Pinjaman Online 24 Jam Terpercaya dan Diawasi OJK [2020]

Saat ini sudah banyak perusahaan fintech yang menyediakan pinjaman online 24 jam. Hanya bermodalkan ponsel pintar, pinjaman online 24 jam sudah bisa dicairkan dengan cepat. 

Kebutuhan terhadap finansial ditambah kebutuhan-kebutuhan mendadak lainnya kadang memang gak bisa diprediksi. 

Bila misalnya ada sesuatu mendesak, saat kita tengah memiliki uang banyak sih mungkin masih tenang, tapi bagaimana kalau pas lagi gak ada tabungan sama sekali? 

Di situlah peran pinjaman online 24 jam, membantumu mengatasi masalah finansial dalam waktu yang cepat, praktis, dan mudah.

Apa itu pinjaman online 24 jam?

Sebagai jawaban atas kebutuhan finansial masyarakat Indonesia, banyak bermunculan perusahaan fintech dengan produk pinjaman online sudah banyak beredar di Indonesia. Mereka saling bersaing dengan penawaran nominal pinjaman yang besar, bunga yang ringan, sampai proses pencairan yang gak ribet. 

Tapi lebih dari itu, sebagian besar dari perusahaan-perusahaan tersebut telah memberikan kemudahan bagi nasabah peminjamnya, yaitu bisa melakukan peminjaman selama 24 jam di manapun dan kapanpun. Sebenarnya, itu adalah kelebihan dari segala layanan yang berbasis online

Tinggal modal ponsel pintar, komputer, jaringan internet, dan jari untuk klik-klik, dana sudah bisa cair. Jadi kamu gak perlu lagi deh menggunakan cara konvensional, misalnya ke bank, menyerahkan formulir berupa kertas, sampai menyerahkan jaminan segala. 

Daftar pinjaman online 24 jam yang aman

Sekarang zamannya serba online, keterbukaan akses seperti ini justru bisa memicu timbulnya penipuan. Misalnya, datamu disalahgunakan, atau kamu tertipu dengan iming-iming dari perusahaan pemberi pinjaman tersebut yang ternyata ketika sudah terjerumus malah menyusahkanmu. 

Oleh itu, demi terhindar dari hal-hal yang gak menyenangkan, kamu kudu pintar-pintar memilih pinjaman online 24 jam. 

Sekarang, sudah ada lembaga pengawasnya yaitu OJK. Jadi untuk memastikan bahwa pinjaman itu terpercaya atau tidak, lihat saja di daftar OJK. Berikut ini kita bakal kasih kamu 21 fintech yang sudah terdaftar dan diawasi.

1. Kredivo

pinjaman online 24 jam

Kredivo termasuk ke dalam pinjaman online 24 jam yang bisa kamu percaya. Untuk meminjamnya pun mudah, cukup melakukan pendaftaran di website resmi mereka yang prosesnya gak sampai 1 menit saja. 

Kelebihan meminjam di Kredivo adalah, mereka bisa memberikan pinjaman sampai batas maksimal Rp30 juta. Dana pun cair hanya dalam hitungan menit. 

Tenor pembayarannya bisa dilakukan dalam jangka 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan paling lama 12 bulan dengan bunga yang ringan. Contohnya saja untuk peminjaman dengan limit Rp3 juta dan tenor pengembalian 30 hari, bunga yang dibebankan sebesar 0 persen. 

Sedangkan untuk pinjaman dengan limit mencapai Rp30 juta dan tenor pelunasan 3,6, 12 bulan, bunganya sekitar 2,95 persen. 

2. Julo 

Julo (Instagram).

Mencari pinjaman dengan nominal yang tidak terlalu besar, kamu bisa memilih Julo. pinjaman online tanpa jaminan ini bisa memberikanmu dana segar mulai dari Rp2 juta sampai Rp8 juta. Tenor pembayarannya bisa dilakukan dalam jangka waktu 3-6 bulan dengan bunga antara 4-6 persen per bulan. 

Untuk meminjam uang di Julo persyaratannya cukup mudah kok. Asal kamu usia 21-60 tahun dan memiliki penghasilan Rp2 juta per bulan pasti cair. 

3. Akseleran 

Akseleran (Instagram).

Kamu tengah membutuhkan modal untuk membuka usaha kecil-kecilan? Bisa menengok ke fintech P2P lending Akseleran. Akseleran bakal menghubungkan si pemberi pinjaman dengan si peminjam. 

Keuntungan meminjam di sini adalah kamu bakal dibantu oleh customer service mereka untuk menentukan berapa besar pinjaman dan tenor yang sesuai dengan kebutuhanmu. Bunga pinjamannya sekitar 6,48 persen sampai 17 persen. 

4. Koinworks 

Aplikasi koinworks (Instagram).

Pinjaman online 24 jam selanjutnya adalah Koinworks. Sama seperti Akseleran, Koinworks juga menggunakan sistem P2P lending untuk mengumpulkan dana yang siap dipinjamkan. 

Kalau cari pinjaman online bunga rendah Koinworks lah jawabannya. Bunga yang bakal dibebankan kepada peminjam berkisar dari 0,75 persen sampai 1,67 persen per bulan. 

Proses pendaftarannya juga mudah, kamu bisa melakukannya hanya bermodalkan ponsel pintar dari mana saja dan kapan saja. 

5. Tunaiku 

Aplikasi Tunaiku (Instagram).

Tunaiku telah menyalurkan lebih dari Rp1 triliun dana pinjaman online pribadi ke lebih dari 1 juta nasabah. Jadi dengan track record yang baik itu kamu gak perlu ragu lagi buat meminjam di Tunaiku. 

Keuntungan meminjam di Tunaiku adalah bisa meminjam tanpa jaminan, pinjaman bisa mencapai Rp20 juta, dan angsuran bisa dilakukan selama 20 bulan. Dengan besaran bunga sekitar 3 persen sampai 4 bulan. Kalau kamu terlambat membayar, dendanya sekitar Rp150 ribu per bulan. 

Kelemahannya dari Tunaiku adalah proses pencairan yang membutuhkan waktu berhari-hari. Bisa memakan waktu 1-3 hari kerja. 

6. Uangteman 

Uang teman (Instagram).

Pinjaman online 24 jam berikutnya adalah Uangteman. Untuk menjadi nasabahnya, kamu bisa melakukan pendaftaran kapan saja dan di mana saja hanya lewat ponsel pintar. Caranya mudah, cukup download aplikasinya, isi formulir, lalu tanda tangan secara elektronik, dan tunggu sampai status pendaftaranmu disetujui. 

Persyaratannya juga gak sulit-sulit banget kok, yang penting kamu sudah berusia 21-60 tahun dan memiliki penghasilan tetap. Besaran pinjamannya mulai dari Rp4 juta sampai Rp6 juta dengan masa cicilan mulai dari 2 bulan sampai 3 bulan. 

7. Dana Bagus 

Kamu mahasiswa? Dan membutuhkan pinjaman uang untuk membayar segala keperluan perkuliahanmu? Pilihan yang tepat adalah menggunakan produk dari Dana Bagus. 

P2P lending yang satu ini dibuat khusus untuk membantu permodalan pendidikan mahasiswa. Misalnya buat beli laptop, buat beli buku, atau bayar uang kuliah, dananya bisa dari Dana Bagus.

Proses pendaftaran, pengajuan, dan pencairannya juga praktis, cukup bermodalkan ponsel pintar saja uang tunai bisa langsung masuk ke rekeningmu. Dana Bagus siap mencairkan uang mulai dari Rp1 juta sampai Rp2 juta. 

8. KawanCicil 

Pinjaman online 24 jam yang satu ini siap mengakomodir kebutuhan finansialmu saat tengah menjalankan sebuah usaha atau sekadar untuk memenuhi kebutuhan mendadak. 

Tapi harus ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi, di antaranya karyawan tetap, pastikan kalau perusahaanmu bekerja sama dengan KawanCicil, dan memiliki NPWP. 

9. Dana Rupiah 

Butuh dana cepat? Dana Rupiah bisa memberikan pinjaman dan mencairkannya dalam waktu sekitar 1 jam. Cara mendapatkannya pun sangat mudah, cukup mendaftar dan mengajukan lewat ponsel pintar dari mana saja dan kapanpun. Bunga pinjaman per bulannya bahkan gak sampai 1 persen per bulan. 

Selain untuk pribadi, Dana Rupiah juga turut serta menyediakan produk pinjaman untuk petani. Mereka siap memberikan dana untuk modal utama seperti membeli pupuk, benih, dan pestisida dalam waktu yang cepat. 

Tenor pinjaman untuk petani bisa sampai 5 bulan, dengan bunga per bulannya mencapai 3 persen per bulan. 

10. Cairin 

Pinjaman online 24 jam ini bisa memberikan dana ke kamu hanya dengan 4 langkah mudah. Pertama adalah, unduh aplikasi Cairin di ponsel dan lakukan pendaftaran akun. 

Kedua, isi data diri serta tuliskan nominal dana yang kamu butuhkan. Ketiga, menunggu persetujuan atau lolos verifikasi. Keempat, lakukan pencairan yang bisa dilakukan dalam waktu beberapa menit atau jam sejak pengajuan pinjaman. 

Dana yang bisa kamu pinjam mulai dari Rp 4 juta sampai yang paling besar Rp 20 juta. Tenor pembayarannya ada 3 bulan atau paling lama 6 bulan. 

11. Akulaku

Butuh uang Rp2 juta dalam yang cair dalam waktu lima menit? KTA Akulaku bisa mewujudkannya! 

Ada empat nominal pinjaman yang bisa kamu pilih yaitu Rp500.000, Rp1.000.000, Rp1.500.000 dan maksimal Rp2.000.000. Pilihan tenor pembayarannya juga ada empat, yaitu 8 hari, 15 hari, 22 hari, dan 30 hari. 

Cara membuatnya pun mudah, kamu tinggal unduh aplikasi Akulaku, lalu lakukan registrasi, ajukan KTA Kilat. 

12. Dana Bijak 

Selain Akulaku, pinjaman online 24 jam yang bisa kasih dana cepat yaitu Dana Bijak. Dana Bijak bisa memberikan pinjaman tunai mulai dari Rp350.000 sampai maksimal Rp3.000.000. 

Sementara untuk tenor pengembaliannya bisa dari 1 hari sampai 30 hari. Tentunya ada bunga yang bakal diberatkan ke peminjam. 

Syaratnya untuk meminjam di Dana Bijak juga cukup mudah kok, yang penting kamu sudah berusia 18 tahun dan memiliki KTP dengan gaji minimal Rp1,6 juta per bulan. Yang perlu dipersiapkan adalah fotokopi KTP, internet banking, dan foto selfie terbaru. 

13. Kreditcepat

Kreditcepat.

Kreditcepat bisa memberikan pinjaman sampai Rp8.000.000 dengan tenor pembayaran mulai dari 5-30 hari. Terus, gimana cara meminjamnya? 

Gampang banget kok, kamu tinggal masuk ke halaman situs mereka, di Kreditcepat.co.id, lalu pilih nominal pinjaman dan tenor bayarnya, unggah dokumen-dokumen yang diminta, tinggal tunggu deh sampai uang masuk ke rekeningmu. 

Syaratnya kamu harus sudah berusia 21 tahun dan memiliki KTP, melampirkan dokumen slip gaji dua bulan terakhir, dan melampirkan rekening yang untuk ditransfer. 

14. Rupiah Cepat 

Rupiahcepat.

Gak butuh waktu lama untuk mengajukan pinjaman di Rupiah Cepat, sekitar 15 menit, sementara dana bakal cair dalam waktu 2-48 jam. Pengajuannya bisa dilakukan di mana saja, kapanpun, bahkan hanya melalui ponsel pintar saja. 

Maksimal pinjamannya sebesar Rp5.000.000 dengan tenor pengembalian yang lumayan panjang, maksimal 3 bulan. 

15. Indodana 

Mau pinjam tapi dapat reward? Indodana siap kasih kamu reward kalau kamu bisa membayar cicilannya tepat waktu. 

Indodana merupakan perusahaan pinjaman online yang bisa kasih pinjaman sampai Rp8.000.000 dengan tenor pembayaran sampai 6 bulan. Proses pengajuan pinjamannya pun mudah, hanya butuh ponsel pintar, KTP, NPWP, dan sosial media.

16. Singa Fintech

Perusahaan Finansial Teknologi yang menyediakan pinjaman online dalam waktu 24 jam lainnya adalah Singa Fintech. Perusahaan fintech yang baru berdiri tahun lalu ini menawarkan bunga yang rendah dibanding kompetitor lainnya, mulai dari 0,5 persen per hari. 

Singa juga menawarkan pinjaman untuk karyawan dengan bunga mulai dari 3% per bulan. Bisa dibilang untuk pinjaman khusus karyawan ini bunganya jauh lebih rendah dibanding pinjaman umum yang dimiliki Singa lainnya. 

Eits, tapi kamu juga harus perhatikan bunga yang dipatok Singa sebesar 0,6 persen dengan biaya proses keterlambatan 0,4 persen dari pokok pinjaman. Denda keterlambatan ini dihitung mulai dari hari pertama kamu telat membayar cicilan. 

Meski pemain baru, namun perusahaan fintek Singa ini sudah terdaftar dan diawasi OJK, lho. Jadi, kamu gak perlu ragu legalitas dari Singa ini. Usia 21 – 65 tahun, WNI, domisili di Jabodetabek dan berpenghasilan 2,3 juta dan punya KTP juga rekening bank aktif, adalah syarat untuk peminjam di Singa. 

17. Dana Fix

Ternyata ada lho, perusahaan fintek yang menawarkan pinjaman tanpa bunga, yaitu DanaFix. Perusahaan penyedia pinjaman ini punya dua jenis pinjaman. Pertama pinjaman dengan tenor singkat (10 – 30 hari) dengan plafon rendah Rp500 ribu-Rp2 juta. 

Kedua, pinjaman bertenor 2-6 bulan dengan plafon hingga Rp6 juta. Nah, untuk pinjaman jenis pertama DanaFix memberi keistimewaan tidak dikenai bunga dan biaya layanan. 

Kecuali, jika kamu terlambat melakukan pembayaran akan dikenai biaya Rp100 ribu. Sedangkan untuk jenis kedua, kreditur dikenai biaya platform 3 persen per bulan. 

DanaFix pun memberi kelebihan transparansi jumlah pinjaman, jatuh tempo dari total tagihan, jadi memudahkan kamu untuk menghitung berapa yang harus dikeluarkan dari pendapatanmu. Syaratnya pun cukup mudah, usia 22 – 60 tahun, berpenghasilan minimal Rp2 juta dan berdomisili di Indonesia. 

18. Cashwagon

Selanjutnya ada Cashwagon, pemain pinjaman online 24 jam ini juga beroperasi di beberapa negara di Asia Tenggara. Kelebihan dari perusahaan P2P Lending ini adalah proses pencairannya yang super cepat, hanya 7 menit saja. 

Fitur menarik lainnya lagi adalah kamu bisa mencicil berkali-kali dengan nominal bebas hingga 90 hari. Kalau kamu tertarik ingin mencoba, Cashwagon memberi pilihan jumlah pinjaman mulai dari Rp500 ribu sampai Rp2 juta untuk pinjaman pertama. 

Nah, kalau yang kedua dan seterusnya, kamu bisa meminjam hingga Rp10 juta dengan bunga 0,4 persen per harinya. Sedangkan syarat untuk meminjam di Cashwagon adalah memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap, WNI dengan rentang usia 20 – 60 tahun. 

19. Kredit Pintar

Menawarkan proses pencairan hanya kurang dari 1 jam, Kredit Pintar memberi plafon pinjaman mulai dari Rp550 ribu sampai Rp8 juta dengan jangka waktu pelunasan dari 2-12 bulan. 

Kredit Pintar menawarkan bunga yang kompetitif (0,5 persen per hari) dengan verifikasi kilat sehingga dana cair dalam waktu singkat. Syarat yang diajukan pun cukup mudah, yaitu WNI berusia minimal 18 tahun dan berpenghasilan tetap. 

20. Tunai Kita

Menawarkan dua produk pinjaman yaitu pinjaman sekaligus dan pinjaman cicilan, Tunai Kita menjadi salah satu perusahaan penyedia pinjaman 24 jam yang sudah terdaftar di OJK. 

Pinjaman dengan pembayaran sekaligus ditujukan untuk kamu yang berusia 20 tahun ke atas dengan pinjaman Rp400 ribu-Rp4 juta. Sedangkan pinjaman sistem cicilan mempunyai limit Rp5 juta-Rp20 juta dengan tenor 3-6 bulan. 

Bunga yang dipatok Tunai Kita sebesar 0.4 % – 0,8% per hari untuk pinjaman jangka pendek. Dan untuk pinjaman Jangka Menengah dengan sistem cicilan, bunga yang dipatok sebesar 5% – 8% per bulan. 

21. Dompet Kilat

Pinjaman tunai instan lainnya adalah Dompet Kilat yang menawarkan pencairan dana kilat, kurang dari 10 menit. Bunga yang dipatok pun sangat kompetitif yaitu 0,1% per hari dengan pinjaman hingga Rp2 juta dan tenor pinjaman sampai 30 hari. 

Buat kamu yang berusia minimal 18 tahun, punya KTP dan memberi bukti penghasilan bisa mengajukan pinjaman di perusahaan fintech ini. 

Itulah 21 pinjaman online 24 jam yang bisa kamu pilih untuk menjawab segala kebutuhan finansial. Tapi perlu diingat, kemudahan ini jangan justru membuat kamu semakin ringan tangan untuk berutang. 

Utang boleh saja dilakukan, tapi harus melihat kemampuan kamu juga, mulai dari gaji bulanan dan pengeluaran per bulannya. Jangan sampai kamu utang dalam jumlah besar, tapi pendapatanmum gak bisa nutup cicilannya sama sekali. (Editor: Chaerunnisa)