Pinjaman Uang Online Langsung Cair, Mana Ada?

Pinjaman Uang Online Langsung Cair

Pinjaman uang online langsung cair banyak diburu orang pada era teknologi sekarang ini. Hanya dengan modal smartphone, bisa langsung ajukan pinjaman dan duit diterima hari itu juga.

Terlebih banyak penyedia pinjaman yang bisa langsung mencairkan tanpa meminta jaminan atau agunan. Benarkah demikian?

Kalau definisi “langsung” di sini adalah begitu pengajuan selesai duit bisa langsung diambil,  ya susah lah. Mana ada pinjaman kayak gitu? Namun bila yang dimaksud dengan “langsung” adalah prosesnya cepat, ya banyak.

Saat ini ada banyak pihak yang menawarkan jasa pinjaman uang online. Semua hal hanya perlu dilakukan lewat Internet.

Mulai dari mencari pinjaman dengan bunga terendah hingga mengumpulkan berkas persyaratan, semua bisa dilakukan secara online. Tak perlu ada kunjungan ke rumah dan wawancara.

Kembali ke soal pinjaman uang online langsung cair, untuk memastikan dana pinjamanmu cepat diterima, perhatikan poin-poin berikut ini ya:

1. Memang dijanjikan

Sebelum menagih pinjaman online yang gak cair-cair, lihat dulu apakah si penyedia pinjaman memang menjanjikan pinjaman bisa langsung cair. Jangan-jangan dalam syarat dan ketentuannya gak ada yang demikian.

Makanya, ketika butuh dana segera, pastikan kita mencari di tempat yang benar. Baca dengan saksama syarat dan ketentuan yang diberikan. Jangan hanya terpaku pada kecilnya bunga.

pinjaman uang online langsung cair
Pastikan dulu gak ada keterlibatan debt collector dalam pinjaman online ya. Siapa tahu bayarnya seret (kabar5.com)

2. Datamu lengkap

Gak hanya lama cair, pinjaman uang yang kita ajukan bisa jadi gak pernah diproses kalau data kita gak lengkap. Karena itulah pastikan data yang kita berikan komplet.

Misalnya kartu tanda penduduk (KTP) sudah ada. Yang perlu diperhatikan, lihat apakah si penyedia pinjaman mensyaratkan data tertentu, seperti scan e-KTP.

Sebab, bisa saja e-KTP kita belum jadi. Bila ini yang terjadi, coba hubungi pemberi pinjaman itu apakah bisa pakai KTP lama. Komunikasi bisa dilakukan lewat telepon, e-mail, atau chat langsung bila tersedia.

[Baca: Lagi Butuh Duit, Mending Pinjam Uang Online atau Tarik Tunai Kartu Kredit Ya?]

3. Syarat terpenuhi

Mirip dengan poin nomor empat, syarat juga harus dipastikan sudah komplet. Periksa semua berkas yang disyaratkan. Pinjaman uang online langsung cair kalau syarat sudah terpenuhi.

Kadang syarat yang kelihatannya kecil justru diremehkan sehingga terlewat. Misalnya nomor pokok wajib pajak (NPWP).

pinjaman uang online langsung cair
Hidup bakal lebih mudah kalau punya NPWP, terutama kalau kepepet butuh duit pinjaman (sepulsa)

Bahkan masih saja ada orang yang enggan mengurus NPWP. Padahal berkas ini sangat penting bukan hanya untuk mendapat kredit atau pinjaman, tapi juga urusan lain. Contohnya untuk mengurus paspor.

Syarat lainnya yang mesti diperhatikan adalah soal penghasilan. Biasanya ada batas minimum yang dipatok. Kalau kita nekat ambil pinjaman padahal penghasilan gak mencukupi, mau nunggu seribu tahun ya pinjaman gak bakal cair.

4. Tindak lanjut dari pemberi dana direspons

Setelah selesai proses online saat mengajukan pinjaman, bukan berarti kita bisa langsung lepas tangan. Lihat apakah ada proses verifikasi atau apa pun yang mesti dijalani selanjutnya.

Misalnya kita akan mendapat e-mail yang mesti dibalas. Ya cek inbox e-mail dan bakal surat yang masuk kalau mau pinjaman uang online langsung cair.

Atau kita akan dihubungi via telepon untuk tahap selanjutnya, maka harus selalu siap sedia. Pastikan handphone selalu dekat. Jangan lupa juga baterai selalu terisi penuh sebelum bepergian.

Bila sewaktu-waktu pihak pemberi pinjaman menelepon, kita bisa langsung merespons. Tanpa respons itu, kita bisa dianggap main-main sehingga gak diberi kesempatan ambil pinjaman.

[Baca: Ini Dia Cara Gampang dan Cepat Dapetin Pinjaman]

pinjaman uang online langsung cair
Hidup bakal lebih mudah kalau punya NPWP, terutama kalau kepepet butuh duit pinjaman (techinasia)

Penyedia pinjaman uang online langsung cair jumlahnya beragam, dari bank yang sudah mapan hingga perusahaan fintech (financial technology). Namun, kebanyakan perusahaan fintech-lah yang dituju orang-orang. Sebab, memang target pasarnya adalah para netizen.

Perusahaan kayak gini menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam memberikan pinjaman, sesuai dengan kemajuan teknologi.

Adapun bank mengadopsi aturan yang lebih ketat karena merupakan bisnis jadul. Prosesnya panjang dan peluang pinjaman gagal cair lebih besar kalau kemampuan keuangan kita pas-pasan.

Lain halnya dengan perusahaan fintech. Mereka lebih terbuka terhadap pasar dan mencoba memahami keinginan pasar. Mereka pun lebih akrab dengan generasi milenial yang melek teknologi.

Dengan menawarkan pinjaman uang online langsung cair, mereka khususnya menyasar netizen yang tengah kepepet butuh uang. Yang perlu diperhatikan, dana pinjaman online yang bisa cair biasanya lebih kecil ketimbang yang ditawarkan bank.

[Baca: Pinjam Uang Online dengan Jaminan KTP Doang: Gampang Ajuinnya, Tekor Bayarnya!]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →