Ada Kolam Renang Bak Hotel Bintang Lima, Ini 4 Pondok Pesantren Termewah di Indonesia!

Pondok pesantren

Pondok pesantren menjadi pilihan beberapa orangtua untuk memberikan pendidikan kepada anaknya, terutama mengenai agama. Nah ada nih deretan pondok pesantren yang memiliki fasilitas bak hotel berbintang lima. 

Sayangnya, tak sedikit orang yang masih menganggap kalau pesantren itu merupakan hal yang kuno. Padahal dengan memasukkan sang buah hati, para orangtua tak perlu khawatir memikirkan perilaku sang anak.

Karena seperti yang diketahui kalau perkembangan zaman yang semakin modern dapat memberikan dampak negatif terutama soal gaya hidup. Gak sedikit orang yang terjerumus ke pergaulan bebas karena terpengaruh dengan lingkungan sekitar.

Hal itulah yang membuat para orangtua memutuskan untuk mendaftarkan sang anak ke pondok pesantren. Selain itu, seiring dengan berjalannya waktu, pondok pesantren juga tak hanya dijadikan sebagai tempat untuk menggali ilmu agama saja. Tapi juga belajar mengenai pengetahuan baru di dunia global.

Gak heran kalau kini banyak bermunculan pondok pesantren yang memiliki segudang fasilitas mewah yang tak kalah dengan sekolah internasional, bahkan setara dengan hotel bintang lima.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin membahas mengenai pondok pesantren mewah yang ada di Indonesia. Apa saja? Berikut empat di antaranya:

Baca juga: Jadi Raja dan Ratu Semalam, Ini Hotel Bintang 7 Terbaik di Dunia Seharga Ratusan Juta

1. Pondok Pesantren Bi Ba’a Fadlrah, Malang

pondok pesantren
Pesantren ini terbilang mewah lho, (Wikipedia).

Bi Ba’a Fadlrah merupakan salah satu pondok pesantren termewah di Indonesia yang tepatnya terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pesantren megah yang satu ini sudah dibangun sejak tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kiai Ahmad.

Saking megahnya, pesantren tersebut terdiri dari 10 lantai, di mana pada lantai satu hingga empat digunakan untuk pondok santri, lantai enam ruang keluarga dan lantai lima, tujuh, delapan terdapat toko-toko kecil yang dikelola oleh santri wanita.

Pesantren ini juga dilengkapi oleh fasilitas mewah yakni kolam renang yang juga dilengkapi dengan perahu. Uniknya lagi, pesantren yang terdapat lift ini juga memelihara banyak hewan yaitu kijang, monyet, kelinci serta aneka jenis ayam dan burung. 

Baca juga: Inflasi Agustus 2019 Turun, Biaya Sekolah Jadi Penyumbang Terbesar!

2. Pesantren Al-Zaytun atau Ma’had Al-Zaytun

Pondok pesantren
Pesantren Al-Zaytun atau Ma’had Al-Zaytun terbilang mewah lho. Pasalnya banyak fasilitas yang pas buat anak-anak, (al-zaytun.sch.id).

Ma’had Al-Zaytun atau Pondok Pesantren Al-Zaytun juga masuk ke dalam jajaran pesantren termewah di Indonesia. Bahkan, Washington Times di tahun 2005 menobatkan Ma’had Al-Zaytun sebagai pesantren terbesar se-Asia Tenggara.

Pasalnya, pondok pesantren yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ini berdiri di lahan seluas 1.200 hektar dan memiliki santri yang berasal dari beberapa negara, seperti Malaysia, Singapura hingga Afrika Selatan.

Pondok pesantren yang pembukaannya diresmikan oleh almarhum BJ Habibie ini juga menawarkan berbagai fasilitas menarik. Salah satunya fasilitas olahraga lengkap, mulai dari lapangan voli hingga hoki.

Baca juga: Cetak Perancang Busana Andal, Ini 5 Sekolah Fashion Design Ternama Indonesia!

3. Pesantren Daar El-Qolam, Tangerang, Banten

Pondok Pesantren
Pesantren Daar El-Qolam, Tangerang, Banten, (Instagram/@daarelqolam).

Berdiri sejak tahun 1968, pesantren Daar El-Qolam menjadi salah satu pesantren terbesar yang terletak di Kabupaten Tangeran, Banten bahkan sudah menerima santri sekitar 5.000 orang.

Selain ilmu agama Islam, pondok pesantren ini juga menawarkan pelajaran Bahasa Inggris untuk para santrinya. Seperti yang dilansir dari situs resminya, untuk biaya masuk santri baru tahun ajaran 2019/2020 sebesar Rp 15,2 juta hingga Rp 16,7 juta.

Selain itu, untuk bisa masuk menjadi santri di pesantren Daar El-Qolam ini juga harus mengikuti berbagai tes lho. Jadi gak sembarang orang bisa menjadi santri.

4. Pesantren Darunnajah, Jakarta

Pondok pesantren
Pesantren Darunnajah, Jakarta dikenal salah satu tempat yang baik buat anak-anak menimba ilmu, (darunnajah.com).

Pondok pesantren mewah di Indonesia kali ini terletak di Jakarta, tepatnya di Jalan Ulujami Raya Nomor 86, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Pondok Pesantren Darunnajah ini berdiri sejak tahun 1961 yang kini sudah memiliki 17 cabang yang tersebar di berbagai tempat, yakni Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan hingga Dumai.

Sama seperti lainnya, Pondok Pesantren Darunnajah juga menawarkan kurikulum belajar pengembangan diri di dunia global. Gak heran kalau banyak sekali para orangtua yang mendaftarkan anak-anaknya untuk menimba ilmu di pondok pesantren tersebut.

Itu dia empat pondok pesantren termewah dan termegah yang ada di Indonesia. Jadi, sudah hilang kan mindset kalau pesantren itu identik dengan kolot dan ketinggalan zaman? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).