Pilihan Kota di Luar Jakarta Habiskan Liburan Akhir Tahun, Berbudget Rp 2 Juta

liburan akhir tahun

Sebentar lagi liburan akhir tahun. Sudah punya rencana mau menghabiskan liburan di mana? Sudah ada agenda pasti? Atau sedang lagi cekak?

 

Enggak usah pusing. Dana cekak pun masih bisa buat modal dolan-dolan keluar Jakarta. Katakanlah modalnya Rp 2 juta. Duit segitu bisa kemana saja?

 

(Baca: Modus Hemat Terbang Keliling Asia Tenggara dalam 30 Hari, Gak Nyampe Rp 2 Juta!)

 

Rumusnya adalah merencanakan liburan secara rapi dan terencana dalam menyusun itinerary alias jauh-jauh hari. Pasalnya bakal dapatkan ongkos tiket pesawat atau hotel dengan rate kompetitif. Kalau

last minute beresiko mendapatkan rate yg paling mahal.

 

Berikutnya adalah menetapkan bermalam di budget hotel. Penginapan jenis ini selalu dikaitkan dengan ‘self service’ pada fasilitas hotel. Atau bisa juga mencoret fasilitas hotel yang dianggap tak perlu. Seperti sabun atau handuk. Ini yang membuat rate-nya relatif lebih murah dibanding “legacy” hotel.

 

Lalu kota mana saja yang tarif tiket pesawatnya di bawah Rp 1 juta? Kalau mencoba search via skyscanner, kota-kota di bawah ini layak dipilih.

 

Bandar Lampung

Daerah ini bisa jadi destinasi menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru. Jaraknya pun tak jauh dari Ibu Kota. Di provinsi paling selatan Pulau Sumatera ini punya banyak pilihan wisata yang tak kalah menarik.

 

Misalnya saja Pantai Pasir Putih. Waktu tempuh ke obyek wisata ini hanya 20 menit dari pusat kota. Pantainya yang putih bersih dan laut biru sangat sedap dipandang.

 

liburan akhir tahun

 Pantai Pasir Putih di Bandar Lampung. Destinasi asik tanpa bikin kantong bolong

 

 

Pilihan lainnya ke Menara Siger yang jadi ikon Lampung. Masuk ke kawasan ini mesti menebus tiket Rp 5.000 per orang. Paling asyik menghabiskan malam pergantian tahun di lokasi ini.

 

Lalu menginap di mana? Yang jelas bukan hotel mewah. Lagian tujuannya sekadar numpang tidur. Banyak kok hotel budget di Lampung yang bisa dipilih.

 

Cuma yang paling enak itu cari hotel budget yang dekat dengan lokasi kuliner. Jadi pas perut keroncongan bisa langsung capcus ke tempat makan.

 

Opsinya bisa di Pop Hotel di Tanjung Karang, Bandar Lampung. Tarif kamar yang deluxe hanya Rp 300 ribuan saja. Lokasinya strategis dan bertetanggaan dengan sejumlah lokasi kuliner. Misalnya saja Kopi Oey yang buka sampai malam hari. Di situ tersedia ragam kuliner dari menu nusantara sampai Indochina. Lalu ada juga Bakso Sony yang tersohor di Bandar Lampung.

 

Semarang

Ibu Kota Jawa Tengah ini bisa jadi pilihan liburan. Pertama, siapkan dana Rp 900 ribuan untuk tiket pesawat Lion Air atau Sriwijaya Air. Ketika tiba di bandara, jangan buru-buru ke hotel.

 

liburan akhir tahun

 Selain terkenal sama wisata budayanya, Semarang ternyata juga punya pantai yang ciamik buat liburan

 

 

Geser saja dulu ke Pantai Maron. Jaraknya hanya beberapa ratus meter dari Bandara Ahmad Yani. Masuk ke kawasan itu cukup bayar Rp 3.000 per orang. Entenglah buat menikmati pantai yang eksotis.

 

Alternatif lain ke Pantai Tirang yang lokasinya juga berdekatan dengan bandara. Pantai ini cocok bagi yang suka atraksi memancing, khususnya ikan kakap dan ikan kerapu.

 

Berikutnya, kalau ingin menikmati bangunan khas di Semarang, silakan menuju Pagoda Buddagaya Watugong. Ini pagoda tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 45 meter. Masuknya gratis lho.

 

Di mana nginapnya? Ada banyak pilihan hotel yang masih masuk akal buat kantong. Setidaknya ada 16 hotel bintang tiga yang tarifnya di bawah Rp 300 ribuan semalam. Sebut saja Hotel Ibis, Quest Hotel, Hotel Neo Candi Semarang, Hotel Dafam Semarang, Semesta Hotel, atau Andelir Convention Hotel. Rata-rata lokasinya tak jauh dari Simpang Lima.

 

Palembang

Anggarkan tiket pesawat ke Palembang sekitar Rp 945 ribu. Nah, masih sisa sekitar Rp 1,1 juta. Cukuplah menikmati obyek wisata di Palembang di liburan Natal dan Tahun Baru. Biar afdol mungkin cari obyek wisata yang tak perlu mengeluarkan duit.

 

liburan akhir tahun

 Naik kapal motor bareng pasangan ke Pulau Kemaro, romantis banget yak!

 

 

Sebut saja Jembatan Ampera. Lokasi ini harus masuk daftar yang dikunjungi. Pasalnya, tak lengkap berkunjung ke Palembang tanpa ke Jembatan Ampera. Di sini banyak hal yang bisa dilakukan. Utamanya wisata kuliner yang berjarak 50 meter dari jembatan. Di situ juga ada pasar yang menjual oleh-oleh maupun souvenir.

 

Berikutnya bisa berkunjung ke Pulau Kemaro yang lokasinya di tengah Sungai Musi berjarak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Ini adalah lokasi wisata favorit karena terdapat Pagoda berlantai sembilan. Dan yang menyenangkan ada Pohon Cinta. Konon, pasangan yang menuliskan namanya di pohon itu hubungan asmaranya bakal langgeng sampai kakek-nenek.

 

Siapkan saja biaya untuk naik perahu untuk mencapai lokasi ini. Bisa tawar menawar kok. Paling banter di kisaran Rp 100 ribuan.

 

Setelah puas keliling, tinggal cari hotel. Dengan budget terbatas, tentunya cari hotel bintang dua atau tiga. Cukup banyak kok misalnya Best Skip di Jl Mayor Salim Batubara, Sekip Bedung, yang harga per kamar antara Rp 150-170 ribu.

 

Ada pula Hotel Zuri Express dengan bangunan minimalis di Jl Dr M Isa No 988 ini menawarkan harga mulai dari Rp 275 ribu. Kalau yang mau lebih dekat dengan bandara bisa memilih Hotel Budi di Jl Brigadir Jend HM Dhani Effendie. Siapkan dana Rp 385 ribu untuk fasilitas TV, AC, air hangat, dan sarapan.

 

Pangkalpinang

Tiket pesawat menuju kota ini sekitar Rp 958 ribu jika booking dari sekarang dengan maskapai Lion Air atau Sriwijaya Air. Transportasi dari bandara bisa menggunakan taksi dengan tariff Rp 60 ribu untuk jarak 7 km ke pusat kota Pangkalpinang.

 

liburan akhir tahun

Struktur bebatuan di Pantai Tenggiri makin menambah kesan misterius nan eksotis

 

 

Atraksi wisata apa saja di kota ini? Lumayan banyak daftarnya. Yang terkenal itu Pantai Tenggiri yang menawarkan keindahan perpaduan bebatuan alam berukuran raksasa dengan keindahan lautnya. Atau bisa juga ke Pantai Matras dan Pantai Pasir Padi.

 

Di kota ini juga biasa ada atraksi barongsai. Acaranya digelar di malam bulan purnama atau acara khusus masyarakat keturunan Tionghoa. Bisa juga lho dari Pangkalpinang pergi berwisata ke kota-kota di Bangka dengan menggunakan angkot. Lebih seru dan pastinya murah.

 

Urusan hotel, cukup banyak. Cuma yang sesuai dengan kantong bisa memilih Wisma Jaya yang layanan dan fasilitasnya setara bintang dua. Lokasinya di pusat kota, tepatnya di Jl A Yani No 10. Dekat banget dengan Alun-alun Lapangan Merdeka. Penginapan ini cukup bersih dengan tarif termurah Rp 350 ribu per malam untuk deluxe room. Ada fasilitas TV,AC, dan kamar mandi dengan air panas.

 

Jambi

Terbang ke Jambi dengan Citilink atau Lion Air sudah menghabiskan Rp 983 ribu. Apakah modal Rp 1 juta cukup dolan-dolan di Jambi? Bisa banget dong. Tinggal sisihkan dulu buat alokasi menginap di hotel. Mungkin sisihkan sekitar Rp 300 ribuan.

 

Ada beberapa hotel yang tarifnya di bawah itu. Sebut saja Hotel Fortuna di Jl Jenderal Gatot Subroto dengant tarif Rp 250 ribu. Lalu ada Hotel Evan di Jalan Orang Kayo Hitam No. 7 dengan tarif per malamnya Rp 300 ribuan.

 

liburan akhir tahun

 Tanggo Rajo, tempat nongkrong oke di Jambi yang agak mirip Malioboro di Yogyakarta

 

 

Baru kemudian berburu obyek wisata yang oke di Jambi. Yang rasional mungkin bisa ke Tanggo Rajo yang tak jauh dari Taman Alun-alun Kapuas atau Pantai Losari biar duit di kantong awet. Di sini bisa menikmati atraksi wisata kuliner di tepi perairan Sungai Batanghari.

 

Yang doyan keramik mungkin bisa mampir ke kawasan Pasar Sitimang di Jl Sisingamaraja. Pasar ini sudah terkenal sebagai pusat penjualan keramik. Jangan heran kalau menemukan keramik dengan motif yang indah karena semuanya dikirim langsung dari China.

 

 

Itulah kota-kota dan obyek wisatanya yang bisa jadi pilihan menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru. Sengaja pilih kota-kota itu tak melulu pergi ke Bali atau Yogya. Itu terlalu mainstream dan pastinya kota itu sudah dipadati pelancong.

 

(Baca: 4 Tempat Wisata di Indonesia yang Seharusnya Enggak Dijadiin Tempat Wisata Komersial!)


Indonesia kaya lho lokasi wisata yang masih banyak untuk dijelajahi. Lagi pula tak perlu modal besar untuk keluyuran di kota-kota itu. Bermodal Rp 2 juta sudah cukup untuk menikmati keindahan panorama alam maupun kekhasan kota-kota tersebut.

 

 

 

Image credit:

  • http://www.telusurindonesia.com/wp-content/uploads/2015/03/pantai-pasir-putih3-1024×573.jpg
  • https://aws-dist.brta.in/2014-09/4c9ec76b17159ce3c277ebb90e6d9a49.jpg
  • http://static.panoramio.com/photos/large/41087654.jpg
  • http://d7news.com/wp-content/uploads/2015/09/02.jpg
  • https://lukmantanjung.files.wordpress.com/2013/02/img_9599.jpg