3 Cara Buat PIN Kartu Kredit Mandiri dan Ganti Jika Lupa

Pelanggan memasukkan pin kartu kredit mandiri di mesin edc

Cara buat PIN kartu kredit Mandiri dan cara aktivasinya menjadi hal yang wajib diketahui para pemegang kartu kredit Bank Mandiri. Jika biasanya pengguna kartu kredit Bank Mandiri menggunakan tanda tangan saat melakukan transaksi di kasir, kini sudah berbeda. Mulai 1 Juli 2020, transaksi menggunakan kartu kredit wajib menggunakan PIN (Personal Identification Number), termasuk kartu kredit yang dikeluarkan Bank Mandiri.

Jadi, bagi kamu yang baru ingin membuat kartu kredit baru atau mengganti kartu kredit lamanya, siap-siap bank penerbit kartu kredit akan meminta kamu melakukan pembuatan dan aktivasi PIN 6 digit.

Penggunaan PIN kartu kredit Mandiri saat bertransaksi dijamin lebih aman karena dibandingkan tanda tangan, PIN akan lebih sulit untuk dipalsukan. PIN juga akan menghindarkan kamu dari risiko pembobolan atau kejahatan transaksi seperti kasus skimming. Asalkan, kamu menjaga baik-baik kerahasiaan PIN kamu.

Beruntung kalau punya kartu Mandiri, makin mudah bayar asuransi Mandiri InHealth dengan manfaat rawat gigi Rp12,5 juta, biaya melahirkan Rp30 juta, dan ganti kacamata Rp1 juta

Peraturan Bank Indonesia terkait PIN kartu kredit Mandiri

Seperti disebutkan sebelumnya, mulai 1 Juli 2020 Bank Indonesia mewajibkan penggunaan PIN 6 digit untuk semua transaksi kartu kredit di Indonesia, termasuk dari Bank Mandiri. Sehingga semua transaksi kartu kredit akan menggunakan PIN langsung di mesin EDC dan tanda tangan sudah tidak lagi diperlukan.

Peraturan ini sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia No. 16/25/DKSP yang terbit pada akhir 2014, yaitu seluruh kartu kredit yang diterbitkan penerbit kartu kredit di Indonesia wajib mengimplementasikan teknologi PIN online 6 digit paling lambat tanggal 30 Juni 2020.

Langkah ini juga dilakukan tentunya sebagai inovasi dalam menjaga keamanan data transaksi nasabah dan mengikuti perkembangan teknologi secara global. Sebab di beberapa negara bagian Eropa, Australia, dan Kanada, misalnya, sudah tidak lagi menggunakan tanda tangan untuk melakukan transaksi kartu kredit. Melainkan mengharuskan penggunaan PIN jika ingin bertransaksi menggunakan kartu kredit di negara tersebut. Sehingga bagi kamu yang sering bepergian ke luar negeri dan melakukan transaksi menggunakan kartu kredit di sana, tak perlu khawatir lagi saat diminta untuk menggunakan PIN.

3 Cara Buat PIN kartu kredit Mandiri

Ada 3 cara pembuatan PIN bagi nasabah Mandiri yang kartu kreditnya sudah aktif. Yaitu melalui ATM Mandiri, mandiricall 14000, dan juga SMS. Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan PIN kartu kredit ini melalui email.

Agar tidak bingung lagi mengenai pembuatannya, yuk simak cara-cara berikut ini:

1. Cara mendapatkan PIN kartu kredit Mandiri melalui ATM Mandiri

Untuk bisa membuat PIN kartu kredit melalui ATM mandiri, pertama-tama kamu harus menggunakan nomor handphone yang sudah terdaftar di sistem Bank Mandiri sebelumnya.

Pastikan kamu sudah menginformasikan terlebih dahulu kepada pihak Bank Mandiri jika terdapat perubahan dengan nomor HP yang kamu gunakan.

Langkah-langkah Cara Pembuatan PIN kartu kredit melalui ATM Mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Kirim SMS untuk request OTP dan kirim ke 3555. Format SMS: OTPCC<spasi>16 digit nomor kartu kredit. Contoh : OTPCC 4149313000062937
  2. Kamu akan mendapat balasan SMS dari 3355 berisi kode OTP
  3. Lanjutkan pembuatan PIN kartu kredit di ATM
  • Masukkan kartu kredit ke ATM
  • Pada layar masukkan PIN, ketikkan kode OTP yang diterima melalui SMS
  • Pilih menu “Buat PIN”
  • Masukan kembali kode OTP
  • Selanjutnya masukkan 6 digit PIN yang kamu inginkan
  • Lakukan konfirmasi PIN tersebut

      4. PIN pun berhasil dibuat dan bisa kamu gunakan

Jika pembuatan PIN kartu kredit melalui ATM Mandiri tidak berhasil, hubungi mandiricall di 14000 dan staff mandiricall akan membantu penerbitan PIN kamu.

2. Cara buat PIN kartu kredit Mandiri melalui mandiricall 14000

Jika tak menemukan ATM Mandiri terdekat, kamu tetap bisa membuat PIN kartu kredit melalui mandiricall di nomor 14000. Hampir sama dengan Cara Pembuatan PIN melalui ATM Mandiri, kamu perlu mengirim SMS request OTP terlebih dahulu menggunakan nomor handphone yang sudah kamu registrasikan di sistem Bank Mandiri.

Berikut Cara Pembuatan PIN kartu kredit melalui mandiricall 14000:

3 Cara Buat PIN Kartu Kredit Mandiri dan Ganti Jika Lupa
3 Cara Buat PIN Kartu Kredit Mandiri dan Ganti Jika Lupa

Untuk nasabah yang kartunya telah aktif, PIN bisa didapatkan melalui mandiri call, dengan cara sebagai berikut:

  1. Kirim SMS untuk request OTP dan kirim ke 3555. Format SMS: OTPCC<spasi>16 digit nomor kartu kredit. Contoh : OTPCC 4149313000062937
  2. Kamu akan mendapat balasan SMS dari 3355 berisi kode OTP
  3. Lanjutkan pembuatan PIN melalui mandiricall 14000
  • Lakukan panggilan ke nomor 14000
  • Masukkan nomor kartu kredit dan tanggal lahir
  • Tekan 2 untuk Pembuatan PIN kartu kredit
  • Masukkan kode OTP
  • Buat 6 digit PIN sesuai keinginan
  • Kemudian konfirmasi PIN tersebut
  • PIN pun berhasil dibuat dan bisa kamu gunakan

      4. PIN pun berhasil dibuat dan bisa kamu gunakan

3. Cara Pembuatan PIN kartu kredit Mandiri melalui SMS

Cara Pembuatan PIN kartu kredit yang terakhir adalah melalui SMS. Pastikan kartu kreditmu sudah aktif dan telah memiliki alamat email yang terdaftar di sistem Bank Mandiri.

Melalui cara ini PIN akan didapatkan lewat email, dengan cara sebagai berikut:

  1. Dengan nomor HP yang sudah terdaftar di sistem Bank Mandiri, kirim SMS request PIN ke 3355. Format SMS: REQPIN<spasi>CC<spasi>16 digit nomor kartu. Contoh: REQPIN CC 5573380800079124.
  2. Kamu akan menerima email dari [email protected] yang berisi lampiran file secure_epin.pdf.
  3. Kamu juga akan menerima SMS dari 3355 berisi password untuk membuka file secure_epin.pdf
  4. Buka file secure_epin.pdf dengan password yang sudah kamu terima.
  5. PIN akan disampaikan pada lampiran email, file secure_epin.pdf bisa langsung digunakan untuk bertransaksi.

Jika pembuatan PIN melalui SMS tidak berhasil, hubungi mandiricall di 14000 dan staff mandiricall akan membantu penerbitan PIN kamu.

Setelah punya kartu kredit, kamu makin aman kalau punya perlindungan Mandiri InHealth yang tanggung rawat inap dan beri uang harian sebesar Rp750 ribu

Cara Aktivasi PIN kartu kredit Mandiri

Jika ternyata kartu kreditmu  belum aktif, kamu bisa mengaktifkan kartu sekaligus melakukan aktivasi PIN melalui email. Pastikan kamu menggunakan alamat email yang sudah terdaftar di sistem Bank Mandiri untuk melakukan cara ini.

Berikut langkah aktivasi PIN kartu kredit dari Mandiri sekaligus mengaktifkan kartu kreditmu:

  1. Dengan nomor HP yang sudah terdaftar di sistem Bank Mandiri, kirim SMS untuk aktivasi kartu kredit Mandiri ke 3355. Format SMS: ACT<spasi>CC<spasi>16 digit nomor kartu<spasi>4 kode aktivasi pada lembar        pengiriman kartu. Contoh: ACT CC 5573380800079124 8277
  2. Kamu akan menerima SMS dari 3355 berisi konfirmasi bahwa kartu telah aktif dan PIN sedang diproses
  3. Kamu akan menerima email dari [email protected] yang berisi lampiran file secure_epin.pdf
  4. Kamu juga akan menerima SMS dari 3355 berisi password untuk membuka file secure_epin.pdf
  5. Buka file secure_epin.pdf dengan password
  6. PIN disampaikan pada lampiran email, file secure_epin.pdf bisa langsung digunakan untuk bertransaksi.

Ketentuan OTP untuk aktivasi PIN kartu kredit Mandiri

Saat melakukan proses cara Pembuatan dan Aktivasi PIN Mandiri credit card, kamu akan mendapatkan One-Time Password (OTP) melalui SMS. Kode OTP merupakan kode verifikasi yang biasanya terdiri dari 6 digit angka unik. Ada beberapa ketentuan yang harus kamu perhatikan terkait OTP PIN.

Adapun ketentuan OTP PIN kartu kredit dari Mandiri adalah sebagai berikut:

  • OTP hanya dapat digunakan satu kali di hari yang sama sampai maksimal pukul 23.59.
  • Nasabah hanya akan menerima OTP jika SMS dikirimkan dengan nomor HP yang terdaftar di sistem kartu kredit Bank Mandiri dengan status kartu bisa digunakan untuk bertransaksi
  • Saat membuat PIN menggunakan ATM Mandiri, kode OTP berguna sebagai PIN awal.

Jika dalam proses pembuatan dan aktivasi PIN kamu tak kunjung berhasil mendapatkan OTP, maka pilih menu untuk berbicara langsung dengan staff mandiricall. Selanjutnya staff mandiricall akan membantu mengarahkan ke menu Pembuatan PIN.

Kode OTP ini bersifat rahasia. Kamu tidak diperbolehkan memberitahu siapapun, termasuk keluarga, kerabat dekat, bahkan pihak pengirim kode. Kamu patut curiga jika menerima kode OTP namun tidak merasa melakukan prosedur apapun terkait aktivasi PIN kartu kredit.

Kunci mobil lupa taruh di mana? Seharusnya kamu dapat perlindungan asuransi mobil AXA yang bakal kasih ganti uang tunai Rp5 juta! Kalau mobilnya yang hilang, diganti mobil baru!

Cara Ganti PIN Kartu Kredit Mandiri

Saat melakukan Pembuatan PIN melalui SMS atau ketika aktivasi PIN dan kartu kredit Mandiri pertama kali, kamu akan mendapatkan PIN kartu kredit yang dilampirkan dalam dokumen file secure_epin.pdf melalui email. Meski bisa langsung digunakan untuk bertransaksi, seringkali PIN yang kamu dapatkan itu sangat random dan sulit untuk kamu ingat. Padahal PIN seharusnya disesuaikan dengan keinginan kamu agar mudah diingat. 

Tapi jangan khawatir, kamu bisa kok melakukan perubahan PIN Mandiri. Bahkan Bank Mandiri pun menyarankan kita untuk mengubah PIN Kartu Kredit secara rutin setiap beberapa bulan sekali. Tujuannya untuk menghindari tindakan kriminal yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Untuk merubah PIN kartu kredit Mandiri menjadi 6 digit PIN yang mudah diingat sesuai keinginanmu, berikut cara Ubah PIN Kartu Kredit yang bisa kamu lakukan melalui ATM Mandiri:

3 Cara Buat PIN Kartu Kredit Mandiri dan Ganti Jika Lupa
3 Cara Buat PIN Kartu Kredit Mandiri dan Ganti Jika Lupa
  • Masukkan kartu kredit ke Mesin ATM Mandiri
  • Masukkan 6 digit PIN yang kamu terima dalam dalam dokumen file secure_epin.pdf
  • Pilih menu ubah PIN
  • Masukkan kembali 6 digit PIN yang kamu terima tadi
  • Masukkan PIN baru sesuai keinginanmu
  • Konfirmasi PIN baru dengan memasukkan kembali 6 digit PIN baru
  • Struk akan keluar dan proses perubahan PIN kartu kredit melalui ATM telah berhasil dilakukan.

Selain melalui ATM Mandiri, kamu juga bisa mengubah PIN dengan menghubungi mandiricall 14000. Pilih menu ubah PIN dan staff mandiricall akan membantu kamu ke menu perubahan PIN kartu kredit.

Lupa PIN kartu kredit Mandiri?

Ketika kamu lupa PIN kartu kredit dari Mandiri, maka sebaiknya kamu segera menghubungi mandiricall 14000 atau mendatangi cabang Bank Mandiri terdekat untuk mengecek apakah kartu kredit Mandiri mu sudah terblokir karena lupa PIN atau tidak.

Pasalnya, kartu kredit Mandiri akan terblokir otomatis apabila kamu salah memasukkan PIN sampai 3 kali.

Saat lupa PIN, maka kamu perlu mengatur ulang PIN-nya Caranya dengan mengirimkan sms pengajuan perubahan PIN kartu kredit Mandiri ke 3355.

Format SMS:  OTPCC [spasi] 16 digit nomor

Contoh: OTPCC  5486932178546123

Setelah itu kamu akan mendapat 2 SMS balasan dari sistem Bank Mandiri. SMS pertama berisi pemberitahuan bahwa permintaan kode OTP sedang di proses. Selanjutnya, SMS kedua berisi kode OTP yang bisa kamu gunakan untuk melakukan reset PIN dan pembuatan PIN baru di mesin ATM.

Jika sudah mendapatkan kode OTP, kamu bisa segera mendatangi ATM Mandiri terdekat dan melakukan pembuatan PIN yang baru. Pastikan kamu memilih kombinasi angka untuk PIN yang mudah diingat dan jaga kerahasiaannya ya!

Bijak dalam Menggunakan PIN kartu kredit

Semakin mudahnya transaksi kartu kredit menggunakan PIN membuat kamu juga harus bijak dalam memanfaatkannya.  Ada banyak fungsi kartu kredit Mandiri yang akan memudahkan transaksimu sehari-hari. Misalnya ketika berbelanja di mal, membayar biaya rumah sakit, atau untuk melakukan tarik tunai di mesin ATM saat membutuhkan uang cash di saat mendesak. Selain itu, kartu kredit juga bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan rumah tangga seperti listrik, telepon, PDAM, dan lain sebagainya.

Namun perlu diingat bahwa biaya yang dikeluarkan setiap kali kamu melakukan transaksi menggunakan kartu kredit Mandiri akan dicatat oleh Bank Mandiri sebagai hutang (kredit). Dan akan menjadi kewajiban kamu untuk segera melunasinya sebelum jatuh tempo yang ditetapkan.

Seringkali orang terlena ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit. Selain karena kemudahannya, juga karena ada banyak promo yang ditawarkan pada nasabah pemegang kartu kredit. Jika tidak memiliki pengendalian diri yang baik soal keuangan, kita bisa saja terjebak promo dan melakukan transaksi yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Supaya tidak terjebak saat bertransaksi menggunakan kartu kredit Mandiri, berikut ini tips yang bisa kamu terapkan agar bijak dalam menggunakan kartu kredit Mandiri.

1. Sadari kesanggupanmu untuk membayar

Memiliki kartu kredit harus dibarengi pula dengan memiliki kesadaran mengenai kemampuan diri kita untuk bertanggung jawab dalam setiap penggunaannya. Hindari membeli barang-barang diluar kemampuanmu untuk membayar. Ini merupakan kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh para pemegang kartu kredit. Ujung-ujungnya kesalahan ini akan membuat hutang kartu kreditmu jadi membengkak di akhir bulan.

3 Cara Buat PIN Kartu Kredit Mandiri dan Ganti Jika Lupa
3 Cara Buat PIN Kartu Kredit Mandiri dan Ganti Jika Lupa

2. Jangan berlebihan memiliki kartu kredit

Idealnya, kamu cukup memiliki satu atau dua kartu kredit dengan limit sebesar lima kali gaji. Tujuannya untuk membatasi jumlah transaksi agar tidak kalap saat menggunakan kartu kredit. Semakin banyak kartu kredit yang kamu miliki, maka semakin besar pula kemungkinan kamu untuk melakukan pengeluaran yang tidak terkontrol. Alhasil jumlah kartu kredit yang terlalu banyak di dompet malah bisa jadi merugikan lho!

3. Jangan lewatkan waktu pembayaran kartu kredit

Saat kamu melewatkan waktu pembayaran kartu kredit yang sudah jatuh tempo, maka akan ada sistem bunga dan biaya keterlambatan yang harus kamu bayarkan. Ini akan membuat tagihan kamu di bulan berikutnya jadi jauh lebih tinggi. Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak terlambat ketika melakukan pembayaran tagihan kartu kredit untuk menghindari tumpukan utang di masa depan.

Tak hanya bijak bertransaksi menggunakan kartu kredit Mandiri, kamu juga harus bijak dalam menjaga kerahasiaan PIN kartu kredit. Agar keamanan PIN kamu terjaga, pastikan:

  • Tidak ada orang lain yang mengetahui PIN kamu
  • Jangan sembarangan meminjamkan kartu kredit Mandiri apalagi sampai memberitahu PIN-mu
  • Tutupi dengan tangan setiap kali diminta untuk memasukkan PIN, baik di mesin ATM atau EDC
  • Ganti PIN kartu kreditmu secara berkala
  • Selalu waspada setiap kali melakukan transaksi menggunakan PIN.

Jangan lupa miliki perlindungan dari asuransi jiwa

Jika kamu termasuk orang yang aktif menggunakan kartu kredit, maka tidak ada salahnya kalau kamu melengkapinya dengan asuransi jiwa. Mengapa demikian?

Ketika kamu menggunakan kartu kredit, kamu tentu akan sekali atau beberapa kali menggunakannya untuk mencicil barang atau jasa yang tidak dapat kamu beli secara tunai. Sebab, dengan adanya kartu kredit, kamu bisa membelinya secara angsuran sehingga lebih ringan.

Nah, fungsi asuransi jiwa adalah memberikan proteksi dari kemungkinan gagal bayar apabila kamu sebagai pemegang kartu kredit mengalami hal tak terduga. Contohnya adalah kecelakaan yang menyebabkan cacat permanen atau kematian. Alhasil, keluarga atau orang terkasih yang dibebani tagihan.

Asuransi jiwa akan memberikan uang pertanggungan kepada keluargamu setelah kamu meninggal. Uang pertanggungan tersebut dapat digunakan sebagian untuk menutup utang kartu kreditmu.

Untuk mengetahui berapa uang pertanggungan yang keluargamu butuhkan jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi padamu, mari coba hitung dengan kalkulator uang pertanggungan asuransi jiwa berikut ini.

Caranya, masukkan pengeluaran bulananmu selama ini, yang tentunya termasuk dengan cicilan bulanan kartu kredit yang sedang berjalan. Setelah itu, masukkan seberapa lama kamu ingin keluargamu bisa melanjutkan hidup dengan uang pertanggungan asuransi jiwa setelah kamu meninggal.

Setelah itu, masukkan persentase inflasi tahunan di Indonesia, yang berkisar antara 4% hingga 5%. Setelah semua variabel sudah dimasukkan, kalkulator akan menunjukkan berapa besar uang pertanggungan yang dibutuhkan keluargamu. Dari situ, kamu tinggal tekan tombol “Lihat 100+ Pilihan Asuransi Jiwa” untuk mengetahui asuransi jiwa apa yang cocok untukmu.

Itulah serba-serbi mengenai cara buat dan cara aktivasi PIN dari kartu kredit Mandiri. Jika kamu punya pertanyaan lain mengenai kartu kredit lainnya, kamu bisa menanyakannya kepada kami lewat fitur Tanya Lifepal. Ada pakar-pakar keuangan yang siap memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pertanyaan seputar PIN kartu kredit dari Mandiri

Berapa digit PIN Mandiri credit card?
PIN kartu kredit dari Mandiri terdiri dari 6 digit kombinasi angka yang dapat diatur sesuai keinginan nasabah.
Apakah bisa transaksi kartu kredit tanpa pin?
Mulai 1 Juli 2020, seluruh transaksi kartu kredit akan wajib menggunakan PIN. Tanda tangan tidak lagi berlaku untuk melakukan transaksi kartu kredit dan penggunaan kartu kredit tanpa PIN akan ditolak.
Apa yang dimaksud dengan nomor OTP Mandiri?
One Time Password (OTP) akan dikirimkan oleh Sistem Bank Mandiri ke nomor handphone nasabah yang telah didaftarkan. Dalam kaitannya dengan PIN kartu kredit dari Mandiri, kode OTP akan dikirimkan jika ada permintaan untuk melakukan pembuatan, aktivasi, perubahan, atau reset PIN.

Nasabah akan diminta memasukan kode OTP sebagai konfirmasi dan apabila proses yang diinginkan berhasil maka nasabah akan mendapatkan notifikasi sukses.

Bagaimana cara ganti pin kartu kredit Bank Mandiri ?
  • Masukkan kartu kredit ke Mesin ATM Mandiri
  • Masukkan 6 digit PIN yang kamu terima dalam dalam dokumen file secure_epin.pdf
  • Pilih menu ubah PIN
  • Masukkan kembali 6 digit PIN yang kamu terima tadi
  • Masukkan PIN baru sesuai keinginanmu
  • Konfirmasi PIN baru dengan memasukkan kembali 6 digit PIN baru
  • Struk akan keluar dan proses perubahan PIN kartu kredit melalui ATM telah berhasil dilakukan.
Bagaimana jika salah PIN kartu kredit Bank Mandiri 3 kali?
Kartu kredit Mandiri akan terblokir otomatis apabila kamu salah memasukkan PIN sampai 3 kali. Nasabah bisa segera menghubungi mandiricall 14000 atau mendatangi cabang Bank Mandiri terdekat untuk membuka blokir dan mendapatkan kembali PIN-nya.
Bagaimana jika saya lupa PIN dari kartu kredit Mandiri saya?
Jika sampai lupa PIN, segera hubungi mandiricall 14000 atau mendatangi cabang Bank Mandiri terdekat untuk mengecek apakah kartu kredit Mandiri mu sudah terblokir karena lupa PIN atau belum.