4. Asuransi jiwa Dwiguna

Asuransi yang satu ini memang gak terlalu familiar. Namun, dengan fokus utamanya, yaitu mengakumulasikan dana. Walau preminya tinggi, manfaat asuransi yang diberikan tidak maksimal karena uang santunan yang diberikan kecil.

Terlihat wajar karena uang premi yang kita setorkan lebih besar dialokasikan untuk akumulasi dana. Pasalnya, produk ini memang menjanjikan target kumpulan dana yang cukup besar pada waktu tertentu. 

Salah satu contoh dari jenis asuransi yang satu ini adalah asuransi pendidikan. Karena difokuskan sebagai persiapan pendidikan, manfaat dari premi yang dibayarkan pun mengikuti alur pendidikannya.

Daftar asuransi jiwa murah dengan premi terjangkau

Masih ada aja orang yang menganggap kalau asuransi jiwa itu mahal karena kabar preminya yang terbilang tinggi. Faktanya, ada lho asuransi jiwa murah yang menawarkan premi yang sungguh terjangkau. Berikut ini daftarnya.

  • Asuransi Jaga Jiwa
  • Asuransi Jaga Jiwa Xtra
  • Bhinneka Life – Bhinneka Assurance Keluarga Indonesia
  • BRI Life – Lentera
  • BNI Life – BLife Plan Multi Pro

1. Asuransi Jaga Jiwa

Asuransi Jagadiri menawarkan produk asuransi dengan sangat murah. Produknya pun beragam yang meliputi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi gigi, hingga lifestyle. Rata-rata premi yang dibayarkan pun sangat terjangkau, salah satunya asuransi Jaga Jiwa dengan premi mulai dari Rp23.000 saja.

Dengan premi sangat terjangkau, manfaat Asuransi Jaga Jiwa sebagai berikut.

  • Santunan meninggal dunia bukan karena kecelakaan, jika tertanggung meninggal bukan karena kecelakaan, penanggung akan membayar manfaat pertanggungan kepada ahli waris sebesar 100 persen uang pertanggungan dan selanjutnya pertanggungan atas diri tertanggung berakhir.
  • Santunan meninggal dunia karena kecelakaan, jika karena kecelakaan, maka penanggung akan membayar manfaat pertanggungan sebesar 200 persen uang pertanggungan meninggal dunia akibat sakit dan selanjutnya pertanggungan atas diri tertanggung berakhir.
  • Berbagai manfaat lainnya, nasabah dapat menyertakan pasangan sebagai tertanggung bersama. Apabila tertanggung lebih dari satu, tertanggung dengan usia lebih muda akan mendapatkan diskon premi 5 persen. Pembayaran premi secara setahun sekaligus akan mendapatkan diskon premi 10 persen.

Berikut informasi umum yang calon nasabah perlu ketahui mengenai asuransi ini.

  • Berusia 18-65 tahun.
  • Minimal usia pemegang polis adalah 21 tahun.
  • Frekuensi pembayaran premi: bulanan dan tahunan.
  • Uang Pertanggungan dimulai dari Rp25 juta hingga Rp100 juta.
  • Masa pertanggungan adalah satu tahun.

2. Asuransi Jaga Jiwa Xtra

Asuransi Jaga Jiwa Xtra yang memberi proteksi sekaligus memberikan jaminan premi kembali maksimal 110 persen dari total premi yang dibayarkan jika tidak ada klaim hingga akhir masa pertanggungan.

Premi asuransi jiwa ini sendiri mulai dari Rp130 ribu. Bahkan, kita bisa mendapatkan e-voucher nonton di CGV atau e-voucher buat belanja setiap bulannya.

Berikut ini manfaat Asuransi Jaga Jiwa Xtra.

  • Santunan meninggal dunia bukan akibat kecelakaan sebesar uang pertanggungan.
  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar dua kali uang pertanggungan
  • Premi kembali hingga 110 persen diberikan di akhir masa pertanggungan, dengan ketentuan berikut: 100% dari total premi yang harus dibayarkan untuk masa pertanggungan 5 tahun dan 110% dari total premi yang harus dibayarkan untuk masa pertanggungan 7 tahun.

Berikut informasi umum yang calon nasabah perlu ketahui mengenai asuransi ini.

  • Uang pertanggungan: Rp20 juta hingga Rp100 juta.
  • Minimal usia pemegang polis: 21 tahun.
  • Usia masuk tertanggung: 18 hingga 60 tahun.
  • Masa pertanggungan: 5 dan 7 tahun.
  • Masa pembayaran premi: 5 tahun.
  • Maksimum uang pertanggungan per tertanggung: Rp150 juta.
  • Premi dihitung berdasarkan usia masuk tertanggung dan plan yang dipilih.
  • Premi tetap hingga akhir masa pertanggungan.

3. Bhinneka Life – Bhinneka Assurance Keluarga Indonesia

Produk asuransi jiwa Bhinneka Assurance Keluarga Indonesia memberi perlindungan jiwa untuk satu keluarga dalam satu polis. Dengan nilai premi yang sangat terjangkau mulai dari Rp100 ribu per tahun, produk ini memberikan manfaat santunan duka maksimal Rp26 juta.

4. BRI Life – Lentera

Lentera adalah akronim dari Lengkap Ekonomis Nyaman Sejahtera yang merupakan perlindungan asuransi jiwa yang dilengkapi dengan perlindungan penyakit kritis (critical Illness) oleh BRI Life.

Produk asuransi ini ditujukan kepada generasi milenial. Dengan pembayaran premi yang ringan, mulai dari Rp100 ribu per bulan hingga Rp450 ribu per bulan selama lima tahun, nasabah akan mendapatkan proteksi asuransi jiwa hingga tahun ke-8 dengan dana proteksi asuransi sebesar 100 persen dari uang pertanggungan.

Terdapat pula keuntungan pengembalian premi sebesar 110 persen dari seluruh premi yang dibayarkan nasabah di akhir masa asuransi.

Berikut informasi umum yang calon nasabah perlu ketahui mengenai asuransi ini.

  • Uang pertanggungan dibayarkan jika meninggal dunia.
  • Pengembalian 110 persen premi bagi nasabah yang masih sehat hingga akhir masa asuransi.
  • Sejumlah 50 persen dari uang pertanggungan akan diberikan untuk membantu tertanggung apabila terkena penyakit kritis, seperti: kanker, jantung, stroke, ginjal, dan hepatitis.
  • Usia masuk 17-50 tahun.
  • Pembayaran premi yang fleksibel disesuaikan dengan kemampuan finansial.

5. BNI Life – BLife Plan Multi Pro

Produk asuransi jiwa dari BNI Life ini memberikan manfaat perlindungan sekaligus investasi. Preminya ringan dengan premi dasar minimal Rp100 ribu per bulan dan premi top up berkala sebesar Rp100 ribu per bulan.

Produk asuransi ini juga bisa ditambahkan dengan asuransi tambahan (rider), seperti asuransi kecelakaan dan asuransi kesehatan.

Dengan premi sebesar itu, nasabah akan mendapatkan manfaat asuransi jiwa senilai 100 persen dari uang pertanggungan plus nilai investasi pada harga unit yang berlaku jika nasabah meninggal dunia oleh sebab apa pun.

BLife Plan MultiPro dapat dimiliki oleh siapa saja dengan ketentuan usia masuk tertanggung adalah 5-60 tahun. Jangka waktu kontrak adalah sampai tertanggung mencapai usia 80 tahun.

Ilustrasi untuk memilih asuransi jiwa yang tepat

Dari kelima asuransi jiwa di atas, mana yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhanmu? Untuk mengetahuinya, kamu bisa mencontoh ilustrasi berikut ini. 

Iqbal yang berusia 28 tahun memiliki istri dan satu orang anak laki-laki. Dia bekerja sebagai karyawan di perusahaan swasta dengan gaji Rp 12 juta per bulan dan mendapatkan asuransi kesehatan untuk seluruh keluarganya. Namun, dia masih ingin memiliki produk asuransi agar bisa punya dana pensiun yang cukup. 

Saat ini Iqbal punya tanggungan cicilan KPR sebesar Rp 3 juta hingga 15 tahun ke depan dan cicilan mobil sebesar Rp 2 juta hingga 5 tahun mendatang. 

Dengan kondisi seperti itu, Iqbal memiliki rencana sebagai berikut:

  • Sisa gaji sebesar Rp 7 juta diasumsikan naik 5 persen per tahun
  • Iqbal memilih asuransi jiwa dwiguna karena ingin mendapatkan proteksi dan menabung untuk hari tua dengan kontrak sepanjang 30 tahun dan uang pertanggungan (UP) sebesar Rp 500 juta
  • Jika terjadi risiko 15 tahun kemudian, istri dan anaknya akan mendapatkan UP tersebut. Sementara jika 30 tahun kemudian dia masih hidup, Iqbal akan tetap mendapatkan Rp 500 juta sesuai kontrak asuransinya. 

Agar sesuai dengan rencana tersebut Iqbal bisa memilih asuransi jiwa dwiguna yang sesuai dengan kemampuan finansialnya.

Caranya dengan mencermati beberapa produk asuransi dwiguna yang menawarkan manfaat sesuai kriteria tersebut dan mempertimbangkan berapa premi yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Tujuannya agar tidak memberatkan keuangan Iqbal yang masih harus dibagi dengan kebutuhan sehari-hari.

Tips premi asuransi jiwa murah

Ada banyak cara untuk mendapatkan premi asuransi jiwa yang murah. Semuanya bisa kamu lakukan jika kamu sangat jeli dalam mempertimbangkan pilihan. Berikut ini cara mendapatkan premi asuransi jiwa murah.

  • Wajib asuransi jiwa murni
  • Memilikinya sejak dini
  • Hindari rider
  • Minimal premi paling rendah
  • Hindari asuransi  jiwa seumur hidup

1. Wajib asuransi jiwa murni

Kenapa? Karena jenis asuransi ini sudah terbukti punya premi paling rendah dan murah. Meski murah, uang proteksinya cukup besar kok.

Jadi, manfaat yang bisa kamu dapatkan sangat maksimal. Apalagi kalau dilihat secara detail, asuransi ini gak memiliki unsur investasi sehingga seluruh dana premi yang dibayarkan memiliki proteksi tersendiri.

2. Memilikinya sejak dini

Usia memengaruhi besaran premi yang akan didapatkan saat kamu membeli produk asuransi. Semakin muda usia kamu, semakin murah premi yang wajib dibayarkan kepada pihak asuransi. 

Agar terpacu, selalu tempatkan risiko kematian sebagai hal yang gak pernah bisa diprediksi. Dengan begitu, kamu sadar bahwa kehadiran asuransi jiwa sangat penting.

3. Hindari rider

Jika kamu ditawari rider, jangan diambil. Meski tujuannya memberikan manfaat tambahan, jelas rider hanya akan mempertebal premi yang harus dibayarkan.

Apalagi kalau sampai di luar bujet yang sudah kamu tentukan, kehadiran rider dalam paket asuransi sangatlah gak bijak. Jadi, pastikan tidak ada rider dalam kesepakatan asuransi kamu dengan pihak penyedia.

4. Minimal premi paling rendah

Terkadang, dengan benefit yang didapatkan, kamu rela membayar premi lebih besar. Padahal, setiap perusahaan asuransi memiliki minimum premi dengan manfaat yang gak jauh beda,

Jadi, pastikan kamu memilih minimum premi paling rendah agar pembayaran premi yang dijadwalkan gak membebani kamu. 

5. Hindari asuransi  jiwa seumur hidup

Sudah sering terbukti kalau asuransi seumur hidup adalah sebuah bentuk pemborosan. Jadi, jika kamu ingin membeli premi asuransi murah, hindari asuransi seumur hidup.

Sebab pada dasarnya, kamu butuh asuransi jiwa sampai usia 70 tahun paling lama. Setelah usia itu, kamu tidak perlu lagi.

Tujuan mengambil asuransi jiwa adalah melindungi keluarga secara finansial dari resiko kepala keluarga mengalami musibah, misalnya meninggal dunia, yang mengakibatkan hilangnya sumber penghasilan.

Ini 6 cara bayar premi asuransi jiwa

Jika sudah tahu bagaimana mendapatkan premi asuransi jiwa murah, kamu juga perlu tahu berbagai cara membayar premi yang mudah.

Ada berbagai opsi pembayaran yang biasanya disediakan perusahaan asuransi agar memudahkan pemegang polis. 

  • Internet banking dan mobile banking yang bisa dilakukan secara online, kapan pun, dan di mana pun.
  • Kartu kredit. Kamu bisa menggunakan fasilitas potongan pembayaran autodebet pada kartu kredit.
  • Autodebet rekening bank. 
  • e-Commerce. Ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan opsi pembayaran lewat Tokopedia.
  • ATM
  • Teller. Kamu bisa membayar premi langsung di kantor cabang bank dengan menyetor lewat teller bank.

Itu tadi daftar asuransi jiwa murah yang bisa kita pilih dan cara mendapatkan pilihan dengan premi murah. Tetapi ingat, asuransi murah biasanya menerapkan jangka waktu perlindungan yang terbatas.

Jadi, selalu teliti dan pertimbangkan kebutuhan kita sebelum membeli asuransi murah, ya.Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai berbagai produk asuransi jiwa dan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mengikuti ulasan-ulasan di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →