Prinsip Hidup Bill Gates yang Bikin Bisnisnya Cuan dan Makin Kaya

Bill Gates

Siapa sih yang gak kenal Bill Gates? Sosok yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia ini hampir dikenal oleh semua penduduk dunia karena sukses mendirikan perusahaan Microsoft. Keberhasilan yang diraihnya ini ternyata bukan tanpa sebab, terdapat beberapa prinsip hidup yang dipegang olehnya supaya bisa sampai hari ini.

Melansir dari Forbes, dengan total kekayaan mencapai US$ 109 miliar atau setara Rp 1.489 triliun, pria yang lahir pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Amerika Serikat sempat menduduki orang terkaya di dunia sebelum digeser oleh Jeff Bezos pendiri situs Amazon dengan total harta US$ 131 miliar atau setara Rp 1.789 triliun.

Baca juga: Pengin Sukses Seperti Rapper AS Kenamaan Rick Ross, Begini Triknya

Uang sebanyak itu pastinya gak datang gitu aja karena keberuntungan. Ada beberapa prinsip hidup yang ditanamkan oleh Bill Gates agar bisa sukses membangun Microsoft dan sistem operasi Windows. Langsung aja yuk kita lihat apa aja daftar lengkapnya!

1. Bill Gates Selalu Melakukan yang terbaik untuk segalanya

Berjuang semaksimal mungkin menjadi salah satu prinsip Bill Gates (Ilustrasi by Shutterstock).

Dalam dunia bisnis, kamu gak bisa setengah-setengah untuk melakukannya. Sebab kalau gak serius dalam menjalani usaha bisa-bisa modal yang dikeluarkan bisa terbuang sia-sia, kamu pasti gak mau kan hal itu terjadi?

Oleh karena itu Bill Gates memiliki prinsip hidup untuk melakukan segala sesuatu secara maksimal. Jangan takut untuk gagal, karena hal itu akan membuat diri kamu jadi lebih bijaksana dan berbuah pengalaman.

Jadi pastikan kamu melakukan segala sesuatu dalam hidup ini untuk yang terbaik.

2. Belajar dari lingkungan sekitar

Lingkungan juga membawa perubahan pada karier (Shutterstock).

Manusia adalah makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan lingkungannya. Ternyata ilmu yang dipelajari saat duduk di bangku sekolah ini punya nilai lebih di mata Bill Gates.

Kalau sebagian orang merasa lingkungannya kurang nyaman dan justru menghindarinya, maka Gates justru menanggapi situasi itu dengan positif dan menjadikannya sebuah pelajaran berharga.

Karena dari situ kamu bisa menemukan berbagai nilai yang dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya istilah startup yang belakangan ini banyak dibicarakan karena menyelesaikan beberapa masalah sosial.

3. Tentukan prioritas dengan tepat

Tentukan prioritas (Shutterstock).

Dalam hidup kamu gak bisa berasumsi bahwa segala sesuatu hal itu penting dan nomor 1. Pastinya ada keperluan yang perlu didahulukan terlebih dahulu, sebab jika tidak, kemungkinan besar kamu akan mengalami masalah kedepannya.

Sebaiknya kamu membuat list prioritas apa aja yang perlu dibuat tentang berbagai kebutuhan. Bisa itu keluarga, bisnis ataupun pekerjaan.

Dengan begitu aktivitas sehari-hari kamu akan berjalan dengan lancar serta meminimalisir permasalahan.

4. Positif dan optimis

Selalu berfikir positif itu baik (Shutterstock).

Prinsip hidup Bill Gates selanjutnya yang patut kita tiru adalah menjadi sosok yang positif, artinya adalah menganggap bahwa kegagalan itu adalah keberhasilan yang tertunda.

Selain itu kamu juga perlu optimis, yakni berpikir bahwa hambatan itu bukan sebuah gerbang besar yang menghambat jalan kamu melainkan melihatnya sebagai peluang untuk sukses.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Baca juga: 5 Film Terbaik yang Bisa Dijadikan Inspirasi untuk Pebisnis, Dapat Kembalikan Semangat!

Emang agak sulit melakukan yang satu ini kalau kamu sebelumnya memiliki kepribadian yang sebaliknya. Tapi gak usah khawatir karena kamu cukup memupuk nilai ini dari sekarang dan akan menuai hasilnya nanti.

5. Terus belajar setiap harinya

Bill Gates (Shutterstock)

Perbedaan yang bisa dirasakan dari orang sukses adalah ia pasti akan terus menerus belajar sampai kapanpun bahkan ketika sisi materiil udah tercukupi dengan baik. Setiap waktu yang namanya zaman pasti berganti, jika kamu menolak untuk belajar ada kemungkinan kamu akan tertinggal dan sulit beradaptasi.

6. Kerja keras!

Ilustrasi bekerja keras (Shutterstock).

Terakhir yang Gates dan orang sukses lainnya pasti lakukan adalah kerja keras. Gak mungkin kamu bisa mendapatkan uang banyak hanya dari tidur-tiduran di kasur rumah setiap harinya dan mengharapkan cuan datang sendiri.

Maka pastiin kalau kamu kerja keras untuk mencari uang setiap harinya ya!

Nah itulah 6 prinsip hidup Bill Gates yang membuatnya sukses dan patut kita tiru nih. Dari keenam poin tersebut, mana yang udah kamu terapkan? (Editor: Winda Destiana Putri)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →