PPnBM Nol Persen, Jual Mobil Lama, Ganti Mobil Baru!

PPnBM nol persen, inikah saatnya membeli mobil?

PPnBM adalah singkatan dari Pajak Penjualan Atas Barang Mewah. PPnBM biasanya dikenakan pada barang-barang yang tergolong mewah. Pemerintah saat ini melakukan kebijakan untuk relaksasi PPnBM senilai 0% untuk kendaraan baru, terhitung sejak 1 Maret 2021. Peraturan yang diberlakukan sejak Maret ini membuat banyak aktivitas perekonomian masyarakat meningkat khususnya dalam membeli mobil baru dan menjual mobil bekas.

Namun, Anda harus tahu bahwa PPnBM hanya berlaku untuk beberapa mobil tertentu, dan hanya berlaku hingga Mei 2021! Untuk itu jika Anda bingung sebaiknya membeli mobil baru atau bekas, yuk simak dulu info lengkap pengertian PPnBM dibawah ini beserta tips dan saran dari Carsome untuk beli mobil baru atau bekas!

Aturan Tarif PPnBM Terbaru 2021

Sejak 01 Maret 2021, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah resmi mengeluarkan regulasi dan aturan untuk pemberian insentif PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) sebesar 0%. Ketentuan tersebut dituangkan dalam Keputusan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang tergolong mewah dan ditanggung oleh pemerintah untuk tahun anggaran 2021.

PPnBM 0% sendiri merupakan salah satu pajak dengan nilai yang cukup signifikan dalam komponen penyusun harga mobil yang dijual di pasar Indonesia. Berdasarkan regulasi yang sudah diresmikan oleh pemerintah, relaksasi untuk tarif PPnBM di tahun 2021 terbagi ke dalam 3 periode, yaitu:

  • Tahap Pertama: Insentif PPnBM akan diberikan sebesar 100% dari keseluruhan tarif untuk periode Maret 2021 hingga Mei 2021.
  • Tahap Kedua: Insentif PPnBM akan diberikan sebesar 50% dari keseluruhan tarif untuk periode Juni 2021 hingga Agustus 2021.
  • Tahap Ketiga: Insentif PPnBM akan diberikan sebesar 25% dari keseluruhan tarif untuk periode September 2021 hingga Desember 2021.

Dari ketiga insentif yang diberikan, pemerintah akan melakukan evaluasi untuk masing-masing besaran insentif setiap periode 3 bulan.

Dalam kebijakan PPnBM sendiri tidak semua jenis kendaraan mendapatkan insentif atau relaksasi. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa kendaraan yang berhak mendapatkan keringanan untuk pembayaran PPnBM adalah mobil yang menggunakan komponen dalam negeri (TKDN) minimal 70%.

Untuk komponen-komponen yang dijadikan sebagai perhitungan TKDN sendiri berjumlah hingga 115 jenis komponen. Komponen tersebut mencakup bagian mesin, transmisi, body, chassis, sistem rem, sistem kopling, suspensi, dan komponen universal.

Kategori Mobil yang Mendapat Insentif PPnBM

  • Penggerak dua roda (4×2), seperti yang umumnya terdapat pada model mobil hatchback, MPV, dan SUV.Sedan yang memiliki kapasitas mesin di bawah 1.500 cc, seperti Toyota Vios.
  • Mobil dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc dan memiliki p

Daftar Mobil yang Mendapat Insentif PPnBM 0%

Berikut ini merupakan daftar mobil yang berhak mendapatkan insentif PPnBM sejumlah 0%:

  1. Toyota (Yaris, Vios, Avanza, Rush,  dan Sienta).
  2. Daihatsu (Terios, Luxio, Gran Max Minibus, Xenia, dan Rocky).
  3. Mitsubishi (Nissan Livina, Xpander, dan Xpander Cross).
  4. Honda (Mobilio, BR-V, HR-V, dan Brio RS).
  5. Suzuki (XL-7 dan New Ertiga).
  6. Wuling (Confero).

Ganti Mobil Baru atau Bekas?

Kondisi perekonomian sekarang tetap membuat kita tetap harus berjaga-jaga bukan? Nah, gimana sih cara agar uang tidak begitu terkuras saat Anda melakukan pembelian mobil baru? Atau Andapun masih bingung memilih membeli mobil baru atau beli mobil bekas ya? Yuk, simak ini beberapa solusi untuk Anda!

Lakukan Trade In 

Lakukan tukar tambah dengan beberapa dealer resmi yang memang menyediakan layanan trade in. Dengan begini proses pembayaran Anda tidak begitu terasa berat bukan? Mengapa? Anda tidak perlu ribet lagi untuk melakukan jual mobil lama Anda. Tentu saja dengan melakukan ini, Anda sudah bisa mendapatkan mobil baru bukan?

Jual Mobil di Platform Jual Beli Mobil Bekas 

Jual mobil bekas terpercaya di Carsome memang sudah terbukti menjadi salah satu platform yang proses transaksinya terpercaya, mudah, dan cepat saat memproses penjualan mobil lama konsumen. Anda hanya perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu, lalu melakukan penjadwalan inspeksi mobil sesuai dengan waktu Anda.

Menarik bukan? Terlebih lagi, proses pencairan uang ternyata bisa dilakukan langsung, tidak perlu melewatkan 1 hari untuk menyelesaikan seluruh biaya transaksi penjual mobil lama Anda!*

Namun jangan senang dulu, pastikan Anda melakukan perawatan secara berkala dan menyertakan buku servis saat menjual karena inilah salah satu cara jual mobil bekas agar cepat laku!

Nah, setelah ini Anda bisa melakukan transaksi untuk membeli mobil baru Anda atau justru membeli mobil bekas! Namun, perlu diingat saat membeli mobil bekas ada berbagai hal yang perlu Anda cek dengan seksama yaitu kekuatan mesin, kilometer tempuh, kebersihan interior, mesin, hingga kelengkapan dokumen, ya!

Beli Mobil Bekas Bersertifikat 

Nah, ini dia cara cerdas yang biasanya dilakukan anak muda saat ini. Ketimbang membeli mobil baru, ada baiknya jika Anda membeli mobil bekas dengan kualitas yang terjamin. Ini justru lebih bernilai, Anda bisa mendapatkan mobil yang lebih prestige dikarenakan harga mobil bekas saat ini mengalami penurunan dan hanya ada beberapa mobil baru saja yang mendapatkan insentif PPnBM 0%.  Lalu jangka berlaku 0% hanya sampai bulan Mei 2021 saja, selebihnya terjadi pengurangan 75% menuju 25%. Jadi perhitungkan bagaimana kebutuhan Anda, ya!

Lalu, disamping itu ada banyak orang yang tentunya mulai menjual mobil lama mereka, sehingga ini menjadi kesempatan Anda untuk melihat mobil bekas yang baru dijual dan masih berkualitas. Karena tidak jarang Anda bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan harga mobil di bawah 200 juta!

Pajak Mobil Baru vs Pajak Mobil Bekas 

Beli mobil bekas atau mobil baru sebenarnya tidak ada beda secara kualitas. Asalkan Anda benar-benar meneliti dengan baik dan perhatikan juga  persebaran tarif PPnBM 2021 dengan saksama, ya! Jadi kedepannya Anda tidak akan kewalahan dengan pajak yang akan dibayarkan setiap tahunnya.

S&K berlaku

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →