Rekomendasi Piston Kompresor AC Mobil dan Harganya

piston kompresor ac mobil

AC menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan karena dapat membuat udara di dalam kendaraan menjadi sejuk pada saat berada di perjalanan. Agar bisa digunakan, tentunya sistem AC mobil terdiri dari berbagai macam komponen, salah satunya adalah piston kompresor AC mobil.

Karena sering digunakan, AC kendaraan mungkin rentan terhadap kerusakan, termasuk pada bagian piston kompresor tersebut. 

Banyak yang mengatakan jika kompresor merupakan jantung dari sebuah AC kendaraan. Jika piston kompresor tidak bekerja dengan baik, maka AC pun tidak akan menyala. Maka, perawatannya pun perlu dilakukan secara rutin agar dapat terus digunakan dengan baik. 

Jika kamu merasakan AC kendaraanmu tidak dingin, menimbulkan bau, atau masalah lainnya, mungkin sudah saatnya untuk memeriksakan piston kompresor AC mobil tersebut. Berikut beberapa informasi terkait piston kompresor AC mobil.

Rekomendasi piston kompresor AC mobil dan harganya

Ada berbagai macam merk piston kompresor AC mobil yang ada di pasaran. Kamu bisa menyesuaikannya dengan jenis mobil dan merk yang ingin kamu gunakan. Tentunya, setiap merk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut beberapa rekomendasi dan harga piston kompresor AC mobil.

1. Harga piston kompresor AC Denso

Denso merupakan salah satu merk dari Jepang yang menjual berbagai macam spare part mobil dan mesin lainnya. Tak terkecuali piston kompresor AC mobil. Kelebihan dari kompresor AC Denso adalah mudah ditemukan, harga yang terjangkau, serta memiliki banyak variasi untuk berbagai tipe kendaraan. 

Piston kompresor AC dari Denso ini dijual mulai dari Rp1,3 hingga Rp3,1 juta.

Dapatkan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu terjamin dari mahalnya biaya servis dan perbaikan di bengkel. Berkat asuransi mobil, tabungan dan investasimu tetap aman.

2. Harga piston kompresor AC Sanden

Sanden merupakan produsen spare part lainnya dari Jepang yang tidak kalah saing dengan Denso. Perusahaan ini juga menjual piston kompresor AC. 

Kelebihan dari piston kompresor AC Sanden yaitu performanya yang lebih bandel dan lebih tahan lama karena terbuat dari bahan baja.

Piston kompresor AC dari Sanden ini dijual mulai dari Rp1,7 hingga Rp3,2 juta.

3. Harga piston kompresor AC Bekas

Jika kamu belum memiliki budget besar untuk membeli piston kompresor AC mobil yang baru, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan piston kompresor AC bekas. Tentunya, harga piston kompresor AC bekas lebih terjangkau dibandingkan kompresor AC baru. 

Misalnya saja, harga piston kompresor AC mobil untuk Toyota Innova. Jika kamu ingin menggunakan merk Denso, maka harganya berkisar dari Rp1,8 hingga Rp2,5 juta. 

Namun, jika kamu ingin membeli piston kompresor bekas, maka kamu bisa membelinya dengan harga Rp1 juta saja. Bahkan, ada pula yang menjual piston kompresor AC bekas dengan harga ratusan ribu rupiah saja.

Promo May Lifepal Dekstop
Promo May Lifepal Mobile

Namun, jika ingin menggunakan piston kompresor AC bekas, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, terutama kualitasnya. 

  • Periksa apakah ada bunyi kasar yang muncul pada piston, apakah angin yang dihasilkan dingin atau tidak, dan apakah ada karat atau korosi pada permukaan mesin. 
  • Perhatikan juga tempat kamu membeli piston bekas tersebut, pastikan kamu hanya membeli dari bengkel atau tempat jual sparepart yang sudah kamu percaya. 
  • Terakhir, ada baiknya untuk membeli piston kompresor AC bekas dari merk yang sudah teruji seperti merk Denso atau Sanden.

Fungsi piston kompresor AC mobil

Seperti yang sudah disebutkan, kompresor AC mobil sering dianggap sebagai jantung dari AC kendaraan tersebut. Komponen mobil yang satu ini akan memompa refrigerant sehingga tekanan dan temperatur refrigerant menjadi tinggi setelah melewati kompresor ini.

Perlu diingat bahwa kompresor bekerja seiring dengan nyalanya mesin. Jika mesin mobil mati, maka kompresor pun tidak dapat bekerja karena kompresor bekerja dengan perputaran mesin. 

Pada dasarnya, kompresor AC mobil bekerja dengan dua cara, yaitu rotary dan piston. Kompresor AC mobil jenis piston bekerja dengan menggunakan alat piston yang dapat melakukan gerakan bolak-balik dalam silinder untuk melakukan penghisapan Freon. Maka, jenis ini pun paling sering digunakan pada kendaraan.

Kelebihan dari piston kompresor ini yaitu memiliki kapasitas yang besar sehingga udara yang dihasilkan lebih terasa dinginnya jika dibandingkan kompresor rotary. Piston kompresor AC mobil ini memiliki tiga tipe, yaitu crank, swash plate, dan wobble plate.

Tips agar piston kompresor AC mobil awet

Supaya kamu bisa berkendara dengan nyaman, maka merawat AC mobil dan komponennya sangat penting untuk dilakukan. Jika piston kompresor mengalami kerusakan, maka kamu akan merasakan panas sepanjang perjalanan karena AC tidak bisa bekerja.

Ada beberapa penyebab komponen ini mengalami kerusakan, di antaranya: 

  1. Kompresor kurang oli
  2. Adanya sumbatan yang menghalangi kerja kompresor
  3. Usia pemakaian kompresor yang sudah lama
  4. Kesalahan pada saat mengisi oli.

Kamu bisa memeriksa kompresor AC mobil secara berkala untuk mendeteksi kerusakan yang mungkin terjadi di kendaraanmu. 

Caranya adalah dengan mengecek suara yang timbul pada saat kamu menyalakan AC mobil, memperhatikan perubahan suhu AC mobil ketika dinyalakan dan pada saat di perjalanan, dan melihat apakah ada oli yang bocor atau tidak.

Salah satu cara ampuh untuk merawat piston kompresor AC mobil yaitu dengan menambahkan oli untuk melumasi bagian-bagian besi yang bergesekan agar proses ini bisa berjalan dengan lancar. 

Oli kompresor berbeda dengan oli mobil biasa. Kamu bisa menggantinya secara berkala selama satu tahun sekali agar kompresor bisa tahan lama.

Penting punya asuransi mobil

Mobil yang digunakan sehari-hari bisa saja mengalami kerusakan. Bisa saja karena terlalu sering digunakan, penggunaan yang salah, perawatan yang kurang baik, kecelakaan, dan faktor lainnya.

Jika mobil mengalami kerusakan, tentunya biaya perawatan dan perbaikannya tentu tidak murah. Terlebih jika kamu mengalami kecelakaan yang cukup parah.

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

Maka dari itu, untuk melindungi mobilmu, kamu bisa mendaftarkan asuransi mobil untuk kendaraan pribadi. 

Asuransi mobil dapat melindungi aset kendaraan Anda, sehingga dapat meminimalisir kerugian finansial yang besar jika ada musibah yang terjadi di masa yang akan datang.

Saat terjadi risiko dan menyebabkan kerugian finansial, maka perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi atas kerugian tersebut. Tentunya apabila penyebab risiko masih ditanggung sesuai polis asuransi.

Cek besaran iuran yang harus kamu bayar dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

Tips dari Lifepal! Saat sedang menservis rutin kendaraan kamu, ada baiknya untuk memeriksa kendaraan secara menyeluruh agar kendaraan selalu dalam keadaan prima dan terhindar dari kemungkinan buruk yang ada. 

Selain itu, agar finansial kamu aman dari perbaikan mobil secara menyeluruh yang menguras tabungan, sebaiknya kamu memiliki asuransi mobil sebagai proteksi finansial.

Pertanyaan seputar piston kompresor AC mobil

Berapa harga piston kompresor AC mobil?

Harga kompresor berkisar antara Rp1,3 – Rp3,1 juta. Harga ini bergantung pada jenis, merk kompresor dan tipe kendaraan kamu.

Ada pula kompresor AC bekas yang dijual mulai dari Rp1 juta. Tapi, tentunya akan sangat disarankan untuk menggunakan kompresor AC baru.

Apakah perbedaan rotary dan piston kompresor AC mobil?

Perbedaannya ada pada cara kerja dari kedua jenis kompresor ini. Umumnya, tipe piston yang paling sering digunakan karena bisa menghasilkan udara yang lebih dingin.

Dimana tempat jual piston kompresor ac mobil?

Kamu dapat langsung pergi ke bengkel mobil terdekat dan terpercaya untuk membeli dan mengganti kompresor AC mobil dengan benar agar komponen mobil yang satu ini dapat awet dan terus digunakan.

Kamu bisa mendaftar asuransi mobil untuk membantu meringankan biaya perbaikan dan perawatan jika mobil mengalami kerusakan, termasuk mengganti piston kompresor AC mobil.

Harga kompresor berkisar antara Rp1,3 – Rp3,1 juta. Harga ini bergantung pada jenis, merk kompresor dan tipe kendaraan kamu.

Ada pula kompresor AC bekas yang dijual mulai dari Rp1 juta. Tapi, tentunya akan sangat disarankan untuk menggunakan kompresor AC baru.

Perbedaannya ada pada cara kerja dari kedua jenis kompresor ini. Umumnya, tipe piston yang paling sering digunakan karena bisa menghasilkan udara yang lebih dingin.

Kamu dapat langsung pergi ke bengkel mobil terdekat dan terpercaya untuk membeli dan mengganti kompresor AC mobil dengan benar agar komponen mobil yang satu ini dapat awet dan terus digunakan.

Kamu bisa mendaftar asuransi mobil untuk membantu meringankan biaya perbaikan dan perawatan jika mobil mengalami kerusakan, termasuk mengganti piston kompresor AC mobil.