14 Pinjaman Online Syariah Bebas Riba dan Langsung Cair

pinjaman online syariah

Pinjaman online syariah atau pembiayaan bebas riba kini banyak dipilih karena menawarkan pinjam meminjam sesuai syariah. Selain itu, fintech peer to peer lending syariah juga bisa jadi alternatif berinvestasi dengan keuntungan maksimal. 

Pinjaman tanpa riba ini memang dirancang khusus buat orang-orang yang gak mau bayar cicilan dengan bunga. Sebagai gantinya, bank syariah menggunakan sistem murabahah dan ijarah buat memperoleh untung. Inilah yang kemudian menjadi dasar pinjaman online syariah.

Sistem murabahah adalah akad jual beli antara bank syariah, dan nasabah. Sementara itu, sistem ijarah adalah akad memperoleh manfaat atas jasa yang digunakan.

Nah, sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya kamu membeli produk asuransi jiwa syariah terlebih dahulu untuk berjaga-jaga. Supaya jika terjadi musibah, uang pertanggungan dari asuransi bisa digunakan untuk melunasi pinjaman.

Kalau kamu berminat mengajukan pinjaman online syariah, ada beberapa pilihan yang bisa dibandingkan. Apa saja? Berikut ini daftar pinjaman online syariah yang sudah dirangkum Lifepal:

DAFTAR ISI

1. Pinjaman online syariah Pembiayaan Al Salaam Syariah (PAS)

Butuh dana sebesar Rp15 juta? Ajukan saja Pembiayaan Al Salaam Syariah (PAS). Pinjaman online syariah ini disediakan BPRS Al Salaam dengan besaran pinjaman mulai dari Rp15 juta. Sementara jangka waktu pelunasan atau tenornya hingga 60 bulan atau lima tahun.

Pembiayaan Al Salaam Syariah memiliki sejumlah keunggulan, yaitu angsurannya tetap hingga lunas, pembayaran cicilan bisa ditransfer lewat rekening bank lain, memberikan beragam promo, dan pastinya secara resmi terdaftar sebagai pinjaman online di OJK.

Besarnya margin keuntungan pinjaman ini tergantung dari tenor yang dipilih. Makin lama tenornya, makin besar total cicilan yang kamu bayarkan. 

Jika tertarik melakukan pinjaman di PAS, bisa cek situsnya untuk kelengkapan syarat pengajuan. Setelah syarat-syarat lengkap, kamu bisa ajukan secara online di website BPRS Al Salaam.

Syarat-syarat buat mengajukan Pembiayaan Al Salaam Syariah (PAS), yaitu:

  • Berstatus WNI.
  • Punya penghasilan.
  • Domisili berada di sekitar wilayah kerja bank.
  • Punya jaminan berupa SHM atau SHGB atau BPKB.
  • Fotokopi KTP pemohon.
  • Fotokopi KTP suami atau istri (kecuali badan usaha).
  • Fotokopi kartu keluarga (kecuali badan usaha).
  • Fotokopi akta nikah atau cerai (kecuali badan usaha).
  • Fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir atau surat keterangan penghasilan.
  • Fotokopi laporan keuangan usaha (kecuali karyawan).
  • Fotokopi bukti kepemilikan rumah atau SPPT PBB (kecuali badan usaha)
  • Fotokopi SHM atau SHGB.
  • Fotokopi surat keterangan usaha (SKU).
  • Bukti rekening koran 3 bulan terakhir.

Setelah melengkapi syarat-syarat di atas, kamu bisa ajukan secara online di website BPRS Al Salaam.

2. BSM Implan

Pinjaman online syariah dari Bank Mandiri Syariah ini menawarkan kucuran dana mulai dari Rp5 juta – Rp250 juta. Jangka waktu pelunasan atau tenornya mulai dari tiga tahun, lima tahun, hingga 10 tahun, tergantung dari debitur, dan penggunaannya.

Misalnya, penggunaan BSM Implan ditujukan untuk memenuhi keperluan nasabah memiliki batas maksimal pembiayaan Rp50 juta dan tenor maksimal tiga tahun. Sementara khusus PNS atau karyawan BUMN atau TNI/Polri diberi limit hingga Rp100 juta dengan tenor maksimal lima tahun.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan BSM Implan, yaitu:

  • Pengajuannya dilakukan lewat perusahaan tempat calon debitur nasabah bekerja.
  • Calon debitur yang mengajukan pinjaman minimal 10 orang atau sebesar Rp100 juta.
  • Pengelompokan calon nasabah disesuaikan dengan jenis pembiayaannya.

Salah satu kemudahan yang bisa diperoleh, pinjaman BSM Implan bisa kamu ajukan secara online di website Bank Mandiri Syariah.

3. SyarQ

Pinjaman online syariah ini adalah solusi pembelian barang syariah tanpa kartu kredit. Bisa dibilang produk pinjaman dari SyarQ ini mirip-mirip dengan solusi pembiayaan yang ditawarkan Kredivo. Bedanya, SyarQ ini menjalankan prinsip-prinsip syariah.

Pinjaman SyarQ menawarkan keuntungan bebas ongkos kirim dan sebagai solusi pembayaran cicilan buat orang-orang yang ogah pakai kartu kredit.

Berapa margin keuntungan yang diambil SyarQ dari debitur yang gunakan layanannya? Buat gambaran aja kalau kamu beli mesin cuci seharga Rp3.650.000 tanpa DP dengan fasilitas SyarQ, cicilan yang kamu bayarkan:

  • Selama 1 bulan sebesar Rp4.221.500.
  • Selama 2 bulan sebesar Rp2.111.000 (2 kali cicil).
  • Selama 3 bulan sebesar Rp1.407500 (3 kali cicil).
  • Selama 5 bulan sebesar Rp845.000 (5 kali cicil).

Kamu bisa memanfaatkan layanan SyarQ langsung di website-nya atau dengan terlebih dahulu install aplikasinya di smartphone kamu. 

4. Investree

Misi dari pionir perusahaan teknologi finansial di Indonesia ini adalah menjadi online marketplace yang mempertemukan lender  (pemilik dana pinjaman) dan borrower dengan pinjaman yang terjangkau dan mudah diakses. Di Investree Syariah semua kegiataan pembiayaan bebas riba, dan bebas dari transaksi yang dilarang syariat Islam.

Lalu, apa keuntungan yang didapat lender? Imbal hasil yang didapat pemilik dana berupa ujrah wakalah atau jasa penagihan yang dibayarkan peminjam dana tanpa beban biaya apapun. Besaran dana pinjaman yang dipatok Investree mulai dari Rp5 juta untuk pembiayaan bisnis.

Sedangkan untuk borrower, pinjaman yang didapat bebas bunga, hanya membayar administrasi, tanpa biaya terselubung dan prosesnya yang cepat. Investree syariah saat ini sudah terdaftar sebagai pinjaman online di OJK.  

Meski begitu, gak semua pembiayaan bisa dikeluarkan oleh Investree. Jadi hanya pengajuan dari perusahaan atau bisnis tertentu saja yang bisa mengajukan pembiayaan. Terlebih lagi, Investree meminta jaminan berupa giro mundur dan jaminan personal. 

Proses pengajuan pembiayaan 

  • Pengajuan peminjaman dana akan dianalisis dan biasanya waktu yang dibutuhkan untuk analisis credit scoring sekira tiga hari kerja 
  • Penggalangan dana memakan waktu 14 hari. Tapi, jika dalam 14 hari dana yang kamu butuhkan sudah terkumpul, maka dana bisa langsung dicairkan.  
  • Meski platform ini menawarkan plafon kredit hingga Rp2 miliar, tapi pembiayaan tetap dibatasi maksimal 80% dari nilai pengajuan. 

5. Ammana

Ammana adalah fintech syariah pertama di Indonesia yang hadir khusus untuk pelaku usaha UMKM melalui program pendanaan bersama atau halal dengan sistem crowdfunding. Imbal hasil yang diberikan Ammana untuk pendanaan sekitar 24% per tahun.

Jadi, kalau kamu ingin mengajukan pinjaman untuk keberhasilan bisnismu, Ammana memiliki system non direct funding. Artinya, mewajibkan kamu menjadi anggota dari mitra keuangan syariah mikro yang telah terdaftar di Ammana. Dengan cara ini, Ammana tahu profil dan kualitas bisnismu sehingga dapat memastikan kamu mampu menyelesaikan angsurannya tepat waktu. 

Bagaimana cara mengajukan pinjaman? 

  • Ammana menawarkan dua metode pengajuan pinjaman yaitu secara langsung dan gak langsung. 
  • Untuk metode gak langsung, kamu harus menjadi anggota melalui mitra Baitul Mal wa Tamwil (BMT) atau Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS). 
  • Setelah jadi anggota kamu akan mendapat pendampingan awal. Setelah melewati tahap pendampingan dan pembinaan, calon peminjam baru bisa mengajukan ke mitra pendamping. 
  • Sedangkan untuk pengajuan langsung Ammana, bisa dengan mendaftar sebagai mitra peminjam terlebih dulu. Kemudian calon peminjam akan mendapat pendampingan dan pembinaan dari pihak Ammana. Baru setelah itu mitra peminjam bisa ajukan pinjaman modal ke Ammana.
  • Proses selanjutnya yaitu seleksi, analisa dan skoring, proses komite, hingga crosscheck
  • Nah, kalau lolos dari tahapan tadi, kebutuhan dana peminjam akan dibuatkan crowdfunding di marketplace Ammana.
  • Jika kemudian dana yang dibutuhkan terpenuhi, borrower akan melangsungkan akad dan pencairan dana. Catatan, meski dana sudah cair, kamu sebagai peminjam akan terus mendapat pendampingan dari Ammana lho. Tujuannya agar dana yang kamu pinjam bisa dioptimalkan manfaatnya, jadi gak ganggu angsuran hingga pelunasan nantinya. 

6. Dana Syariah

Sesuai dengan konsepnya, yaitu P2P lending, Dana Syariah mempertemukan pendana dengan peminjam. Khusus di platform fintek ini, pinjaman difokuskan pada bisnis properti. Kalau kamu ingin berinvestasi di perusahaan P2P, kamu bisa jadi pendana dengan mengunjungi website resmi Dana Syariah. 

Bagi hasil yang ditawarkan, Dana Syariah untuk pendana sekitar 20% per tahun. Sampai saat ini total pendana di Dana Syariah ada 115.610  pendana. Dengan total pendanaan sejak berdiri sebesar Rp643,40 miliar.

Begitu juga kalau kamu ingin mendapat pinjaman, kamu bisa melakukan penggalangan dana melalui situsnya. Setelah mendaftar, kamu bisa ajukan proposal proyek properti untuk verifikasi yang dilakukan tim Dana Syariah. Sampai artikel ini ditulis, jumlah penerima pinjaman di Dana Syariah ada 906 individu dan institusi. 

Cara jadi penerima pembiayaan 

  • Sebelum mengajukan, kamu diharuskan mendaftar dulu menjadi anggota Dana Syariah. Segala ketentuan dan syarat keanggotaan wajib kamu patuhi 
  • Selanjutnya ajukan proposal pembiayaan di portal Dana Syariah. Jangan bingung, karena ada templatenya kok untuk pengajuan proposal penggalangan dana. 
  • Tim Dana Syariah akan melakukan verifikasi dengan survei ke lokasi (lokasi proyek, kantor atau tempat usaha). 
  • Kemudian calon peminjam dan pihak Dana Syariah mengadakan perjanjian awal. 
  • Penggalangan dana dilakukan selama 30 hari melalui aplikasi Dana Syariah. Setelah dana terpenuhi, dilanjutkan dengan penandatangan akad syariah antara peminjam dan pihak Dana Syariah. 
  • Pembayaran imbal hasil dan pengembalian dana pokok sesuai dengan jadwal yang telah disetujui. 

7. Duha Syariah

Mengusung tagline layanan pembiayaan mudah, cepat, transparan dan bebas riba, Duha Syariah memberikan layanan pembiayaan untuk pembelian barang dan jasa juga kegiatan produktif yang sesuai prinsip syariah. Ada dua tipe pembiayaan di Duha Syariah, yaitu tipe konsumtif (barang atau jasa) dan tipe perjalanan religi.

Tipe konsumtif memberikan pinjaman untuk pembelian produk halal yang dijual di e-commerce atau marketplace yang telah bekerja sama dengan Duha Syariah. Kamu bisa dapat maksimal limit pembiayaan hingga Rp20 juta dengan jangka waktu pembayaran 3, 6, 9, dan 12 bulan.

Sedangkan untuk tipe perjalanan religi, yaitu memberikan pembiayaan perjalanan umrah dan wisata halal yang dijual di e-commerce atau marketplace. Maksimal limit pembiayaan tipe ini sebesar Rp30 juta dengan tenor 12, 18 dan 24 bulan.

8. Papitupi Syariah

Platform fintek besutan PT Piranti Alphabet Perkasa ini memberikan pemenuhan kebutuhan konsumtif pembelian barang dan jasa. Di Papitupi Syariah ada dua produk pinjaman, yaitu Papifund dan Papiplafond.

Papifund adalah pinjaman syariah online yang bisa diajukan untuk pembelian barang dan jasa dengan maksimal limit Rp10 juta. Sedangkan Papiplafond dikhususkan untuk pembayaran, dan belanja kebutuhan harian.

Syarat bagi peminjam haruslah berstatus warga negara Indonesia (WNI), memiliki pekerjaan dengan minimum masa kerja dua tahun, bekerja di perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Papitupi Syariah dan berusia di atas 21 tahun atau sudah menikah. 

9. Danakoo 

Platform pinjaman online syariah yang dimiliki PT Danakoo Mitra Artha ini punya dua produk pembiayaan konvensional dan syariah. Sedangkan untuk dana pinjaman syariah ada dua produk yaitu pinjaman multigunakoo dan multijasakoo. 

  • Multigunakoo 

Untuk pinjaman multiguna ditujukan untuk nasabah yang mempunyai kebutuhan untuk membeli rumah, kendaraan atau barang konsumtif lainnya dengan akad murabahah. Plafon yang disediakan untuk multiguna syariah ini mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta, dengan tenor 3, 6, 9 dan 12 bulan. Pencairan dana dijanjikan sekitar 3 – 14 hari dengan imbal hasil 1,5% – 2,5% per bulan. 

  • Multijasakoo

Sedangkan produk multijasa yang menggunakan akad wakalah bil ujrah, dikhususkan buat kamu yang butuh uang tunai. Besaran dana yang untuk produk ini berkisar dari Rp1 juta – Rp10 juta, dengan jangka waktu dan imbal hasil nilai yang sama dengan produk multiguna.

Misalnya nih, kamu pinjam uang Rp5 juta dengan tenor 12 bulan, asumsi imbal hasil per tahun 12%. Cicilan yang kamu harus bayar per bulannya sebesar Rp487.500. Total pembiayaan di Danakoo sebesar Rp5.850.000 atau imbal hasil yang kamu bayarkan hanya Rp850 ribu. 

10. Alamisharia

Berbeda dengan perusahaan fintech penyedia dana pinjaman online, Alamisharia mengkhususkan dananya untuk peminjam yang memiliki usaha kecil menengah atau UKM. Menngusung tagline #HijrahFinansial, perusahaan peer to peer lending syariah ini resmi menjadi fintech berizin dari OJK per Mei 2020. 

Di Alami, pelaku UKM bisa mendapat pinjaman mulai dari Rp50 juta hingga Rp2 miliar, dan akan dibiayai oleh ALAMI maksimal 80% dari nilai pengajuan. Karena memiliki prinsip islami, Alami memberi syarat khusus yaitu usaha yang dijalankan bebas dari unsur haram, seperti peternakan atau perniagaan babi, rokok, alkohol, narkoba, atau usaha lain yang bertentangan dengan syariat Islam. 

Agar dapat mengajukan pinjaman di Alami, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dulu. Diantaranya, usaha kamu berbentuk PT, CV, atau Yayasan yang beroperasional sesuai dengan syariat Islam, usaha yang kamu jalankan sudah berdiri minimal satu tahun dan berlokasi di Jabodetabek. Juga melampirkan rekening koran dan laporan keuangan enam bulan terakhir, punya giro mundur dan jaminan personal untuk dijaminkan. 

11. Syarfi

Perusahaan P2P ini juga memberi dua jenis pinjaman yaitu usaha dan sosial. Pinjaman usaha diperuntukan buat kamu yang butuh modal kerja atau dananya dipakai untuk operasional bisnis yang dijalankan nasabah. Produk ini sistem pembayarannya dicicil per bulan ditambah dengan imbal hasil yang sudah disepakati di awal akad saat pengajuan pembiayaan. 

Sedangkan pinjaman sosial diberikan untuk nasabah yang butuh dana untuk menutup hutang riba misalnya untuk penutupan kartu kredit. Pembiayaan sosial di Syarfi menggunakan akad Qard atau pinjaman dana tanpa imbalan. Tapi nasabah wajib mengembalikan nilai pokok pinjaman secara sekaligus atau dicicil dalam jangka waktu tertentu. 

12. Qazwa 

Fintech syariah lainnya yang menyediakan pinjaman online adalah PT Qazwa Mitra Hasanah dengan aplikasi Qazwa. Mirip dengan Alami, Qazwa memberi pembiayaan khusus untuk UMKM dengan usaha seperti peternakan, produksi, perdagangan dan berbagai sektor lainnya. 

Karena berbasis syariah, maka usaha yang diberi dana pinjaman pun harus sesuai dengan kriteria syariat Islam. Sayangnya, produk pembiayaan Qazwa ini hanya terbatas untuk pelaku UMKM di Jabodetabek saja. 

Jangka waktu kredit yang ditetapkan fintech syariah ini mulai dari satu hingga enam bulan, dengan metode pembayaran langsung lunas. Syarat untuk peminjam dana pun gak susah kok yaitu warga negara Indonesia, usaha sudah berjalan minimal enam bulan, fotocopy KTP, dana yang dibutuhkan gak untuk pencucian uang atau kegiatan yang bertentangan dengan ajaran Islam lainnya. 

13. Bsalam 

Nah, perusahaan P2P ini dibuat khusus untuk penyelenggara ibadah umroh dan haji yang butuh pinjaman online. Tahu dong kalau biro haji dan umroh pastinya butuh dana besar untuk modal kerjanya. 

Bsalam berperan mempertemukan investor dengan pelaku usaha jasa perjalanan haji, dan umroh ini melalui pembiayaan syariah. 

Proses pengajuan pembiayaan yang berlaku di Bsalam gak susah kok, pertama penyelenggara perjalanan ibadah umroh (PPIU) mendaftar di website resmi Bsalam dan melengkapi data yang dibutuhkan. Setelah itu isi formulir pengajuan pembiayaan serta berkas yang disyaratkan. 

Meski sudah mengisi formulir dengan benar dan berkas lengkap, bukan berarti pengajuan kamu langsung diterima ya. Aplikasi yang kamu ajukan harus melalui seleksi dan analisis yang ketat. 

Bsalam di sini hanya bertindak sebagai jembatan antara PPIU dan investor penyedia dana. Jika lolos, maka kebutuhan dana akan langsung dicairkan sesuai ketentuan yang berlaku. 

14. Ethis Indonesia 

Ethis Indonesia hadir sebagai perusahaan finansial teknologi yang dikhususkan untuk pengembang properti atau usaha konstruksi. Pembiayaan yang berlaku di PT Ethis Fintek Indonesia ini dimanfaatkan sebagai tambahan modal kerja usaha tersebut. 

Syarat untuk mengajukan pinjaman syariah di Ethis Indonesia adalah melakukan pendaftaran dan melampirkan data diri, mengisi pengajuan dan melengkapi data perusahaan juga menyertakan surat perizinan atas proyek yang diajukan calon nasabah. 

Gak cuma itu, syarat lain yang ditetapkan Ethis Indonesia adalah calon nasabah menyiapkan aset sebagai jaminan atas pembiayaan yang diberikan nanti. 

Karena Ethis Indonesia adalah perusahaan fintech yang pembiayaannya berasal dari crowdfunding, maka butuh waktu agak lama. Proses verifikasi dan validasi permohonan pembiayaannya saja butuh waktu 2 – 4 minggu. Dan proses crowdfunding-nya memakan waktu kira-kira 45 hari maksimal. Jika dari crowdfunding dana terkumpul, maka kamu tinggal tunggu pencairan dananya saja. 

Itu tadi pilihan pinjaman syariah yang bisa kamu ajukan secara online. Meski gak dikenai bunga sama sekali, tapi kamu tetap perlu memilah milih mana yang cicilannya gak berat. 

Kamu bisa cek dan hitung besar margin keuntungan yang diambil dari simulasi pinjaman yang ditampilkan di website mereka. Dengan begitu kamu bisa mendapat pilihan yang sesuai dengan kemampuan keuangan kamu.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →