Sebelum Terlambat, Segera Ganti Profesi Kalau 5 Tanda Ini Kamu Alami

bidang pekerjaan

bidang pekerjaan

Menekuni satu bidang pekerjaan memang tidak mudah. Semua itu harus sesuai dengan latar belakang pendidikan, passion, sampai kapasitas diri. 

Namun terkadang, tujuan dan ketertarikan terhadap suatu profesi bisa saja berubah-ubah. Contoh, mereka yang sudah bekerja selama lima tahun di bidang perbankan, bisa saja ingin merubah pekerjaan ke bidang lainnya. 

Atau mereka yang sudah bergelut dengan dunia jurnalistik dalam waktu yang lama merasa jenuh dan ingin banting setir. Hal itu sangat wajar di dalam dunia profesional. 

Tapi, sebelum resign dan banting setir, pastikan dulu kalau perubahan tersebut bukan karena jenuh aktivitas kerja semata. Untuk mengetahui apakah kamu memang betul-betul harus pindah bidang pekerjaan, perhatikan tanda-tanda berikut ini seperti dikutip dari Robert Walters. 

Baca juga: Satu Tim dengan Generasi Milenial? Ini yang Mesti Dipahami Budaya Mereka

1. Sering stres dan capek tandanya kamu mesti pindah haluan bidang kerja

Bidang Pekerjaan
Kerap mengalami stress di pekerjaan, nah itu tandanya kamu mesti pindah bidang kerjaan nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu tanda-tanda stres akibat kerjaan adalah kamu tidak lagi punya semangat kerja, sampai tidur gak nyenyak. Kalau kamu merasakan hal itu untuk waktu yang cukup lama belakangan ini, bisa jadi itu tanda kalau kamu perlu pindah bidang pekerjaan. 

Ketika semangat kerja berkurang, bawaannya bakal merasa gampang capek, padahal tugas yang dikerjakan gak banyak-banyak banget. 

Baca juga: Dilengkapi Teknologi Google, Aplikasi Bursa Kerja Ini Bisa Bantu Buat CV Gratis

2. Kehilangan kepercayaan terhadap perusahaan 

bidang pekerjaan
Rasa percaya hilang terhadap perusahaan salah satunya kamu mesti pindah bidangmu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu tanda kalau kamu perlu pindah bidang pekerjaan selanjutnya adalah, hilangnya kepercayaan kamu terhadap perusahaan. 

Sikap saling percaya antara perusahaan dengan pekerjanya sangatlah penting. Tujuannya tentu saja untuk menjaga keberlangsungan bisnis bisa berjalan dengan semestinya. 

Tapi terkadang, rasa percaya itu bisa saja hilang, entah karena faktor dari perusahaan maupun dari karyawannya itu sendiri. Misalnya, karena ada keputusan perusahaan yang gak sesuai dengan karyawan, atau perombakan manajemen yang tiba-tiba. 

Baca juga: Biar Karier Makin Moncer, Ini 7 Soft Skill yang Harus Dimiliki Karyawan

3. Terus-terusan melihat jam 

bidang pekerjaan
Sering melihat jam tangan salah satu pertanda kamu udah mesti pindah haluan pekerjaan kamu nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Baru kerja sebentar udah ngelihat jam, penginnya cepat-cepat pulang aja. Terus pas jam pulang tiba, gak pakai basa-basi ngobrol sama rekan kerja atau atasan, tapi langsung pulang. 

Bisa jadi ini tanda-tanda kamu perlu pindah kerjaan. Karena ini sama saja kalau kamu telah kehilangan gairah untuk bekerja, meskipun kamu mengerjakan semua tugas dengan benar. 

4. Keahlian dan minat kerja tidak sesuai 

bidang pekerjaan
Salah satu kamu mesti pindah haluan pekerjaan kamu adalah karena udah memiliki kesesuaian dalam bidang pekerjaanmu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu mungkin sudah bertahun-tahun menekuni satu bidang pekerjaan. Hal itu tentu membuat keahlianmu di bidang tersebut meningkat. Tapi ternyata, kamu menyadari kalau keahlian tersebut berseberangan dengan minatmu. Saat itulah kamu perlu untuk pindah profesi, dan menjalani apa yang benar-benar kamu senangi. 

Contoh, misalnya kamu seorang akuntan, kamu mahir menghitung arus masuk dan keluar kas perusahaan. Padahal, kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja sampingan sebagai seorang penulis lepas. 

5. Merasa tidak dianggap di tempat kerja 

bidang pekerjaan
Merasa gak dianggap di kantor salah satu pertanda kamu mesti pindah haluan pekerjaan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tanda-tanda kamu harus pindah kerjaan juga bisa muncul dari faktor perusahaan. Misalnya, ketika kamu sudah merasa tidak dihargai lagi oleh kantor, pendapatmu tidak didengarkan, saranmu tidak ditampung. 

Padahal kamu sudah mengerahkan segala pikiran dan ide yang kamu punya. Tapi tetap saja tidak didengar oleh perusahaan. Kemungkinannya, bisa jadi karena ada masalah antara kamu dan tim, atau ada banyak ide yang lebih menarik.

Itulah lima tanda-tanda kalau kamu harus pindah bidang pekerjaan. Jika lima hal tersebut telah terpenuhi dan kamu alami belakangan ini, segera pindah ke tempat atau kerjaan yang baru, sebelum terlambat dan menyesal nantinya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis