Pinjaman Uang Online: Cari Tahu yang Legal dan Ilegal

Wanita main ipad

Era digital telah mendisrupsi berbagai sektor saat ini. Termasuk layanan keuangan. 

Apabila sebelumnya untuk urusan keuangan harus dilakukan bertatap muka, yakni lewat perbankan atau lembaga keuangan lain, kini cukup lewat sentuhan jari tanpa harus beranjak dari sofa pun bisa menyelesaikan urusan. 

Termasuk salah satunya adalah mengajukan pinjaman uang lewat aplikasi di ponsel kita. Kegiatan ini dikenal dengan pinjaman uang online

Pinjaman uang online memang dikenal dengan kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan dalam pengajuannya. Tapi benarkah di balik kemudahan tersebut tidak ada risiko? Untuk menjawabnya, mari simak ulasan informasi pinjaman uang online dari Lifepal berikut. 

Apa itu Pinjaman Uang Online?

Dalam era perkembangan ekonomi digital saat ini, inovasi layanan keuangan terus terjadi, termasuk dalam pinjaman online. Salah satu yang terlihat adalah penyediaan Layanan Jasa Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi atau yang dikenal dengan pinjaman uang online

Pinjam uang online harus diakui sangat membantu dalam meningkatkan akses masyarakat, terhadap produk jasa keuangan secara online, baik dengan berbagai pihak, tanpa perlu saling mengenal. 

Karakteristik pinjaman uang online adalah pemenuhan kebutuhan dana tunai yang cepat, mudah dan efisien, serta meningkatkan daya saing. Sehingga, pinjaman uang online kerap menjadi pilihan masyarakat yang membutuhkan pendanaan dalam waktu singkat. 

Saat ini, di Indonesia, layanan pinjaman uang online dikenal dua macam, yakni perusahaan yang hanya meminjamkan uang atau dikenal sebagai fintech lending. Satu lagi, peer to peer lending, yakni marketplace lender yang menyediakan platform yang cocok untuk usaha ritel dan/atau investor profesional dengan peminjam. 

Di sini investor membawa risiko kerugian untuk pinjaman mereka. Pasar lender membuat uang mereka dengan biaya pengisian kepada peminjam dan/atau investor untuk menyediakan layanan yang cocok. Karakteristik pinjaman uang online: 

  • Nilai pinjaman terbilang kecil mulai dari Rp2 juta sampai Rp10 juta. 
  • Durasi pinjaman singkat antara 6-20 bulan. 
  • Memanfaatkan teknologi internet dalam melaksanakan bisnisnya. 
  • Proses peminjaman berjalan cepat dan mudah. 
  • Bentuk pinjaman yang diberikan adalah kredit tanpa agunan, artinya tidak ada agunan sehingga bunga relatif lebih tinggi. 

Mengapa memilih pinjaman online?

Fintech bak jamur di musim hujan, ungkapan ini mungkin tidak berlebihan untuk menggambarkan bisnis fintech saat ini. Tingginya minat masyarakat mengajukan pinjaman uang online telah membuat banyaknya usaha berbasis online baru terus bermunculan. 

Ada sejumlah alasan yang membuat masyarakat memilih pinjaman uang secara online. Selain faktor digital dan kemudahan, rupanya karena bank yang selama ini menjadi lembaga keuangan tidak mampu melayani segala lapisan masyarakat. Berikut sejumlah alasan terkait. 

  • Sebagian kelompok masyarakat dengan latar tertentu tidak dapat dilayani oleh industri keuangan konvensional. 
  • Perbankan terikat aturan yang ketat.
  • Keterbatasan industri perbankan dalam melayani masyarakat di daerah tertentu. 
  • Masyarakat mencari alternatif pendanaan selain jasa industri keuangan tradisional. 
  • Masyarakat memerlukan alternatif pembiayaan yang lebih demokratis dan transparan. 
  • Biaya layanan keuangan yang efisien dan menjangkau masyarakat lebih luas. 

Risiko di balik pinjaman uang berbasis online

Pinjaman uang online telah memanjakan para penggunanya dengan memberikan kemudahan, kecepatan dan kepastian. Itu semua bukan tanpa risiko yang berada bagi pengguna dan pemilik usaha pinjaman uang online

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut pinjaman uang online memiliki risiko dari segi perlindungan konsumen dan kepentingan nasional, antara lain: 

1. Perlindungan dana pengguna 

Ini berlaku bagi usaha pinjaman uang online dengan jenis peer to peer lending (p2p lending) yang berpotensi kehilangan maupun penurunan kemampuan finansial baik yang diakibatkan oleh penyalahgunaan, penipuan maupun force majeur dari kegiatan pinjaman uang online

2. Perlindungan data pengguna 

Isu privasi pengguna pinjaman uang online yang rawan terhadap penyalahgunaan data baik yang disengaja maupun tidak disengaja seperti serangan hacker, malware, penjualan data. 

OJK juga menyebutkan mengenai risiko dari segi kepentingan nasional, antara lain:

1. Anti pencucian uang dan pencegahan dana terorisme 

Kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh fintech menimbulkan potensi penyalahgunaan untuk kegiatan pencucian uang maupun pendanaan terorisme. 

2. Stabilitas sistem keuangan 

Perlu manajemen risiko yang memadai agar tidak berdampak negatif terhadap stabilitas sistem keuangan. 

Yang harus diperhatikan saat mengajukan pinjaman uang online

Pinjaman uang online memang mempermudah kita untuk mendapatkan pendanaan dengan cara cepat dan praktis. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa pinjaman uang online, ada baiknya hal-hal di bawah ini menjadi pertimbangan. 

1. Rincian yang harus dibayarkan 

Hitung rinci dan teliti biaya yang harus dibayarkan dan bunga dari uang yang dipinjam. Pastikan bahwa nilainya tidak berubah dalam jangka waktu pendek dan tidak diputuskan secara sepihak oleh kreditur dan tanpa pemberitahuan dari kreditur sebagai pihak pemberi pinjaman. 

2. Jangka waktu yang mengikat untuk dilakukan pembayaran 

Pastikan kapan tepatnya pinjaman yang diajukan telah selesai kewajibannya. Ini penting untuk mengetahui berapa nilai total pembayaran yang dilakukan. 

3. Pengelolaan data pribadi 

Tanyakan kepada kreditur bagaimana pengelolaan data pribadi dari peminjam. Jangan sampai data kita tersebar. Jangan sungkan untuk bertanya soal ini dan pastikan dalam surat kontrak terdapat klausa soal pengeloaan data pribadi.  

4. Komplain ditujukan ke mana

Dalam perjalanan kita membayarkan kewajiban, ada kemungkinan terjadi gangguan atau kendala. Mengantisipasi hal tersebut, kita sejak awal harus dapat memastikan kepada siapa komplain dapat ditujukan saat menghadapi kendala atau mengalami kerugiaan saat membayar kewajiban. 

Membedakan yang Legal dan Ilegal 

Penyedia jasa usaha pinjaman uang online terus bertambah. Kebutuhan yang tinggi di masyarakat menarik banyak investor memanen uang mereka di sektor ini. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 30 September 2019 mencatat jumlah perusahaan yang terdaftar atau berizin totalnya mencapai 127 perusahaan. Dari total tersebut dibagi dua, yakni: 

  1. Perusahaan terdaftar sebanyak 114 dan 13 termasuk yang berizin.
  2. Perusahaan konvensional sebanyak 119 dan 8 yang berupa syariah. 

OJK menyebut empat wilayah paling tinggi usaha pinjaman uang online berada di area Jabodetabek, Bandung, Lampung, dan Surabaya. Mereka sebanyak 70 persen berstatus perusahaan lokal dan 30 persen adalah penanaman modal asing. 

Apabila kita memilih pinjaman uang online untuk membantu saat mengisi likuiditas, ada baiknya pilihan kita jatuh pada perusahaan pinjaman online yang memang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

Untuk mengetahui apakah usaha pinjaman uang online telah terdaftar dan berizin di OJK, kita dapat mencari informasinya lewat website resmi www.ojk.go.id

Ini untuk menghindari kita dari kerugian akibat investasi bodong atau rawan tindakan kejahatan keuangan. Sebab perusahaan yang telah terdaftar dan berizin di OJK, dinilai memiliki standar keuangan yang baik dalam melayani nasabah. Usahanya kemungkinan besar dapat dinyatakan berkelanjutan. 

Sekian tentang artikel dan informasi soal pinjaman uang online. Apabila tertarik untuk melakukan mengajukannya, jadilah masyarakat yang pintar, ya! Jangan lupa cek dan pastikan bahwa perusahaan tersebut telah terdaftar dan berizin di OJK. Agar kelak kita tidak menghadapi masalah pelik yang timbul dari pinjaman kita. 

Apabila masih membutuhkan informasi seputar bisnis, keuangan, gaya hidup, tips dan karier, jangan ragu untuk mencari tahu selengkapnya di Lifepal, ya. Dijamin dapat mencerahkan kita sehari-hari!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →