Pengajuan KTA BRI Pasti Tembus dengan Penuhi Syarat Ini

syarat-syarat kta bri

KTA BRI hadir untuk menjawab kebutuhanmu yang sedang mencari pinjaman tunai dengan prosedur yang terbilang mudah. Produk pinjaman tanpa agunan BRI ini hadir dalam beberapa jenis kredit yang masing-masing sudah disesuaikan dengan profil calon peminjam.

Jadi, kamu bakal lebih mudah mengajukan pinjaman karena bisa pilih-pilih yang benar-benar sesuai dengan anggaran pribadi. Dengan begitu, persentase persetujuan pun bisa menjadi lebih tinggi.

Tips memilih KTA BRI yang sesuai dengan profilmu

Sebelum ajukan pinjaman ke BRI, yuk lihat terlebih dahulu kisi-kisi-nya biar aplikasi kamu disetujui oleh BRI.

1. Pilih jenis KTA BRI yang sesuai profil kamu

Buat yang belum tahu, kini KTA BRI udah berubah nama jadi BRIGuna. Produk BRIGuna ini hadir dalam tiga jenis kategori kredit, yaitu:

  • BRIGuna Karya
  • BRIGuna Umum
  • BRIGuna Purna

Buat yang pengin tahu lebih banyak mengenai BRIGuna bisa baca informasi lengkapnya di artikel Lifepal berikut.

BRIGuna Karya

BRIGuna Karya cocok buat kamu yang membutuhkan pinjaman untuk keperluan produktif maupun konsumtif, seperti pembelian barang rumah tangga, merenovasi rumah, berobat di rumah sakit, sampai biaya pernikahan. 

Jenis pinjaman satu ini menyediakan fasilitas kredit tanpa agunan yang kompetitif dengan bunga yang bervariasi. Untuk tenor pinjaman 12 sampai 24 bulan, dengan cicilannya sebesar 13 persen per tahun serta angsuran tetap. Sedangkan untuk jangka waktu lebih dari 24 bulan sampai 60 bulan, bunga cicilan yang harus dibayarkan mulai dari 13,5 persen per tahun.

Untuk pembayaran cicilan, akan langsung dipotong saat gaji masuk ke rekening karyawan peminjam. Jika kamu sudah memiliki rekening gaji atau payroll di BRI, maka kamu tidak perlu lagi membuat rekening Bank BRI yang baru. Namun jika belum, kamu harus terlebih dahulu membuka akun rekening BRITama. 

Nah, kalau kamu yang memiliki sumber pendapatan tetap seperti karyawan swasta atau pegawai negeri sipil (PNS), bisa mengajukan pinjaman BRIGuna Karya. Tak perlu khawatir jika saat masa pinjaman kamu mengalami mutasi kerja, sebab tidak ada keharusan melunasi seluruh pinjaman yang diberikan saat kamu mutasi ke daerah lain. Kelebihan lainnya yang dapat kamu dapatkan adalah bunga angsuran tetap sampai jatuh tempo cicilan sesuai dengan persetujuan awal.

BRIGuna Purna

BRIGuna Purna diperuntukkan bagi pensiunan yang memiliki sumber penghasilan tetap berupa uang pensiun. Biasanya yang mendapatkan penghasilan bulanan seperti ini adalah pensiunan PNS, TNI, Polri dan BUMN.

Kamu dapat menggunakan pinjaman ini untuk keperluan kesehatan semasa pensiun, perbaikan rumah tinggal, keperluan kuliah anak, pernikahan anak, dan lain-lain. Kelebihan lain yang kamu dapatkan adalah adanya asuransi jiwa dan pertanggungan cicilan oleh pihak asuransi jika peminjam meninggal dunia.

BRIGuna Umum

Syarat pengajuan maupun mekanisme cicilan BRIGuna Umum tak jauh berbeda dengan BRIGuna Karya. Hanya saja, BRIGuna Umum memiliki jangka waktu cicilan yang jauh lebih panjang mencapai 15 tahun atau 180 bulan, mulai dari saat ia mengajukan pinjaman sampai pensiun nanti. Dengan catatan peminjam dapat melunasi tanggungannya saat usia peminjam berumur maksimal 75 tahun.

Pastinya dengan jangka waktu pengembalian yang sangat lama, peminjam hanya diberikan tanggung jawab cicilan yang sangat sedikit setiap bulannya. Bunga cicilan hanya berkisar antara 7,2 persen sampai 10 persen per tahun, lebih rendah dibandingkan dua pilihan pinjaman sebelumnya.

BRIGuna Pendidikan

Satu lagi pilihan KTA BRI yang baru diperkenalkan kepada masyarakat adalah BRIGuna Pendidikan. Jika kamu merupakan seorang mahasiswa S2 atau S3 yang berkuliah di Indonesia maupun di luar negeri, pinjaman ini cocok buat kamu.

Selama kamu memiliki pekerjaan tetap demi memastikan pembayaran lancar untuk pihak penyedia pinjaman, maka kamu dapat mengajukan pinjaman BRIGuna Pendidikan.

Fasilitas bunga cicilan dari BRIGuna termasuk sangat kompetitif. Hal ini dikarenakan risiko kreditur yang cenderung rendah karena sudah memiliki jaminan kemampuan membayar cicilan kredit. Karena itu bank hanya menanggung risiko minimal dengan adanya sistem pemotongan kredit langsung lewat payroll BRI kepada peminjam yang memiliki jaminan gaji selama rentang cicilan pinjaman mereka berlangsung.

Masing-masing produk tersebut disesuaikan dengan profil calon peminjam. Setidaknya ada tiga calon peminjam yang pasti bakal disetujui, yaitu karyawan, karyawan BRI atau yang payroll dari BRI dan pensiunan. Nah, biar persentase persetujuan aplikasi kamu makin tinggi, pastikan kamu emang salah satu dari profil peminjam yang mereka inginkan.

2. Penuhi syarat dokumen yang diminta

Tentu aja biar pengajuan kamu diproses, kamu harus sertakan dokumen yang diminta oleh pihak bank.

Syarat dokumen yang biasanya diminta buat pengajuan tanpa agunan BRI, antara lain:

  • Kartu Tanpa Penduduk (KTP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • SK Pengangkatan Pertama dan Terakhir di tempat kerja buat BRIGuna Karya dan Umum
  • Slip gaji buat BRI Guna Karya dan Umum
  • Fotokopi buku tabungan bank BRI
  • Pas foto
  • Surat rekomendasi atasan buat pengajuan BRI Guna Karya dan Umum
  • Asli SKI Pensiun buat pengajuan BRIGuna Purna, termasuk daftar pembayaran pensiun, fotokopi Karip dan buku pensiun.
  • Surat Kuasa Potong Gaji/Pensiun
  • Surat Kuasa Debet Rekening

Pastikan buat gak ketinggalan salah satu dari syarat dokumen yang diminta. Jika ada yang kurang, formulir pengajuan KTA kamu bisa dipastikan bakal ditolak.

3. Jumlah pinjaman KTA BRI harus sebanding dengan penghasilan

Biar pengajuan pinjaman kamu bakal lebih mudah disetujui maka jumlah pinjaman pun harus kamu perhatikan.

Mengingat pinjaman yang diajukan adalah jenis pinjaman tanpa agunan maka nominal pinjaman pun biasanya terbatas. Nominalnya bisa jadi bakal lebih sedikit dibandingkan dengan pinjaman multiguna yang menggunakan jaminan.

Produk pinjaman tanpa agunan BRI sendiri menyediakan pinjaman mulai dari Rp 10 juta sampai dengan Rp 400 juta. Namun, dengan catatan, nominal pinjaman sekitar tiga kali penghasilan calon peminjam.

Jadi, meskipun BRI menyediakan pinjaman hingga 400 juta namun bila gaji gak sesuai maka gak bisa pinjam dengan nominal tersebut. Contoh, gaji kamu Rp 10 juta per bulan maka nominal pinjaman maksimal sekitar Rp 30 juta.

4. Riwayat kredit kamu lancar

Yang paling penting, pastikan riwayat kredit kamu emang lancar. Kamu gak masuk dalam daftar hitam BI Checking.

Gampang buat pastikan diri gak masuk dalam daftar hitam BI Checking, yaitu kamu gak pernah mengalami kredit macet. Salah satunya, kartu kredit yang kamu bayarkan dengan lancar.

Segera setelah kamu penuhi semua syarat yang ditentukan oleh pihak BRI, kamu bisa ajukan pinjaman yang dibutuhkan. Namun tentu ada persyaratan administrasi lainnya yang perlu dipersiapkan selanjutnya. Kamu bisa hubungi call center BRI untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Selain KTA BRI, ada juga perlindungan dari BRI Life

Bank BRI tidak hanya memiliki produk perbankan saja untuk nasabahnya. Nyatanya demi menunjang kebutuhan masyarakat yang kompleks, Bank BRI menawarkan produk perlindungan finansial berwujud proteksi asuransi. Terdapat tiga produk asuransi yang ditawarkan, antara lain:

Sebagai tiap produk memiliki jenis perlindungan yang berbeda-beda, maka manfaat dan premi asuransi yang ditawarkan pun berlainan. Itulah kenapa produk asuransi dari BRI dinilai cukup populer karena cakupan pertanggungannya yang luas sekaligus tepat dalam menjawab kebutuhan publik.

Yuk cari tahu ulasan dan rekomendasi berbagai perusahaan asuransi lainnya di Indonesia yang menawarkan produk perlindungan yang serupa dengan BRI Life, hanya di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →