Pinjaman Dana Tunai Kini Makin Mudah dan Cepat. Eits, Cek Dulu Kesiapan Keuanganmu

Kebutuhan hidup di kota besar tak pelak bikin orang-orang seringkali harus putar otak. Kerja seharian rasanya kok masih kurang aja ya untuk bayar ini dan itu.

 

Belum lagi kalau ada kebutuhan khusus kayak anak sunatan, benerin atap rumah yang bocor sampai tambahan dana buat biaya sekolah anak.

 

Jasa pinjaman dana tunai saat ini pun jadi sasaran buat memenuhi kebutuhan hidup. Saat ini memang banyak pihak yang menawarkan pinjaman dana tunai. 

 

Bahkan kecanggihan teknologi macam internet juga bikin jasa pinjaman dana tunai berkembang pesat bak laju pesawat Sukhoi.

 

Mau pinjam ke bank mungkin banyak persyaratan yang gak bisa dipenuhi. Pinjam ke teman malu, ke orangtua nanti dikira ketergantungan dan gak mandiri, akhirnya banyak orang yang lari ke jasa pinjaman dana tunai.

 

Saat ini pinjaman dana tunai sudah gak lagi terbatas dalam bentuk konvensional alias kantor fisik semata. Tinggal duduk di depan laptop atau smartphone, klik dan pencet sana sini, taraaa…aplikasi disetujui. Dana bisa cair hanya dalam hitungan hari. Instan kayak mie.

 

[Baca: Seberapa Aman Fitur Pinjaman Dana Online Kenalan Dulu Yuk]

 

Iming-iming mudah dan proses cepat nampaknya jadi daya tarik utama. Banyak orang yang juga yang terjebak iming-iming ini karena banyak yang gak menggubris persyaratan dari pinjaman dana tunai

 

pinjaman dana tunai

 Model iklan macam begitu memang didesain untuk memancing orang-orang yang memerlukan dana cepat

 

 

Mereka hanya memerhatikan iming-iming tanpa agunan dan proses cepat, tapi ketentuan lain yang mengikat di belakangnya dilupakan kayak mantan pacar. Persyaratan yang dibutuhkan oleh jasa penyedia pinjaman dana tunai saat ini memang terbilang sangat mudah.

 

Umumnya hanya kartu identitas sudah bisa diproses. Penghasilan per bulan pun bisa di bilangan minimal Rp 1 juta per bulan. Sehingga hampir siapa pun bisa menikmati fasilitas ini.

 

Padahal ada 5 hal penting lain loh yang juga harus menjadi pertimbangan sebelum mengambil pinjaman dana tunai. Hal-hal yang harusnya diperhatikan sebelum meminjam dana tunai:

 

  1. Suku bunga cicilan per bulan
  2. Biaya administrasi
  3. Biaya pelunasan dipercepat
  4. Biaya keterlambatan
  5. Bunga keterlambatan

 

[Baca: Awas Jebakan Pinjaman Rentenir Online Jangan Cuma Asal Cepat Cair Saja]

 

Menggunakan jasa pinjaman dana tunai itu harus selektif kalau gak mau misuh-misuh. Banyak loh yang bunganya mencekik. Butuh pinjaman memang seringkali membutakan cara berpikir logis kita, sehingga gak berpikir panjang soal membayar cicilan per bulannya.

 

pinjaman dana tunai

 Utang tanpa memerhatikan kondisi keuangan kita bakal berujung masalah

 

 

Cek dulu kesiapan keuangan kita, kira-kira bakalan sanggup gak membayar cicilan setiap bulannya. Sesuaikan juga besaran pinjaman dengan kemampuan finansial kita, semakin besar pinjaman ya bakalan semakin besar jumlah cicilan per bulan.

 

Ingat, selain jumlah pinjaman pokok, akan ada biaya-biaya yang menyertai yang bakalan menambah jumlah cicilan per bulan. Perhitungkan dulu dengan cermat, jangan sampai menyesal terbelit utang karena gak mawas diri.

 

Sejatinya utang gak boleh melebihi 30% dari gaji bulanan. Jadi misalkan gaji bulananmu sebesar Rp 7 juta, kamu cuma punya Rp 2,1 juta buat mencicil utang.

 

Misalnya saja Pak Bagus punya gaji bulanan Rp 7 juta:

 

– Cicilan motor: Rp 500 ribu

– Listrik/Air/Telepon: Rp 1 juta

– Cicilan KPR: Rp 1,5 juta

– Transportasi: Rp 600 ribu

– Makan: Rp 2 juta

– Tabungan: Rp 700 ribu

– Dana rekreasi: Rp 700 ribu

 

Pak Bagus memiliki utang KPR dan motor sebesar Rp 2 juta yang hampir melebihi porsi 30% utang yang sehat. Seandainya Pak Bagus hendak mengajukan pinjaman dana tunai, berarti ada beberapa pos yang mesti dikurangi. Entah itu dana rekreasi atau tabungan.

 

 

Nah, penting untuk menghitung dulu pemasukan dan pengeluaran kita sebelum mengajukan utang baru. Kalau salah langkah saja, bisa berabe keuangan bulanan kita.

 

Satu hal mendasar yang harus diingat, pinjaman itu sama dengan utang. Utang tentu saja gak bisa gak ya harus dibayar kembali.

 

[Baca; Ini 5 Bukti Bahaya Memiliki Utang]


Pertimbangkan biaya-biaya yang mengikuti di belakang fasilitas pinjaman dana tunai sebelum memutuskan. Kalau perlu browsing, kumpulin informasi sebanyak-banyaknya lalu buat perbandingan. Ambil yang paling aman dan gak memberatkan keuangan kamu.

 

test1

 

 

 

Image credit:

  • http://3.bp.blogspot.com/-9A6vE9_6oOc/VfziL759lyI/AAAAAAAAAjU/V4qfyU0KyX0/s1600/pinjaman%2Bdana%2Btunai%2Bbekasi.JPG
  • https://uangteman.com/blog/wp-content/uploads/2015/10/Pinjaman-dana-tunai.jpg

 

Tags:

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis