Hi Kamu yang Milenial Sering Jalani Pola Hidup Konsumtif, Bermanfaatkah?

Pola hidup konsumtif, kalimat yang sering kita dengar dan sangat mendasar dalam kehidupan setiap insan. Konsumtif dapat juga disebut sebagai prilaku dimana menginginkan untuk menggunakan sesuatu hal yang baru.

Salah satunya adalah keinginan untuk menggunakan barang barang yang berhubungan dengan teknologi. Dalam hal ini pola hidup tersebut memiliki dampak positif dan negatif. Oleh karena itu kali ini kita akan mengulas dampaknya ditinjau secara positif maupun negatifnya.

Dampak positif pada pola hidup konsumtif :

1. Pada era modernisasi, dalam hal ini khususnya teknologi, dapat merubah tata nilai sikap pada masyarakat saat ini. Yang awalnya masih irasional, namun dengan adanya kemajuan teknologi, menjadi rasional.

2. Perkembangan teknologi yang meningkat secara pesat serta ilmu pengetahuan dapat mempermudah masyarakat dalam melaksanakan kegiatan, dan mendorong masyarakat untuk lebih maju. Misalnya, saat ini setiap perusahaan selalu memperbaharui teknologi dalam setiap kegiatan demi meningkatkan kinerjanya.

3. Pola hidup konsumtif ini juga memberi dampak meningkatnya jumlah perlengkapan yang dibutuhkan pada masyarakat, sehingga setiap perusahaan akan memerlukan tenaga kerja. Maka dengan adanya hal ini, akan mengurangi jumlah pengangguran yang terdapat di masyarakat.

Dampak negatif pada pola hidup konsumtif :

1. Dengan mengkonsumsi atau menggunakan sesuatu yang memiliki teknologi tinggi, sebagian besar masyarakat menjadi bersifat individualisme. Yang artinya merasa tidak membutuhkan orang lain dalam melaksanakan kegiatannya. Sehingga terkadang lupa bahwa manusia adalah mahluk sosial yang hidup bersama dan saling memerlukan satu sama lain.

2. Pola hidup seperti ini juga mampu menggeser nilai-nilai kebudayaan yang telah kita jalani sejak dahulu. Mengkonsumsi teknologi, rasa inisiatif untuk melakukan mengalami penurunan, dapat dilihat dari anak anak yang saat ini menjadi malas karena mereka merasa lebih senang bermain dengan gadget atau game dari pada belajar.

Informasi yang telah kami sampaikan diatas adalah gambaran dari apa yang telah terjadi pada masyarakat modern saat ini. Semuanya kembali pada diri kita sendiri dalam menyikapinya. Hindari pola hidup konsumtif yang berlebihan, dan tentu saja pola hidup seperti itu dapat kita pergunakan jika berdampak positif dalam kehidupan kita.

Anda tertarik untuk berpola hidup konsumtif secara positif? Temukan informasi menarik lainnya di website kami DuitPintar.com.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →